Inspirasi Batik Kombinasi Yang Elegan

Rabu, 30 Agustus 2023

 

Batik Kombinasi

Apakah Sobat Dy mengenal batik? Siapa yang enggak kenal dengan batik? Itu lo kain khas Indonesia. Kain batik ini umumnya mempunyai corak tertentu dan warna tertentu berdasarkan daerah asalnya. 

Jika dulu batik hanya digunakan untuk acara tertentu, tetapi saat ini batik banyak digunakan dalam berbagai acara dan menjadi beberapa macam model pakaian. Sobat Dy dapat menemukan inspirasi batik kombinasi yang elegan. sehingga tetap nyaman dipakai dan tidak terkesan monoton.


Sejarah Batik

Sobat Dy tentunya ingin mengetahui sejarah batik, bukan? Jika ditinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, batik atau kain batik diartikan sebagai kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam (lilin) pada kain, yang kemudian pengolahannya melalui proses tertentu. Sehingga kain tersebut memiliki ciri khas dibandingkan jenis kain yang lain.

Dilansir dari Gramedia.com, batik berasal dari kata mbat yang mempunyai arti melempar berkali-kali dan kata tik yang mempunyai arti titik. 

Batik di Indonesia dipercaya sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga ke kerajaan berikutnya dan menjadi populer hingga akhir abad 18 atau awal abad 19.

Kain batik yang dihasilkan saat itu merupakan batik tulis. Sedangkan batik cap baru dikenal setelah perang dunia pertama atau sekitar 1920 an.


Batik Warisan Budaya Tak Benda

Sobat Dy tahu enggak kalau batik merupakan warisan budaya tak benda atau intangible cultural heritage dan hal ini telah diakui oleh UNESCO. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 Oktober 2009. Menurut UNESCO batik merupakan identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting bagi warga Indonesia.

Oleh karena itu, sejak saat itu pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari batik Nasional dan selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia. Saya masih ingat euforianya setelah UNESCO mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia. Rasanya semakin bangga ya mengenakan batik. 

Konon batik indonesia diketahui memiliki hubungan yang erat dengan adat istiadat dan budaya di berbagai wilayah Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas motif, karakteristik dan warna batik dengan ciri khas masing-masing daerah. Mungkin Sobat Dy pernah mengetahui batik Pekalongan, batik Madura, batik Sidoarjo, batik Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Bagi masyarakat Indonesia, batik merupakan ikon budaya penting di Indonesia. Saat ini batik dikenakan masyarakat dalam berbagai acara sebagai busana kasual dan formal.


Motif Batik

Batik di pesisir pulau Jawa telah banyak mengalami proses akulturasi budaya karena banyaknya pengaruh dari berbagai budaya. Dulu motif dan warna batik terbatas, terlebih beberapa motif tertentu hanya dapat dipakai oleh kalangan tertentu.

Namun, saat ini batik berkembang mulai dari desain atau motif maupun proses pembuatannya. Motif batik merupakan corak yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk suatu pola yang beragam.

Motif batik di Indonesia berbeda-beda tergantung letak geografisnya dan budaya setempat. Hal ini mungkin yang menjadi alasan adanya filosofi dibalik desain motif batik yang ada. Tahukah Sobat Dy, bahwa motif batik juga dipakai untuk menunjukkan status sosial  seseorang. 

contoh motif batik


Berikut beberapa contoh motif batik dan filosofinya:

Motif alas-alasan

Motif alas-alasan berasala dari kata alas, dalam bahasa Jawa artinya hutan, dapat juga diartikan seperti hutan. Oleh karena itu, di dalamnya terdapat berbagai macam binatang dari binatang yang berukuran kecil hingga binatang yang berukuran besar. 

Motif ini termasuk motif tradisional. Pengguna batik motif alas-alasan ini diharapkan mampu mengajak orang lain untuk membaca ulang dan selalu mawas diri, arif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan yang penuh tantangan.


Motif emprit

Motif emprit merupakan nama salah satu burung dalam bahasa Jawa. Burung Pipit adalah nama lain burung Emprit. Seekor burung yang tangguh walaupun tubuhnya kecil, karena burung Pipit hidupnya berkelompok. Pesan yang ingin disampaikan adalah agar manusia belajar dari alam sekitar dan menjaga hubungan baik dengan sesama. 


Motif anggur

Motif anggur termasuk kategori Lung-Lungan yang memiliki dua makna, yaitu tolong menolong dan saling terkait. Pesan tersirat dari motif anggur adalah harapan agar orang yang mengenakannya memiliki kehidupan sosial yang baik.


Inspirasi Batik Kombinasi

Saat ini motif batik lebih bervariasi, sehingga dapat digunakan menjadi berbagai model pakaian. Ada yang memilih batik untuk dijadikan seragam sekolah, seragam kerja, bahkan seragam komunitas.

Batik tidak hanya digunakan untuk acara formal, tetapi juga dapat digunakan dalam segala situasi tanpa canggung. Selain itu, batik juga dapat dipadupadankan dengan jenis kain selain batik sehingga tampak lebih elegan.

Berikut beberapa inspirasi batik kombinasi yang elegan dan dapat dikenakan dalam berbagai suasana:

Model tunik

Model tunik dapat dikenakan dalam berbagai acara baik formal maupun informal, mungkin karena modelnya yang sederhana. Sobat Dy dapat memadupadankannya dengan legging atau celana, bahkan dapat juga dipadukan dengan rok plisket atau celana kulot.


Inspirasi Batik Kombinasi


Model outer

Model outer juga dapat dijadikan pilihan. Sobat Dy dapat memadukannya dengan kaos tanpa lengan atau kaos lengan panjang. Selain itu, penggunaan outer ini dapat dipadukan dengan aneka jenis model bawahan.


Kain polos

Batik dapat juga dipadukan dengan kain polos warna senada. Kombinasi ini dapat digunakan untuk berbagai model atasan maupun gamis. Selain itu, dapat juga ditambahkan aksen kancing atau aksesori lain untuk mempercantiknya.


inpirasi batik kombinasi


Kain brokat

Umumnya batik yang dikombinasikan dengan kain brokat digunakan untuk acara resmi atau formal. Perpaduan ini dapat digunakan untuk model gamis, kebaya maupun gaun. Aneka model dapat dipilih Sobat Dy. Pakaian yang dikenakan oleh sepsanag pengantin di pernikahan adat Jawa juga mengenakan perpaduan brokat dan kain batik, lo.

Selain itu, adanya sentuhan brokat akan membuat pakaian tampak mewah. Umumnya kain batik digunakan sebagai bawahan, tetapi juga dapat dipadukan langsung menjadi dres, gamis atau model lainnya. 


Penutup

Sobat Dy tetap dapat kelihatan modis dengan dengan menggunakan kain batik. Apalagi saat ini motif dan warna batik memiliki banyak varian. Sobat Dy, juga dapat mengenakan batik dengan motif sama, tetapi model yang berbeda sebagai pilihan outfit yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Bahan batik yang cenderung dingin membuat pemakainya betah mengenakan batik dalam durasi waktu yang lama. Yuk kenakan batik sebagai salah satu pilihan busana kita untuk menjaga warisan leluhur. 

Sobat Dy, suka dengan model batik yang seperti apa nih? Tulis di kolom komentar ya.


Referensi

1. https://www.kemenperin.go.id/artikel/23589/Menperin:-Memakai-Batik,-Menghormati-Warisan-Budaya,-Memperkokoh-Perekonomian-Nasional

2. https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-batik/

3. https://bbkb.kemenperin.go.id/index.php/post/read/pengertian_motif_batik_dan_filosofinya_0

4. https://www.orami.co.id/magazine/model-baju-batik

5. https://www.lazada.co.id

6. https://www.tokopedia.com

21 komentar

  1. Saya suka batik motif apa aja tapi saat ini lebih suka motif klasik macam gringsing atau kawung

    BalasHapus
  2. Wah detail sekali penjelasannya tentang beberapa motif batik. Sampai sekarang saya paling suka batik encim. Mungkin karena motifnya mengusung budaya peranakan.

    BalasHapus
  3. Mbaak, cantik-cantik gambar2 motif batik yang ada di sini. Btw, saya baru tahu lho kalau batik juga erat kaitannya dengan status sosial seseorang, seperti apa itu ya?

    BalasHapus
  4. Motif batik itu beragam sekali ya, dan saya baru tau ada jenis motif anggur dan emprit. Kalau dulu suka pake batiknya pas kerja yang model tunik, pas kalau dipadu padankan dengan memakai celana kulot atau rok panjang

    BalasHapus
  5. Dari semua batik paling banyak jenis broklat, karena jadi pakaian ibadah juga. Tapi aku suka batik encim karena lebih elegan dan sederhana. ❤️

    BalasHapus
  6. wah sekarang motif batik makin variatif yaa.. aku jarang memakai baru batik, kalau dulu saat masih bekerja kantoran tentunya ada jadwal rutin memakai batik :D

    BalasHapus
  7. Jadi inget dulu pas kerja pernah buat motif batik dan dituangkan dikain oleh pengrajin batik yang dlam naungan perusahaan kami, happy nya katanya laku dibeli sama direktur tempat aku kerja 😍

    BalasHapus
  8. Sepertinya mode tunik lagi banyak diincar oleh pencinta fashion ya.. Saya suka motifnya, bisa fleksibel untuk acara acara tertentu

    BalasHapus
  9. Saya suka banget sama model batik tunik.. Sepertinya istri saya akan suka model ini untuk acara kondangan

    BalasHapus
  10. saya nggak terlalu paham kalau soal motif. Tapi saya suka yang simetris coraknya untuk dipakai ke acara undangan/resmi gitu. Tapi saya juga punya jaket batik biasa dipakai sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bepergian saya suka bawa outer batik. Fungsinya kalau ada acara formal ya bisa pakai itu. Tapi untuk santai juga bisa .. praktis emang batik kekinian mah ya bisa masuk segala suasana

      Hapus
  11. Kain batik ini kain yang saya suka. Untuk baju juga ada, karena di kantor tiap hari Rabu wajib makai batik.

    Paling suka model outer dan tunik. Bikin saya lebih oese aja gitu.

    BalasHapus
  12. Bangga banget menggunakan batik karena selain filosofinya, kain batik kini sudah masuk ke fashion dunia. Idol Kpop juga uda mulai ada modifikasi kain batik di baju manggung mereka. Jadi batik bisa banget untuk melengkapi fashion model yang kekinian.

    BalasHapus
  13. Saya kurang paham soal permotifan batik, tapi saya suka banget pakai batik karena terlihat keren dan bagus. Apalagi enak dibawa kemana-mana, semisal ada acara dadakan bisa langsung cusss meluncur tanpa perlu ganti baju lagi

    BalasHapus
  14. Pakai batik itu asik menurut daku.
    Karena buat acara formal bisa, misalnya buat hangout pun tetep keren, karena bisa sekaligus juga kitanya melestarikan dengan pakai batik

    BalasHapus
  15. Zaman sekarang memakai batik sudah menjadi fashion. Batik mulai fleksibel disandingkan dengan ragam pakaian lainnya. Kombinasi dengan outer itu saya suka sekali

    BalasHapus
  16. motif alas-alasan keren banget ya, sepertinya cocok dijadikan tunik atau vest, warna nya juga kekinian.

    BalasHapus
  17. Batik adalah pakaian wajib di sekolah tempat saya mengajar yg dipakai setiap hari Kamis. Batik juga selalu saya pakai setiap hari dalam bentuk daster.

    BalasHapus
  18. Wah jadi tahu sejarah batik dan jenis jenis kain batik. Bagus2 ya motif batik dan bervariasi. Di kantorku juga ada batik seragam

    BalasHapus
  19. Saya penggemar batik, rasanya batik bisa jadi outfit yang dipakai di segala suasana. Semakin kesini makin bagus untuk dipadupadankan tapi jangan lupa dengan batik jaman jadul yang tetep kharismatik untuk dipakai.

    BalasHapus
  20. Saya paling suka pakai baju batik lengan pendek yang ada furingnya. Motifnya apa saja asal warnanya gak mencolok dan harganya masuk akal. BAtik bikin penampilan kita makin simpatik

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih