Apakah Tidak Makan Malam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Rabu, 24 Januari 2024

Apakah Tidak Makan Malam Bisa Menurunkan Berat Badan


Hai Sobat Dy. Apakah saat ini sedang menjalani diet? Jam berapa idealnya makan malam dilakukan? Berapa porsi makanan untuk diet? Apakah tidak makan malam bisa menurunkan berat badan?

Mengapa saya tiba-tiba banyak bertanya tentang diet? Karena saat ini saya ingin melakukan diet, mengubah pola makan. Lebih tepatnya pola hidup sih. Hiks saya sudah overweight aka kegemukan, belum sampai obesitas sih, tapi di badan rasanya sudah tidak nyaman.

Saya mulai merasakan beberapa keluhan, mulai plantar fasciitis, cepat lelah, terengah-engah saat naik tangga, dan yang paling parah jadi mager alias males gerak. Satu hal lagi yang cukup mengkhawatirkan koleksi baju banyak yang tidak cukup, waduh. 

Jika tidak dikendalikan bisa-bisa badan saya semakin membesar. dan saya juga mengkhawatirkan serangkaian penyakit yang mungkin muncul. Idiom bahwa tidak apa-apa gemuk yang penting sehat, menurut saya hanyalah kamuflase dan menghibur diri. 

Sejatinya ada beberapa penyakit yang diderita pada orang dengan berat badan lebih. Walaupun orang dengan berat badan tidak berlebih bukan jaminan tidak menderita penyakit apapun.

Saya hanya ingin hidup sehat sampai tua. Sebuah alasan kuat karena saya ingin menikmati masa tua dengan sehat jauh lebih nyaman. Bisa jalan-jalan kemana saja sesuai keinginan, bertemu dengan teman-teman lama. 

Walaupun tetap ada penyakit yang muncul karena usia, kalau ini kan beda cerita ya. Hidup sehat hingga tua tentunya menjadi idaman banyak orang bukan. Sehat fisik, sehat mata, sehat hati, pokoknya sehat ya.

Beberapa kali saya mencoba diet setelah membaca dari beberapa referensi dan mencari informasi dari teman maupun orang-orang yang telah berhasil melakukan diet. Namun, hasilnya tidak optimal. Sehingga banyak pertanyaan yang berputar di otak saya. 

Di antaranya apakah diet itu pola hidup atau hanya untuk menurunkan berat badan saja? Apa saja jenis diet? Apakah tidak makan malam bisa menurunkan berat badan? Apa tips diet untuk pemula?


Aneka Jenis Diet Popular

Mungkin Sobat Dy sudah mengetahui bahwa saat ini ada beraneka macam diet berdasarkan informasi dari artis, public figure, maupun dokter yang berbagi informasi tentang pola hidup sehat ataupun diet. Namun, apakah semua informasi tentang diet tersebut aman bagi kesehatan? 

Sejatinya diet tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk menaikkan berat badan. Namun, informasi yang dipahami oleh masyarakat adalah diet merupakan usaha untuk menurunkan berat badan.

Diet merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan berat badan ideal baik bagi pria maupun wanita. Sehingga diet sejatinya adalah pola hidup. Umumnya memang diet fokus pada penurunan berat badan.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara pengurangan nafsu makan, pembatasan kalori, karbohidrat atau lemak. Tidak semua pola diet hasilnya akan sama bagi tiap orang. Lalu apakah penurunan berat badan ini aman bagi kesehatan?

Berikut aneka jenis diet yang populer yang saya peroleh dari berbagai sumber:

Diet keto

Diet keto atau ketogenik merupakan diet yang menganjurkan mengurangi asupan karbohidrat, tetapi meningkatkan asupan lemak. Sehingga tubuh dikondisikan mendapatkan energi yang berasal dari pembakaran lemak, proses ini disebut ketosis.

Lemak yang dikonsumsi merupakan lemak baik yang berasal dari kelapa, kacang-kacangan, alpukat, minyak ikan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Mengutip dari Healthline, diet keto dapat memicu tubuh untuk memecah timbunan lemak, mengubahnya menjadi sumber energi.

Namun, diet ini mungkin tidak cocok bagi sebagian orang, karena dapat meningkatkan kolesterol jahat bahkan dapat menyebabkan ketoasidosis diabetik, yaitu komplikasi diabetes melitus, karena tingginya kadar keton dalam tubuh akibat proses ketosis. Fatalitas dapat terjadi jika tidak segera ditangani.


Diet intermitten

Diet intermitten atau diet puasa merupakan diet yang memungkinkan mengonsumsi makanan apapun selama durasi waktu tertentu di luar waktu puasa. Saat waktu makan tiba dianjurrkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks agar tetap kenyang.

Diet ini membatasi waktu seseorang harus makan, bukan membatasi makanan yang dimakan. Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat waktu makan tiba di antaranya:

-Roti gandum utuh, nasi, pasta

-Telur

-Daging, ikan

-Buah-buahan

-Sayuran

-Kacang-kacangan

-Biji-bijian


Diet ultra rendah lemak

Seperti namanya diet rendah lemak membatasi jumlah lemak yang dikonsumsi dari kalori harian di bawah 10 persen. Pola makan umumnya pada diet ini adalah tinggi karbohidrat hingga 80 persen dari kalori harian dan rendah protein sekitar 10 persen dari kalori harian.

Diet ini terbukti berhasil untuk menurunkan berat badan orang yang menderita obesitas. Selain itu juga terbukti menyebabkan perbaikan signifikan pada diabetes tipe 2. Namun, diet ultra rendah lemak mungkin saja memicu masalah kesehatan jika dilakukan dalam jangka panjang, karena lemak mempunyai banyak peran dalam tubuh.

Aneka Diet Populer


Tidak Makan Malam Bisa Menurunkan Berat Badan

Apapun diet yang sedang Sobat Dy lakukan jika asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar dari kebutuhan kalori setiap harinya tentunya ini akan menambah berat badan. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. 

Bagaimana cara mengetahui kebutuhan kalori? Saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang dapat diunduh ataupun informasi di website terkait diet maupun kesehatan yang dapat digunakan untuk menghitung kalori.

Sobat Dy dapat mencatat menu makan pagi hingga makan malam termasuk camilan yang dikonsumsi tubuh tentunya dengan cara menimbangnya kemudian mengkonversinya menjadi kalori. Sehingga total kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat diketahui.

Kekurangan kalori juga tidak baik bagi tubuh, dalam kurun waktu tertentu akan menimbulkan penyakit tertentu. Sedangkan kelebihan kalori juga akan berakibat menambah berat badan dan mungkin akan menyebabkan obesitas. Hal ini juga tentunya tidak baik bagi kesehatan.

Lalu apakah tidak makan malam bisa menurunkan berat badan? Dikutip dari situs Alodokter, sebetulnya belum ada penelitian mengenai diet tidak makan malam efektif menurunkan berat badan masih perlu diteliti lebih jauh lagi.

Namun, jika hal ini dilakukan dengan tepat, misalnya kalori yang dibutuhkan oleh tubuh telah terpenuhi dari pagi hingga sore hari, maka penurunan berat badan dapat dicapai. Apalagi jika diimbangi dengan olahraga.

Hal yang mendukung diet makan malam efektif

Beberapa hal yang mendukung diet tidak makan malam efektif di antaranya :

-Makanan yang dikonsumsi malam hari mungkin tidak dapat dibakar optimal oleh tubuh, karena aktivitas di malam hari lebih sedikit dibandingkan aktivitas di pagi hingga siang hari.

-Makan di malam hari dapat mengganggu tidur

-Tidak makan malam juga dapat menjadi salah satu metode diet intermitten yang dapat menurunkan berat badan


Hal yang dapat dilakukan saat diet makan malam

Berikut beberapa hal yang dapat Sobat Dy lakukan saat melakukan diet makan malam:

-Usahakan makan malam dilakukan sebelum pukul 19.00 atau tiga jam sebelum tidur

-Sarapan penting untuk dilakukan agar mengontrol nafsu makan sepanjang hari

-Makan siang pun penting untuk dilakukan agar tidak kelaparan atau makan berlebih di sore hari.

-Olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari

-Kendalikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh mulai sarapan hingga camilan

-Mengonsumsi camilan sehat jika sangat kelaparan di malam hari, seperti yoghurt, tetapi tidak lebih dari 150 kalori

-Hindari konsumsi makanan pedas dan kafein yang dapat membuat susah tidur, untuk menghindari nyemil di malam hari

Diet Makan Malam


Penutup

Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut terkait tidak makan malam bisa menurunkan berat badan, saya maupun Sobat Dy tetap dapat melakukannya denagn cara yang tepat. Dan saya akan mencoba melakukannya didukung olahraga juga tentunya.

Artikel ini sengaja saya tulis untuk memicu saya melakukan pola hidup sehat dengan memperbaiki pola makan dan berolahraga. Doakan konsisten ya. Bagaimana dengan Sobat Dy? Yuk, cerita di kolom komentar.


Referensi

1.https://www.alodokter.com/benarkah-tidak-makan-malam-membuat-lebih-cepat-kurus

2.https://gaya.tempo.co/read/1747046/6-manfaat-tidak-makan-setelah-jam-6-malam

3.https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/tidak-makan-malam-untuk-diet-berat-badan/

9 komentar

  1. Sebaliknya, kebiasaan makan malam, apa bener bikin tambah gemuk badan ya kak? Trus untuk kesehatan baik apa enggak itu kiranya? Keseringan ketika ada acara atau pertemuan sampai malam, perut lapar dan jadilah makan malam-malam.

    BalasHapus
  2. Syukur kalo blm ada penelitian pendukungnya yak hahaha, soalnya aku ini kalo ga makan malam gabisa tiduuuurrr T__T tapi akhir2 ini mencoba membiasakan untuk minum yang banyak biar berasa kenyang hehehe

    BalasHapus
  3. Setuju banget bahasan yang dibahas di sini. Sebenarnya kunci diet itu adalah bisa menahan jumlah kalori yang dikonsumsi dalam satu hari. Sayangnya kebanyakan orang menganggap diet itu adalah ga boleh makan ini itu, padahal mah boleh-boleh aja.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah memang terbiasa untuk tidak makan malam di atas jam 7 malam, walau kadang di acara-acara jamuan tertentu yang diadakan malam hari, tetap icip-icip juga sih.
    Mudah-mudahan kita semua bisa menjaga kesehatan tubuh, ya

    BalasHapus
  5. Aku udah lama banget punya rencana kau diet, tapi sampai saat ini masih jadi wacana wiwikw karena diet sesusah ituuunyaa bunndaahh. Tapi seenggaknya aku memahami kalo diet itu soal menyesuaikan kalori. Jadi sekarang lagi mau mulai mengurangi porsi makan dan jalan kaki aja sihh.

    BalasHapus
  6. Kalau saya memang merasakan jika makan malam ke badan nambah gemuk. Jadi makan malam paling sore jam 5 atau sebelum magrib. Itu paling malam dan udah gak usah makan berat lagi.

    BalasHapus
  7. Aku setuju banget kalau diet itu sebenarnya bukan HANYA untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk mendapatkan berat badan ideal. AKu sampai sekarang masih belum berhasil diet sehat wkwkwk ..BAB olah raga rutin minimal 30 menit sehari itu yang paling susah kayaknya

    BalasHapus
  8. Aku sempat ikuti pola diet intermitten kak berhubung badan sudah mulai kasih sinyal ga enak, sering pusing, kalau pagi hari telapak kaki sakit banget jika dipijakkan ke lantai. Akhirnya mulai diet intermittent, aku pakai pola 12 jam aja kak, pokoknya jam 7 malam terakhir makan dan akan makan kembali besok pagi. Kata temen temenku aku kurusan sih, kalau di aku badan jd enteng dan pagi hari ga sakit lagi telapak kaki

    BalasHapus
  9. Olahraga masih belum rutin dilakukan nih. Niat sih ada, tapi terkadang beratnya bukan main. Untuk sehat memang tidak bisa instan.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih