KRAFT Crolette, Menu Simple dan Bergizi

Senin, 11 April 2022

"Bu, buat camilan, please," rengek bungsuku yang masih berusia empat tahun. Saya paling suka dengan wajahnya yang memelas begitu, ingin mencium dan memeluknya.

"Kue yang tadi sudah habis?" tanya saya sambil mencubit lembut hidung mungilnya yang lucu.

"Dihabiskan Bagas ma Nindi," keluhnya sambil memonyongkan bibirnya yang membuat saya semakin gemas. Bagas dan Nindi adalah dua anak saya yang lain. Kebiasaan anak bungsu nih yang memanggil langsung nama kakak-kakaknya tanpa tambahan kakak, mbak atau mas, sehingga saya kerap mengingatkannya

Anak kedua dan ketiga saya lebih suka ngemil dibandingkan kakaknya. Bagi saya tidak masalah selama pengaturan antara jadwal makanan utama dan camilan tidak terlalu dekat sehingga makanan utama tidak terlewatkan atau mengganggu jadwal makanan utama.

"Buat yang gampang aja, ya? Ibu enggak punya banyak bahan," jawabku sambil mengingat bahan apa yang ada di dapur. Kondisi sudah malam setelah salat tarawih, mau beli juga mager kalau sudah malam. Auto scroll mencari resep berdasarkan bahan yang ada di dapur. Dan saya menemukan resep unik nih, KRAFT Crolette. Resep yang sedang viral, lalu lalang di story Instagram. 

Bahan yang diperlukan membuat KRAFT Crolette hanya terdiri dari tiga bahan yaitu telur, keju KRAFT Cheddar dan minyak goreng. Tampaknya mudah nih dan pasti anak-anak suka, batin saya. Keju dan telur di dapur juga masih ada. Ketiga anak saya suka telur dan keju, kadang keju hanya dipotong-potong kecil, kemudian disantap langsung.


kraft crolette ala dyah




KRAFT Crolette

Crolette merupakan akronim dari Crown Omelette, yaitu omelet yang terbuat dari telur dan ada mahkota yang terbuat dari keju. Kedua bahan yang mudah didapat. Penampakannya cantik dan harum kejunya menggoda, perpaduan yang akan menggoyang lidah karena rasa gurih dari keju dan telur yang menyatu.

Yuk, disimak resep dan cara membuatnya yang praktis berikut ini :

Bahan KRAFT Crolette 

Dua butir telur
KRAFT Cheddar mini (30 gram)
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat KRAFT Crolette

  1. Kocok telur hingga rata.
  2. Panaskan pan teflon, tuang dan masak telur menggunakan pan, lipat dan sisihkan.
  3. Parut keju KRAFT Cheddar di atas pan teflon yang kering, kemudian letakkan Omelette di atasnya, masak dengan api sedang selama 2 menit.
  4. Angkat dengan spatula, sambil dibentuk crown hingga keju kaku
  5. Sajikan

Tidak perlu menunggu lama Crolette yang baru saja matang, langsung diserbu ketiga anak saya. Lapar apa doyan, ya? It's ok, mungkin mereka lapar setelah tarawih, atau mereka suka rasanya. yang pasti menyenangkan jika mereka lahap makan masakan yang saya sajikan.

Manfaat Telur

Telur termasuk bahan makanan yang mempunyai banyak manfaat dan mudah diolah. Putih telur mengandung protein, vitamin B2, B6, B12m dan selenium. Sedangkan kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol dan beberapa jenis mineral. Dua buti telur ayam ras seberat 100 gram mengandung zat gizi 154 kkal energi (kalori), 12,4 gram protein, 10,8 gram lemak, 0,7 gram karbohidrat, 86 miligram kalsium, 258 miligram fosfor, 3 miligram zat besi, 118,5 miligram kalium, 142 miligram natrium, 104 mikrogram vitamin A, 0,12 miligram vitamin B1 (tiamin), 0,38 miligram vitamin B2 (riboflavin). Selain itu juga ada vitamin B6, vitamin D, vitamin E, vitamin K, mineral zinc.

Dengan mengonsumsi telur, tubuh akan mendapatkan asupan energi, protein serta vitamin yang diperlukan untuk beraktivitas.

Manfaat Keju Cheddar

Keju cheddar adalah keju dengan tekstur relatif keras, berwarna antara kuning pucat hingga putih gading, kadang memiliki rasa yang kuat. Keju cheddar merupakan salah satu jenis keju yang bayak beredar di Indonesia sebagai bahan kue dan makanan.

Keju cheddar mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, lemak, kalsium, protein, zinc, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin D dan vitamin B12. Keju yang merupakan produk susu olahan bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

Berdasarkan manfaat kedua bahan penyusunnya, maka KRAFT Crolette cocok juga dikonsumsi saat berbuka ataupun saat sahur karena protein yang tinggi dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang. Selain itu, satu porsi crolette memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. Menu yang sederhana, bernutrisi dan mengguah selera, kan.

Tips Membuat Crolette

Keju Cheddar KRAFT

Untuk bahan keju yang digunakan harus menggunakan keju KRAFT Cheddar ya, karena keju KRAFT Cheddar mengandung protein dan kalsium yang tinggi, sehingga dapat sempurna membentuk mahkota atau crown dan tidak mudah patah saat dipanaskan. 

Cukup gunakan 30 gram saja agar crown dapat terbentuk sempurna. Jika menggunakan keji terlalu banyak akan kesulitan saat membalik telur, keju masih basah, kurang crispy. 

Saat saya mencoba pertama kali kejunya tidak kering-kering. Keinginan awal agar lebih enak, kejunya saya perbanyak, ternyata tidak berhasil. Saat mencoba kedua kalinya, kejunya bisa berdiri. 

Sisi lain, ada tiga anak yang menunggu di dapur ingin segera melahap Crolette, sehingga saya agak tergesa-gesa membuatnya. Senang juga sih jika anak-anak lahap makan hasil masakan saya.

Wajan anti lengket

Gunakan wajan anti lengket, baik saat membuat omelette ataupun saat membuat crown. Pastikan wajan kering sebelum digunakan membuat crown.

Gunakan api sedang

Saat membuat crown gunakan api sedang selama empat menit agar keju dapat mengering sempurna, tidak hangus dan tidak lembek

Angkat telur bukan crown

Saat mengangkat Crolette, angkat bagian telurnya. Jangan mengangkat dari pinggir ya, karena akan membuat keju berkumpul di tengah. Crown yang telah terbentuk jadi menyusut, kurang cantik. Hal ini saya alami saat percobaan pertama. 

Selanjutnya lakukan hati-hati saat membalik telur. Siapkan dulu piring untuk menyajikan Crolette dalam kondisi terbalik dan lakukan secara bersamaan dengan membalik Crolette yang telah diangkat dari wajan.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut Cara membuat KRAFT Crolette.



#KejuAsliCheck

Beberapa waktu yang lalu KRAFT berinisiatif untuk melakukan kampanye #KejuAsliCheck untuk membantu para ibu dalam memilih keju cheddar dengan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas. Badan Pengawas Obat dan makanan (BPOM) juga memberikan himbauan agar sebelum membeli produk makanan kemasan teliti membaca dan memahami label kemasan yang tercantum di kemasan produk. 

Pastikan memeriksa komposisi bahan yang tercantum di kemasan, ya. Cara untuk memastikan bahwa keju yang dibeli asli adalah pastikan komposisi utamanya adalah keju cheddar dan ada klaim nutrisi pada kemasan. Mudah bukan. Jadi jangan lupa pastikan dulu ya sebelum membeli keju. Apalagi jika untuk anak-anak, jangan coba-coba, ya.  



keju asli check


Dengan mengonsumsi keju KRAFT Cheddar secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, lo. Karena KRAFT Cheddar menggunakan keju asli New Zealamd sebagai bahan utamanya. Selain itu KRAFT Cheddar juga dilengkapi dengan Calimilk yang kaya akan kalsium serta sumber protein dan vitamin D. Itulah mengapa KRAFT Cheddar dapat memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian. 


Penutup

Mudah bukan resep KRAFT Crocelette, enggak pakai ribet, bahannya mudah, enggak pakai ribet juga membuatnya dan anak-anak juga suka. Ibu pasti senang jika anak-anak lahap makannya, bukan. Yuk, buat KRAFT Crocelette dan buktikan sensasi lezatnya. 

"Dapat lezatnya, dapat nutrisinya, pas bukan"


Referensi

  1. Manfaat dan Risiko Makan Telur - Hello Sehat
  2. Ini 3 Manfaat Keju Cheddar untuk Kesehatan Anak - Halodoc
  3. Keju Cheddar - Wikipedia
  4. Lembar Fakta Kampanye #KejuAsliCheck


37 komentar

  1. Makanan yang berbau keju seperti ini bikin saya tergoda buat mencoba :D
    Pasti enak soalnya. Thanks resepnya ya mbak Dyah... :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, resep dari IG Kraft kok mbak, yuk dicobain, endeus deh rasanya

      Hapus
  2. Wah, simpel nih resepnya. Tinggal cus beli keju dan masak deh. Terima kasih sudah berbagi resep simpel ��

    BalasHapus
  3. Wuih keknya enak banget dan simple juga bikinnya ya. Jadi pengen deh

    BalasHapus
  4. Sambil baca drooling nih. Hehe... Kelihatannya simpel, tapi kalau saya biasanya begitu praktik nggak tau deh hasilnya gimana. Hahaha...

    BalasHapus
  5. Wehh pecinta keju wajib coba nih. Ngiler ya Allahhhhhh

    BalasHapus
  6. menu yang cocok untuk menjadi cemilan di bulan ramadhan

    BalasHapus
  7. Saya juga salah anak yang suka makan telur. Tapi bedanya saya lebih suka yang dimasak pake kuah sih. Tapi setelah baca tulisan ini kayaknya tidak ada salahnya saya coba yang satu ini.

    BalasHapus
  8. Simpel banget resepnya, cuma 3 bahan aja udah jadi makanan enak. Tapi kalo praktik nggak tahu nih, sukses apa failed kayaknya susah bikin crownnya ya bun.. Hehehe

    BalasHapus
  9. gampang banget, tapi saya bukan pecinta kejuuuu tapi bisalah kalo lgi males jajan diluar bs bikin cemilan ini

    BalasHapus
  10. Istriku,,, tlong buatkan yg sprti ini.. haha

    BalasHapus
  11. Sabi dicoba nih mbak.. Keju cheddar seringnya aku pake buat bikin sandwich

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas resepnya. Saya akan coba membuatnya di rumah dengan mengikuti panduan yang ada di dalam artikel ini. Semoga hasilnya tidak mengecewakan.

    BalasHapus
  13. Wah ini makanannya orang sugeh.. Saya tidak berani coba.. kalau ada yang jual harganya murah pastinya saya beli.. tapi bila ada yang gratisan saya juga mau..vhehe

    BalasHapus
  14. Keju crafttt is my favorite! Selalu enak di pake di makanan ataupun minuman apa ajaa hihi mau coba juga buat Crolette nanti yg cukup mudaj ternyata. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  15. tips yang cocok nih buat temen2 yg lg mau bikin menu buka puasa utk temen2 dan keluarga, hehee..

    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1443 H bagi rekan-rekan dan seluruh umat Islam..
    Salam Damai Indonesia-ku, Jaya Wijaya nan Rahayu..


    terimakasih telah berbagi.. silahkan mampir ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
  16. Terima kasih infonya kk. Bisa bagi ke mamah ni infonya biar jadi menu buka puasa hehe

    BalasHapus
  17. Emang enak bangeet, ya si crolette inih. Favorit. Proses bikinnya jg bikin syuk, deg2an gimanaaa, gitu, khawatir g tegak crownnya. Thanks mba for sharing.

    BalasHapus
  18. nampaknya gampang dipraktekkan ini. aku mau coba ah. beli keju dlu kalau gitu hehehee

    BalasHapus
  19. Enak banget nih kalau anak suka pasti bisa jadi makanan favorit mereka wah saya pun harus nyetok telur dan keju nih mulai sekarang. Tapi biar hasilnya bagus KRAFT ya kejunya

    BalasHapus
  20. Wah seru sekali ya bikin keju crolette ini, tentu anak" pasti seneng banget dengan keju bentuk crown yg lucu ini.. nakku pun suka sekali saat aku bikinin..

    BalasHapus
  21. Menu crollete paduan telur dan keju ini nggapernah fail sih yaa, pasti enaknyaa apalagi kalau pake keju kraft

    BalasHapus
  22. Keju KRAFT Crolette ini enak banget, bikinnya mudah dan praktis dengan bahan yang ada di dapur. Simpel tapi bergizi dan cocok buat menu berbuka puasa. Kejunya gurih banget, kriuk2 lagi crownya, kesukaan anak-anak banget!

    BalasHapus
  23. Simpel banget tapi benar-benar bikin nagih

    BalasHapus
  24. Bikinnya praktis ya? Kapan-kapan coba ah.

    BalasHapus
  25. Aku sudah nyoba bikin ini mba
    Buat menu sahur anak anak
    Mereka suka lhoo, cara bikinnya gampang ya

    BalasHapus
  26. Nutrisinya tercukupi dan rasanya enakk..
    Juara banget memasak KRAFT Crolette di waktu sahur atau berbuka, bikin anak semakin semangat menyantap makanan.

    BalasHapus
  27. Simple banget ya caranya, bisa buat camilan anakku kalo lagi repot

    BalasHapus
  28. Ingin coba buat juga, kelihatannya enak. Ada info terkait gizi disini juga terima kasih kak

    BalasHapus
  29. Bener kak dengan Kraft Crolette anak-anak jadi lahap banget makannya ya, semua suka

    BalasHapus
  30. Kabayang serunya, masak tapi dinanti hasil masakannya sama anak. Apalagi keju, susu dan telur kaya akan gizi yang baik buat anak

    BalasHapus
  31. Kemarin juga nyiba anak-anak langsung suka. Jafi menu favorit baru

    BalasHapus
  32. Wah bahannya sangat simpel banget dan membuatnya pun tidaj butuh waktu lama. Bisa jadi ide andalan sarapan nih.

    BalasHapus
  33. Wah kemarin saya juga bikin KRAFT Crolette ini mbak emnang bener simpel dan mudah ya..yang penting Kejunya harus Keju KRAFT supaya crownnya bisa terbentuk sempurna

    BalasHapus
  34. simpel banget resep dan cara bikinnya
    nanti saya recook deh
    apalagi anak saya memang suka keju dan di rumah selalu ready keju kraft

    BalasHapus
  35. Wah dapat resep olahan keju yang baru lagi nih. Unik pula kan tampilannya. Sepertinya mudah namun tetap perlu hati-hati dalam membuatnya yaa agar tidak gagal. Makasih mba tipsnya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih