Cara Cerdas Menjawab Pertanyaan Anak tentang Seksualitas

Kamis, 20 Juli 2023

cara cerdas menjawab pertanyaan anak

 

Pendidikan seks yang baik merupakan sebuah pendidikan yang dapat memberikan informasi secara akurat dan sesuai tentang seksualitas. Sehingga anak akan mendapatkan jawaban yang sesuai. Hal ini dapat memberikan dukungan emosional dan sosial bagi anak.

Selain itu sebaiknya pendidikan seksualitas dilakukan sedini mungkin. Anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar sehingga wajar jika anak bertanya tentang banyak hal, termasuk tentang seksualitas. Bagaimana cara cerdas menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas?

Baru-baru ini saya membeli sebuah buku karya Watiek Ideo. Bukunya unik deh, ini kali kedua saya membeli buku komik tentang pengetahuan. Komik tidak hanya untuk anak-anak, lo, tetapi ada juga komik untuk orang dewasa. Baca sampai akhir ya, mengapa buku ini istimewa untuk saya.


Spesifikasi Buku

Judul buku : Dari Mana Adik Bayi Berasal? Cara Cerdas Menjawab 21 Pertanyaan Anak tentang Seksualitas

Penulis : Watiek Ideo

Ilustrator : Claudia Vallencia

Editor Ilustrasi : Luluk Nailufar

Editor Bahasa : S. M. Fitriyah, Ph. D

Konsultan Psikologi : Ari Pratiwi, S. Psi., M. Psi., Psikolog

Konsultan Obstetri & Ginekologi : dr. Dwi P. Wisnumurti, Sp. OG(K)

Penerbit : Ideokids Indonesia

Cetakan : pertama, 2023

Tebal buku : 32 halaman


Profil Penyusun Buku

Walaupun buku ini tipis, 32 halaman saja dan dalam bentuk komik. Namun, buku ini disusun dengan beberapa pihak yang berkompeten di bidangnya. Penulis menggandeng empat orang profesional di bidangnya untuk menyusun sebuah buku yang apik dan mudah dipahami oleh orang tua sehingga dapat menjawab pertanyaan anak dengan tepat.

Watiek Ideo

Beliau merupakan salah satu penulis anak favorit saya, lo. Beberapa koleksi bukunya berbaris di rak buku, tetapi jangan tanya wujudnya, sudah tidak rapi lagi. Beberapa bagian sudah sobek. Salah satu koleksinya adalah seri Aku Anak Berani mulai buku pertama hingga buku keempat.

Saya suku pilihan diksi yang digunakan, sehingga anak mudah memahaminya. Ada juga koleksi buku lainnya. Selain itu ilustrasi bukunya juga menarik. Semoga saya bisa mengikuti jejak beliau menjadi penulis cerita anak.


Cludia Vallencia

Seorang ilustrator 2D yang telah mempunyai banyak karya dengan berbagai macam model ilsutrasi. Beliau juga telah bekerjasama dengan berbagai klien. Saya suka ilustrasi yang dikerjakannya di buku ini.


Ari Pratiwi, S. Psi., M. Psi., Psikolog

Seorang psikolog sekaligus pengajar di sebuah perguruan tinggi negeri di Malang ini juga telah terlibat dalam penyusunan beberapa buku cerita anak. 


dr. Dwi P. Wisnumurti, Sp. OG(K)

Seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi sekaligus pengajar di sebuah fakultas kedokteran sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya.


Kak Eca

Seorang pencipta lagu yang menciptakan lagu terkait dengan tema yang diusung buku ini. Judul lagunya adalah Totelala. Lagu tersebut dapat disimak dengan melakukan pemindaian kode barcode di media sosial TikTik, YouTube, dan Instagram. Sehingga orang tua dapat mengajarkan lagu tersebut pada anak-anak. Namun, sayangnya saat saya pindai dari kode tersebut, tidak bisa diakses. Sehingga saya cari langsung di YouTube. 


Menarik bukan, konsep yang sama juga dilakukan oleh saya dan teman-teman saat menulis bersama buku Maya Jangan Terputus, Nyata Jangan Terserak. Jika sebuah film umumnya dilengkapi dengan soundtrack, maka di buku ini juga bisa mendengarkan lagu sebagai salah satu media menjelaskan ke anak tentang seksualitas.


Sinopsis Buku

Buku Dari Mana Adik Bayi Berasal? merupakan salah satu buku Daily Parenting Comic karya Watiek Ideo, semoga setelah ini ada kelanjutannya lagi ya.

Pada bagian awal buku diberikan penjelasan apa saja hal yang harus diperhatikan saat berdiskusi tentang seksualitas bersama anak. Kadang sebagai orang tua apalagi sebagai ibu kadang kita berpikir terlalu jauh. 

Padahal anak-anak hanya sekedar bertanya, lo. Tanpa ada maksud apa-apa. Mereka hanya bertanya karena pernah mendengarnya dari orang dewasa di sekitar mereka atau pernah membacanya di majalah atau koran. Hayo siapa yang seperti ini? Sobat Dy, enggak sendirian kok. Sayapun juga melakukan hal yang sama, tetapi sekrang sudah lebih tenang.

Pertanyaan anak-anak itu unik bin ajaib, bukan? Namun, memang itu fitrah mereka. Pertanyaan yang muncul merupakan salah satu proses belajar mencerna informasi yang masuk kemudian mengolahnya. Oleh karena itu, sebaiknya kita sebagai orang tua tidak menjawab dengan asal atau malah membentaknya sehingga akan merusak fitrah belajar anak-anak.

Jawaban yang salah juga akan memberikan pemahaman yang salah hingga anak-anak dewasa kelak. Membentak anak karena orang tua menganggap pertanyaan yang ditanyakan tabu untuk dibahas hanya akan membuat anak kecewa dan akan mencari informasi dari pihak lain. Jangan sampai anak-anak mendapatkan pemahaman yang salah sehingga berakibat fatal nantinya.

Di buku ini dijelaskan dengan singkat melalui gambar jawaban yang dapat diberikan saat anak bertanya tentang seksualitas. Ada 21 pertanyaan yang umum ditanyakan anak-anak pada orang tuanya yang dibahas dalam buku ini. 

Ada pertanyaan dari mana adik bayi berasal, pertanyaan tentang khitan, dan pertanyaan lainnya. Orang tua dapat menggunakannya sebagai rujukan bagaimana cara menjawab pertanyaan anak tanpa mencederai fitrah belajarnya.

tips saat anak bertanya tentang seks


Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat anak bertanya tentang seksualitas :

Tetap tenang

Tidak perlu tampak panik walaupun kita tidak nyaman dengan pertanyaan anak.


Gali dengan bertanya

Sobat Dy dapat menanyakan ke anak sejauh apa pemahaman mereka tentang pertanyaan mereka dengan menanyakannya kembali.


Beri jawaban dengan jelas

Saat anak bertanya berikan jawaban yang sederhana dan jelas sesuai tingkat pemahaman mereka. Saat ini merupakan saat yang penting sehingga kita dapat memberikan jawaban yang benar agar anak tidak bingung.


Sesuaikan dengan pemahaman anak

Pertanyaan anak yang dilontarkan anak-anak mungkin sebagian sudah dipahami mereka sebagian lagi belum. Tidak perlu kita jawab hingga detail, secukupnya saja sesuai pemahaman mereka. Jawabannya yang kita berikan tentu saja berbeda berdasarkan usia anak-anak.


Amati respon anak

Saat berdiskusi tentang seksualitas, amati apakah anak-anak memahami penjelasan atau sekedar bertanya. Jika anak tampak antusias, maka kita bisa melanjutkan diskusi. Respon yang diterima anak berbeda-beda, sehingga mengamati respon anak dapat membantu kita untuk mengetahui tingkat pemahaman anak.


Informasikan bertahap

Pendidikan seksualitas sebaiknya diberikan sejak dini, tetapi diberikan secara bertahap sesuai usia dan pemahaman anak.


Jujur

Jawaban yang jujur dari sumber yang dapat dipercaya merupakan pilihan yang tepat agar anak mendapatkan pemahaman yang benar.


Bekali anak dengan pengetahuan

Berdiskusi tentang seksualitas bersama anak merupakan hal yang penting. Jangan sampai mereka mendapatkan pemahaman yang salah. Penting bagi kita sebagai orang tua untuk menambah wawasan tentang seksualitas untuk memenuhi rasa ingin tahu anak. Selain itu, agar anak dapat melindungi dirinya dari pelecehan seksual atau tindakan asusila yang mungkin terjadi di masa mendatang baik dari orang tidak dikenal maupun dari orang dewasa di sekitarnya.


Kelebihan dan Kekurangan Buku

Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, bukan. Begitu juga dengan buku ini. Buku ini nyaman dibaca, ilustrasinya menarik, bahasanya lugas sehingga mudah dipahami. Selain itu, buku ini juga disusun oleh para ahli di bidangnya. Ada lagu pendukungnya pula dengan judul ToTeLaLa yang merupakan akronim dari Tolak Teriak Lari Lapor.

Kekurangan buku ini mungkin tidak adanya ISBN, mungkin sedang proses ya. ISBN kadang menjadi persyaratan beberapa orang untuk membeli sebuah buku. 


Penutup

Saat ini informasi tentang seksualitas dapat diperoleh dari manapun, sehingga memberikan pemahaman yang benar tentang seksualitas pada anak sangatlah penting. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya mengetajui cara cerdas menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas.

Cukup menarik buku ini dan layak menjadi panduan orang tua untuk menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas. Bagaimana pengalaman Sobat Dy? Tulis di kolom komentar, yuk!

56 komentar

  1. Sex education buat anak-anak memang penting, tak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di keluarga dan lingkungan sekitarmya. Di sini dibutuhkan kebijakan orang tua dalam menjelaskan dan menjawab pertanyaan lugu dari anak-anak. TFS mbak, ini sangat penting buat orang tua...

    BalasHapus
  2. Kita memang harus menyiapkan diri menerima banyak pertanyaan dari anak termasuk masalah seksualitas karena cenderung tabu dalam budaya kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, pertanyaan anak-anak itu emejing kok, kadang sampai bingung mau jawab apa

      Hapus
  3. Pengen punya buku iniii. Next baca artikel ini lagi insya allah

    BalasHapus
  4. Kebanyakan orang tua yang ada di sekitarku memang menganggap seksualitas adalah hal yang tabu untuk menjadi pembicaraan dengan anak. Makanya sering menghindar.

    BalasHapus
  5. Anakku sekarang sudah menginjak 6 tahun. Tapi karena kendala bahasa sulit juga jelasin detail. Tapi över all dz tahu bahwa hal sensitive itu nggak boleh dilihat bahkan disentuh oleh siapapun. 'dan dz juga risin pake baju" seksi.

    BalasHapus
  6. Keren banget bukunya mbak dikemas dengan kemasan komik yg menarik udah gitu melibatkan banyak pakar dari berbagai aspek lengkap psikolog beserta dokter dan lagunya. Aaahhh sukaaa, para orang tua wajib bgt punya buku ini. Aamiin semoga mbak Dy menjadi penulis buku anak ya mbak Dy 😍

    BalasHapus
  7. wah bagus banget guidelinenya niy mba, kebetulan saya suka masih kebingungan saat keponakan saya bertanya banyak hal soal seksualitas, khawatir keliru memberikan jawaban, apalagi di lingkungan kita menjawab hal tersebut masih banyak yang menganggap tabu

    BalasHapus
  8. Sekarang memang berbeda dengan dulu ya, Mbak. Kalau dulu, anak bertanya pada orang tua soal seksualita, malah dimarahi dan dianggap saru. Akhirnya anak mencari tahu sendiri. Dulu juga buka anak tentang seksualitas masih jarang.
    Sekarang lebih dimudahkan dengan hadirnya buku-buku dengan pembahasan yang tetap ramah dan pas untuk anak. Apalagi sekarang pemikiran orang tua lebih terbuka.

    BalasHapus
  9. Mb Watiek memang nggak tanggung-tanggung kalau bikin buku. Karena basic-nya psikologi, isi buku-bukunya juga lebih mantep.

    BalasHapus
  10. Ini nih yg pasti dihadapi semua orang tua yah, Mbak, Aku juga punya beberapa buku anak karya Mbak Watiek Ideo, dan aku juga harus punya buku ini sih, biar tau cara cerdas menjawab pertanyaan anak tentang seksualitas.

    BalasHapus
  11. Buku-bukunya Mbak Watiek Ideo emang bagus-bagus euy, nggak cuma tentang parenting, tapi biasanya ada bahasan dari sisi psikologinya juga. Wajib banget menjadikan bukunya buat bantu kasih penjelasan ke anak tentang seksualitas, juga hal-hal lain

    BalasHapus
  12. Aku pernah ditanya adekku tentang topik ini. Asli, pusing jawabnya. Nggak dijawab nggak tuntas rasa penasarannya, kalo dijawab bingung menyampaikannya.

    BalasHapus
  13. watiek ideo ini juga pengarang buku favorit anakku, mbak. tiap mau dibacain buku nyarinya ideo melulu mungkin karena aku juga selalu nyari buku beliau hihi. memang sih pertanyaan anak-anak itu suka ajaib dan kalau kita tidak siap bisa malah memberikan jawaban yang aneh

    BalasHapus
  14. Nah ini PR banget, soalnya Isya juga lagi masa-masanya bertanya soal seksualitas kek gini, aku sendiri kasih pengertian ke dia dan memag harus dijelaskan dengan jujur ya, biar dia juga belajar sejak awal

    BalasHapus
  15. Ortu nyaman now kudu membaca buku yang dapat menjawab rasa penasaran anak dengan cerdas tentang tubuhnya. Jadi gak ada lagi kagok dan tergagap merespon pertanyaan anak-anak. Keren banget bukunya.

    BalasHapus
  16. respon si anak juga berpengaruh ya untuk pertanyaan tersebut, memang sekadar bertanya atu untuk pengetahuan dia.
    Ini jadi masukan buat daku, karena ponakan yang udah mau memasuki masa pubertas

    BalasHapus
  17. waaah jadi pengen beli nih bukunya :) memang kita yang jadi sumbernya kudu dipersiapkan ya biar ngejelasin ke anak gak ngasal, senangnya, sekarang makin banyak ilmu yang lebih ringan buat bahas banyak pertanyaan anak

    BalasHapus
  18. Anak zaman skrg tuh kritis2 loh. Si kecilku yg baru berumur 3 tahun aja udh nanya soal gender, kok bs gini gitu sih.

    Nah ortu yg ga tahu informasi, bakal bingung tuh jawabnya. Untung aja ada buku ini. Jd kita bs dpt panduan/kisi2 biar ga salah ngejawab pertanyaan anak.

    BalasHapus
  19. Kalau dibuat ahlinya, emang terasa lebih mengena ya.
    Betul tuh selama ini suka bingung kalau anak bertanya soal seksualitas. Berasa gimana. Gitu... Yah harus baca dulu buku ini nih. Bikin penasaran bukunya

    BalasHapus
  20. Aku juga punya buku ini. Menarik sekali, sebagai orang tua aku jadi lebih paham dan punya bekal dalam mempersiapkan

    BalasHapus
  21. Watiek ideo buku2nya koleksi aku sejak anak2 kecil emang bagus bagus dibacain ke anak...bukunya colour full kereen deh sampai skrg masih punya koleksi2nya (gusti yeni)

    BalasHapus
  22. Rerata orang tua masih enggan membicarakan soal seksualitas sejak dini pada anak. Padahal ada tahap di mana mereka perlu paham, agar bisa menjaga diri. Buku ini bagus, cocok jadi pegangan bagi orang tua juga nih

    BalasHapus
  23. Pertanyaan anak urusan seksulitas begini memang sebaiknya dijawab dengan sebaik-baiknya dan nggak pakai ala ala "dongeng dibawa bangau" segala sih ya biar anak jadi beneran paham. Wah, boleh nih masuk ke list bacaanku juga sebelum kuceritakan ke si kecil. Persiapan gitu.

    BalasHapus
  24. Buku ini membantu sekali yaa buat orang tua yang punya anak kritis suka nanyaa, kalau berhubungan dengan sexualitas suka bingung

    BalasHapus
  25. menarik bukunya nih kak.. kayaknya saya pun harus membaca karena anak sudah mulai SD dan sudah bertanya2 tentang seksualitas

    BalasHapus
  26. Widiiii, buku keren yang wajib punya buat jaga jaga anak gadis tanya macem macem. Untung anak gadisku masih 6 tahun. Rasa ingin tahunya tinggi. Apa apa ditanyain. Siap siap aja nanti pas remaja udah nanya soal beginian.

    BalasHapus
  27. mau deh punya buku ini, emang suka bingung ya ngejelasin soal seksualitas pada anak. salah memilih kata atau penyampaian yang kurang tepat, anak bisa salah memahami

    BalasHapus
  28. Buku Watiek Ideo ini buku spesialis anak-anak. Soal pertanyaan seksualitas, anak-anakku kayaknya hampir gak pernah nanya. Soalnya di sekolahnya udah diajarin juga. Paling nanya kalo mamanya lagi gak solat, haid itu apa xixi

    BalasHapus
  29. Iya kadang-kadang pertanyaan anak-anak tuh aneh bin ajaib ya kak tiba-tiba Bisa nanya kayak gitu aja kayak dari mana adik bayi, khitanan kayak gimana dan emang orang tua tuh harus bisa ngejelasin secara clear dan mudah dimengerti anak. Pokoknya keren ya cuman kekurangannya belum ada isbnnya itu ya.

    BalasHapus
  30. Aku juga beli komik ini, emang bagus banget. Apalagi anakku tuh kritis banget, nih buku sangat membantu sih...

    BalasHapus
  31. Di zaman sekarang ini, pengetahuan akan pendidikan seks untuk anak emang sangat penting dan diperlukan. Sebagai orang tua tentu harus cerdas untuk bisa memberikan informasi tentang hal hal yang berkaitan itu. Thanks ka sudah sharing!

    BalasHapus
  32. Karya-karya buku semacam ini sangat berharga dalam memberikan pemahaman yang sehat dan akurat mengenai topik sensitif seperti seksualitas pada anak-anak. Terima kasih kepada penulisnya, atas kontribusinya dalam menyajikan informasi yang bermanfaat bagi para orang tua dan anak-anak. Rekomended

    BalasHapus
  33. Berbicara ttg seksualitas sejak dini sebagai bentuk edukasi harusnya bukan hal yg tabu ya.. bersyukur ada buku semacam ini

    BalasHapus
  34. Wah, otw cari di marketplace nih kalau gini sih. Sepertinya bagus untuk dikoleksi dan evergreen juga

    BalasHapus
  35. emang suka takjub kalau anak udah menanyakan perihal ini. Agak bingung juga harus jawab apa, pernah aku dibilang "kok bunda pip di p*nt*t?" gimana ya bingung jelasinnya. wkwkkw. harus beli bukunya ini mah.

    BalasHapus
  36. aku juga punya buku ini mbak. Saat mau punya anak kedua aku beli buku ini, saat itu anakku yang pertama lagi gencar2nya nanya tentang ini, makanya aku beli deh. Tapi karena bentuknya soft book, ya usianya nggak bertahan lama dipakai anakku wkwk. So far aku paling ingat lagu totelala ini. Kuajarkan pada anakku ini.

    BalasHapus
  37. Sepertinya materi ini diperlukan bagi para orang tua muda, biar bisa lebih siap untuk menghadapi pertanyaan buah hati mereka terkait seksualitas. Makasih sharing nya Kak.

    BalasHapus
  38. memang masalah komunikasi ini penting banget dipelajari oleh orangtua dan orang dewasa. kadang anak bertanya dan karena dianggap itu ilmu yang cuma boleh diketahui orang dewasa atau tabu gak dijawab dan malah disepelekan. padahal kalau mau anaknya sesuai dengan moral yang ditanamkan orangtua harus siap dengan diskusi permasalahan kompleks kayak seksualitas 😬

    BalasHapus
  39. Punya anak usia pra remaja kadang membuat saya deg-degan. Apalagi jika bukan karena pertanyaan-pertanyaan kritis yang mungkin saja terlontar darinya. Urusan seksualitas terutama. Harus bisa bijak dan memilah kata yang tepat untuk menjelaskannya hehehe.

    BalasHapus
  40. Ilmu yang berat tapi penting ini ya kak tetapi karena perkembangan zaman informasi ini harus diberikan agar anak tidak salah arah

    BalasHapus
  41. Sepertinya aku harus punya buku ini mbak. Hanya karena dianggap tabu biasanya orang tua jadi kebingungan jawab dan malah akhirnya asal2an aja ya. Padahal ini kan penting untuk dasar pengetahuan anak juga ya. Apalagi kalo anaknya kritis, yang tanya negesss banget gitu, harus pinter2 emak bapaknya ngasih pemahaman yang benar..

    BalasHapus
  42. Saya paham kalau pendidikan seksual pada anak harus diajarkan sedini mungkin. Namun seringkali pertanyaan anak malah bikin pening mikir jawabannya. Beli buku ini sepertinya lebih mudah menjelaskan ke anak. Ada lagunya juga. Kemungkinan anak bisa cepat paham.

    BalasHapus
  43. benar juga, bagi sebagian orang tua yang masih awam soal beginian, ketika ditanya soal seks oleh anak, terkadang jawaban mereka masih mengambang dan cenderung menghindar, bahkan tidak jarang menganggapnya sebagai hal yang tabu

    BalasHapus
  44. Ada banyak peran ortu saat membersamai anak2 yaa Kak, terutama bagaimana mengajarkan hal ini kepada anak2nya.. Aku pernah waktu kecil dulu nanya hal ini ke Mama, tapi untungnya Mama menjawab dgn baik.. Karena memang rasa penasaran itu ada, jadinya penting buat ortu menjelaskan kepada anak dgn bijakk nih...

    BalasHapus
  45. Penting banget ya mengajarkan anak tentang seksualitas dgn bahasa yg dipahami.. Buku ini bisa ngebantu banget para orangtua yang bingung ya kalau tiba-tiba anak bertanya soal itu.. :)

    BalasHapus
  46. Kayaknya ini buku yang harus masuk bucketlistku. Soalnya, pendidkan seksual sudah harus diajarkan ke anak sejak dini supaya nggak terombang-ambing di dunia bebas saat ini.

    BalasHapus
  47. Bagusnya di masa sekarang, sudah banyak tuntutan mengenai sex education untuk anak2.. semoga anak2 zaman sekarang jadi lebih baik dalam akhlaqnya, khusunya terkait sex dan batasan2nya.

    BalasHapus
  48. Memang PR banget buat para orang tua untuk memberikan pemahaman tentang sex pada si buah hati agar apa yang kita jelaskan tepat dengan daya tangkap umur mereka. Dengan hadirnya buku atau komik ini, mudah-mudahan bisa membantu para orang tua yang sedang galau menghadapi pertanyaan-pertanyaan sensitif dari anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Pak, secara anak itu rasa ingin tahunya besar, jangan sampai kita mematikannya dan membelokannya

      Hapus
  49. Wah thks mb sharing bukunya sangat berguna apalagi anakku lagi masa nya banyak bertnya jadi kadang aku suka bingung ngerespon nya

    BalasHapus
  50. Kalau saya sih lebih melihat siapa penulis dan isinya bagaimana, syukur kalau ada ISBN, kalau ga ada, asal isinya cocok dan tidak ada muatan yang tidak baik, ya dibeli. Btw, melihat sekilas pembahasan dalam buku tersebut melalui tulisan ini, buku ini sangat bagus bagi orang tua untuk bekal mendidik anak khususnya soal seksualitas.

    BalasHapus
  51. Pun saya yang waktu baca judul buku ini langsung menganggap jawaban pertanyaan ini begitu syuliiit, Mba. Auto penasaran sama buku ini. Walaupun belum ber-ISBN, masuk Gramedia nggak, ya, Mba?

    BalasHapus
  52. Anak-anak memang seringkali menyuguhkan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga yaa mbaa

    BalasHapus
  53. keren nih bukunya, jadi bekal menjawab pertanyaan anak soal pendidikan sex secara anak-anak zaman now ini sangat perlu dibekali ilmu sex ya mbak Dy.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih