ASUS Zenfone 9, Smartphone Ringkas Dengan Sejuta Kemungkinan, Teman Yang Tepat Untuk Beraktivitas

Sabtu, 17 Desember 2022

ASUS Zenfone 9, smartphone ringkas dengan sejuta kemungkinan


Sobat Dy, pandemi Covid 19 yang melanda dunia dua tahun terkahir ini menyisakan banyak cerita. Diantaranya adalah beberapa aktivitas yang dulunya hanya dilakukan secara offline berubah menjadi online.

Beberapa aktivitas tersebut adalah belajar, bekerja dan meeting. Apakah perubahan aktivitas tersebut berdampak pada saya? Tentu saja berdampak langsung. Saya yang notabene masih bekerja di sebuah perusahaan manufaktur, seorang istri dan seorang ibu dari tiga putra putri merasakan dampaknya.

Untuk beberapa meeting, baik lingkungan dalam perusahan maupun dengan pihak di luar perusahan, seperti dengan pelanggan atau penyuplai masih kami lakukan secara online. Bahkan beberapa audit surveillance maupun audit resertifikasi sistem manajemen yang diterapkan di perusahaan juga dilakukan secara online.

Selain itu, pelatihan yang diadakan beberapa badan pelatihan dilakukan secara online, termasuk sosialisasi atau diskusi beberapa pihak terkait operasional perusahaan.

Jika dulu bekerja hanya dilakukan di kantor atau work from office, maka saat pandemi beberapa pekerjaan dilakukan dari rumah atau work from home. Namun, saat ini beberapa pekerjaan ada yang dapat dilakukan dari mana saja atau work from anywhere.

Tugas saya lainnya adalah sebagai ibu tiga putra dan putri. Saat itu, anak sulung dan anak tengah yang mengalami pola pendidikan secara online, bertahap menjadi hybrid dan alhamdulillah saat ini sudah normal kembali. Pembelajaran tatap muka sudah dimulai sejak bulan Juli tahun 2022.

Selain itu, saya juga tidak ingin kehilangan peristiwa penting tumbuh kembang anak-anak yang saya tuangkan dalam bentuk cerita maupun foto yang disimpan pada google drive. Cara yang mudah adalah mendokumentasikannya dengan foto saat anak-anak beraktivitas.

Tidak hanya beberapa kewajiban saya yang disebutkan sebelumnya, sayapun ingin mengembangkan diri atau memerlukan waktu untuk diri saya sendiri agar saya tetap waras diantara berbagai macam tugas dan kewajibann. Pilihan saya jatuh pada menulis dan membaca. 

Menulis membuat saya bisa menyalurkan isi hati dan isi kepala yang belum tertuang dan terucap. Begitu pula dengan membaca, baik membaca buku pengembangan diri maupun cerita pendek atau novel pada aplikasi atau buku fisik.

Dua kegiatan yang akhirnya membawa saya bergabung pada beberapa komunitas dan pelatihan yang sebagian besar menggunakan zoom meeting atau google meet. Sisanya masih menggunakan WhatsApp Group.

Hampir semua aktivitas tersebut saya lakukan menggunakan smartphone karena memudahkan bagi saya, dibandingkan saya menggunakan kamera khusus atau laptop.


Teman yang Tepat Untuk Beraktivitas

Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. kurang lebih begitu sebagian lirik lagu yang dinyanyikan oleh Anggun C. Sasmi. Gambaran tersebut menggambarkan keadaan saya saat ini. Bukannya mengurangi aktivitas, tetapi aktivitas saya semakin banyak apalagi aktivitas yang menggunakan smartphone.

Saya membutuhkan smartphone yang serba bisa agar aktivitas yang saya lakukan secara daring atau online dapat berjalan dengan baik. Beberapa aktivitas tersebut adalah :

Meeting dan audit online

Beberapa meeting baik meeting internal maupun eksternal dilakukan secara daring atau online. Kadang saat meeting saya hanya menggunakan smartphone karena memudahkan bagi saya. 

Meeting yang berlangsung cukup lama kadang membuat smartphone bekerja cukup keras, apalagi jika disertai dengan sinyal yang kurang mendukung. Alhasil smartphone akan cepat panas dan baterai cepat habis.

Begitu juga yang terjadi saat audit yang dilakukan secara online. Saat audit, saya dan tim menggunakan laptop dan smartphone. Selama audit berlangsung kami menggunakan laptop. tetapi saat memerlukan audit lapangan, tentu saja hal ini agak merepotkan jika harus membawa laptop ke lokasi pabrik, sehingga saya memilih menggunakan smartphone.

Saat audit di lapangan, saya harus menunjukkan aktivitas yang dilakukan menggunakan video call atau google meet. Auditor juga meminta bukti audit difoto dan dikirimkan langsung. Tak jarang mengirimkan bukti melalui aplikasi berwarna hijau yaitu WhatsApp dan interview dengan operator dilakukan bersamaan. 

Hal tersebut kadang berlangsung cukup lama, tergantung pada kecukupan bukti yang dikumpulkan oleh auditor. Hal ini menyebabkan smartphone saya kerap panas dan baterainya cepat habis. Seandainya ada smartphone yang mempunyai baterai tahan lama tentunya akan sangat membantu ya.


Pembelajaran online

Pilihan aplikasi yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar adalah google Classroom. Materi diunduh dan tugas diupload pada google classroom. Kadang tugas yang diberikan berupa video atau hanya foto tugas yang telah dikerjakan.

Kadang saya harus memfoto tugas beberapa kali agar tugas yang dikumpulkan dapat tertangkap kamera dengan baik. Akibatnya memori smartphone cepat penuh.


Tumbuh kembang anak

Sebagai seorang ibu, melihat anak berkembang sesuai tahapannya adalah sesuatu hal yang menggembirakan, sehingga tak jarang saya pun mengabadikannya dalam sebuah jepretan foto. Saya hanya mengandalkan smartphone karena hanya itu yang saya miliki.

Namun, kadang harapan tak seindah kenyataan, hasil jepretan foto smartphone ada juga yang tidak jelas karena saya memfotonya saat anak bergerak. Tidak semuanya terekam dengan baik karena hasil jepretan yang kurang baik atau saya kurang sigap memfotonya, sehingga hilanglah kesempatan merekam saat istimewa tersebut.


Me time

Saya memilih menulis dan membaca untuk me time. Bebas berekspresi dan bebas apapun. Tentu saja hal inipun saya lakukan menggunakan smartphone. 

Dengan banyaknya aktivitas saya, maka wajar bukan jika saya memerlukan smartphone yang tepat untuk menemani aktivitas saya. Mengapa saya memilih smartphone? Karena mudah digunakan oleh saya dan bentuknya yang ringkas sehingga saya bisa membawanya kemana saja.

Tidak hanya ringkas, tetapi juga mempunyai  banyak kemampuan, lo. Hmm kira-kira adakah smartphone yang sesuai dengan kebutuhan saya?

smartphone ringkas

Launching Asus Zenfone 9

Pada tanggal 17 November 2022, ASUS Indonesia resmi meluncurkan sebuah smartphone ringkas dengan banyak kemampuan. Peluncuran produk ini dilakukan secara hybrid, ada yang hadir secara langsung ada pula yang hadir melalui YouTube yang disiarkan langsung.

launching asus zenfone9

Acara yang berlangsung cukup meriah ini juga menampilkan bintang tamu sebagai pembicara yang menyampaikan keunggulan smartphone ringkas dengan sejuta kemungkinan. Semakin penasaran apa saja ya keunggulan Asus Zenfone 9 yang dirancang dengan sejumlah upgrade dan fitur unggulan. 

Acara ini juga bertabur hadiah. Peserta yang hadir baik online melalui YouTube atau yang hadir di lokasi mempunyai kesempatan untuk memperoleh hadiahnya. Salah satu hadiah yang dapat diperoleh adalah ASUS Zenfone 9. Seru dan menarik bukan acaranya?


Compact Size Big Possibilities


compact size big possibilities


Jargon yang digaungkan oleh ASUS ini membuat saya penasaran dengan maksudnya. ASUS merancang Zenfone 9 dengan layar 5,9 inchi dengan lebar kurang dari 7 cm dan panjang kurang dari 14,8 cm sehingga dapat digenggam satu tangan dan muat dalam saku. Tekstur permukaannya pun kokoh dalam genggaman.

Walaupun dimensi smartphone ini tergolong kecil, tetapi performanya enggak kaleng-kaleng, lo. Di sisi kanan ada tombol multi fungsi yang membuat segalanya menjadi mudah. Cukup dengan ibu jari untuk menggeser ke atas atau ke bawah atau klik dua kali untuk fungsi yang berbeda termasuk suara ke teks, refresh halaman web, pemberitahuan terbuka, pindah ke atas atau ke bawah halaman dan kontrol media. 


Performa Tinggi

Selain itu smartphone ringkas ini didukung dengan platform seluler Snapdragon8 + Gen 1 dengan RAM LPDDR5 hingga 16 GB dan ROM storage UFS 3.1 hingga 256 GB untuk menghadirkan kinerja yang lebih smooth dan responsif. 

Walaupun kinerjanya cepat, smartphone ini tetap adem lo atau dengan kata lain tidak cepat panas. Hal ini berkat teknologi cooling system yang sudah diperbarui dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas, sehingga memungkinkannya menghasilkan performa tinggi tanpa kenaikkan suhu berlebihan

Zenfone 9 ini pun sudah mendukung konektivitas Wi-Fi paling ngebut Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded. Hmm sudah terbayang deh bagaimana serunya menggunakan smartphone ini.

Performa tersebut dapat dinikmati lebih lama karena menggunakan baterai dengan kapasitas 4300 mAh, yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Baterai ini dapat bertahan untuk pemakaian satu hari bahkan lebih tergantung pemakaian. Sobat Dy juga tidak perlu khawatir saat bepergian tanpa membawa kabel charger atau power bank.

Bahkan teknologi STP ( Spesific Tab Process ) dari ROG Phone 6 juga digunakan untuk pengisian baterai sehingga pengisian dapat lebih cepat dan baterai tetap adem. Adaptor yang digunakan agar pengisian daya lebih cepat adalah HyperCharger 30W.


Penampilan Optimal

ASUS menghadirkan empat warna yang menarik untuk menunjang penampilan Zenfone 9, yaitu Moonlight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. Saya suka Sunset Red yang menarik, bagaimana dengan Sobat Dy, warna mana yang menarik?

Material penyusun yang digunakan pun pilihan, diantaranya Corning Gorilla Glass Victus yang melindungi layar sehingga layar menjadi empat kali lebih tahan gores dibandingkan kompetitor tangguh saat jatuh hingga ketinggian dua meter.

Selain itu, body Zenfone 9 sudah tersertifikasi IP68 sehingga anti air dan debu. Sobat Dy tidak perlu untuk pemakaian di dalam atau di luar ruangan sekalipun.

Layar 5,9 inchi yang dimiliki Zenfone 9 ini menggunakan layar AMOLED yang mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan waktu respon 1 ms. Dengan kecepatan optimal seperti iini Sobat Dy akan merasakan peralihan yang smooth saat mengakses berbagai aplikasi dan konten smartphone ini.

Selain itu layarnya juga telah dikalibrasi untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik, Layarnya telah memiliki tingkat kecerahan hingga 800 nits ( 100& APL ) dan kecerahan optimum 1100 nits. Kombinasi antar layar yang cepat, jernih, dan kaya warna serta bisa dilihat saat berada di luar ruangan yang terang sekalipun. Menonton video  di Zenfone 9 seperti menonton film di bioskop, lo.


Ketajaman Fotografi

ketajaman fotografi

Kamera ASUS Zenfone 9 didukung dengan kamera utama 50 MP Sony IMX766, sehingga Sobat Dy dapat mengabadikan obyek pada malam hari atau tempat yang gelap dengan hasil yang memuaskan.

Kamera utama ini juga dilengkapi dengan teknologi Gimbal, yaitu 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization. Teknologi ini mampu merekam video dengan tingkat stabilitas yang tinggi, bahkan mengimbangi guncangan yang mungkin terjadi jika Sobat Dy melakukannya dengan satu tangan.

Selain itu, teknologi Gimbal dapat menjaga hasil foto bebas blur dan guncangan, bahkan saat Sobat Dy bergerak. Fitur ini akan memantau setiap gerakan Zenfone 9 ke berbagai arah dan kemudian menyesuaikan posisi lensa secara real-time. Obyek apapun yang tertangkap lensa akan terekam tanpa distorsi optik atau 'ghosting'.

Kamera kedua, yang berada di belakang dilengkapi dengan lensa ultra-wide beresolusi 12MP Sony MX363. Sedangkan kamera depan didukung sensor Sony IMX663. 

ASUS Zenfone 9 menyediakan fitur untuk mengoperasikan kamera dalam mode Night, Pro, Panorama, Slow Motion, dan Timelapse. Mode tersebut akan mendukung hasil foto yang optimal.


Kejernihan Audio

Sobat Dy juga akan mendapatakan kualitas audio yang jernih dan optimal, karena ASUS menggunakan dua speaker linier yang masif dan didukung oleh Qualcomm Aqstic  smart amps.

Speaker yang diperkuat Qualcomm Aqstic WSA8835 amp yang powerfull mampu memproduksi bass 50% lebih besar dibandingkan kompetitor.


Penutup

ASUS Zenfone 9 merupakan smartphone ringkas dengan sejuta kemungkinan yang layak dimiliki oleh siapapun untuk menemani berbagai aktivitas Sobat Dy. 

Buat kalian yang mau beli ASUS Zenfone 9, sudah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Stoe, ASUS Online Store.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari.

18 komentar

  1. Ingat gadget ingat ASUS
    karena banyaakkk bgt keunggulan nya.
    Spesifikasi nya beneran bikin kita hepiiiii bgt yakkk

    BalasHapus
  2. Asus bisa digunakan untuk bermacam-macam kegiatan ya. Selain penampilan yang cakep, fiturnya keren-keren sangat terutama untuk berkegiatan dari rumah.

    BalasHapus
  3. Dampak pandemi emang berasa banget bikin banyak aktivitas berubah jadi digital ya, Mbak. Sukses untuk lombanya

    BalasHapus
  4. Banyak yang tertarik dengan Zenfone 9 Sunset Red, tapi kalau saya lebih suka dengan Starry Blue.

    BalasHapus
  5. Idaman banget ASUS Zenfone 9 ini ya mbak
    Spesifikasi komplit banget
    Konten makin kece sama ASUS Zenfone 9 ini

    BalasHapus
  6. Aku suka dengan size Asus Zenfone 9 yang kompatibel. Jadi bisa nulis kapanpun pakai hp. Mudah dibawa.

    BalasHapus
  7. Paket lengkap banget ya ASUS ini, udah baterai besar, kamera bagus, tahan air pula. Oh iya, dia juga compact ya, jadi enak dibawa buat ngonten kemana2

    BalasHapus
  8. Asus zenfone 9 paket lengkap untuk mendukung produktivitas ya mba. Jadiin investasi, niscaya bisa membawa manfaat maksimal.

    BalasHapus
  9. Selalu mlongo kalau ASUS menciptakan produk terbarunya. Eeeh apalagi Zenfone 9 ini yang baru bulan kemarin diluncurkan, melongo juga! Kelebihan fiturnya memang didesain beda dari yang lain euy. Cakeeeeeeeup beud, Mbak

    BalasHapus
  10. Paket lengkap yang ngga perlu dieagukan lagi ya. Produk ASUS memang keren

    BalasHapus
  11. Ya benar sekali..bisa digunakan untuk segala aktivitas. Gawainnya ringkas, audio jernih, kamera canggih, anti ghosting. Banyak deh keunggulannya.

    BalasHapus
  12. Duh mupeng banget dengan ASUS Zenfone 9 ini, fiturnya premium dan cocok banget buat pekerjaan multitasking. Bentuknya juga kecil dan ringkas, jadi mudah di bawa saat bikin konten atau beraktivitas di mana saja.

    BalasHapus
  13. Mantap. Berjuta kegiatan dengan satu gawai dalam genggaman. Jadi mupeng banget pengin punya juga

    BalasHapus
  14. Aaua Zenfone 9 ini baterenya awet banget ya. 100 jam bukan? Kalo sehari ada 24 jam berarti... sekitar 4 hari doong. Gilee gokilss.

    BalasHapus
  15. Iyess Asus zenfone 9 ini dengan bentuknya yang mungil dan kecanggihan speknya yang luar biasa cocok dijadikan teman disetiap aktivitas.

    BalasHapus
  16. Spesifikasinya udah spek tinggi banget untuk ponsel flagship sih. Jadi pengen memiliki #eh

    BalasHapus
  17. Asus Zenfone 9 paling oke nih. Idaman banget pokoknya. Buat blogger, konten kreator cocok banget. Hasil foto, video, ama gambarnya pasti lebih jernih.

    BalasHapus
  18. Widih gadget.y emang vontent creator friendly nih, mana kameranya bagus, hasilnya jg nggak main-main

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih