Serunya Belajar Matematika Dengan Tangram Bangun Datar di Plays.org

Minggu, 17 September 2023

 

Tangram Bangun Datar

Siapa yang menganggap belajar matematika itu menyeramkan? Jika ada yang menganggap matematika syerem itu wajar kok, ada banyak yang merasakan hal yang sama. Namun, matematika tidack seseram itu kok.

Matematika bukan momok, justru matematika hadir di sekitar kita dan kita dapat mengajarkan matematika dengan cara yang menyenangkan pada anak-anak. Salah satunya adalah mengenalkan matematika dengan cara bermain?

Sobat Dy tahu permainan tangram kah? Bermain tangram bangun datar dapat digunakan untuk belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, lo. Bagaimana caranya? Yuk simak artikel ini sampai akhir ya.


Belajar Matematika Dengan Tangram Bangun Datar

Tahukah Sobat Dy jika tangram merupakan permaina yang terdiri dari beberapa potongan bangun datar geometris yang dapat digabungkan sehingga membentuk suatu obyek tertentu. Umumnya tangram dibuat dari kayu dan kertas, tetapi saat ini ada juga versi digitalnya, lo.

Tangram dapat digunakan untuk mengajarkan geometri yang merupakan bagian dari matematika. Anak dapat belajar membentuk geometri dengan mengubah susunan posisi potongan tangram. Selain geometri, konsep matematika lain juga dapat diajarkan pada anak, yaitu: komplemen, kesebangunan, transformasi geometri, dan lainnya.

Selain itu anak juga akan belajar kreativitas, keterampilan berpikir, dan memecahkan masalah. Tentunya saat bermain, anak akan berusaha menyelesaikan bentuk yang diminta dari potongan-potongan tangram yang ada.

Seru lo bermain tangram. Saat anak tengah saya kelas satu, gurunya di sekolah juga menggunakan tangram untuk belajar geometri. Kakaknya yang kelas empat juga minta dibelikan, lo. Namun, sayang gurunya hanya membeli sejumlah siswa kelas satu. Syukurlah si adik mau nih meminjamkan tangramnya sehingga emak pun tenang.

Tangram ini dapat dimainkan bersama, lo dan bisa dimainkan mulai anak-anak bisa menyusun bentuk bangunan. Jadi tidak hanya dapat digunakan anak yang sudah usia SD. Anak saya yang masih TK juga suka memainkannya.

Ada beberapa jenis tangram. Salah satunya adalah tangram China yang terdiri dari tujuh potongan geometri yang digabungkan membentuk berbagai bentuk


Manfaat Bermain Tangram

Setelah mengetahui apa itu tangram, tentunya Sobat Dy ingin tahu manfaat bermain tangram, bukan? Berikut manfaat bermain tangram dalam pembelajaran matematika:

Konsep bangun datar

Anak dapat mengetahui bentuk bangun datar geometri seperti segiempat, segitiga, jajaran genjang, kubus. Anak juga dapat belajar menggabungkannya membentuk bangun datar lainnya.


Topik luas

Setelah anak diminta menggabungkan potongan tangram menjadi sebuah bentuk tertentu, misalnya bentuk persegi panjang, anak dapat diajak untuk menghitung luas dari semua potongan tangram yang digunakan, sehingga dapat diketahui luas bentuk persegi panjang.


Topik keliling

Setelah menghitung luas gabungan bentuk tangram, anak juga dapat diajak untuk menghitung keliling gabungan potongan tangram yang tadi digunakan untuk menghitung luas.


Topik keliling dan luas

Setelah anak dapat menghitung luas dan keliling, langkah selanjutnya adalah mengajak anak berdiskusi untuk membandingkan antara luas dan keliling, sehingga anak dapat memahami konsep perbedaannya antara luas dan keliling.


Pemecahan masalah

Anak dapat mengasah keterampilannya untuk memecahkan masalah dalam menyusun suatu bentuk dengan menggunakan potongan tangram yang tersedia.


Bermain Tangram Digital

Sebagai seorang ibu tentu saja saya ingin mengajarkan matematika pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan agar mereka tidak menjadikan matematika sebagai momok. Salah satu cara yang saya pilih adalah dengan mengajak anak bermain tangram dalam bentuk digital.

Saat ini plays.org juga menyediakan permainan tangram dalam berbagai permainan. Sekitar 10 permainan tentang tangram yang disediakan situs bermain ini. Sobat Dy dapat mendampingi anak-anak untuk bermain. Tentu saja dengan batas waktu ya, agar anak-anak tidak terlalu banyak berinteraksi dengan layar. Selain itu, anak juga butuh ruang gerak agar motoriknya tetap tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Tidak hanya anak-anak yang bermain, lo. Saya juga ikut bermain karena permanannya seru dan menarik. Anak-anak juga suka dengan warna menarik potongan tangram yang disediakan. Kami bisa tertawa bersama ketika ada yang salah. Bermain bersama seperti ini juga meningkatkan quality time bersama dengan anak, lo.

Berikut permainan tangram yang saya dan anak-anak coba di plays.org:

Permainan puzzle block

Sebelum bermain puzzle block, pemain dapat bermain dengan memilih level satu terlebih dulu. Level permainan akan dibuka secara berurutan setelah pemain dapat menyelesaikan permainan.

puzzle blok tangram

Ada 24 tingkatan atau level di permainan ini. Tidak hanya dapat menyelesaikan permainan saja, Sobat Dy juga dapat bermain kecepatan menyelesaikan permainan dan dapat mengulang setiap level yang ingin diulang.


Permainan puzzle tangram 3D

Dalam permainan puzzle tangram 3 D ini, pemain diminta untuk menyusun berbagai bentuk tangram menjadi sebuah bentuk ayam atau lainnya. 

tangram puzzle 3D


Beberapa bentuk tangram yang disediakan diantaranya segitiga berbagai ukuran, jajaran genjang, kubus dan lainnya. Pemain diminta menyusun dan merotasi tangram yang ada sehingga dapat disusun menjadi sebuah bentuk yang diminta.

Cara bermainnya dengan cara menarik potongan tangram menuju bentuk pola yang tersedia. Jika bentuknya, tidak sesuai pemain dapat meletakkan kursor pada tangram yang akan diletakkan kemudian klik satu kali hingga bentuknya sesuai keinginan.


Penutup

Menarik bukan mengajarkan matematika pada anak-anak dengan cara bermain. Salah satunya adalah belajar matematika dengan tangram bangun datar.

Sobat Dy bisa lo melakukan hal yang sama dengan cara bermain di plays.org. Yuk ajarkan anak-anak matematika dengan cara yang menyenangkan. Cerita di kolom komentar ya.


Referensi

1. https://bbgpdiy.kemdikbud.go.id/labs/belajar-tangram/

2.https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3566#:~:text=Hasil%20dari%20studi%20ini%20menunjukkan,untuk%20siswa%3B%204)%20Meningkatkan%20minat

28 komentar

  1. Bisa dicoba ini untuk anakku yang baru masuk TK untuk mengasah perkembangan otak.

    BalasHapus
  2. Tangram nih jenis permainan yang menantang banget ya... Butuh kecerdasan geografis yang mumpuni nih. Aku biasanya lama banget menyelesaikan permainan macam ini... Tapi kalau berhasil, itu lega dan puasssss banget

    BalasHapus
  3. Dulu aku pernah bkin DIY Tangram buat anakku Mba..
    Wah skrg jdi bisa manfaatin dunia digital yaa, biar anak bisa belajar level up math nya dgn cara yg lebih praktis

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah mainin Tangram. Kayaknya seru dan menantang. Bikin penasaran untuk memecahkannya ya.

    BalasHapus
  5. Play.org ini makin banyak ya permainannya, bisa online dan gratis lagi seru banget niy sayangnya saya belum cobain main permainan ini, penasaran kayaknya menantang banget

    BalasHapus
  6. Saya juga dulu kurang suka matematika, Mbak. Karena susah penjabarannya hahaha. Tapi dengan adanya metode-metode yang lebih praktis, belajar matematikan jadi mudah dan menyenangkan ya, Mbak.
    contohnya tangram bangun datar ini. selain mengenal berbagai bangun datar seperti segitiga, kubus, jajaran genjang, anak-anak dilatih bagaimana membentuk bangun datar ini menjadi sesuatu.

    BalasHapus
  7. Wahh ada game buat mengenal bangun datar juga? Ih asli bru tauu komplit banget ini yaak plays.org. Cobain aahh wkwkw soalnya anakku ngomel2 pgn ngegame tp masih milih2 game mana yg cocok dan edukatif

    BalasHapus
  8. Belajar Matematika jadi makin mudah dan menyenangkan. Kita jadi ga eibet juga nih buat ngajarin anak tentang bangun datar. Tahu bentuk juga. Komplit

    BalasHapus
  9. Waktu sekolah belajar tangram kayaknya susah bedh dah. Asik nih bisa lewat games biar lebih mudah

    BalasHapus
  10. Seru banget main tangram, bisa sekalian ngajarin anak berhitung dan berkreasi yah.

    BalasHapus
  11. Seru kalau belajar matematika seperti ini, pakai alat peraga. Jadi lebih mudah dipahami. Rekomen nih buat siswa-siswa yang mau belajar matematika dengan mudah.

    BalasHapus
  12. Si kecil gw mkn seneng nih kalo ada mainan kyk gini. Dulu aku beliin yg versi fisik. Seru bgt bs latih motoriknya. Mslhnya kalo pas lagi marah2, brg mainannya suka dilempar2in. Kdg bnyk yg hilang. Mknya ga bs dimainan lg.

    Kalo digital gini kan emg praktis. Ga perlu simpen/beresin mainan abis dipake. Lbh enaknya lagi, kita ga perlu donlot mainnya. Aseeek.

    BalasHapus
  13. Sekarang belajar matematika tuh bisa menyenangkan kaya gini ya mba, dulu kan rasanya matematika sering jadi pelajaran yang menakutkan. Kalau belajarnya pake game gini mah kebanyakan anak bakal seneng.

    BalasHapus
  14. ehhh aku baru tau namanya tangram yaaa, nah ini main game yg tepat juga bisa jadi media belajar yang asik yaa

    BalasHapus
  15. Wah bisa ya sekarang belajar sambil bermain matematika lewat play. Org. Anak anak jadi senang karena gak terasa lagi belajar. Rasanya mainan aja. Bisa langsung masuk tuh pelajarannya

    BalasHapus
  16. Ternyata mainan membentuk sebuah pola begini namanya tangram yaa..kak Dy,
    Hihihi, aku baru tau namanya, tapi suka banget maininnya. Kadang sering sengaja main di salah satu apps online yang ada banyak gamesnya. Ternyata di plays.org ada yaa..
    Wah, mauuu..

    Haturnuhun infonya, kak Dy.

    BalasHapus
  17. dari kecil, aku juga suka main puzzle :D

    BalasHapus
  18. Seru banget dan cukup menantang mainan tangram ini apalagi dimainkan bersama anak-anak.

    BalasHapus
  19. Wah, seru ya permainan games di solitaire ini
    Ada game yg berkaitan dengan bangun ruang seperti ini juga

    BalasHapus
  20. Senangnya bisa bermain sekaligus belajar. Anak jadi lebih kreatif juga jadinya. Plus, ada banyak pilihan permainan di Plays.org pastinya.

    BalasHapus
  21. Ternyata permainan tangram sudah ada secara digital ya, jadi mau coba deh. Jadi ingat dulu kalau main ini pake kertas origami dan berasa sulit-sulit gimana tapi kalau sudah berhasil berasa puas banget kaya udah berhasil melewati tantangan

    BalasHapus
  22. Sekarang megajari anak matematika tuh beragam cara, apalagi dengan game gini anak pasti lebih suka dan mengena ya. Jadi tidak membosankan

    BalasHapus
  23. Asli saya ndak paham matematika Mbak, mumet, tapi lihat apa yang Mbak jelaskan mudah kali ya buat anak-anak?

    BalasHapus
  24. Benar sekali mengajari anak dengan menggunakan metode yang tepat akan lebih manfaat ke depan.

    BalasHapus
  25. Wah mengenal bangun datar dengan cara yang menyenangkan ya mbak Dy. Anak jadi banyak belajar dari konsep tangram ini. Udah ada versi digital nya jadi anak nggak melulu gadget yaa. Manfaatnya banyak bgt, dengan ngulik tangram ini anak belajar memecahkan masalah ya.

    BalasHapus
  26. bermain dan belajar pasti asik banget buat anak-anak, tidak hanya untuk anak-anak buat bapak-bapak juga sepertinya boleh juga buat mengisi waktu luang dan juga melatih otak

    BalasHapus
  27. Bisa dicoba untun anak usia berapa bu.
    Games yang mengedukasi ya ini, seru lagi. Kalau kata anakku matematika itu menyenangkan daripada pelajaran muatan lokal yang banyak nulis

    BalasHapus
  28. wah ada permainan baru nih di plays.org... kebetulan games jenis ini kesukaan anak sulungku

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih