Tips Cara Mencapai Tujuan Hidup

Kamis, 16 Februari 2023

 cara mencapi tujuan hidup

Sobat Dy, mungkin secara tidak sadar baik diakui atau pun tidak, setiap manusia mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Baik kebutuhan sehari-hari maupun rencana jangka panjang.

Proses mengetahui tujuan hidup merupakan proses yang misterius bagi setiap orang. Mengapa? Karena kadang sesuatu hal terjadi sesuai harapan kadang pula tidak sesuai harapan. Beberapa hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi keputusan yang kita ambil.


Tujuan Hidup

Sebelum lebih jauh membahas penentuan tujuan hidup, yuk kita cari tahu apa itu tujuan hidup. Tujuan hidup merupakan panduan bagi diri kita untuk menjalani kehidupan. Hal ini berguna sebagai panduan kita untuk membentuk cita-cita dan menemukan makna dalam kehidupan. 

Enggak hanya Susan aja yang punya cita-cita,lo. Kita juga mempunyai cita-cita, bukan? Sobat Dy, masih ingat lagu Cita-citaku yang dinyanyikan Susan dan Ria Enes? Beberapa jenis profesi disebutkan sebagai cita-citanya. Bukan berarti cita-cita kita harus sama dengan Susan lo ya. Cita-cita juga merupakan salah satu tujuan hidup.

Tujuan hidup juga dapat membantu Sobat Dy untuk mengambil keputusan dalam hidup, baik dalam skala kecil maupun skala besar, baik bagi diri sendiri maupun bagi kepentingan orang lain.

Tujuan hidup pun dapat berubah seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang dialami. Setiap dari kita tentunya mempunyai tujuan yang berbeda-beda, misalnya ingin lulus kuliah dalam waktu empat tahun, memiliki rumah, menjadi manajer lima tahun lagi, dan masih banyak lainnya.

Setelah mengetahui tujuan hidup, tentu saja kita mencari tahu bagaimana cara untuk mencapainya, bukan? Cara mencapai tujuan hidup sebetulnya gampang-gampang susah. Jika tujuan hidup mudah dicapai akan membuat kita menjadi kurang motivasi untuk mencapainya. Namun, jika tujuan hidup berlebihan maka tujuan hidup tidak realistis dan hanya akan menjadi impian.

cara mencapai tujuan hidup


Cara Mencapai Tujuan Hidup

Apapun tujuan hidup Sobat Dy, kuncinya adalah realistis, dapat dicapai dan tetap memotivasi kita dalam menjalaninya. Tidak hanya sekedar angan semata. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi perhatian sebagai cara mencapai tujuan hidup.


Tentukan hal yang penting dalam hidup

Mulailah untuk memetakan apa hal yang penting dalam hidup. Seperti kata Coach Aji penulis buku Mindful Life, "Jika semua penting, sesungguhnya semuanya tidak penting."

Setiap orang pasti mempunyai suatu hal yang penting dalam hidupnya. Alhasil jika Sobat Dy sudah mengetahuinya, maka akan lebih mudah untuk merencanakan cara mencapaii tujuan hidup.


Buat rencana bertahap

Ketika Sobat Dy sudah menentukan hal yang penting untuk diperjuangkan, selanjutnya adalah lakukan perencanaan secara bertahap. Berpikirlah dari hal yang terkecil dan sederhana. Lakukan yang paling mudah terlebih dahulu dan tentukan kurun waktu pencapaiannya.

Jika hal sederhana dapat dilakukan dan telah tercapai, akan memotivasi untuk membuat perencanaan yang lebih besar, sehingga tujuan hidup lebih realistis.

Mungkin akan ada pertanyaan, kenapa tidak langsung memulai dengan hal yang besar? Agar hasilnya dapat langsung tampak. Sobat Dy, bukanlah hal yang mudah untuk bisa mengubah diri meninggalkan kebiasaan lama.

Melakukan perubahan yang drastis justru kadang membuat kita kelelahan sendiri dan akhirnya memutuskan untuk menyerah melanjutkannya. Seperti dalam buku Atomic Habit, lakukan hal yang kecil tetapi rutin, niscaya akan menjadi besar.


Rayakan keberhasilan

Boleh lo, kita memberi hadiah untuk diri sendiri saat kita telah berhasil mencapai apa yang kita rencanakan. Tidak perlu hadiah yang besar, bisa juga dengan hadiah kecil, tetapi bisa memberi semangat.

Hadiah yang dipilih juga tidak bertentangan dengan tujuan yang ingin dicapai, misalnya tujuannya adalah mengurangi makan gorengan untuk menurunkan kolesterol. Namun, hadiah yang dipilih adalah menikmati lima bakwan sayur. Bukannya kolesterol turun justru menambah kolesterol, bukan?

Hadiah yang dipilih dapat menghibur dan dapat memotivasi, misalnya menghadiahi diri baju renang agar semangat renang karena baju renangnya cantik.


False celebration

Tidak hanya keberhasilan yang dirayakan, kesalahan pun juga dirayakan. Eits ini ada tujuannya, lo. It's ok not to be ok. Salah cara mencapai tujuan hidup. Tak mengapa asal kita bisa belajar dari kesalahan tersebut. Tujuan false celebration adalah kita belajar dari kesalahan yang kita buat.

Kesalahan yang dimaksud adalah kesalahan yang terkait dalam perencanaan untuk mencapai tujuan ya. Kesalahan adalah hal yang wajar kok. Seperti kata Dahlan Iskan, "Habiskan jatah gagalmu selagi muda."

Sejatinya orang yang gagal adalah orang yang tidak pernah mencoba. Jadi Sobat Dy, tidak perlu takut merencakan cara untuk mencapai tujuan hidup. Coba dan terus mencoba. Jika salah, coba lagi dan lagi.


Metode SMART

Dalam menentukan tujuan, Sobnat Dy dapat menggunakan metode SMART, yang merupakan akronim dari Specific, Measureble, Achievable, Relevant, dan Time bound atau Timeable.


Spesific

Target yang akan dicapai spesifik tidak umum, misalnya olahraga 15 menit setiap hari, bukan ingin hidup lebih sehat. Sehingga hasil yang dicapai lebih terukur dan mudah tercapai.


Measureable

Target yang akan dicapai terukur.


Achieveable

Target yang akan dicapai dapat tercapai bukan hanya sekedar angan dan mimpi.


Relevan

Target yang akan dicapai relevan dengan kegiatan sehari-hari kita.


Time bound atau Timeable

Target yang akan dicapai mempunyai batasan waktu, misalnya satu bulan atau mungkin satu tahun.


Metode BSQ

Selain metode SMART, Sobat Dy juga bisa menggunakan metode BSQ, yang merupakan akronim dari Big, Small, Quick. Hmm apalagi ini, yuk ah simak lebih lanjut.

Think Big

Berpikir besar. Tidak ada salahnya kok berpikir besar. Seperti kata pepatah, "Bermimpilah, hingga orang lain menertawakan mimpimu. Jika orang tidak tertawa, maka mimpimu kurang besar."


Act Small

Lakukan dari hal yang kecil dan sederhana yang dapat kita lakukan dan dilakukan secara terus menerus.


Move Quick

Segera lakukan, jangan hanya merencanakan saja. Rencana yang bagus sekalipun jika tidak dijalankan hanyalah rencana dan wacana saja.


Catat dalam jurnal

Jurnaling atau menulis dalam jurnal diketahui mempunyai dampak yang positif untuk mengurai pemikiran, sehingga tujuan, ide, keinginan dan lainnya lebih mudah untuk dipetakan selanjutnya.

tujuan hidup


Penutup

Apapun tujuan hidup Sobat Dy, coba untuk petakan apa hal yang penting dalam hidup. Kemudian lakukan perencanaan untuk mencapai tujuan hidup seperti yang saya sampaikan sebelumnya.

Hidup Sobat Dy, Sobat Dy sendiri yang menentukan bukan orang lain, walaupun itu adalah orang terdekat. Berdaya atas keputusan yang diambilmya. Yuk, cerita di kolom komentar apa saja impian yang ingin dicapai tahun inni

10 komentar

  1. Terima kasih Kak Dyah untuk tulisan inspiratifnya, terlebih untuk kita yang pernah di posisi hilang tersesat arah dan tak tahu jelas apa tujuan hidup kita, tulisan Kak Dyah ini jadi pelecut agar dapat semangat lagi menyusun setiap puzzle hidup kita agar lebih terarah dengan tujuan yang dimiliki

    BalasHapus
  2. Ternyata ada metode nya ya...saya baru tahu...yang utama harus selalu ingat untuk apa hakikat hidup

    BalasHapus
  3. Membaca tulisan ini membawaku kembali pada masa-masa terdahulu. Selalu menggunakan SMART dalam merencanakan kerja. It works. Makin mudah menyelesaikan kerja, dna mencapai apa yang direncanakan

    BalasHapus
  4. Duh berat banget nih topiknya... Lebih berat dari angkat galon nih...
    Emang bener sih, yang namanya tujuan hidup harus kita perjuangkan... Tentu dengan cara yang bijaksana, jangan sampai merugikan orang lain

    BalasHapus
  5. Wah, Mba Dy tips-nya bole banget, nih. Sangat bisa diterapkan jika mau membuat resolusi tahunan atau bulanan untuk mencapai tujuan hidup. Biasanya aku pakai yang metode SMART agar tujuan mudah tercapai, mba.

    BalasHapus
  6. Zaman kuliah pernah ikut life mapping beberapa hari. Tapi, tetep g kena diaction lantaran bingung goalsnya apa huhu

    BalasHapus
  7. Wah thank you ya kak remindernya. Ini sering diremehkan tapi memang harus dibreak down sih mengenai tujuan hidup ini biar nggak hanya mengalir kek air hehe (aku bgt). But, paling nggak small move dan SMART bisa diterapkan di to do list keseharian, goals pendek sampai jangka panjang, meski IRT akupun bikin WKWKWK

    BalasHapus
  8. Mak jleb Mbak Dy, tulisan ini sedikit banyak bikin aku sadar dan koreksi tujuan2ku selama ini. Apakah sudah realistis atau belum, kenapa aku belum berhasil, mungkin caraku salah dsb..

    Tips2nya keren dan inspiratif. Aku jadi termotivasi buat mengoreksi lagi caraku selama ini.. Makasih mbak....

    BalasHapus
  9. Awal-awal cukup ribet, tapi setelah beneran terjun insha allah bakal terbiasa ya mbak, apalagi kalau bikin yang jurnaling itu. Yakin, bisa membongkar sedetail2nya dari perjalanan (tujuan hidup) yang telah disusun

    BalasHapus
  10. wah terima kasih sudah diingatkan mbak Dy, perlu setting ulang dan cek lagi catatan2 yang pernah dibuat dan luruskan jalan lagi nih

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih