Cara Memasang Dan Fungsi Google Search Console Di Blogspot

Kamis, 15 September 2022

cara memasang google search console


Hai Sobat Dy, setelah sebelumnya kita berkutat dengan cara memasang Google Analytics. Maka sekarang saatnya untuk membahas Google Search Console.

Waduh apalagi ini ya? Apakah tetap berhubungan dengan kode-kode yang cukup membingungkan? Ataukah kodenya sudah tidak dipakai lagi?

Yuk kita cari tahu bersama cara memasang dan fungsi Google Search Console di Blogspot. Jika ada yang bertanya kenapa blogspot lagi? Ya maaf ya, baru bisa blogspot. Untuk selanjutnya akan dicoba yang wordpres.


Pengertian dan Fungsi Google Search Console

Tak kenal maka kenalan. Kenalan dulu dengan GSC atau Google Search Console, yuk. Sama seperti Google Analytic, Google Search Console (GSC) juga layanan gratis yang disediakan  Google.

GSC memungkinkan kita untuk mengetahui dan memantau atau mengetahui kinerja website pada pencarian organik Google, kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan traffic tertingi. Oleh karena itu blogger wajib mendaftarkan websitenya di GSC agar mudah dikenali.

Berikut beberapa fungsi Google Search Console :

  1. Mengetahui kinerja blog terkait Search Engine Optimization (SEO)
  2. Mengetahui jangkauan halaman yang dapat terindeks di Google
  3. Mengetahui beberapa hal terkait blog yang dapat diperbaiki, misalnya masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya
  4. Inspeksi URL, sehingga membantu artikel blog lebih mudah dan cepat ditemukan mesin pencari
fungsi google search console

GSC sangat penting karena dapat menjadi tolak ukur untuk optimasi website, sekaligus memantau sejauh mana website berkembang. 


Antara Google Analytics dan Google Search Console

GA tidak sama dengan GSC, lo. Termasuk dengan komponen di dalamnya. Namun, keduanya saling berkaitan. Kita dapat melihat artikel yang paling diminati oleh pengunjung organik, sehingga lebih mudah melakukan optimasi.

GSC akan membantu blogger untuk menilai performa blog melalui interaksi antara postingan di dalam blog itu sendiri. Sedangkan GA adalah interaksi blog dengan pembaca atau pengunjung blog.


Cara Memasang Google Search Console

Tak perlu berlama-lama lagi, yuk sama-sama memasang GSC di blog. Lakukan dengan tenang, fokus dan tidak perlu terburu-buru ya. Berikut cara memasang GSC di blogspot Sobat Dy :

1. Buka blogger.com. Kemudian log in ke akun blog Sobat Dy. Buka dashboard blogspot, cari menu setelan atau setting. Cari Google Search Console dan klik Google Search Console.

pasang GSC


2. Setelah itu Sobat Dy akan diarahkan ke halaman GSC untuk melakukan penambahan property. Untuk blog dengan platform blogspot, pilih URL prefix. Ketik alamat blog mulai dari https://www.dyahkusumautari.com/. Kemudian klik 'continue' atau 'terus'.


3. Tunggu proses pengecekan verifikasi kepemilikan blog. Klik 'go to property'. 

property GSC


4. Kemudian muncul pop up 'selamat datang di akun GSC' dan klik 'mulai'


5. Selanjutnya verifikasi akun GSC dengan cara pilih setting atau setelan. Kemudian klik 'verifikasi kepemilikan'. 

verifikasi GSC


Ada beberapa cara untuk verifikasi yang dapat dipilih, yaitu menggunakan file HTML, Tag HTML, Analitis Google, Google Tag Manager dan penyedia nama domain.

Namun untuk blog dengan platform blogspot, cukup menggunakan cara Tag HTML dan atau  Google Analytic.

Jika Sobat Dy telah mengaktifkan GA menggunakan akun gmail yang sama dengan akun GSC, maka secara otomatis akun telah terverikasi.

Jika ingin menambahkan verifikasi dengan menggunakan HTML Tag juga boleh kok. Tinggal klik tanda panah ke bawah di bagian HTML Tag. Selanjutnya salin kode yang diberikan lalu tempel ke bagian bawah <head> di html template blog kita.

Kode yang ditempelkan di bawah <head> : <meta name="google-site-verification" content="v6cfMHX9NFXmyc-r52phVCmpta5IpbTbJzCGT_xAbeE" /

tag html gsc


Cara masuk ke html blog kita dapat dibuka melalui dashboard blog. Kemudian pilih tema dan klik tanda panah yang terletak di 'tema saya'. Selanjutnya pilih edit HTML. 

Selanjutnya klik saja di area dalam kotak dan klik control dan F bersamaan, selanjutnya muncul kolom 'search'. Kemudian ketik <head> dan tekan enter untuk memberi ruang di bawah <head>. Tempel kode HTML Tag yang telah disalin tadi di bawah <head>. Selanjutnya klik tanda simpan di ujung kanan atas dashboard.

gsc


Setelah tersimpan kembali ke dashboard GSC. Kemudian klik verifikasi. Sehingga akan tampak ada dua cara verifikasi yang ditandai dengan centang hijau.

verifikasi kepemilikan GSC



Menyambungkan akun GSC dan GA

Setelah GSC telah terpasang dan terverifikasi. Tahap selanjutnya adalah mengaitkan GSC dan GA. Berikut caranya :

1. Masuk ke akun GA. 

2. Pilih admin. 

3. Selanjutnya pilih properti dan scrol dan temukan Search Console. 

4. klik 'tautkan search console'. Klik 'tambahkan search console'. 

5. Pilih property. 

6. Klik tanda panah di sisi kanan. 

7. Pilih alamat blog yang akan ditautkan.

8. Pada tahap ini pilih UA, klik 'lanjutkan'. 

9. Setelah semua data oke klik 'tautkan'. 

Taraa akun GA dan GSC sudah terhubung. Dengan menghubungkan kedua akun ini, Sobat Dy dapat memeriksa laporan GSC melalui akun GA.


Fitur Google Search Console

Setelah berkenalan dan memasang GSC. maka tahap selanjutnya adalah berkenalan dengan fitur GSC. Berikut fitur GSC yang perlu Sobat Dy ketahui :

Performa atau kinerja blog

Pada fitur ini Sobat Dy menemukan berapa total klik, total tayangan, CTR rata-rata dan posisi rata-rata

Total klik adalah angka yang menunjukkan berapa kali blog kita ditayangkan di Google atau terlihat oleh 'pencari berita', tetapi belum tentu dipilih.

CTR (Click Throuh Rate) adalah angka yang menunjukkan persentasi dari pembagian total klik dibagi dengan total tayangan.

Posisi rata-rata adalah angka yang menunjukkan posisi blog kita di halaman pencarian.


Inspeksi URL.

Setelah memublikasikan artikel, sebaiknya Sobat Dy segera melakukan inspeksi URL. Sebaiknya segera lakukan inspeksi URL agar artikel segera terindeks oleh Google. 

Cara inspeksi dengan menyalin URL artikel di blog, kemudian salin pada kolom search. Lalu klik enter.

Jika muncul keterangan 'URL is on Google', berarti link sudah terindeks di Google. Namun juka ada keterangan 'URL is not on Google, maka klik minta pengindeksan.

Inspeksi URL juga sebaiknya dilakukan jika kita melakukan pengeditan artikel. 


Indeks

Fitur ini dapat menampilkan informasi halaman mana saja yang sudah terindeks oleh Google dan halaman mana saja yang mengalami error. Pada menu ini terdapat tiga pilihan, yaitu cakupan, peta status dan penghapusan

Cakupan 

Fitur ini memperlihatkan masalah blog yang perlu diperbaiki. Jika Sobat Dy scroll ke bawah akan tampak detail masalah yang dimaksud.

Jika GSC menginformasikan bahwa terdapat indexing error maka harus segera diperbaiki karena kesalahan yang terjadi dapat menyebabkan berhentinya aktivitas crawling dan indexing dari mesin pencari.

Peta situs

Fitur yang dianalogikan sebagai daftar isi. Sehingga Google dapat membaca apa saja yang disajikan dalam blog kita. Meskipun fitur ini tidak secara langsung dapat meningkatkan peringkat web, tetapi dengan menambahkan XML Sitemap ke web dapat membantu mesin pencari mengindeks konten web secara efisien.

peta situs gsc

Pasang XML blog di sini, yaitu atom.xml atau sitemap.xml. 

Contoh : https://www.dyahkusumautari.com/atom.xml

atau https://www.dyahkusumautari.com/sitemap.xml

tambahkan yang saya blok warna ya.

Jika Sobat Dy belum memasang robot.txt

Penghapusan

Fitur ini berfungsi untuk menghapus artikel dari Google.


Penutup

Ternyata ngeblog tidak hanya perkara menulis ya. Namun, juga diharapkan mengerti dan melakukan beberapa hal teknis agar performa blog baik dan menjadi rujukan, sehingga semakin luas dampak tulisan kita di blog.

Tidak hanya tampilan blog yang menarik, tetapi hal teknis lain juga perlu dikuasai. Salah satunya dengan mengetahui fungsi Google Search Console dan dapat memasangnya di blog. Semoga tulisan semakin luas dampaknya. Happy blogging Sobat Dy.


Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih