Kenali Keju Melalui Kampanye #KejuAsliCheck

Kamis, 09 Desember 2021

MPASI

Makanan pendamping Air Susu Ibu atau lebih dikenal dengan nama (MPASI) mulai diberikan sejak usia bayi enam bulan. Selain karena kebutuhan nutrisi, bayi usia enam bulan sudah menunjukkan tanda siap makan dan lebih mudah diberikan makanan padat.

Saat memberikan MPASI adalah saatnya mengenalkan berbagai bahan atau jenis makanan pada anak. Anak akan belajar mengenal tekstur dan rasa  berbagai bahan makanan. Tentu saja pengenalannya dilakukan bertahap dan disesuaikan dengan usia anak.

Salah satu MPASI yang disukai anak-anak saya hingga sekarang adalah oatcheese cake lumer, makaroni keju, dadar telur kraft. Resep terakhir saya dapatkan dari kemasan keju Kraft Cheddar yang isiannya saya modifikasi, sedangkan  dua resep yang lain saya dapatkan dari teman. Bahkan oatcheese cake lumer ini pernah menjadi favorit ibu-ibu sewaktu disajikan saat arisan.


Memilih Keju yang Asli

keju KRAFT

kredit foto : koleksi pribadi


Sajian berbahan keju merupakan favorit siapa saja ya, termasuk di keluarga kami, lo. Selain ketiga makanan yang saya sebutkan di atas, makanan lain seperti kastangel, nastar keju juga menjadi favorit keluarga kami. Salah satu bahan utama yang digunakan berbagai resep di atas adalah keju cheddar. Kadang keju cheddar hanya dipotong kecil-kecil kemudian dijadikan kudapan oleh ketiga anak saya.

Sebagai ibu, tentu saja saya ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga. Dulu saya tidak bingung untuk menentukan pilihan keju yang akan kami gunakan, karena saat itu tidak banyak varian keju. Namun, saat ini banyak beredar di pasaran berbagai merek keju dengan banyak varian, harga yang ditawarkan pun bervariasi. Apa yang membedakannya ya? Semuanya sama-sama keju. Saya jadi kesulitan dan bingung membedakannya.


    Artikel terkait :

    KRAFT Crolette, Menu Simple Dan Bergizi


Kampanye #KejuAsliCheck

Pada tanggal 3 Desember 2021 di Jakarta, KRAFT mengadakan siaran pers dengan tema "Dukung Pemenuhan Nutrisi Buah Hati, KRAFT luncurkan #KejuAsliCheck Panduan Ibu pintar untuk memilih Keju Cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas guna menghadirkan sajian lezat penuh nutrisi bagi buah hati". Kampanye ini merupakan inisiatif dari KRAFT untuk membantu ibu dalam memilih keju cheddar dengan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas. Panduan sesuai yang saya dan ibu lainnya agar tidak bingung lagi untuk memilih keju.

Kampanye #KejuAsliCheck yang diadakan oleh KRAFT yang merupakan merek unggulan Mondelez Indonesia, mengajak para ibu agar lebih pintar memilih keju cheddar dengan komposisi bahan yang tepat dan berkualitas. Kampanye ini diadakan setelah KRAFT melakukan survey terhadap konsumen, yang menyatakan bahwa 50 persen responden sering mengonsumsi keju (1 sampai 7 kali dalam seminggu). Namun, sayangnya lebih dari 61 persen responden tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran tidak semuanya berbahan utama keju cheddar, 77 persen responden mengaku terbiasa membaca label pangan, lebih dari 48 persen responden tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

Menurut Dian Ramadianti, Senior Marketing Manajer Keju KRAFT, "Kampanye #KejuAsliCheck dapat diterapkan melalui dua cara mudah, yaitu dengan memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung) dan memiliki klaim nutrisi pada kemasan."

Kampanye KejuAsliCheck


"Hadirnya kampanye #KejuAsliCek sesuai dengan peraturan  Badan Pengawasan Obat dan Makanan, yaitu komposisi bahan baku pada label pangan diurutkan berdasarkan jumlah, dari kandungan tertinggi ke rendah. Oleh karena itu, komponen pertama pada komposisi produk keju cheddar idealnya adalah keju cheddar, bukan air ataupun bahan lainnya," tegas Dian.

Pencantuman label pada pangan olahan diatur dalam Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, agar masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi yang jelas dan benar setiap produk pangan yang dikemas, sebelum membeli dan mengonsumsi pangan kemasan. Seperti label dalam KRAFT dalam foto berikut.

Label Pangan

kredit foto : koleksi pribadi

Dalam kemasan tersebut tampak bahwa, keju cheddar merupakan komposisi utama. Hal ini terbukti karena bahan utama keju cheddar KRAFT adalah keju asli New Zealand dan dilengkapi dengan nutrisi calcimilk yang kaya akan kalsium dan Vitamin D. Selain itu keju cheddar KRAFT memiliki rasa lezat dengan gurih keju yang khas, dan tanpa perisa tambahan.

Jadi ibu-ibu tidak perlu meragukan lagi kandungan nutrisi yang terkandung dalam keju cheddar KRAFT, karena semua yang tercantum dalam labelnya adalah benar. Semakin yakin memberikan keju cheddar KRAFT untuk ananda dan anggota keluarga yang lain bukan.


Manfaat Mengonsumsi Keju Cheddar KRAFT

Setelah mengetahui kandungan keju cheddar KRAFT, tentunya bunda ingin tahu kan manfaat mengonsumsi keju cheddar KRAFT bukan keju yang lain. Manfaat mengonsumsi keju cheddar KRAFT adalah jika dikonsumsi secara rutin dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian, karena 30 persen kebutuhan kalsium, sumber vitamin D dan protein dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Penelitian dari National Library of Medicine menyatakan bahwa produk olahan susu kaya kalsium, salah satunya terdapat pada keju cheddar terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang anak. Menurut Dr. Rita Ramayulis DCN M. Kes, Nutrionist,  " Selain itu, keju cheddar juga bisa berperan sebagai sumber energi tinggi kalori agar buah hati dapat terus bergerak dan tidak mudah merasa lelah." 


Kesimpulan

Keju cheddar KRAFT mengandung keju asli New Zealand sebagai penyusun utama, serta dilengkapi nutrisi calcimilk yang kaya calcium dan vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Cara memeriksa keaslian keju seperti yang disampaikan dalam kampanye #KejuAsliCek dapat dilakukan dengan dua cara mudah, yaitu dengan memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung) dan memiliki klaim nutrisi pada kemasan.

Yuk Bunda mengonsumsi keju asli agar nutrisi ananda terjamin. Dan pastikan membaca label pada kemasan sebelum membeli atau mengonsumsinya agar mengetahui nutrisi yang terkandung dalam produk kemasan. 






19 komentar

  1. Saya dan keluarga sangat suka makan keju terus di mix gitu deh sama sajian makan lain agar menambah nutrisi yg lbh bermanfaat. Benar sekali. Keju banyak mengandung manfaat buat tubuh kita y☺️

    BalasHapus
  2. keju juga jadi favorit keluarga di rumah, terutama saya yang nota bene ga suka susu, tapi doyang banget olahan susu yang sudah jadi kejuu,... suksess yaa mba,...semoga masuk nominasi 70 besar,...cheers!!

    BalasHapus
  3. Wah ... keju favourite keluarga saya ini Mbak.
    Keju cheddar KRAFT ini mengandung keju asli New Zealand sebagai penyusun utama, serta dilengkapi nutrisi calcimilk yang kaya calcium dan vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi, kita enggak bakal ragu kalau dikonsumsi oleh buah hati kita.

    BalasHapus
  4. Penting banget memang mengetahui komposisi utama produk, ya, Mba. Saya jadi nambah tahu klo pas cek produk ya lihat apa yang tertera di paling awal komposisi. Makasih ulasannya, Mba 😊

    BalasHapus
  5. anak anak saya juga suka banget keju cheddar Kraft ini, banyak info yang baru saya dapat dari artikel Mba Dyah ini. Makasih atas ulasannya. Goodjob

    BalasHapus
  6. Kami sekeluarga pecinta keju. Betul banget, penting cek komposisi utama produk, supaya tahu keasliannya.

    BalasHapus
  7. Jadi para bunda harus teliti sebelum membeli ya mb antara keju yg asli dan tdk nya. Demi mendapatkan keju yang asli tanpa kompromi sebab asal asalan tanpa lihat komposisi jadi ga mendapatkan nilai gizinya.

    BalasHapus
  8. Selain padat nutrisi, keju KRAFT cheddar rasanya gurih lezat, disukai semua usia. Semoga kampanye keju asli check ini diperpanjang ya...

    BalasHapus
  9. Kraft Cheddar juga favorit keluarga kami. Rasanya lezat dan gurih. Nutrisinya ternyata juga mantap ya Bun. Alhamdulillah tidak salah pilih.

    BalasHapus
  10. Untung saja rasanya sedap ya kejunya, jadi gampang buat kasih ke anak2

    BalasHapus
  11. Keju cheddar memang mantap. Favorit anak-anak di rumah

    BalasHapus
  12. Karena keju cheddar dari KRAFT ini sudah mengandung keju asli New Zealand jadi kita nggak perlu ragu lagi untuk konsumsinya ya

    BalasHapus
  13. Kampanye #kejuaslicheck menurutku langkah edukasi yang good banget supaya gak salah pilih produk keju cheddar.

    BalasHapus
  14. Iya nih. Kita memang harus lebih bijak lagi dalam memastikan keju yang baik dan berkualitas dengan melihat label, komposisi kemasan. Keju kraft inilah yang memang terbaik ya kan.

    BalasHapus
  15. Semenjak ada campaign #KejuAsliCheck, saya jadi lebih aware pada kandungan utama dari keju yang beredar di pasaran.

    BalasHapus
  16. Kampanye #KejuAsliCheck ini memang sangat penting. Jangan sampai kita merasa sudah mengkonsumsi keju untuk memenuhi kebutuhan kalsium, tapi ternyata keju yang kita konsumsi bahan utamanya air atau tepung bukan keju asli.

    BalasHapus
  17. Saya suka ini kampanye edukasi seperti cek keaslian keju seperti ini. Jadi ada added value dari Kraft

    BalasHapus
  18. cheddar memang pilihan ibu cerdas untuk kecerdasan buah hati ya mbak, wow banget deh.

    BalasHapus
  19. waaah mba dyah kreatif pinter bikin bikin menu olahan keju... sampe laris pas arisan.... apalagi kejunya pakai cheddar Kraft ya mba.... berkualitas bukan kaleng kaleng

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih