Menjadi Bloger Merdeka Sesuai Hati Nurani

Senin, 28 Agustus 2023

bloger merdeka

Bulan Agustus identik dengan bulan kemerdekaan, karena pada bulan Agustus 1945 Indonesia menyatakan kemerdekaannya diwakili oleh Soekarno dan Hatta. Euforia kemerdekaan berkumandang di seluruh Indonesia hingga ke pelosok negeri ini.

Tidak mudah merebut kemerdekaan pun tak mudah pula untuk mempertahankannya. Lalu bagaimana dengan peran yang kita ambil untuk mempertahankan kemerdekaan indonesia? Apakah kita telah benar-benar merdeka? Apakah saya telah menjadi bloger merdeka sesuai hati nurani? Simak lebih lanjut di artikel ini ya.


Bloger

Jika ditinjau dari Kamus Besar Bahas Indonesia, bloger adalah sebutan untuk orang yang mengeblog, pengeblog atau narablog. Bloger adalah seseorang yang gemar berbagi apa yang dipikirkan maupun pengalaman hidupnya melalui media tulisan yang ditulis dalam sebuah situs yang dikelolanya sendiri.

Banyak hal yang dapat dituliskannya berdasarkan topik atau niche yang ingin ia bagi kepada pembaca atau pengikutnya. Ada yang memilih topik seni, hobi, kuliner, tujuan wisata, teknik penulisan, hewan peliharaan, tanaman, kesehatan, kecantikan, keuangan, bisnis, dan masih banyak lagi.

Bloger pun bebas memilih platform yang akan digunakannya, ada yang memilih blogspot, wordpres, tumbler, dan lainnya. Namun, platform yang sering digunakan adalah blogspot dan wordpress. Ada yang berbayar ada pula yang gratis. 

Bloger adalah


Jika saat ini Sobat Dy menggunakan blogspot yang tidak berbayar dan suatu saat ingin berganti yang berbayar, Sobat Dy dapat pula mengubahnya kok tanpa kehilangan post terdahulu yang telah ada di blog. Sobat Dy dapat mengikuti tahapan cara mengubah blogspot menjadi situs yang berbayar atau top level domain (TLD).

Dana yang dibutuhkan untuk mengubah platform tak berbayar menjadi platform yang berbayar pun variatif tergantung pilihan Sobat Dy. Ada .com, .co.id, .my.id, dan lainnya. Saat ini saya memilih menggunakan .com, lumayan sih harganya. Sobat Dy pilih yang mana niH


Bloger Sebagai Content Creator

Content creator merupakan salah satu profesi yang akhir-akhir ini semakin banyak diminati. Tak dapat dipungkiri kemajuan teknologi salah satu penyebab pekerjaan content creator semakin banyak dibutuhkan.

Sebetulnya apa sih content creator itu? Jika diartikan secara harfiah, content creator dapat diartikan pembuat konten. Konten yang dibuatnya berdasarkan permintaan pemesan atau target yang ingin dicapai pembuat konten.

Konten yang dibuat dapat bermacam-macam, diantaranya dapat berupa foto, video, podcast, tulisan, dan lainnya. Konten tersebut dapat dibagikan melalui sosial media yang sesuai, diantaranya YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, Twitter maupun blog.

content creator adalah

Tentunya bloger menginginkan pengunjung blog betah membaca di blognya, mereka menambahkan gambar, infografis, video. Berarti untuk menjadi seorang bloger harus kreatif dong? Eits, tunggu dulu kreatif yang seperti apa nih, karena sudut pandang kreativitas berbeda-beda. Intinya bloger tidak boleh plagiasi atau meniru plek ketiplek konten atau jurnal atau karya tulis lainnya.

Tidak harus menjadi fotografer atau pembuat video atau membuat desain yang ahli dulu kemudian dapat menjadi bloger. Saat ini banyak aplikasi yang mendukung seseorang yang semula tidak bisa desain, tetapi dapat membuat desain yang bagus. Aplikasi yang dapat membantu untuk membuat video ada CapCut, Kenmaster.

Sedangkan aplikasi untuk membuat desain ada Canva, Medibang, photogrid. Banyak sekali aplikasi yang dapat dipilih, mulai dari yang tak berbayar hingga yang berbayar. Sobat Dy dapat berkreasi seoptimal Sobat Dy menggunakan aplikasi yang ada.

Saat ini juga banyak kursus online untuk mengasah skil membuat konten Sobat Dy dapat memilih salah satunya. Tentu saja harus dilatih setelah mendapat ilmu, karena latihan akan membuatnya semakin baik dari waktu ke waktu.


Bloger Sebagai Influencer

Disadari ataupun tidak bloger termasuk salah satu influencer, tetapi apa sih sebetulnya influencer itu, kok keren amat ya istilahnya. Influencer merupakan sebutan yang diberikan kepada seseorang yang telah memiliki banyak pengikut. Jumlah pengikut ini dapat diketahui dari profil media sosialnya.

influencfer adalah


Bloger merupakan salah satu influencer yang diminati oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya, lo. Ada yang menawarkan kerjasama dalam bentuk memberikan backlink ke situs perusahaan. Ada juga diminta untuk menuliskan testimoni setelah menggunakan produknya. Banyak pilihan kerjasama yang ditawarkan, tentu saja saling menguntungkan kedua belah pihak.

Tidak hanya perusahaan yang menghasilkan produk, tetapi juga perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dapat bekerja sama dengan bloger untuk memasarkan produknya.


Menjadi Bloger Merdeka

Banyak peluang yang ditawarkan sebagai seorang bloger, sehingga wajar jika ada yang memilih profesi menjadi bloger sebagai pekerjaan utamanya. Namun, ada juga yang memilih bloger sebagai pekerjaan sampingan, lumayan kan bisa untuk tambahan jajan.

Seperti yang saya sebutkan di atas, tawaran yang diberikan beragam. Rupiah yang ditawarkan pun beragam sesuai jenis pekerjaan yang dilakukan. Kadang tidak hanya menulis di blog saja, tetapi juga termasuk membuat konten di media sosial untuk mempromosikan tulisan yang telah dipost di blog.

Ada juga yang meminta sejumlah pengunjung yang telah membaca postingan di blog dalam periode waktu tertentu. Bagaimana kita mengetahui berapa orang yang telah mengunjungi artikel tersebut? Tentu saja ada tools yang akan membantu untuk mengetahuinya, yaitu Google Analytic yang saat ini telah menjadi GA4.

Tentu saja dibutuhkan usaha tersendiri agar dapat masuk dalam daftar bloger yang layak dipilih oleh perusahaan atau media yang akan bekerja sama. Jika telah terpilih untuk mengerjakan tugas, apakah bloger harus menerima tawaran tersebut?

Layaknya transaksi atau proses melamar pekerjaan, tentunya bloger akan diberikan informasi pekerjaan yang akan dilakukan termasuk berapa nominal yang akan diterimanya. Jika keduanya sepakat, maka pekerjaan tersebut dapat dilakukan dan pembayaran akan dilakukan sesuai kesepakatan.

Bagaiman jika pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan hati nurani? Kembali ke pribadi masing-masing, apakah mau tetap melanjutkan demi sejumlah rupiah atau menolaknya karena tidak sesuai hati nurani.

Sedangkan untuk testimoni suatu produk apakah bloger harus memuji dan menulis hal positif produk tersebut atau menulis apa adanya? Bloger dapat menuliskan pendapatnya saat memakai produk tersebut dengan cara yang baik tanpa menjatuhkan.

Jadi apa yang dimaksud menjadi bloger yang merdeka sesuai hati nurani? Menurut saya bloger yang merdeka adalah:

- Bloger yang menulis berdasarkan sudut pandang pemikiannya tanpa bayang-bayang siapapun, 

- Bloger yang menolak pekerjaan yang menurutnya akan menjerumuskan seseorang ke hal yang tidak baik menurutnya,

- Bloger yang bekerja tidak hanya berdasarkan nominal rupiah tertentu saja. Tidak munafik semua orang butuh uang, tetapi bukan berarti uang mematikan hati nurani,

Bagaimana menurut Sobat Dy? Apakah ada hal lain yang termasuk dalam kategori menjadi bloger merdeka sesuai hati nurani.


Penutup

Menjadi seorang bloger adalah pilihan. Pendapat seorang bloger dapat juga memengaruhi pembacanya atau pengikut blognya. Oleh karena itu bijak dalam berpendapat dan menyampaikannya dalam sebuah tulisan yang nyaman dibaca merupakan tanggung jawab bloger.

Apakah Sobat Dy yang memilih untuk menjadi bloger sudah menjadi bloger merdeka? Yuk tulis di kolom komentar bagaimana pengalaman dan pendapat Sobat Dy menjadi pribadi yang merdeka versi Sobat Dy. 

27 komentar

  1. Menurut ku blogger itu paket lengkao ya mb, bisa jd content creators, bisa juga rangkao influencer. Karena tidak sedikit tawaran job juga minta share ke medsos. Jadi mau gamau kita rangkao semua profesi di atas.

    BalasHapus
  2. Dulu, ngeblog itu buat nyimpen catatan sehari-hari. Biar gak hilang dan jadi tabungan kenangan untuk dibaca lagi suatu hari nanti. Isinya ya catatan perjalanan, cerita keluarga, cerita tentang sekeliling kita.

    Sekarang, blogger menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Menjadi salah satu corong informasi untuk promosi produk, jasa, brand dll. Apapun itu jadinya, yang paling penting tetap jalani dengan jujur. Tak perlu berlebihan. Yang sedang-sedang saja

    Semangat buat semua blogger

    BalasHapus
  3. MasyaAllah ini seperti jadi tamparan buatku mbak. Akhir2 ini kayak ngoyo banget nyari cuan dari blog. Sampai kadang lupa, big why ngebloy dulu sebetulnya kan mau menulis dan menyebar manfaat, bukan mencari cuan. Salut sama temen2 bloger yg berpegang teguh pada idealisme nya sehingga berani menolak peluang2 cuan yang tidak sesuai niche maupun tidak sejalan dg hati nurani, meski cuannya gede...

    BalasHapus
  4. blogger punya skala prioritas tersendiri dalam menulis, menerima job bahkan untuk melahirkan satu artikel saja butuh effort dan kreativitas lebih ya mbak. Menjadi blogger merdeka versi mbak dyah ini, mewakilkan sosok mbak dyah yang bijak

    BalasHapus
  5. Sejak jadi bloger jadi punya akun beberapa media sosial dan belajar meningkatkan insightnya. Soalnya artikel kita kan sering diminta klien untuk share ke medsos. Jadi aja, harus belajar deh, sampai ke Tik-tok pun...hehe

    BalasHapus
  6. Ayo kobarkan semangat ngeblog. Punya blog banyak manfaatnya ya kak. Termasuk nambah temen. Hehe... Merdeka jadi blogger dengan terus berkarya

    BalasHapus
  7. Merdeka untuk bikin konten tapi tetap dibatasi norma menurutku mbak, jangan sampai konten yang dibuat sampai merugikan orang lain dan diri sendiri. Jangan sampai deh viral tapi tercemar

    BalasHapus
  8. Yasshhh ini friendly reminder buat semua blogger mbaaa

    makasiii udah menjabarkan dgn assoyy.

    thanks ya.

    BalasHapus
  9. Awal saya ngeblog niat tjurhat..lama-lama berkembang dan bersyukur bisa cuan.
    Setuju tulisan bloger dapat memengaruhi pembacanya atau pengikut blognya, karenanya, sebaiknya bijak dalam berpendapat dan menyampaikannya

    BalasHapus
  10. Google analitik yang baru masih jadi PR buatku mba hiks, makasih postngannya ya mba sekarang lagi sibuk2 urus bayik jadi blog agak terbengkalai nih

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, sejak bergabung dengan komunitas blogger saya lebih paham tentang dunia blogger Mbak. Alhamdulillah sampai hari ini berusaha menjadi blogger yang baik

    BalasHapus
  12. Intinya, menyampaikan pesan secara sopan ya, Mbak. Blogger boleh menyuarakan pendapat berbeda secara diplomasi. Usahakan jangan sampai ada yang tersinggung, tapi juga hindari menjadi penjilat.

    BalasHapus
  13. Yess setuju banget harus jadi bloger merdeka, bebas mengekspresikan apa yang dipikirkannya.

    BalasHapus
  14. Aktivitas nge-blog ini memang seseru itu sih yaa..
    Mau bilang blogger merdeka dengan segala idealismenya, boleh banget. Tapi mau dibilang bloger merdeka finansial karena penghasilannya dari blog bisa diandalkan, juga bagus banget. Mana yang menurutnya paling pas dengan kepribadian sang blogger aja.
    Hehehe..

    Kalau aku di tahap, menulis untuk kesenengan.
    Jadi job yang diambil adalah yang bener-bener aku kuasai dan aku mampu untuk menuliskannya. Kalau engga, takut menyebarkan informasi yang gak valid euii~

    BalasHapus
  15. Blogger merdeka masih setengah -setengah mbak.. karena banyak faktor yang membuat kita merdeka..

    BalasHapus
  16. Aku akhir2 ini kayak robot aja rasanyaa hahaha nulis karena sponsor itu emang beda sama nulis dari hati nurani kayaak jadii ngga ada nyawanya gitu hiks. kecuali emang promosinya kita pernah alamin dan relate gitu yah

    BalasHapus
  17. Menjadi apapun memang harus sesuai dengan hati nurani ya Mbak. Aku juga secara pribadi menolak kalau ada tawaran yang tidak sesuai prinsipku. Ini saja jadi content creator aku dilarang suami untuk joget joget ala tiktokers. Pokoknya ada batas yang kita jaga.

    BalasHapus
  18. Yes akhir-akhir ini sempat megap-megap ikut jon tulidan sponsored post. Akhirnya minggu depan mau agak longgaran dulu nulis sesuai yang aku mau

    BalasHapus
  19. yup... setuju dengan blogger harus merdeka dan memberikan serta menyebarkan konten positif

    BalasHapus
  20. Job yang mengharuskan untuk laporan page view itu memang menantang. Pekerjaan tidak selesai di posting artikel, tetapi harus melakukan usaha-usaha tertentun untuk mendulang page view. Tapi tetap seru sih jadi blogger itu.

    BalasHapus
  21. Sepakat mbak
    Meski menjadi ladang mencari cuan, jadi blogger tetap membuat kita bisa merdeka dalam mengambil suatu pekerjaan ya

    BalasHapus
  22. Salah satu contoh blogger merdeka versiku berani menolak yang tidak sesuai hati nurani misal tema terkait riba atau judi. Ga semua orang bisa nolak karena kadang bayarannya besar

    BalasHapus
  23. Waaah kalau saya merasa sudah menjadi bloger merdeka, terbukti saya masih happy dengan kegiatan bloger membloger ini... Kakau ada tekanan atau apapun itu pasti membuat saya tak lagi happy melakukannnya...

    BalasHapus
  24. Jadi banyak belajar sejak punya blog, ngga nyangka bisa diendorse juga. Semakin lebih ingin belajar dan praktek.. Semangat merdeka

    BalasHapus
  25. Bener mba aku setuju sama blogger merdeka versi mba dyah. Karena boleh saja orientasi kita uang tp memberi manfaat kepada pembaca juga yg utama.

    BalasHapus
  26. menjadi bloger merdeka versi saya adalah, bisa bebas menulis apa saja sesuai dengan minat dan keahlian di bidang tertentu. soal menjadi bloger profesional itu pilihan dan itu arti merdeka lainnya

    BalasHapus
  27. Bloger merdeka menurutku juga bloger yang penuh semangat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk para pembacanya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih