Dua Dunia Dalam Maya Jangan Terputus Nyata Jangan Terserak

Sabtu, 09 April 2022

 

maya jangan terputus nyata jangan terserak

Perempuan merupakan makhluk yang unik dan penuh kejutan.
Banyak cerita yang menyertai permpuan di belantara dunia berselimut perkembangan teknologi.
Dua puluh lima kisah di antaranya, dibagikan melalui buku ini.
Ada yang mengundang tawa, menguras air mata, mematahkan hati, dan menawarkan solusi.
Dibalik setiap cerita, ada hikmah yang bisa kita petik.
Temukan semua di dalam buku ini.

 

Itulah blurb yang tertulis di bagian belakang buku antologi yang menggambarkan cerita yang ditulis oleh dua puluh lima wanita yang tergabung dalam komunitas Kelas Literasi Ibu Profesional. Sampul buku berwarna dasar putih dan terdapat siluet wanita  kemudian ada beberapa gambar yang menggambarkan wanita di era digital. Begitu pula bagian dalam buku, setiap pergantian cerita ada semacam kabel dan bunga yang mewakili perempuan dan dunia digital.

 

Spesifikasi Buku

Judul            : Maya Jangan Terputus Nyata Jangan Terserak

Penulis         : Ernawati Nandhifa, dkk

Penerbit       : Wonderland Publisher

Cetakan       : pertama, 2022

ISBN            : 978-623-576045-2

Tebal buku   : 329 halaman


Hal Unik

Buku yang unik menurut saya karena baru kali ini saya menemukan sebuah antologi yang dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality dan ilustrasi tiga dimensi. Selain itu ada soundtrack khusus yang diciptakan dan dinyanyikan oleh Nursanti Riandini untuk buku ini dengan judul Cerita Kita.

Panduan melihat Augmented Reality dan ilustrasi 3 dimensi telah disiapkan di bagian depan buku, sehingga memudahkan pembaca jika ingin menikmati ilustrasi tersebut. Pembaca seolah-olah ada dalam ilustrasi yang ada dalam setiap cerita.

Cerita yang ada dikelompokkan dalam tiga bagian, yaitu wanita dan keluarga, wanita dan pekerjaan dan wanita single.


Suami-suami

Sebuah cerita pembuka yang ditulis oleh Nesri Baidani. Cerita pendek yang menceritakan seorang wanita yang mempunyai dua suami maya. Maya? Apakah dia tidak mempunyai suami nyata? Dia mempunyai suami nyata. Namun, dia lebih menikmati suaminya di Loveland City, sebuah kota virtual dimana suami virtualnya tinggal. Kota maya dalam aplikasi kencan. Tentu saja tidak nyata, pelukan, penampilan yang hanya tercipta dari kode-kode bahasa pemograman.

Suami nyata mengetahui kebiasaan istrinya yang dikira hanya sebuah permainan, tetapi sang istri begitu panik ketika mengetahui bahwa suami virtualnya tidak dapat disapanya kembali. Suami nyata yang seorang programmer akhirnya memperbaiki program tersebut. Namun, tanpa sepengetahuan sang istri dia mempelajari permainan virtual tersebut.


Terjebak

Cerita dari Surayya Hayatussofiyah ini menceritakan Lily, seorang remaja yang terjebak dalam kehidupan maya dalam permainan Role Play. Sebuah permainan yang tidak mempedulikan siapa dan menjadi apa, tetapi yang pasti remaja itu menemukan sebuah 'keluarga'. Lily merasa diperhatikan, berbeda dengan kehidupan nyatanya yang kurang perhatian ayah dan ibunya. Namun, permainannya terlalu jauh sehingga Lily terlibat pembicaraan dewasa sampai bertukar foto dengan baju minim, sebuah kegiatan yang jauh dari apa yang harusnya dilakukan remaja belasan tahun.

Laras sang ibu terjebak keinginannya untuk popular, followers IGnya pun ribuan, karena dia adalah seorang guru yang sukses dan penulis yang terkenal. Masa lalunya yang direndahkan melecutnya menjadi Laras yang sekarang. Namun, dia lupa bahwa anaknya juga butuh dirinya. Laras bertekad memperbaiki hubungannya dengan anaknya, di sisi lain dia sudah menyiapkan bahwa akan menuliskan kisahnya tanpa penggemarnya tahu bahwa itu adalah kisah pribadinya.


Maya Jangan Terputus Nyata Jangan Terserak

Sebuah cerita yang ditulis oleh Satwika Heniono. Cerita tentang persahabatan dua insan yang sama-sama batal menikah dengan alasan yang berbeda-beda, Rizky dan Maya. 

Maya mengajak Rizky untuk mendaftar aplikasi perjodohan Mak Comblang, hanya sekedar untuk mendampinginya. Maya ragu-ragu untuk mendaftar, sejatinya Maya ingin menikah,tetapi dia enggan dalam proses pencarian jodoh.

Maya menyatakan bahwa dia siap menikah jika ada teman lama yang sudah dikenalnya mengajaknya menikah, karena menikah bukan tujuan, menikah adalah proses. Rizky yang telah lama menaruh hati merasa inilah saatnya. Namun, sayang dia terlambat. Maya dilamar Sadam, sahabat lama Maya yang telah lama mengajaknya menikah, tetapi waktu itu Maya sedang tidak ingin menikah.  


Penutup

Kadang kehidupan maya lebih menyenangkan dibandingkan kehidupan nyata, tetapi bagaimana juga itu tidak nyata. Kehidupan nyatalah yang dihadapi sehari-hari. Menyeimbangkan dua dunia agar maya tidak terputus, nyata tidak terserak adalah hal yang perlu dilakukan.

Selamat membaca. Salam literasi













48 komentar

  1. Wewww, kreatif dan canggih benerr, ada augmented reality nya jugaaa
    penasaran bangett, pengin pantengin ni buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kreatornya lokal tapi juga dikenal di luar negeri juga

      Hapus
  2. Wow .. menarik, Mbak. Panduan melihat AR dan ilustrasi 3 dimensi telah disiapkan di bagian depan buku Maya Jangan Terputus Nyata Jangan Terserak ... cerdas sekali ide itu. Membuat buku ini jadi unik dan makin menarik selain ide tulisan2 di dalamnya pun menarik karena menyertakan teknologi yang bisa menjebak atau menghancurkan siapa saja. Keren.

    BalasHapus
  3. Antologi yang berbeda dengan antologi lainnya, kreatif sekali mengambil tema dan topik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, keren tim kreatif di belakang layarnya yang membuat ide ini

      Hapus
  4. Waaah, keren pasti semua isi tulisan di buku. Sepertinya mengajuk pada tokoh utama yang bernama ‘MAYA’ ya 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga juga sih mbak, tokoh maya hanya ada di "Maya Jangan Terputus Nyata Jangan Terserak"

      Hapus
  5. Baru baca 3 dari cerita di buku saja sudah terpesona..apalagi saat tahu antologi ini dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality dan ilustrasi tiga dimensi. Juga ada soundtrack khusus pul, wah penasaran dengan bukunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik, ceritanya ringan juga tapi lekat dengan keseharian wanita

      Hapus
  6. Wah harus baca bukunya deh, penasaran dengan Maya dan Rizki, apakah akan berjodoh atau engga

    BalasHapus
  7. Penasaran banget deh dengan kelanjutan.

    BalasHapus
  8. Oh, buku Maya Jangan Terputus Nyata Jangan Terserak ini kumpulan fiksi ya, kak..
    Aku suka sekali dengan antologi yang mengumpulkan banyak ide dari satu tema. Pasti pengembangan idenya sangat menarik untuk dibaca apalagi ada teknologi Augmented Reality dan ilustrasi 3 dimensi.

    BalasHapus
  9. baca judul buku di cover aaj dah membuatku berimajinasi dan saat menyimak ulasannya ehm..betul dumay tak seindah dunia nyata ya

    BalasHapus
  10. Ceritanya menarik banget, mba dyah...kyanya aju jg sedang terjangkit, asyik madyuk d dunia maya dibanding dunia nyata. Mudah2an lebih bisa mengimbangi lagi, deh, trimakasih, mba sdh sharing

    BalasHapus
  11. Keren Mbak buku antologinya. Lain dari yang lain ya. Judulnya sangat memikat dan puitis banget..

    BalasHapus
  12. Dunia maya memang sangat mengasyikan, bahkan sampai terlena, terkasang yang ada di depan mata terasa jauh, sedangkan "maya" begitu dekat. Tapi klo maya saya, tetap mengasyikan kan mbak? heheheheh

    BalasHapus
  13. Dunia maya memang sangat mengasyikan, bahkan sampai terlena, terkasang yang ada di depan mata terasa jauh, sedangkan "maya" begitu dekat. Tapi klo maya saya, tetap mengasyikan kan mbak? heheheheh

    BalasHapus
  14. Cerpen-cerpen dalam antologi ini mewakili fenomena yang memang benar-benar terjadi di kehidupan nyata ya.

    BalasHapus
  15. Menarik tema yang diangkat, membaca ulasannya jadi ingin membaca bukunya. Baru tahu kalau Mbak, IP juga? dari regional mana, Mbak? Saya masih newbie.

    BalasHapus
  16. Sudah PO dong
    Nggak sabar menunggu buku ini datang
    Mau segera membacanya
    Karya teman teman Klip

    BalasHapus
  17. Temanya unik ya, kalau nggak jago menejemen waktu memang serringnya kebolak. Aktif di dunia maya aja di kehidupan nyata nihil.

    BalasHapus
  18. Keren nih bukunya. Waktu usia 20-an saya merasa dunia maya itu mengasyikkan. Tp stlh masuk usia 30-an sdh bisa menyeimbangkan dunia maya dan dunia nyata

    BalasHapus
  19. wow ini kumcer ya, mbak? penasaran ih sama cerita pertama yang suami maya itu. kenapa ya perempuannya sampai suka banget sama suami maya-nya? apa kayak kisah film Her itu ya yang mana program AI-nya itu benar-benar mengerti dirinya jadi makanya si tokoh suka beneran

    BalasHapus
  20. Menyeimbangkan dua dunia memang perlu dilakukan ya mbak. Jangan sampai salah satunya berat sebelah. Bukunya menarik, mengangkat cerita khas zaman digital seperti sekarang

    BalasHapus
  21. Dunia nyata tetaplah yang utama

    BalasHapus
  22. Cerita Maya jangan terputus nyata jangan terserak itu ngena banget euy. Mau menyalahkan Rizky yang nggak gerak cepat yo kasihan Sadam. Tapi begitulah misteri jodoh. Kita nggak tahu akan datang darimana jodoh kita.

    BalasHapus
  23. Wah seru juga ya baca kisah-kisahnya di dalam buku ini. Pastinya sih ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari pengalaman penulis.... Nice sharing

    BalasHapus
  24. Wih dapat referensi buku inspiratif lagi nih, khususnya bagi wanita penggiat literasi. Apapaun profesi seorang wanita pun bisa jadi karya sebuah buku ya, Keren!

    BalasHapus
  25. Judulnya unik. Tapi isinya bikin nangis. Kenapa harus batal menikah dan penulisnya yang bisa menjawab. Keren nih buku

    BalasHapus
  26. Seru nih dua suami Maya. Aku rasa cerita yang nggak biasa...

    BalasHapus
  27. Spesial banget pasti bukunya nih, sangat menarik untuk dibaca ya. Kerennya lagi sampai ada soundtrack juga. Sungguh pengemasan yang tepat dengan buku berisi bagus disertai dengan hal lain yang buat pembaca makin tertarik mau bacanya.

    BalasHapus
  28. Jleb banget baca ulasan buku ini, Mba. Emang maya dan nyata nggak bisa lebih dominan satu. Karena ya masing-masinh ada plus-nya. Judul buku ini juga berkesan banget, Mba

    BalasHapus
  29. Buku antaloginya menarik dibaca, nyata dan virtual. Menambah khasanah literasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, bisa jadi alternatif bacaan juga

      Hapus
  30. baca cuplikan-cuplikan kisahnya, bagus nih bukunya. Apalagi ada teknologi AR juga untuk scan gambar-gambar ilustrasinya. Topiknya juga relevan banget dengan kehidupan kini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, maya dan nyata harus seimbangkan kan ya

      Hapus
  31. penasaran pengen baca bukunya secara keseluruhan mbak, sebenernya kalau dikulik lebih dalam sebenarnya apapun profesi kita, semua bisa dijadikan buku ya

    BalasHapus
  32. saya sangat suka baca Buku antologi sebab kita bisa belajar gaya kepenulisan penulis lainnya. Kumpulan cerita dari orang-orang hebat. Sekilas kalau bac dari judulnya saya kira kumpulan puisi. Penasaran juga ingin membaca

    BalasHapus
  33. penasaran dengan isi buku antologi ini. dari reviewnya buku ini mengambarkan kisah-kisah manusia yang kehidupannya mulai terbagi dalam dua dunia. dunia nyata dan maya. banyak hal terdistrupsi oleh era digital.

    BalasHapus
  34. Wah seru bgt nih bukunya. Terutama cerita pembuka "Suami-Suami" yang menceritakan seseorang yang memiliki dua suami, yakni suami nyata dan maya.

    BalasHapus
  35. Menarik sepertinya buku ini.. jadi semakin mengetahui perspektif wanita terhadap sebuah hal...terutama wanita yang tergolong pandai dan relah mengenyam pendidikan...

    BalasHapus
  36. Hmmmm ceritanya unik-unik yaaa. Memang benar, yang sebenarnya adalah kehidupan nyata yang semestinya kita perhatikan betul

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih