Apa Saja Investasi Aman Untuk Pemula?

Kamis, 03 November 2022

 

investasi aman untuk pemula

"Duh, Aku ketipu nih!" seru seorang teman yang tiba-tiba datang menghampiri mejaku. Perhatianku yang semula fokus pada layar monitor karena sedang mengerjakan laporan terhenti dan beralih padanya.

Wajah teman saya kusut, matanya merah menahan marah. Ternyata dia ditipu temannya. investasi yang ditawarkan ternyata bohong. Alih-alih mendapat keuntungan sebesar 20%, uangnya raib entah kemana.

Singkat cerita, teman saya berpikir dengan melakukan investasi, dia akan mendapatkan keuntungan di masa depan. Namun, ternyata cara yang dia pilih salah. Dia kurang teliti dalam memilih bentuk investasi yang akan dilakukannya, maklumlah dia masih belajar investasi.

Sebetulnya adakah investasi aman untuk pemula? Apa saja jenis investasinya? Yuk, belajar bersama tentang investasi.


Investasi 

Sebelum diskusi lebih lanjut tentang investasi yang aman, cari tahu dulu tentang investasi yuk!  

Investasi merupakan kegiatan untuk menempatkan dana pada satu atau lebih dari jenis aset selama periode tertentu. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan penghasilan atau peningkatan nilai.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi berarti penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Secara sederhana investasi merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan finansial atau keuangan di masa depan.


Menabung

Menabung adalah salah satu cara mengelola keuangan  yang bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan di masa yang akan datang. Tabungan juga berperan untuk menjaga kestabilan keuangan jika di masa yang akan datang mengalami hal yang tidak diinginkan

Namun, ada inflasi yang terlupakan. Nilai rupiah di masa yang akan datang akan menyusut. Misalnya nilai Rp. 1.000.000, kenaikkan harga barang 6% dan tingkat bunga acuan 4% per tahun. Maka dalam 20 tahun mendatang nilainya menjadi setara Rp. 683.203 saat ini.

Oleh karena itu pengertian menabung dalam pengertian yang tepat adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa yang akan datang secara memadai dengan memperhitungkan tingkat inflasi jangka panjang.


Investasi vs Menabung

Berdasarkan kedua definisi menabung dan investasi di atas adalah dua hal yang berbeda ya berbeda ya Sobat Dy. Nah, kali ini kita akan belajar bersama tentang investasi dulu ya. 

Setiap orang mempunyai tujuan keuangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu Sobat Dy dapat memilih instrumen atau alat investasi yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan yang ingin dicapai. Selain itu Sobat Dy juga dapat memilih jangka waktu investasi sesuai dengan jenis investasi yang dipilih.

investasi vs menabung


Investasi Aman Untuk Pemula

Sebelum memulai investasi sebaiknya investor pemula mengetahui jenis investasi yang aman agar tidak terjebak investasi bodong. Salah satu ciri instrumen penanaman modal yang aman adalah adanya izin yang diperoleh  dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Inntrumen investasi berikut, telah saya lakukan dan saya sudah membuktikannya. Latar belakang saya bukan orang ekonomi, sehingga saya otodidak mempelajarinya dan bertanya pada ahlinya. Saya khawatir terjebak investasi bodong, uang tidak banyak dan melayang kan sedihnya bisa tak berujung hiks.

Berikut jenis investasi yang aman yang pernah saya lakukan ya Sobat Dy 

investasi aman untuk pemula


Emas

Emas termasuk logam mulia yang dapat menjadi aset berharga ataupun perhiasan. Emas adalah instrumen investasi yang telah lama dikenal dan dipercaya oleh masyarakat dari masa ke masa.

Nilai emas cenderung naik setiap tahunnya sehingga dapat terlindungi dari inflasi. Sekitar setahun terakhir nilai emas berubah banyak. Mungkin Sobat Dy sempat mengetahuinya atau bahkan mengalaminya. 

Beberapa tahun yang lalu nilai emas per gramnya sekitar Rp. 500.000. Namun, setahun terakhir nilai emas berubah menjadi Rp. 900.000 per gam. Bahkan nilainya pernah mendekati Rp. 1.000.000. Cukup signifikan bukan kenaikkannya.

Aset ini cocok untuk investasi jangka panjang seperti dana pensiun, biaya membeli rumah, dana pendidikan anak tanpa harus menghadapi resiko tinggi. Emas dapat memberikan keuntungan di atas lima tahun.

Saat ini marak dijual emas dalam bentuk kecil atau biasa disebut mini gold mulai dari harga Rp. 10.000 dan ini juga dapat dibeli secara online, lo. Memudahkan Sobat Dy untuk melakukan investasi bukan?


Reksadana

Reksadana adalah cara untuk menghimpun dana dari masyarakat yang berinvestasi, kemudian diinvestasikan oleh Manajer Investasi dala portofolio efek. Reksadana adalah salah satu instrumen yang dapat dipilih oleh investor dengan modal kecil.

Selain itu, investor juga tidak memerlukan keahlian khusus atau mengalokasikan waktu untuk mengatur strategi penanaman modal karena ada Manajer Investasi yang mengelola portfolio efek reksadana setiap investor.

Saat ini investor dapat melakukan investasi instrumen reksadana mulai Rp. 10.000. Investor dapat memilih jenis reksadana sesuai dengan profil resiko dan jangka waktu yang diinginkan.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, instrumen reksadana saya gunakan untuk membeli dan renovasi rumah.


Surat Berharga Negara (SBN)

Surat Berharga Negara adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembiayaan dan pembangunan negara melalui intrumen penanaman modal yang aman, mudah dan terjangkau.

Instrumen SBN hampir tidak memiliki resiko karena dijamin oleh Undang-undang dan imbal hasilnya langsung diterima investor melalui rekeningnya setiap bulan. SBN juga ada yang sesuai dengn prinsip syariah Islam, lo. 

Ada banyak jenis SBN yang ditawarkan pemerintah. Informasi terkait masa penawaran akan diinformasikan melalui website Kementrian Keuangan https://www.kemenkeu.go.id/, maupun melalui bank kustodian atau Manajer Investasi.

Berikut SBN yang telah diterbitkan pemerinta :

  1. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)
  2. Saving Bond Ritel
  3. Sukuk Tabungan
  4. Sukuk Ritel
  5. Sukuk Wakaf

Pembeliannya mudah dan dapat dilakukan secara online. Setelah jatuh tempo dana pembelian intrumen juga langsung ditransfer ke rekening investor. Mudah bukan?


Saham

Saham adalah penyertaan modal terhadap suatu perusahaan yang memungkinkan investor dapat menklaim kepemilikan perusahaan terbuka. Instrumen saham saat ini sednag tren di kalangan anak muda.

Keuntungan instrumen ini relatif besar dibandingkan investasi lainnya. Instrumen saham memiliki resiko tinggi, karena fluktuasi pasar saham yang terjadi setiap hari akan mempengaruhi imbal hasil dari saham yang dimiliki.

Oleh karena itu diperlukan riset yang mendalam mengenai saham. Pembelian instrumen ini juga dapat dilakukan oleh individu atau perorangan, lo. 


Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah instrumen aman yang dikeluarkan oleh perbankan. instrumen ini telah lama dikenal oleh masyarakat. Investor diharuskan menyimpan dana dengan jumlah tertentu dalam kurun waktu yang bervariasi, mulai dari 1, 2, 3, 4, 5, 12, 18, hingga 24 bulan.

Namun, investor dapat mencairkan dana deposito setelah jangka waktu berakhir. Jika dicairkan sebelum jangka waktu berakhir, maka ada biaya pinalti yang harus dibayar pada pihak Bank.


Penutup

Setelah mengetahui beberapa bentuk investasi di atas, Sobat Dy akan memilih investasi yang mana? Saya sudah mencoba semua jenis investasi di atas dan saya lebih memilih reksadana dibandingkan yang lain untuk berinvestasi.

Selain hasil imbalnya yang langsung ditransfer ke rekening, Cara pembeliannya pun mudah. Jika sebelumnya saya selalu datang ke Bank untuk melakukan pembelian, saat ini saya melakukan pembelian secara online melalui aplikasi bank yang telah saya pasang di ponsel pintar saya. Memudahkan bukan?

Investasi aman untuk pemula? Ada kok. Yuk berinvestasi, sesuaikan dengan kebutuhan Sobat Dy ya.  Selamat berinvestasi.


Referensi

www.manulife.co.id

www.tanamduit.com

www. kemenkeu.go.id

5 komentar

  1. Selain deposito dan nabung, aku jg masih belajar nih mbaa untuk nyemplung di dunia reksadana, dan beberapa saham yang sampai saat ini masih bertahan hahaha.. akunya belum berani untuk naro besar, tp emang harus uang dingin sih yaa biar ngga syokk kalau resesi beneran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes harus uang dingin mbak, supaya ga bingung, makanya kenapa saya pilih reksadana karena masih imbang imbal baliknya

      Hapus
  2. Wah di Reksadana juga bisa Investasi dari nominal yang terjangkau ya kak. Selama ini aku masih pakai emas sebagai bentuk tabungan sih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang mulai dari nominal 10k juga, di beberapa manajemen investasi juga bisa kok. Emas juga ok, kalau emas saya gunakan untuk jangka panjang karena berasa banget selisihnya
      Namun, untuk jangka pendek emas kurang efektif

      Hapus
  3. Saya berusaha investasi dalam bentuk emas. Jika membutuhkan danan darurat memang sangat mudah untuk dijual, tapi saya rasa minimal 5-10 tahun abru terasa benar keuntungannya. Jika mais 1-2 tahun disimpan yang ada malah nilainya turun. Well, tegrantung harga pasar saat itu juga sih.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih