Jagat, Aplikasi yang Sesuai Untuk Mencari Teman dan Komunitas

Kamis, 11 Januari 2024

Jagat, Aplikasi Mencari Teman dan Komunitas


Libur akhir tahun yang bertepatan dengan libur akhir semester satu anak sekolah telah usai. Anak-anak pun sudah kembali beraktivitas seperti sediakala sejak minggu ini.

Liburan kali ini menyisakan banyak kenangan dan pengalaman. Baik pengalaman yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Pengalaman menyenangkannya karena anak-anak dapat berkunjung ke Museum Kereta Api di Ambarawa sehingga mereka bisa belajar tentang sejarah kereta api.

Selain itu, kami menyewa hotel yang terletak di Salatiga dan ternyata lokasi hotelnya cukup jauh dari kota. Kami menyewa beberapa kamar untuk menampung sekitar lima keluarga. Sengaja memilih menginap di Salatiga karena ingin staycation dan menyepi.

Kami menggunakan lima mobil dan beriringan. Kejadian tidak mengenakan terjadi dalam perjalanan dari Museum Kereta Api menuju hotel yang kami pesan. Kami tidak menyadari jika satu mobil terpisah jauh dari kami.

Tidak ada satupun dari kami yang mengenal Salatiga, sehingga cukup bingung juga saat kami menyadari bahwa kami terpisah cukup jauh. Kami menyadarinya saat berhenti untuk makan. Kok mobil saudara ini tidak tampak di lokasi. Ternyata mobil yang kami kira di belakang kami bukanlah mobil yang ditungangi saudara dan keluarganya.

Singkat cerita, ada saudara lain yang teringat pernah menggunakan aplikasi Jagat bersama saudara yang terpisah ini. Alhamdulillah akhirnya kami bisa berkumpul lagi. 

Lumayan juga lo kami menunggunya di warung makan. Lebih dari 30 menit akhirnya kami bertemu. Hmm terpisah berapa kilometer ya itu tadi? Ah, yang penting sudah berkumpul kembali. Untung ada aplikasi Jagat.

Apakah Sobat Dy tahu tentang aplikasi Jagat, yang akhirnya mempertemukan kami? Yuk, kenalan dulu dan baca artikel tentang aplikasi yang sesuai untuk mencari teman dan komunitas ini sampai akhir ya.


Jagat, Aplikasi yang Sesuai Untuk Mencari Teman dan Komunitas

Tak kenal maka kenalan. Yuk, kenalan dengan aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Avatara Jagat Nusantara. Aplikasi Jagat merupakan sebuah aplikasi shareloc yang enggak pake ribet. Aplikasi yang mempunyai banyak fitur ini memungkinkan Sobat Dy melacak lokasi anggota keluarga, teman bahkan komunitas sefrekuensi dengan kita. 

Aplikasi Jagat


Ingin tahu caranya? Caranya dengan berbagi lokasi secara real time saat itu juga. Seru kan? Sehingga aplikasi ini bermanfaat bagi seseorang yang berada jauh dari keluarga. Terutama bagi pasangan yang menjalani hubungan atau pernikahan jarak jauh. 

Duh berat kan rasanya, bawaannya jadi curiga aja. Nah daripada saling curiga satu sama lain, lebih baik menggunakan aplikasi Jagat. Sebuah aplikasi yang menjembatani jarak yang jauh sehingga membuat kita merasa lebih dekat dengan orang terkasih. 

Lebih nyaman bukan rasanya jika mengetahui bagaimana kondisi si dia di sana, apa yang dilakukannya. Selain itu lebih aman juga dalam berbagi saat berharga dalam kehidupan kita kepada pasangan yang nun jauh di sana.

Selain itu, aplikasi ini juga bermanfaat bagi Sobat Dy yang ingin menjaga hubungan dengan teman dekat. Alangkah menyenangkan jika pertemanan tidak hanya dalam keadaan senang, tetapi juga dalam keadaan tidak menyenangkan. Saling mendukung dan saling menguatkan satu sama lain. 


Fitur Aplikasi Jagat

Aplikasi Jagat menyediakan beberapa fitur yang bermanfaat, di antaranya:

Location Sharing

Fitur location sharing merupakan fitur utama Jagat. Fitur ini memungkinkan Sobat Dy berbagi lokasi secara real time, lo.  Selain itu, Sobat Dy juga dapat mengetahui berapa lama saudara, teman atau pasangan berhenti di suatu lokasi hingga dapat memperkirakan durasi mereka tiba di lokasi tujuan. 

Persen daya baterai yang tersisa di smartphone pun tampak, lo. Awalnya saya tidak menyadari jika ikon baterai ternyata daya baterai smartphone. 

Dengan banyaknya informasi yang ditampilkan, apakah kita jadi kehilangan privasi? Tentu saja tidak, Sobat Dy masih bisa kok mendapatkan ruang atau privasi. Bagaimana caranya?

Sobat Dy hanya perlu mengaktifkan mode hantu atau ghost mode, sehingga lokasi Sobat Dy berada tidak ditampilkan di Jagat.

Fitur Aplikasi Jagat


Planet Jagat

Fitur Planet Jagat memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan gambar atau foto yang berasal dari fitur NOW dengan hastag yang sama dan menggabungkannya menjadi suatu entitas visual yang disebut 'Planet'. 

Saya jelaskan fitur NOW setelah ini ya. Fitur Planet Jagat ini mengumpulkan dan menghubungkan peristiwa yang terkait dengan topik atau tema tertentu dalam satu tempat.

Setiap pengguna fitur dapat menjelajah dan menikmati berbagai konten yang serupa berdasarkan hastag, misalnya #Foodies, #Cat Lovers, #Event Planet, #Gym. Sehingga setiap pengguna fitur mempunyai pengalaman sosial yang menarik dan terhubung dengan orang lain yang memiliki minat yang sama dan akhirnya berkumpul dan bergabung dalam komunitas yang sama.

Berhubung saya sedang serusaha untuk mengalahkan rasa malas berolahraga, saya sedang mencari support system yang mendukung dan menyemangati saya agar saya tetap mau bergerak untuk berolahraga. Mengalahkan rasa malas itu butuh dukungan bukan. Oleh karena itu saya senang mendapatkan dan berkumpul dalam kelompok yang mempunyai kesamaan minat tentunya akan mendukung mewujudkan keinginan agar tidak hanya sekedar menjadi angan dan impian.

Sobat Dy, juga bisa kok menemukan grup yang mempunyai kesamaan minat sehingga dapat mengembangkan minat dan bakat yang telah ada selama ini atau melakukan hobi yang sama.


Cheers Feature

Fitur ini mudah digunakan, cukup dengan menggoyangkan ponsel bersama teman-teman dalam radius maksimal 200 meter. Hal ini mirip dengan menyebutkan "Cheers" dalam dunia nyata.

Notifikasi ini akan terkirim ke semua teman yang berada di sekitar lokasi, sehingga pengguna lainnya mengetahui bahwa Sobat Dy dan teman-teman sedang berkumpul bersama.


NOW

Fitur NOW memungkinkan Sobat Dy mengupload foto dan atau video secara real time. Sobat Dy dan rekan lainnya dapat menanggapi, memberikan react emoji, menyimpan gambar, memberikan komentar maupun meneruskan link foto untuk dibagikan ke media sosial.

Jika pengguna memposting NOW dengan hastag tertentu, nantinya akan membentuk Planet, seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Menarik bukan?

Saya mencoba beberapa kali menggunakan fitur ini, termasuk saat kemarin sedang melakukan perbaikan motor di bengkel. Eh ada yang memberikan emoji. Saya jadi senyum-senyum sendiri.


Lifetime Footprint

Fitur ini digunakan untuk mengimpor lokasi yang pernah dikunjungi Sobat Dy, sehingga nantinya Sobat Dy mudah melacak dan mengingat lokasi yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Menarik bukan? Hal ini akan memudahkan Sobat Dy untuk merencanakan ,okasi tujuan liburan yang akan dilakukan berikutnya.


Pengalaman Menggunakan Aplikasi Jagat

Setelah mengetahui fitur aplikasi Jagat dan pengalaman saudara saya yang saya ceritakan sebelumnya, saya pun mencoba untuk mengunduhnya aplikasi ini di Playstore. Tampilannya yang lucu cukup menarik perhatian saya.

Saya pun langsung mencoba beberapa fiturnya. Salah satunya mencoba fitur NOW dan langsung mendapat respon dari pengguna Jagat lainnya. Saat itu saya sedang berada di bengkel sih. 

Fitur lain yang saya coba adalah Planet, ternyata saya menemukan ebberapa komunitas yang sefrekuensi lo. menyenangkan bukan jika berada dlaam komunitas yang sefrekuensi dengan kita. 

Di antara berbagai macam kelebihannya, tentu saja ada kekurangannya, seperti peribahasa tak ada gading yang tak retak. Begitu pula aplikasi Jagat, menurut saya kekurangannya adalah penggunanya belum banyak. Pasti akan lebih seru jika penggunanya sudah banyak. 


Penutup

Apakah Sobat Dy masih penasaran dengan Jagat? Silakan kunjungi media sosialnya untuk mengenalnya lebih dekat di Instagram nya @Jagatapp_id atau di TikTok @Jagatapp_id. 

Yuk ajak teman untuk menggunakan aplikasi ini dan rasakan keseruannya. Unduh aplikasinya secara gratis di App Store bagi pengguna Apple atau di Play Store. Cerita di kolom komentar ya keseruannya.


41 komentar

  1. Wah sosmed made in Indonesia nih, keren. Jadi tertarik untuk memakainya. Terima kasih kak sdh berbagi informasi.

    BalasHapus
  2. Aku udah donlot aplikasi Jagat mbak, dan memang sangat menyenangkan. Aku bisa 'ngumpul' sama orang-orang sefrekuensi. Punya hobi dan kesenangan yang sama. Bahkan bisa tahu seberapa jauh jarak antara aku dan teman baru aku. Kayaknya jarak ratusan bahkan ribuan km terasa dekat deh di Jagat.

    BalasHapus
  3. keren aplikasinya. makasih ya infonya mba, langsung di download deh :)

    BalasHapus
  4. Penasaran dengan aplikasi Jagat ini mba saya belum pernah nyobain, kayaknya seru ya dan bangga karena ternyata aplikasi buatan anak Indonesia ya, fiturnya juga lengkap lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. say juga baru tahu ada aplikasi ini, sepertinya menyenangkanrena bisa gabung dikomunitas secara langsung dan mudah juga bisa mendatkan teman baru

      Hapus
  5. Setuju nih, aku juga udah download Jagat buat memantau teman yang katanya otw nongkrong bareng, tapi nyatanya masih rebahan di rumah. 😂

    BalasHapus
  6. Cheers feature di dalam aplikasi Jagat ini keren ya. Cukup dengan menggoyangkan smartphone saja, notifikasi sudah terkirim dengan otomatis.

    BalasHapus
  7. Kalo untuk berbagi lokasi real time dengan orang yang baru kenal di aplikasi kok rasanya agak seram ya. Tapi kalo untuk yang sudah akrab, atau teman dan saudara di real life, fitur ini akan sangat membantu buat ketemuan di tempat jauh atau di perantauan misalnya.

    BalasHapus
  8. fitur dan istilah yang digunakan dalam aplikasi jagat ini unik ya kak .Cocok buat anak remaja untuk menjalin pertemanan yang makin seru

    BalasHapus
  9. Fitur yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain yang punya minat sama sepertinya menarik ya, Kak. Bisa bermanfaat untuk memperluas relasi.

    BalasHapus
  10. Uwow baru tau saya ada aplikasi Jagat ini dan made in Indonesia, ya. Seseru itu sih memang kalau bisa bertemu dengan orang-orang yang satu frekuensi, minat dan hobi. Bisa-bisa berselancar terus di aplikasi Jagat ini.

    BalasHapus
  11. Beberapa mobil convoy beriringan dan ada yg ketinggalan relate banget sama saya pas libur akhir tahun kemarin. Kalau saat itu kami udah pakai Jagal, kayaknya ga sepanik itu kalau ada mobil yg ketinggaln pas convoy

    BalasHapus
  12. Nah ini aplikasi yang dibutuhkan saat sedang perjalanan jauh dan bareng rombongan. Pake aplikasi Jagat ini bisa shareloc ngga pake ribet deh. Bisa melacak lokasi keluarga bahkan komunitas. Serunya ada Planet Jagat juga buat menjelajah berbagai konten sesuai hastag.

    BalasHapus
  13. Mau coba aplikasi jagat ini deh pasti seru dan menambah relasi, sahabat dan teman

    BalasHapus
  14. Wah keren nih aplikasinya. jadinya bisa monitoring keberadaan orang-orang tercinta. eh… ada fitur sosmednya jg ya

    BalasHapus
  15. Aplikasi ini bisa jadi kenangan ya bareng temen-temen, fiturnya juga menarik sekali. Aku mau coba app ini, mau coba bisa kenalan temen baru yang se frekuensi juga

    BalasHapus
  16. Untung ada aplikasi jagat ya Mbak. Saudara yang terpisah pun bisa segera berkumpul lagi. Seru memang sepertinya punya aplikasi ini. Jadi seperti main games, bisa saling update lokasi dengan teman dan kerabat.

    BalasHapus
  17. Paling seneng pake apps Jagat pas nonton konser.
    Jadi bisa saling ketemu langsung ama temen yang selama ini cuma ngobrol via dunmay into the rl.

    BalasHapus
  18. Aku juga pakai aplikasi jagat ini untuk chat seru bareng suami. Enak banyak fitur terlebih bisa cek posisi suami hihi

    BalasHapus
  19. Keren banget ya mbak di aplikasinya, bisa juga nambah teman dengan minat/hobi yang sama. Kalau aku dapat teman dr sesama pecinta kucing dan tukang makan 😂

    BalasHapus
  20. Wah aplikasi sekarang makin canggih ya, bisa cek lokasi real time. Misal hp dicuri bisa kita lacak nggak ya

    BalasHapus
  21. Jadi aplikasi jagat ini bisa cari teman dan komunitas di beberapa kota juga ya kak? keren ya jadi kalau pas ada di kota lain bisa tetap menjalin relasi pertemanan

    BalasHapus
  22. kalau nge genks kudu banget install aplikasi jagat biar mudah kalo mau janjian, ngga pake drama telat atau kehilangan arah tujuan. semuanya bisa teratasi dan bye bye BT serta ngedumel karena kelamaan nunggu

    BalasHapus
  23. Makin tren ya aplikasi satu ini, semakin borderless society kita.

    BalasHapus
  24. Saya juga sudah download aplikasi jagat ini. Fitur-fiturnya banyak juga, ya. kekinian lagi. Cocok banget untuk anak-anak muda dan juga kita yang masih berjiwa muda.. hehe. Apalagi ada fitur yang bisa mempertemukan kita dengan teman atau komunitas yang satu frekuensi dengan kita, kaya pecinta kucing gitu, mantap sih ini

    BalasHapus
  25. Kayaknya pakai aplikasi Jagat bisa mengurangi berbagai drama kalau mau ketemuan, ya. Kerennya lagi ini aplikasi buatan Indonesia, kan? Udah pasti semakin bangga, lah.

    BalasHapus
  26. aku masih mencoba unutk masuk dan menggunakan apolikasinya mbak dy. Ingin merasakan keseruannya juga, biar bisa menemukan teman sefrekuensi...hhhhe

    BalasHapus
  27. Unik banget nih pengalamannya pakai aplikasi Jagat, Mba. Terbantu sekali ya menggunakan aplikasi ini bersama keluarga dan teman eh pas ada keperluan bisa langsung terhubung gitu.

    BalasHapus
  28. Saking penasaran sama aplikasi jagat ini, aku langsung kepo in di instagramnya,
    Akhirnya tertarik cobain download ternyata seru banget

    BalasHapus
  29. Wah mbak Dy seru banget staycation bareng keluarga besar sampai 5 mobil beriringan gitu. Di kira di belakang ada mobil saudara ternyata bukan ya, hiks. Untungnya ada aplikasi Jagat yang bisa cari teman secara real time. Bisa share lock lokasi saat itu juga. Alhamdulillah ya mbak Dy staycation jadi aman terkendali.

    BalasHapus
  30. akujuga udah pakai aplikasi ini mbak. Memang terus bisa sharing locaton. terutama sama misua, karena kami kalauulang kerja janjian ketemu di satutitik. jadi mudah mengetahui saya sampai dimana

    BalasHapus
  31. jadi penasaran nih dengan aplikasi Jagat, secara kita jadi bisa ya menemukan taman baru maupun komunitas yang sesuai dengan minat kita.
    mau coba juga ahh, di kotaku siapa aja nih yang sefrekuensi denganku hihih

    BalasHapus
  32. Yang suka gaul, yang pengen gaul tapi masih malu malu, bisa ya punya aplikasi seru ini. Nambah teman nambah sahabat makin seru

    BalasHapus
  33. Fitur Lifetime Footprint ini berguna banget untuk saya yang disorientasi arah dan tempat, jadi bakal bantu banget kalau pas saya pengen kembali mengunjungi tempat yang pernah dikunjungi, penasaran pengen cobain aplikasi Jagat ini

    BalasHapus
  34. Masya Allah dengan aplikasi ini bisa memudahkan pertemuan kembali ya kak. se-keren ini nih bisa dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi, apalagi dalam kapasitas orangnya cukup banyak ya

    BalasHapus
  35. Aplikasi ini akan sangat membantu orang tua memantau keberadaan anak tentunya ya Mba. Tapi aku curiga kalau yang suka bilang otw padahal baru bangun kayaknya ga bakal mau instal App ini. Hhahaha.

    BalasHapus
  36. nama fiturnya unik banget, nama aplikasinya aja unik yaa. ternyata seru juga pas baca pengalaman pakai aplikasinya bisa ketemu komunitas sefrekuensi. mau coba deeh, biar tau benefit dari aplikasinya

    BalasHapus
  37. Kalau tinggal di kota besar, aplikasi ini akan sangat dahsyat ya. Di kota Salatiga saja sudah banyak yang memakai dan bisa memberi banyak manfaat. Itu kalau bicara fitur base on location. Kalau untuk hobiis kan tidak terlimitasi lokasi. Jadi meski tinggal di kota kecil seperti saya misalnya bisa tetap cari teman hobiis dan melakukan banyak keseruan bersama melalui aplikasi ini

    BalasHapus
  38. Asyik ada aplikasi Jagat buat shareloc yang punya banyak fitur. Aku mau instal ini, buat pantau anak kalau lagi school nanti di SD.

    BalasHapus
  39. Jadi makin kepo buat unduh aplikasi ini. Soalnya bisa cari teman sama komunitas yang sefrekuensi kan. Siapa tau bisa ketemu jodoh sekalian. hahaha

    BalasHapus
  40. Aplikasi yang menarik nih. Cheers goyang bareng kayak dangdutan azah 😂 goyang-goyang hape. Menurutku ada dua yg menarik nih, planet dan footprint. Seru juga jika bisa menyimpan tempat yang pernah dikunjungi, bisa jadi nostalgia seru nantinya. Dan planet bisa menikmati satu jenis informasi berdasarkan nastag

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih