Jangan Jadi Bloger yang Cepat Puas

Selasa, 31 Oktober 2023

Jangan Jadi Bloger yang Cepat Puas


Disclaimer artikel ini ditulis bukan bermaksud menggurui. Sebuah tulisan sebagai pengingat diri sebagai penguat di saat terpuruk dan merasa lelah agar dapat bangkit, tidak menyerah dan tetap semangat. 

Jangan jadi bloger yang cepat puas. Yup, jangan cepat puas, tidak mau belajar dan meningkatkan kemampuan. Sejatinya belajar dan meningkatkan kemampuan adalah sebuah proses bukan tujuan akhir, termasuk menjadi bloger. Yuk, simak artikelnya sampai akhir ya.


Bloger

Jika ditilik dari definisinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bloger adalah sebbutan untuk orang yang mengeblog. Narablog adalah istilah lain dari bloger. 

Seseorang yang membuat tulisan di blog dengan berbagai tujuan. Ada beberapa pilihan platform yang dapat digunakan untuk blog, diantaranya blogspot, wordpres, tumbler, atau platform lain yang memungkinkan untuk digunakan sebagai media menuangkan ide baik dalam bentuk tulisan, gambar maupun infografis.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang ngeblog, diantaranya sebagai media curhat, menyalurkan hobi menulis, media untuk berbagi, sebagai penghasilan tambahan, ada juga yang menggunakan blog sebagai penghasilan utama. 

Seperti halnya saya yang hanya ingin meninggalkan jejak digital melalui blog. Sebuah quote dari Pramoedya Ananta Toer :


"Orang boleh pandai setinggi langit tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."


Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Salah satu platform yang saya pilih adalah blog sebagai media digital untuk meninggalkan jejak. Saya mulai serius ngeblog sejak akhir 2021. 

Bagi saya blog sebagai media untuk menyalurkan 20.000 kata. Ternyata tidak hanya itu, saya juga mendapatkan penghasilan dari ngeblog, lo. Siapa sih yang tidak suka jika mendapatkan penghasilan dari kegiatan yang disukainya?

Jika profesi bloger ini ditekuni dengan serius tentu saja profesi ini menjanjikan. Salah satu profesi yang tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya. Dengan catatan tidak berpuas diri dengan pencapaian yang sudah dilakukan dan mau terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri.

Suatu hal yang wajar jika seseorang melakukan pekerjaan dengan profesional, maka ia akan mendapatkan penghasilan yang layak dari hal tersebut, bukan. 

Bagaimana caranya menjadi seorang bloger profesional sekaligus bloger yang sukses? Yuk, simak tipsnya ya.


Tips Menjadi Bloger Profesional

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar menjadi bloger profesional, yaitu:


Membuat blog

Sobat Dy dapat menggunakan platform blogspot, wordpres atau lainnya. Kedua platform ini menyediakan platformnya secara gratis. 

Jika tujuan ngeblog hanya untuk media curhat atau media suka-suka aja, kedua platform ini sudah cukup untuk menuangkan karya. 

Namun, jika tujuan ngeblog untuk profesional, maka lebih baik menggunakan platform yang berbayar atau Top Level Domain (TLD). Ada beberapa pilihan domain TLD, misalnya .com, .id, .net, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya saya juga menggunakan platform gratisan di blogspot, kok, salah satunya www.coretandyahkusuma.blogspot.com. Namun, sejak dua tahun lalu saya mulai serius ngeblog dan akhirnya mengubah blogspot menjadi dot com dan jadilah www.dyahkusumautari.com.


Gunakan template yang menarik

Blog sudah dibuat dan Sobat Dy ingin mempunyai tampilan blog yang menarik, bukan? Meilih template blog memang tergantung selera sih, susah-suah gampang.

Saat memilih template pertimbangkan juga apakah template yang dipilih SEO friendly atau tidak. Mengapa? Karena template yang SEO friendly akan membantu blog untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian. Sehingga lebih mudah memperoleh kunjungan atau trafic dari pencarian organik.

Ada banyak template blog yang cakep dan SEO friendly yang dapat dipilih, baik untuk blogspot maupun wordpres. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Silakan dipilih deh sesuai selera.

Selain tampilan blog yang cakep, pertimbangkan juga kecepatannya ya. Jangan karena ingin tampilan cakep, terus ditambah musik dan gambar yang nantinya memperlambat blog untuk diakses. Hal ini akan membuat pembaca enggan untuk berkunjung karena blognya susah diakses.


Tentukan topik blog

Blog sudah dibuat, template sudah cakep, langkah selanjutnya adalah tentukan topik blog. Supaya memudahkan Sobat Dy membuat konten, maka mulailah dengan topik yang Sobat Dy sukai dan kuasai.

Selain itu, pertimbangkan juga apakah topik tersebut berpotensi untuk menjangkau banyak pembaca. 


Konsisten membuat konten

Ibarat sebuah rumah, sebagau apapaun rumah tersebut, jika tidak dirawat dan dibersihkan, tentunya akan dihuni serangga dan tampak kotor, bukan. Begitu pula halnya dengan blog. Sebagus apapun tampilan blog, jika tidak diisi dengan artikel, hanya akan menjadi blog kosong yang tidak dikunjungi pembaca.

Jangan cepat puas dengan tampilan blog yang keren saja, tetapi juga harus rajin mengisinya dengan artikel, lebih lagi jika artikel tersebut menarik sehingga mengundang pembaca untuk berkunjung kembali.

Mulai saja dulu dengan menulis artikel yang disukai dan dikuasai. Tidak harus sempurna, karena jika menunggu sempurna, kapan membuat artikelnya, yang ada hanya ketik, hapus, ketik, hapus dan tidak akan terbit artikel. Mulai saja dulu, smepurnakan kemudian

Practise make progres, dengan berlatih maka ada perubahan. Begitu halnya dengan menulis artikel, semakin sering menulis pastinya akan ada perubahan dan lama-lama artikel tersebut akan semakin menarik pembaca untuk berkunjung ke blog.

Sobat Dy dapat membuat jadwal untuk menerbitkan artikel, istilahnya content plan atau merencanakan konten. Misalnya konten tentang parenting akan terbit setiap Senin, konten tentang keluarga terbit setiap kamis.


Meningkatkan keahlian menulis

Apa yang menarik pembaca untuk berkunjung ke blog kita? Artikel yang disajikan menarik, humanis dengan kata lain mudah dipahami manusia, memberikan solusi dan bermanfaat terhadap masalah yang dihadapi pembaca.

Sayang kan jika sebuah materi yang bagus tetapi tidak dapat disampaikan dengan baik sehingga membuat pembaca bingung. Menulis ibarat berbicara, sehingga pemilihan diksi, penyampaian yang runut akan memudahkan pembaca untuk memahami artikel kita.

Selain itu, artikel yang menarik perhatian mesin pencari adalah artikel yang SEO friendly. Hal ini akan mengundang pembaca datang berkunjung saat artikel kita mendapatkan rangking yang lebh tinggi di pencarian organik.

Menurut Ilman Akbar, founder Daily SEO, inti dari SEO adalah membuat konten yang solutif dan bermanfaat atas masalah user. Oleh karena itu, artikel yang runut dan memberikan solusi atas masalah user akan disenangi mesin pencari sehingga akan mendapatkan rangking yang lebih tinggi.


Meningkatkan keahlian desain

Bagaimana jika Sobat Dy membaca sebuah artikel yang hanya berisi tulisan saja, tanpa ada gambar? Apakah Sobat Dy bosan membacanya? Bagaimana agar sebuah artikel tampil lebih menarik? Tambahkan foto atau gambar atau infografis yang mendukung artikel tersebut.

Bagaimana jika tidak bisa desain? Saat ini banyak aplikasi yang dapat membantu Sobat Dy untuk membuat desain yang menarik. Adobe photoshop, Canva, Adobe Ilustrator, inkscape, dan masih banyak lagi lainnya. 

Saya sendiri memilih Canva untuk membuat infografis, karena lebih mudah dioperasikan. Ada versi gratis ada pula versi berbayar. Selain itu saya bisa berkreasi baik video maupun gambar melalui Canva.

Tips Jadi Bloger Profesional


Belajar hal baru

Tidak ada yang abadi selain perubahan itu sendiri. Begitu pula teknologi terkait blog. Salah satu contohnya adalah Universal Analityc atau UA.

Jika dulu untuk mengetahui performa blog Sobat Dy dapat menggunakan UA, tetapi per Juli 2023 UA digantikan oleh GA4.

Tentu saja bagi mom bloger, bloger pemula, food bloger, bloger traveling, bloger parenting, apapun niche blognya, semuanya akan memasang Google Analityc 4 untuk mengetahui performa blognya. bukan?

Selalu ada hal baru dalam kehidupan, begitu pula dengan teknologi terkait blog. Oleh karena itu jangan cepat puas dengan yang sudah dipelajari sebelumnya, karena teknologi terus berkembang.


Bergabung dalam komunitas bloger

Banyak manfaat yang akan diperoleh jika Sobat Dy bergabung dalam komunitas bloger, diantaranya :

1. Memperoleh teman dan relasi

2. Mendapatkan ilmu

3. Mendapatkan ide menulis

4. Menambah motivasi ngeblog

5. Mempromosikan blog

Manfaat Bergabung Komunitas Bloger



Penutup

Itulah beberapa tips untuk menjadi bloger profesional. Jangan jadi bloger yang cepat puas dengan pencapaian yang sudah dilakukan. Terus belajar dan meningkatkan kualitas diri karena ilmu tentang blog terus berkembang. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Bagaimana dengan Sobat Dy, apakah pencapaian yang sudah dilakukan dan apa rencana selanjutnya terkait blog? Yuk, cerita di kolom komentar.

15 komentar

  1. Tips menjadi blogger yang pertama membuat blog adalah paling penting harus dipenuhi ya. Hehe. Menjadi blogger menjadikan saya bisa belajar banyak hal

    BalasHapus
  2. Wah mba artikelnya pas banget nih. Entah cepat puas atau cepat males. Tapi tips di atas bisa jadi jawaban untuk membangkitkan semangat ngeblog lagi nih mba. Makasiii artikel bermanfaatnya mba.

    BalasHapus
  3. Terima kasih pengingatnya, Mbak. Kalau saya mungkin tidak cepat puas karena memang belum ada pencapaian yang "wah". Lebih tepatnya saya mengingatkan diri untuk tidak cepat putus asa karena masih gini-gini aja. He-he. Performa yang ditunjukkan GA belum memuaskan. Yang lainnya pun masih banyak yang harus diperbaiki.

    BalasHapus
  4. Tetap semangat untuk berbagi ya...semoga semua catatan dalam blog ini jadi bagian dari kebaikan seorang blogger

    BalasHapus
  5. Nah bagian menjadi bloger profesional ini aku sedang berproses, karena ngonten tulisan yang sesuai passion kadang gampang-gampang susah ya. Apalagi yang idealis hihi. Selanjutnya bisa banyak berbagi, memberi manfaat, membuat tulisan yang berdampak adalah konsistensi yang ingin dibangun. Sama-sama yaa mbak Dy.

    BalasHapus
  6. meski belum terlalu konsisten, tapi tetap posting-posting, kadang harus ingatka diri tujuan awal agar tidak terseat, hehe

    BalasHapus
  7. Akupun kalau tidak bergabung ke komunitas kayanya bakal udah aja urusan ngeblognya. Cuma buat nulis sesuai passion jd PR banget krn msh banyak godaannya 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini aku banget, Teh. Kalau nggak masuk komunitas kayaknya nggak akan rutin nulis empat artikel per bulan. Penyakitku itu susah memulai, jadi di akhir suka takjub sendiri, ternyata aku bisa, ya, menulis lebih dari 1000 kata.

      Hapus
  8. Lagi di fase kurang konsisten buat update artikel di blog, baca tulisan ini jadi sedikit tercerahkan kalau yang dimulai harus terus dilanjutkan.

    BalasHapus
  9. Itu pula yg aku rasakan sejak jadi blogger kak. Banyak ilmu dan skill yg tambah, serta banyak teman dan jaringan. Pokoknya dunia blogger bisa jd salah satu wadah/cara agar pribadi berkembang lebih baik.

    BalasHapus
  10. Kalau cepat puas sih enggak ya, Mbak. Malah saya ini ibarat bloger kw yang kadang kalau lagi sibuk ngedit buku, blognya kelupaan enggak diisi tulisan organik, hihiiii... *jangan ditiru 🙈

    BalasHapus
  11. Menjadi blogger sama dengan belajar banyak hal. Ilmu serta skill kayak nambah terus. Pengembangan diri dan masih banyak lagi. Semuanya jadi upgrade terus, apalagi kalau kita ikut komunitas. Banyak hal yang bisa dipelajari di komunitas blogger.

    BalasHapus
  12. sebagai seorang blogger harus selalu siap untuk terus belajar, tidak hanya tentang menulis yg baik tetapi juga belajar hal yang teknis dalam blogging

    BalasHapus
  13. Wah bener jangan cepat puas jadi blogger. Aku pun dulunya memulai dengan blog gratisan dan sekarang syukurlah sudah tld dan bisa menghasilkan

    BalasHapus
  14. Betul banget aku merasa dunia blogger ga hanya menulis tapi kudu mau belajar dalam2annya yg bikin pusing diusia 40 +++ mesti belajar teknis tp mau gimana lagi kan (gusti yeni)

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih