Belajar Berhitung Sambil Bermain, Yuk!

Jumat, 10 November 2023

Belajar berhitung sambil bermain

 

Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu, bermain juga merupakan media untuk belajar bagi anak-anak, karena melalui bermain anak dapat meningkatkan kemampuannya dan mengembangkan dirinya, lo.

Setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam belajar dan memahami sesuatu. Hal ini dapat distimulasi agar kemampuan anak dapat meningkat sekalius sebagai bekal untuk masa depannya kelak.

Pada anak usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi anak. Salah satunya adalah belajar berhitung. Agar anak senang maka Sobat Dy dapat mengajak anak belajar berhitung sambil bermain.


Belajar Berhitung

Berhitung merupakan bagian dari matematika dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari hingga anak dewasa kelak. Oleh karena itu, sebagai seorang ibu yang memiliki anak tentunya menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anak di masa depannya kelak, bukan.

Anak usia dini yang mempunyai kemampuan berhitung mampu mengikuti pendidikan selanjutnya karena berhitung dapat berfungsi sebagai dasar untuk mengenal konsep matematika seperti penjumlahan dan pengurangan.

Walaupun keterampilan berhitung merupakan hal yang penting, tetapi belajar berhitung dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Tentu saja gunakan cara yang sederhana sehingga anak suka dan tertarik pada angka.

Salah satu konsep penting yang dapat dipelajari oleh anak usia dini adalah kepekaan terhadap bilangan, misalnya kepekaan terhadap jumlah. Contohnya lebih banyak, lebih sedikit, kurang banyak, kurang sedikit. 

Anak yang peka terhadap bilangan dan dapat mengembangkannya akan semakin tertarik dengan perhitungan. Sehingga anak akan lebih siap untuk mengikuti pembelajaran matematika saat mengikuti jenjang pendidikan yang lebih tinggi


Manfaat Belajar Berhitung Pada Anak

Jika anak telah terarik dengan perhitungan, apa saja manfaat yang akan diperoleh oleh anak yang belajar  berhitung? Ini lo manfaat belajar berhitung pada anak :

Anak dapat berpikir logis dan sistematis

Deretan angka yang digunakan dalam berhitung dapat membuat anak untuk berpikir secara runut dan sistematis, sehingga anak akan terbiasa menggunakan logikanya untuk berpikir.


Anak memiliki pemahaman konsep ruang dan waktu

Seorang anak yang peka terhadap bilangan akan lebih mudah memahami konsep ruang dan waktu, misalnya saat bangun pagi, anak dapat memahami bahwa pukul enam lebih pagi dibandingkan pukul sembilan. 

Begitu juga pemahaman ruang, karena anak sudah dapat membedakan lebih besar, lebih kecil, misalnya kotak bekalnya dapat dimasukkan ke dalam lemari es, sedangkan tas sekolahnya tidak dapat dimasukkan ke dalam tas bekalnya yang berukuran lebih kecil.


Anak memiliki kreativitas dan imajinasi

Disadari ataupun tidak hampir semua bagian kehidupan kita terhubung dengan angka bukan. Berhitung bukan hanya terkait dengan kemampuan mengerjakan soal matematika saja, tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan mengatur waktu, mengelola keuangan.

Anak dapat mengimajinasikan hal yang terkait matematika, misalnya dia mempunyai sepotong roti dan harus membaginya dengan saudaranya, anak dapat memperkirakan berapa besaran kue yang akan didapat setiap anak.

Belajar Berhitung Sambil Bermain


Belajar Berhitung Sambil Bermain

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa anak akan mempelajari banyak hal dengan cara yang menyenangkan, salah satu caranya adalah dengan bermain. Begitu pula halnya dengan belajar berhitung sambil bermain, tentunya akan menyenangkan bagi anak-anak. 

Berikut beberapa cara belajar berhitung dengan cara menyenangkan :

Bernyanyi

Menyanyikan lagu bersama anak adalah saat yang menyenangkan. Salah satu lagu yang dapat dipilih adalah lagu Balonku Ada Lima. Sambil bernyanyi gunakan juga jari, sehingga anak dapat mengetahui bahwa angka berhubungan dengan jari.


Permainan angka

Anak-anak dapat diajak untuk bermain angka, misalkan menggunakan flash card atau pom-pom atau kancing atau benda lainnya. Anak dapat diajak untuk memindahkan sejumlah pom-pom ke sebuah wadah menggunakan jepit. Selain anak belajar berhitung hal ini juga bermanfaat untuk menstimulus motorik halusnya yang mendukung kemampuannya untuk menulis kelak.

Saat ini tersedia aneka ragam flash card di pasaran yang dapat digunakan untuk belajar berhitung. Sobat Dy dapat memilihnya sesuai kebutuhan.


Membaca buku

Saat membaca buku, anak dapat diajak untuk menghitung sejumlah benda yang tergambar dalam buku, misalnya menghitung jumlah bunga, atau jumlah bola


Menulis angka dan menggambar

Sobat Dy, dapat mengajak anak untuk menulis angka menggunakan pensil dan meminta anak untuk menggambar benda sejumlah angka yang ditulis.

Permainan menulis angka juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan lain misalnya menulis angka di pasir, anak tentunya akan menyukai bermain pasir bukan.


Menghubungkan angka dengan garis

Permainan menghubungkan angka secara berurutan dengan garis atau menbalkan titik dapat mengajarkan anak untuk tentang urutan angka dan belajar tentang sistematis. Tidak harus membeli buku khusus, Sobat Dy dapat membuatnya sendiri dan ajak anak untuk mengurutkan angka dan emmbuat garis untuk menghubungkan angka tersbeut.


Menghitung jari tangan dan kaki

Ajak anak untuk menghitung jumlah jari tangan dan kakinya. Hal ini merupakan cara sederhana untuk mengajarkan anak berhitung. Ajak anak untuk membandingkan ukuran jarinya dengan jari saudaranya. 

Berhitung Sambil Bermain



Game Belajar Berhitung

Ada beberapa permainan yang dapat digunakan untuk belajar berhitung. Sobat Dy dapat menggunakannya tanpa harus mengunduhnya. Berbagai jenis permainan dapat dipilih di situs Mortgage Calculator. Kami mencoba beberapa permainan di sana, salah satunya adalah treze coins dan grocery cashier.


Treze Coins

Treze coins merupakan permainan penjumlahan uang dalam bentuk koin secara sederhana. Anak-anak diminta untuk menambahkan koin dalam jumlah tertentu ke dalam mesin gumball.

Sebelum bermain, Sobat Dy dapat memilih bahasa yang ingin digunakan selama permainan. Pilihan bahasa digambarkan dengan bendera negara tersebut. Ada lima pilihan bahasa yang dapat dipilih, yaitu Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, dan Perancis.

Dalam permainan ini ada tiga tingkatan. Sobat Dy dapat memilih koin 1, koin 1 dan 10, koin 1, 5 dan 10. Sesuaikan dengan kemampuan anak-anak ya. Tidak perlu memaksa anak-anak untuk memainkan semuanya.

Saat bermain akan muncul angka yang diminta di bagian atas. Kemudian Sobat Dy dapat mengajak anak untuk berhitung dan menambahkan satu per satu koin ke dalam mesin. Jika jumlahnya sudah sesuai, klik tombol pada mesin permen karet, sehingga mesin akan mengeluarkan permen karet.

Hal yang sama juga berlaku untuk pilihan koin 1 dan 10. Sobat Dy akan diminta untuk mengumpulkan koin sejumlah permintaan yang ditampilkan di bagian atas layar. Namun, kali ini jumlah koin yang dikumpulkan lebih dari sepuluh. Anak-anak yang sudah mengenal satuan dan puluhan dapat sekaligus bermain dan belajar.

Bagaimana jika koin satuannya habis? Tenang saja di bagian kanan bawah, Sobat Dy dapat menukarkan koin sesuai permintaan. 1 koin senilai 10$ dapat ditukarkan dengan 10 koin senilai 1$. 

Hal yang sama juga berlaku untuk permainan yang menggunakan koin 1, 5 dan 10 ya. Pilihan koin yang akan digunakan juga lebih bervariasi, pun pilihan koin yang akan ditukarkan. Begitu seterusnya hingga koin habis digunakan untuk membeli permen karet.

treze coins mortgage calculator


Grocery Cashier

Grocery cashier atau kasir kelontong merupakan permainan yang disukai anak-anak, karena anak-anak dapat bermain dengan berperan sebagai petugas kasir. Pada permainan ini anak-anak dapat berlatih penjumlahan dan pengurangan sekaligus. 

Jika selama ini anak-anak mungkin hanya bermain dengan mesin kasir ala-ala, maka pada permainan ini anak-anak juga akan mengoperasikan mesin kasir secara virtual. Tentunya hal ini akan menjadi hal yang menyenangkan bagi mereka, bukan.

Anak-anak dapat dipandu untuk memasukkan harga dan mengoperasikan mesin kasir, karena bahasa yang digunakan bukan bahasa Indonesia, sehingga anak-anak mungkin akan mengalami sedikit kesulitan.

Pertama, anak akan diminta untuk memasukkan harga jual barang yang dibeli dan menambahkan harga barang yang dibeli satu per satu. Setelah selesai, pembeli dimint auntuk membayar sesuai nominal yang muncul di mesin kasir. Kemudian pembeli membayar dengan nominal tertentu, jika ada kembalian, maka anak-anak diminta untuk memilih sejumlah nominal yang akan dikembalikan.

Kasir kelontong


Menarik bukan permainan ini, anak-anak dapat berlatih untuk penjumlahan dan pengurangan sekaligus Sobat Dy dapat menyisipkan adab jual beli atau muamalah halal haram saat bermain.


Penutup

Belajar sambil bermain adalah hal yang menyenangkan. Anak-anak akan mempelajari banyak hal, termasuk belajar berhitung. Banyak manfaat yang diperoleh anak saat belajar berhitung, sambil bermain, lo.

Yuk, berbagi di kolom komentar bagaimana cara Sobat Dy mengajarkan anak belajar berhitung selama ini.


Referensi

1. https://www.haibunda.com/parenting/20200806164847-61-155544/7-cara-ajari-anak-berhitung-sambil-bermain-supaya-enggak-boring

2.https://www.kompasiana.com/dianhutahaean7721/6384b9daa4f066698e0bf082/mengenalkan-konsep-berhitung-angka-sambil-bermain-untuk-anak-usia-dini

3. https://www.dancow.co.id/artikel/1-plus/belajar-berhitung

4. https://www.ivacwicha.com/2023/06/game-belajar-berhitung.html

19 komentar

  1. Setuju sekali kak Pada anak usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi anak. Salah satunya adalah belajar berhitung

    BalasHapus
  2. Belajar berhitung sambil bermain pasti seru banget. Anak-anak tidak menyadari jika ia sedang belajar. Tapi karena happy, dikiranya bermain aja. Padahal saat bersamaan, anak-anak sedang belajar berhitung yang mampu meningkatkan kemampuan anak. Wah, kalo bisa menerapkan ini keren banget!

    BalasHapus
  3. wah seru banget nih permainan kasir ala-ala begini..bisa role play sekalian belajar berhitung ya..cocok untuk usia berapa ya mba Permainan begini?

    BalasHapus
  4. Belajar sambil bermain emang paling menyenangkan biar anak ngga bosen. Apalagi berhitung, cocok kalo dikemas dalam bentuk games. Di Mortgage Calculator banyak banget pilihannya.

    BalasHapus
  5. bisa jadi inspirasi kalo pas sama anak ya kak. belajar berhitung sambil bermain. kalau jaman kecil dulu kalau cewek namanya pasaran

    BalasHapus
  6. Keren banget Mbak tipsnya. Aku lagi di fase bermain sambil belajar sih sama anak, termasuk belajar berhitung ini~

    BalasHapus
  7. proses bermain sambil belajar pada anak jadi semakin menyenangkan ya mba, kalo pakai media game seperti ini. Jadi pingin kembali jadi bocah lagi, dan main game di aplikasi mortgage, hehehe

    BalasHapus
  8. Mengajari anak-anak berhitung memang harus pinter-pinter ya mba,,,berhubung seusia itu belum bisa diajak serius belajar..dunianya masih dunia bermain. Pelajaran berhitung diselipkan diantara permainan-permainan.

    BalasHapus
  9. Saya juga main di Mortgage Calculator, tetapi saya kebetulan lagi seneng main Twin the Bin, which is itu game tentang lingkungan. Game di Mortgage Calculator banyak banget ya pilihannya

    BalasHapus
  10. Perlu kesabaran luar biasa untuk mengajarkan berhitung dan belajar sambil bermain bisa jadi opsi terbaik

    BalasHapus
  11. Aku juga amaze banget sih, tibatiba aja anakku udah bisa ngitung jejeran semangka, apel, jeruk, pokoknya apapun yang berjejer dia hitung wkkkwwkwk, alhamdulillaah

    BalasHapus
  12. Aku juga ngajarin anakku berhitung melalui permainan game ini lho. Bikin role play jadi kasir dalam permainan grocery cashier paling enak. Tapi...pas ada kembalian sekian sen gitu dia mulai bingung haha. Karena currencynya dolar.

    BalasHapus
  13. walaupun aku punya anak kecil selalu, tiap anak beda-beda triknya, baca ini jadi kaya review dan dapat tambahan wawasan lagi, kudu belajar terus ini ibunya

    BalasHapus
  14. Pengen banget menggunakan metode menyanyi sambil berhitung, metode membaca juga sih.
    Kebutuhan literasi menurut saya sangat penting. Berhitung lewat cara yang menyenangkan tentu ilmu yang wajib dimiliki para ibu

    BalasHapus
  15. Metode belajar sambil bermain emang bikin menyenangkan anak sekali, bikin mereka ga kerasa kalau sedang belajar. Kalau permainannya semenyenangkan ini, jangankan anak-anak, yang bukan anak-anak juga suka 🤣

    BalasHapus
  16. belajar matematika untuk anak itu memang harus dimulai dengan cara yang menyenangkan ya mba, seiring usia anak bertambah memanfaatan digitalisasi saat ini memang cukup membantu

    BalasHapus
  17. melalui game, anak bisa sekaligus belajar ya mbak. Game buat belajar berhitung ini rekomended

    BalasHapus
  18. kebetulan anak-anakku tipe belajarnya visual, mereka lebih paham dengan bermain game ketimbang diceramahi oleh ayahnya

    BalasHapus
  19. Aktivitas belajar jadi makin asyik dengan adanya variasi belajar sambil bermain. Belajar jadi lebih menyenangkan.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih