Antangin Menghangatkan Ramadan di Keluarga Kami

Jumat, 13 Mei 2022

antangin menghangatkan

Bagi umat muslim, Ramadan adalah bulan yang mulia, karena banyak keistimewaan yang terdapat di dalamnya.Sebagaimana disebutkan dalam hadis bahwa Rasullullah SAW pernah bersabda, "Apabila masuk bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci, dan setan-setan dibelenggu." (HR. Bukhari-Muslim). Keistimewaan lainnya adalah  bulan diturunkannya Al Quran yang merupakan panduan umat muslim. Pada salah satu malam di bulan Ramdan terdapat satu malam yang lebih mulia dari seribu bulan, yaitu malam lailtul qadar. Pada bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Hal inilah yang membuat umat muslim menantikan bulan Ramadan karena banyak keistimewaan dan kemuliaan di dalamnya. Selain itu puasa di bulan Ramadan adalah salah satu dari Rukun Islam yang wajib dijalankan.

Keluarga kamipun turut menyambut gembira datangnya bulan Ramadan. Diskusi ringan kami lakukan untuk menyiapkan dan mengenalkan bulan Ramadan pada anak-anak. Anak sulung yang telah berusia sembilan tahun sudah berpuasa sejak dua tahun yang lalu, saat usianya tujuh tahun. Tahun ini saatnya mengenalkan anak tengah untuk berpuasa, minimal dia berlatih puasa beberapa jam dalam sehari, tetapi dilakukan dengan sennag dan tanpa paksaan. Sedangkan anak bungsu hanya kami perkenalkan tentang Ramadan, puasa, sahur dan berbuka puasa, karena usianya yang masih empat tahun. 

Dialog iman antara kami sebagai orang tua dan anak-anak pun mengalir di tengah keluarga kami, serius tapi santai. Walaupun sederhana dalam pemilihan kalimat agar mudah diterima anak-anak, tetapi penuh harap agar dialog tersebut membekas dan meninggalkan makna, sehingga dapat menumbuhkan fitrah imannya, alih-alih merusaknya. Fitrah iman yang harus distimulasi agar tumbuh optimal sesuai tahapan usianya.

Bulan Ramadan kali ini bertepatan dengan masa pancaroba, masa peralihan dari musim hujan berganti ke musim kemarau. Hujan yang turun kadang cukup deras dan disertai angin kencang. Perubahan inilah yang kadang membuat cuaca kurang nyaman sehingga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak menunaikan ibadah puasa, termasuk untuk anak-anak.

 

Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Kesehatan tubuh yang prima dibutuhkan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan optimal. Berikut beberapa tips ayng dapat dilakukan :

Makan makanan bergizi

Perbanyak konsumsi makanan berprotein dan berserat tinggi. Selain itu kebutuhan serat yang dapat diperoleh dari sayuran juga harus terpenuhi. Makanan berserat tinggi dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Hindari makanan yang mengandung minyak berlebih dan terlalu manis, karena akan memicu naiknya asam lambung yang dapat menimbulkan rasa panas dan kembung pada perut.

 

Tidak melewatkan makan sahur

Hindari melewatkan waktu makan terutama sahur. Jika nafsu makan yang kurang saat makan sahur, mungkin buah, kacang-kacang  dan kurma dapat menjadi alternatif. Makan sahur yang tepat dapat memenuhi energi seharian selama berpuasa.

Selain itu ada keberkahan saat santap sahur. Rasulullah pernah bersabda "Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah." {HR. Bukhari).

"Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah." (HR Bukhari)

Baca artikel detikedu, "4 Hadits Keutamaan Sahur, Waktu Mustajab yang Penuh Berkah" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6017808/4-hadits-keutamaan-sahur-waktu-mustajab-yang-penuh-berkah.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

 

Minum air putih yang cukup

Walaupun saat puasa, kita tidak minum selama 14 jam, tetapi kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi, agar tubuh tetap terhidrasi dan sehat. Usahakan minum sebanyak 8 gelas air atau dua liter air putih. Pemenuhan kebutuhan air dapat dilakukan saat berbuka puasa, sahur, setelah tarawih dan sebelum tidur.


Tidak kalap makan saat berbuka

Saat adzan maghrib berkumandang, yang  menandakan waktunya berbuka puasa. Beberapa orang cenderun termasuk  melahap apa saja yang terhidang, sehingga dapat membuat perut kembung dan bisa menyebabkan lelah dan kantuk setelah makan. Sebaiknya berbuka secukupnya agar pencernaan tidak kaget setelah seharian berpuasa.


Minum antangin

Sirup herbal Antangin dapat membantu meredakan gejala masuk angin seperti meriang, mual, kembung, sakit kepala dan membantu melegakan tenggorokan. Oleh karena itu Antangin dapat membantu menjaga stamina tubuh kita agar dapat melakukan ibadah puasa dengan optimal.

 

Antangin yang menghangatkan

Beberapa hari sebelum puasa Ramadan tahun ini, saya kehujanan saat perjalanan pulang dari kantor. Tidak hanya saya, anak-anak juga mengalaminya saat berangkat atau pulang mengaji. Hujan yang mulai datang sejak siang kadang berlangsung hingga menjelang senja. Kadang hujan ringan, tak jarang pula hujan lebat. 

Saat malam hari di hari kedua puasa anak saya mengalami muntah-muntah dan diare, disusul beberapa waktu kemudian saya juga mengalaminya. Beberapa kali kami harus ke kamar mandi. Setelahnya saya segera mencari stok Antangin Anak untuk anak saya, tetapi sayangnya stoknya habis karena saya lupa membelinya. Stok yang tersisa hanyalah Antangin JRG. 

Tak ingin anak saya semakin lemas, segera saya meminta suami  pergi ke apotek untuk membelinya. Namun, suami mengingatkan bahwa Antangin JRG juga bisa digunakan untuk anak dan ternyata betul Antangin JRG juga dapat dikonsumsi untuk anak usia 6 hingga 12 tahun dengan dosis setengah dosis orang dewasa.

Walaupun rasanya berbeda dengan Antangin Junior, anak saya juga menyukai rasa Antangin JRG. Sayapun segera meminumnya untuk menghangatkan tubuh. Setelahnya, kamipun dapat tertidur lelap dan bangun sahur dengan kondisi yang lebih baik dibandingkan malam sebelumnya, sehingga kami berdua dapat menunaikan ibadah puasa.

antangin sirup herbal untuk masuk angin


Kandungan Antangin

Deltomed, salah satu produsen obat herbal terkemuka di Indonesia memproduksi sirup herbal untuk mengatasi masuk angin, diantarangaya adalah Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. JRG merupakan akronim dari Jahe, Royal Jelly dan Ginseng. Ketiga komponen yang diracik dalam bentuk sirup untuk memudahkan konsumen mengonsumsinya. Adanya daun mint yang ditambahkan membuat rasa Antangin enak tidak eneg.

Jahe

Jahe selain dikenal sebagai bumbu dapur juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Menurut salah satu jurnal kesehatan, jahe mempunyai potensi untuk mengobati radang sendi, rematik, masaalh pencernaan (sembelit dan maag), gangguan kardiovaskuler (aterosklerosis dan hipertensi), muntah serta diabetes melitus. 

Jahe yang banyak mengandung vitamin C dan magnesium dapat membantu tubuh untuk memperkuat sistem imun. Selain itu jahe dapat berfungsi sebagai antioksidan karena memiliki kandungan gingerols, shogaols dan zingerones.


Royal Jelly

Royal Jelly merupakan hasil dari sekresi susu pada lebah. Kandungan dalam royal jelly diantaranya air, protein, asam amino, gula, antioksidan, vitamin B kompleks, serta aneka mineral. Selain berfungsi sebagai antioksidan, riyal jelly juga bermanfaat sebagai antiradang, antibakteri, dan antikanker.


Ginseng

Sejak dulu ginseng sudah dikenal untuk pengobatan tradisional, diantaranya untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh. Ginseng dapat ditemukan di Korea, Jepang, Tiongkok, dan Amerika Utara.

Senyawa aktif ginsenosides pada ginseng mengandung sifat antiradang, antioksidan dan antikanker.


Habbatussauda

Habbatussauda atau Nigella Sativa merupakan jinten hitam telah lama diketahui sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Thymoquinone yang merupakan komponen utama jinten hitam bersifat antioksidan, sehingga bisa mengurangi resiko penyakit kanker, diabetes, jantung dan obesitas.


Madu

Madu adalah salah satu produk yang dihasilkan lebah. Cairan kental yang cenderung mempunyai cita rasa manis. Madu mempunyai beragam kandungan nutrisi. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya yaitu vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B Kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik dan karotenoid.

Senyawa tersebut dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh, sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi. Selain itu madu juga berkhasiat sebagai antibakteri dan antijamur.


Penutup

Berdasarkan pengalaman keluarga kami Antangin JRG maupun Antangin Habbatussauda efektif untuk mencegah gejala masuk angin. Selain rasanya yang enak, tubuh akan terasa hangat dan lebih sehat, sehingga dapat menjalankan ibdah puasa dengan optimal.

Bagaimana dengan keluarga Anda? Yuk tulis di kolom komentar.

 

 

 

 

Referensi :

  1. https://www.republika.co.id/berita/r9v4aw313/surga-dibuka-dan-neraka-dikunci-saat-ramadhan-ini-penjelasannya 
  2. https://www.inews.id/lifestyle/muslim/arti-ramadhan 
  3. https://www.alodokter.com/fakta-di-balik-khasiat-ginseng
  4. https://www.alodokter.com/jangan-sembarangan-mengonsumsi-royal-jelly 
  5. https://www.halodoc.com/artikel/rutin-mengonsumsi-jahe-ini-8-manfaat-yang-bisa-didapat 
  6. https://www.alodokter.com/manfaat-madu-ditinjau-dari-sisi-medis

48 komentar

  1. Saya juga suka sama antangin, mba, apalagi permennya. Enak diminum dengan dicampur air panas, segar dan hangat di badan. Thanks for sharing, mba.

    BalasHapus
  2. Antangin memang berkhasiat cuman kalo aq gak bisa sering2 soalnya punya asam lambung 😁😜

    BalasHapus
  3. Aq juga konsumsi Antangin kalo pas lagi capek2. Cuman aq punya asam lambung. Jadi pengen coba yang habatusauda. Btw ada gak yang aman buat penderita asam lambung

    BalasHapus
  4. Masuk angin kah kena hujan dan berpuasa? Alhamdulillah ada stok Antangin JRG yah
    Setelah itu kakak masih semangat berpuasa Kan?

    BalasHapus
  5. Antangin bs menjadi alternatif yg bagus u mencegah masuk angin

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaah

    BalasHapus
  7. Biasanya tuh saking merasa lapar karena berpuasa seharian, pas buka langsung kalap ya, apalagi minuman es gitu, sampai kembung dah hahaha.
    Untung sering sedia Antangin, jadinya gejala masuk angin bisa diatasi :)

    BalasHapus
  8. Nah kalau saya termasuk yang masih sering kalap nih Kak saat buka puasa. Tidak jarang akhirnya membuat mual dan kembung. Tapi setelah kenal Antangin JRG dan Habbatussauda, masuk angin dan gejalanya mereda seketika.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah saya sekeluarga juga cocok dengan Antangin. Sangat membantu menjaga daya tahan tubuh di cuaca yg tdk menentu seperti sekarang ini..

    BalasHapus
  10. Antangin memang pas untuk menghangatkan badan

    BalasHapus
  11. Antangin ini selalu jadi andalan kapan pun dan di mana pun lho! Kalau badan capek, perubahan cuaca, di perjalanan, juga saat puasa.

    BalasHapus
  12. Tidak hanya buat masuk angin ya ternyata mbak Dyah, Antangin juga kaya manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh anak kita

    BalasHapus
  13. Kompak sekeluarga konsumsi Antangin Habbatussauda yaa, kak Dy.
    Rasanya senang sekali masih diberi kesempatan mendampingi anak-anak melaksanakan kewajiban shaum di bulan Ramadan.
    Semoga kehangatan Antangin membawa kehangatan suasana di Bulan Ramadan yang penuh kenangan masa kecil, kelak....

    BalasHapus
  14. Pola makan yang kurang pas memang sering banget memicu masalah di perut ya Mbak, akhirnya lanjut ke masuk angin dan penyakit lainnya deh. Untungnya ada penangkalnya juga, alias dengan minum Antangin. Bersyukur anak-anak di atas 6 thn pun sudah boleh ikutan minum ya..

    BalasHapus
  15. He he sebagai orang yang nomaden, Antangin ini bawaan wajib yang selalu ada di tas, sebelum sebagai preventif such....tapi kuratif saat kliyengan..

    BalasHapus
  16. Menjaga kesehatan keluarga saat Ramadan itu penting ya mbak, agar tetap fokus beribadah
    Untungnya ada Antangin yang membantu menjaga kesehatan keluarga saat Ramadan

    BalasHapus
  17. Wah, ternyata antangin JRG Cair bisa dikonsumsi oleh anak-anak ya mbak. biasanya kalau anakku masuk angin aku selalu berikan Antangin Junior, next aku coba kasih yang Antangin JRG Cair

    BalasHapus
  18. Kadang banyak yang mengabaikan makan sahur. Padahal ini penting sekali. Makasih sudah mengingatkan ya mba

    BalasHapus
  19. Ramadhan tahun ini memiliki kenangan tersendiri bagi kami sekeluarga. Yang kesatu karena tahun ini Ramadhan pertama tanpa ibu mertua dan kedua kami mudik saat berpuasa, jadilah ikhtiar dengan antangin biar tubuh bisa tetap sehat dan bugar

    BalasHapus
  20. Kita kok samaan sih, mbak. Aku juga selalu sedia Antangin pas puasa dan mudik kemarin. Musimnya lagi nggak menentu banget, ke badan gampang drop, huhu.

    BalasHapus
  21. Sama nih mba andalan kalau masuk angin dan mau perjalanan minum dl antangin biar aman badan terutama perut gak mual kembung. Apalagi mudik kemarin lumayan antar kota dan kabupaten.. huih..

    BalasHapus
  22. Hihi,, tips point ke 4 nih yang selalu lupa dilakukan.. Kadang kalau berbuka suka beli ini itu sampai perut tak muat lagi.. Minum antangin ini juga bisa mengatasi kembung setelah perut kosong seharian yaa..

    BalasHapus
  23. MashaAllah~
    Benar adanya tidak boleh melewatkan sahur, selain bisa makan dan minum plus konsumsi Antangin yang bantu jaga daya tahan tubuh agar tetap fit juga ada keberkahan di waktu sahur.

    Semangat hangatkan waktu Syawal.

    BalasHapus
  24. Setujuuu mengonsumsi antangin ini bisa bantu jaga daya tahan tubuh kita agar tetap fit. Selalu sedia dirumah..

    BalasHapus
  25. Puasa di masa pancaroba ini godaannya banyak banget ya, Mulai badan gampang lelah sampai masuk angin. Jangankan yang bocah, yang dewasa aja mudah tepar. Setuju, Antangin juga jadi salah satu andalan keluarga kami. Semoga sehat selalu ya, Mbak.

    BalasHapus
  26. Kehangatan saat berbuka puasa bersama keluarga semakin hangat dengan adanya Antangin ya. Sehat-sehat semuanya

    BalasHapus
  27. Sepakat mba, aku juga selalu sedia Antangin bahkan sebelum ramadan. Karena bahannya herbal, jadi aku ngga ragu buat beli dan selalu stok

    BalasHapus
  28. Antangin adalah salah satu yang membantu aku tetap terjaga fit karena membantu menghangatkan tubuh agar tidak masuk angin

    BalasHapus
  29. Sedia di rumah saya, Antangin JRG maupun Antangin Habbatussauda yang memang efektif untuk mencegah gejala masuk angin. Maka mudik dalam kondisi puasa pun nyaman saja

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Minuman yang wajib ada dan menemani sepanjang perjalanan baik liburan ataupun bekerja

    BalasHapus
  32. Tidak kalap saat berbuka puasa bener banget, karena kayak perutnya kaget gitu ya Mbak keisian banyak banget aneka makanan, jadinya begah deh hehe... Nah, untung ada Antangin yang bisa mengatasi masalah perut kembung juga ya

    BalasHapus
  33. Aku langsung rekom Antangin ini ke anakku yang sedang merantau ke Jepang. Insyaa Allah bisa terjaga kondisi kesehatannya.

    BalasHapus
  34. Menjaga kesehatan saat puasa itu penting banget ya mbak
    Biar lebih optimal melaksanakan ibadah puasa
    Untungnya ada Antangin yang menjaga daya tahan tubuh

    BalasHapus
  35. Puasa memang rawan bikin masuk angin, apalagi cuaca panas dan pakai kipas angin seharian. Untungnya ada antangin ya Mbak, jadi nggak perlu panik kalau masuk angin

    BalasHapus
  36. Sekarang ini memang cuaca sering berubah-ubah dan nggak bisa diprediksi ya. Jadi saya selalu stok antangin dirumah untuk membantu menghangatkan tubuh supaya nggak masuk angin

    BalasHapus
  37. Untung ada antangin ya yang bantu kondisi tubuh tetap fit. Apalagi cuaca sekarang panas-hujan-panas-hujan. Kudu tetap sehat biar gak sakit.

    BalasHapus
  38. Keluarga saya juga pengguna Antangin ini mba. Mulai dari anak, suami sampai ke eyang juga suka Antangin.

    BalasHapus
  39. Kalo bepergian aku selalu bawa antangin, padahal di tempat tujuan pasti ada produknya, tapi tetep aja pengennya bawa langsung dari rumah, hehe

    BalasHapus
  40. Aku juga suka minum antangin. Enak rasanya, hangat. Apalagi pakai secangkir air hangat

    BalasHapus
  41. Semua manfaat terbaik dari alam adalah di produk Antangin.
    Senang sekali ada produk yang terjangkau dan praktis bisa dikonsumsi seluruh keluarga untuk jaga daya tahan tubuh.

    BalasHapus
  42. Selain kasih sayang di bulan ramadhan, ternyata ada yang spesial juga ya mbak Dyah! Antangin menghangatkan tubuh keluarga kita tercintaa

    BalasHapus
  43. Setelah baca ini saya baru tahu kalau antangin untuk anak itu ada. Terima kasih infonya kak. Pas puasa memang harus stok banyak booster buat jaga imun. Apalagi anak-anak yang mudah terserang flu, kembung.

    BalasHapus
  44. kalau masuk angin atau perut kembung memang enaknya minum antangin ya, mbak. langsung enak perut jadinya

    BalasHapus
  45. Antangin emang anti angin hehe..mengatasi masuk angin. aku juga sedia di rumah

    BalasHapus
  46. Waktu mudik kemarin saya juga bawa Antangin loh. Andalan buat mencegah masuk angin wes anget terus pokok e..

    BalasHapus
  47. antangin ini salah satu daftar obata-obatan pribadi yang selalu saya bawa dalam perjalanan. termasuk kalo mau camping

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih