Aneka Pilihan Bahan Jilbab yang Adem dan Jatuh Untuk Hijabers

Selasa, 23 Januari 2024

Bahan Jilbab yang Adem dan Jatuh Untuk Hijabers

Salah satu elemen penting dalam busana sehari-hari bagi wanita muslim adalah hijab. Saat ini banyak model, corak dan varian kain yang digunakan untuk hijab. Tentu saja hal tersebut mempertimbangkan kondisi yang nyaman untuk dikenakan sepanjang hari dan mendukung aktivitas wanita muslim. Apakah bahan jilbab yang adem dan jatuh juga menjadi pilihan?

Saat ini banyak varian bahan atau kain yang digunakan sebagai bahan hijab, baik hijab instan, hijab segi empat atau pasmina. Sobat Dy akan memilih bahan seperti apa nih? Apakah bingung juga seperti saya? 

Jujurly saya masih awam dengan bahan hijab. Tak jarang saya juga tidak mengenali jenis kain, tetapi perlahan mulai paham jenis-jenis kain. Saya juga memilih bahan jilbab yang adem dan jatuh agar nyaman untuk dikenakan sepanjang hari. Tekait model maupun corak dapat menyesuaikan. Berikut bahan jilbab yang nyaman dipakai versi saya.


Voal (Voile)

Bahan voile mempunyai tingkat kelembutan dan kehalusan yang baik, sehingga bahan ini menjadi favorit para hijabers. Bahan voal dikenal juga dengan paris premium. Kain katun tipis dan adem ini nyaman saat dikenakan walaupun siang hari.

Bahannya yang mudah diatur dan tidak mudah kusut ini membuatnya menjadi salah satu bahan hijab yang kekinian. Selain itu, voal juga cocok untuk bahan printed scarf, sehingga menghasilkan berbagai macam corak yang indah. 

Agar Sobat Dy dapat mengkreasikan hijab menjadi model yang diinginkan, maka dapat tambahkan ciput atau dalaman hijab. Sehingga hijab tetap dapat dikreasikan tanpa meleset atau melorot. Voal juga dapat dipadupadankan dengan pilihan outfit yang Sobat Dy suka.


Ceruti

Bahan ceruti mempunyai tekstur yang tipis seperti kulit jeruk dan elastis. Bahan ini mempunyai kesan mewah dan elegan saat dikenakan.

Bahan sutera merupakan salah satu bahan penyusun kain ceruti yang membuatnya elastis dan terkesan jatuh saat dikenakan. Selain itu, bahan ceruti juga cocok digunakan untuk bahan pasmina.

Bahan Jibab yang Adem


Spandex

Ciri khas bahan spandex mempunyai efek mengkilat yang menarik. Walaupun begitu kain ini dapat menyerap keringat dengan baik sehingga tetap nyaman dikenakan sepanjang hari.

Bagi hijabers yang mempunyai banyak aktivitas juga dapat memilih bahan ini karena daya serapnya terhadap keringat yang baik. Selain itu bahannya halus dan lembut sehingga nyaman dipakai.

Bahan spandex juga mudah dibentuk sesuai keinginan Sobat Dy, karena bahannya yang elastis. Jika dicuci dengan benar, maka spandex akan tetap baik kondiisnya dan tidak melar.


Wolpeach

Wolpeach atau wolfis merupakan perpaduan sutra, katun, dan serat sintetis. Lebih ringan dan lebih tipis jika dibandingkan bahan jersey. Wolpeach mempunyai karakter jatuh saat dipakai, walaupun kainnya tebal, sehingga tidak tembus pandang..

Bahan kainnya yang adem, ringan dan jatuh saat dipakai akan membuat hijabers nyaman mengenakannya sepanjang hari. Selain itu, bahan ini juga dapat dibentuk seperti bahan lain menyesuaikan acara atau keinginan Sobat Dy memodifikasinya.

Bahan wolpeach tidak hanya digunakan untuk hijab, tetapi juga digunakan untuk gamis atau kemeja, karena kainnya yang nyaman saat dikenakan.


Sutra

Kain sutra mempunyai karakter yang lembut dan dingin saat dikenakan, karena kainnya tipis dan bahannya nyaman untuk digunakan. Namun, harga kain sutra mahal dibandingkan bahan lainnya.

Selain itu, bahan sutra mudah kusut dan mudah luntur saat dicuci. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus agar lebih awet dan tahan lama.

Bahan sutra akan membuat penampilan menjadi elegan seketika, sehingga akan menyempurnakan penampilan saat menghadiri acara resmi atau undangan makan malam yang istimewa. Sutra juga dapat dipadupadankan dengan outfit batik kesayanganmu.


Rayon

Rayon termasuk bahan yang nyaman dipakai karena menyerap keringat dengan baik dan cukup dingin, tetapi karena mampu menyerap keringat dengan baik maka dapat menimbulkan aroma yang asam.

Bahan rayon dapat digunakan sehari-hari. Bahannya lentur dan mudah diatur menyesuaikan keinginan penggunanya.


Penutup 

Ternyata banyak ya pilihan bahan jilbab yang adem dan jatuh untuk para hijabers. Setelah mengetahuinya apakah Sobat Dy semakin bingung mau pilih yang mana yang sesuai kebutuhan Sobat Dy? Ataukah Sobat Dy sudah memilih bahan yang nyaman dipakai? Tulis di kolom komentar yuk apa pilihan Sobat Dy.


Referensi 

1. https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/1114-mengenal-9-bahan-hijab-yang-adem-dan-gampang-dibentuk

11 komentar

  1. Salah satu bahan hijab yang paling aku suka itu voal. Selain dia lembut dan emggak gampang acak-acakan, dia gampang dibentuk. Di bagian pet itu enggak letoy, dia tetep tegak. Udah gitu dia enggak transparan.eskupun bahannya enggak terlalu tebal.

    BalasHapus
  2. Banyak ya macamnya bahan kain itu. Bapak2 kayak saya mah enggak sejauh itu menggagasnya. Hehe. Informatif tulisannya. Makasih, jadi tahu macam jenis bahan hijab.

    BalasHapus
  3. Para ibu pasti sudah banyak yang tau nih dengan bahan jilbab favorit masing-masing.
    Untuk yang belum, harus banget baca informasi ini biar ada referensi jenis bahan-bahan apa saja yang kira-kira cocok untuk dipakai

    BalasHapus
  4. Voal dan ceruti aih itu favorit saya banget. Bahannya enak voal itu adem...kalau ceruti gak mudah kusut

    BalasHapus
  5. Aku juga masih awam sih tentang jenis-jenis bahan hijab. Makanya cara paling baik mengetahui bahan hijab ya menuliskannya haha. Makasih mbak Dy. Aku peminat bahan wolfis mbak. Lebih mudah dibentuk dan ringan banget dipakai.

    BalasHapus
  6. Wah baru tau nih, aku biasanya hanya pakai bahan ceruti dan spandex saja.

    BalasHapus
  7. kalau untuk kerudung, saya lebih suka wolpeach atau wolfis. Karena biasannya bahannya tebal.

    BalasHapus
  8. Eh aku suka yang voal kak. tapi kdang2 harus ndobelin..

    BalasHapus
  9. Bahan jibab favorit saya itu ya wolfis, Mba. Secinta itu sampai punya aneka warna bahan jilbab ini. Terbaru saya juga suka bahan shakila, meski memang rada susah nemunya, Mba.

    BalasHapus
  10. Aku termasuk yang suka rada lupa sama nama bahan kerudung 😂
    Tapi pasti semua bahan ku punya, karena anaknya agak fomo banget liat trend kerudung

    BalasHapus
  11. sejauh ini, paling favorit pakai bahan jilnan wolpeach sih mbak. Karena dirumah koleksinya kebanyakan itu. Adem dan mudah dibentuk. Untuk bahan yang lainnya, yang disebutkan mbak dy, ota kali ya ,hehhehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih