Bukan Cupid Dalam Kumpulan Cerita Teenlit

Sabtu, 14 Januari 2023

bukan cupid


Hai Sobat Dy, kali ini saya ingin berbagi kisah tentang e-book yang saya baca. Kok e-book? Iya e-book, saya meminjamnya di Ipunas. Salah satu apliaksi digital dimana kita bisa meminjam buku secara gratis. Berhubung gratis, beberapa koleksi buku populer harus sabar mengantri ya. 

Buku yang saya pilih kali ini adalah teenlit, cerita pendek dengan tema remaja. Tidak jauh berbeda dengan cerita pendek lainnya. Namun, bahasa yang digunakan lebih ringan karena menggunakan bahasa keseharian remaja. 

Walaupun sudah jelita aka jelang lima puluh tahun tak mengapa la baca buku remaja, hanya sekedar mencari sudut pandang yang lain. Sekaligus persiapan anak sulung yang menjelang usia remaja.


Spesifikasi Buku

Bukan Cupid tidak hanya tersedia dalam bentuk e-book, buku fisiknya juga ada, lo. Berikut spesifikasi buku fisiknya :

Judul                     : Kumcer Teenlit Bukan Cupid

Penulis                  : 14 Penulis Teenlit Gramedia

Penerbit                : PT. Gramedia Pustaka Utama

Jumlah halaman   : 248 halaman

ISBN                     : 978-979-22-8028-9

Cetakan pertama  : Februari, 2012


Dibalik Layar

Buku ini berisi 14 kisah cinta remaja yang ditulis oleh 14 penulis, yaitu : Antonius Andrie, Christina Juzwar, Esi Lahur, Erlin Cahyadi, Irena Tjiunata, Janita Jaya, Lea Agustina Citra, Monica Petra, Nora Umres, Pricillia A.W, Sophie Maya, Teresa Bertha, Valleria Verawati, dan Wiwien Wintarto.

Kumpulan cerita ini merupakan proyek yang dibuat dalam rangka memperingati Hari Valentine. Harapan penulis adalah cerita remaja biasa yang disajikan dapat menemani pembaca seperti sebuah cupcake, yang keccil mungil, tetapi menyentuh hidup dengan rasa manisnya.

Sebuah karya sederhana yang tidak dikerjakan dengan sederhana. Namun, dikerjakan dengan penuh ketelitian dan detail. Karya yang ditulis dengan penuh cinta dari sesuatu yang tulus.

Jujurly, beberapa cerita pendek di dalamnya membuat saya terhanyut, seolah-olah saya masuk dalam cerita. Saya suka dengan penokohan, alur dan ceritanya. Tidak melulu kisah cinta sepasang kekasih, tetapi juga kisah cinta dengan saudara, bahkan ada yang berbeda dunia. 


kumpulan cerita teenlit


Kumpulan Cerita Teenlit

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa ada 14 cerita yang ditulis oleh 14 penulis. Saya spoiler aja ah ceritanya, hehehe. Sobat Dy juga bisa lo membacanya di Ipunas. Unduh dulu aplikasinya ya, kemudian ikuti petunjuk peminjamannya. Jika beruntung tidak ada yang meminjam buku, maka buku tersebut dapat langsung diunduh untuk kemudian dibaca.

Spoiler kumpulan cerita teenlit di buku Bukan Cupid :

Bukan Cupid

Cerita pendek yang ditulis oleh Valleria Verawati ini bercerita tentang seorang remaja yang tidak suka dengan adanya Hari Valentine, Dito namanya. Dia belum memiliki kekasih dan sering menjadi bahan cemoohan kakak dan adiknya. Temannya di sekolah juga secara tidak sengaja kerap mengoloknya. 

Sepulang sekolah dia menemukan buku istimewa milik Cupid yang di dalamnya berisi nama pasangan kekasih. Apa jadinya jika buku tersebut jatuh di tangan Dito yang usil? Apakah pasangan yang ada bertukar pasangan?

Ceritanya dikemas apik oleh Valleria, lucu dan menghibur. Bagi Sobat Dy yang suka cerita happy ending, bakalan suka deh dengan ceritanya. 


Cinta Tersembunyi

Esi Lahur menceritakan tentang persahabatan lima anak SMA - tiga cewek dan dua cowok. Cerita tentang seorang sahabat - Ares, yang memendam rasa cintanya sedangkan sahabat yang lain -Ine, berusaha menarik perhatian agar sahabatnya itu jatuh cinta padanya.

Tenang ceritanya ga serumit sinetron yang bersambung entah sampai kapan. Perjalanan mereka ke Malang untuk mencari bahan berita majalah sekaligus untuk jalan-jalan membuka tabir bahwa ada yang saling menyukai dalam kelompok mereka.

Ares akhirnya jadian sama siapa ya? Bagaimana dengan Ine? Apakah Ares dan Inde jadian?


Kasih yang Terindah 

Cerita tentang seorang remaja laki-laki yang cintanya bertepuk sebelah tangan ini ditulis oleh Antonius Andrie. Ardyan, tokoh lelaki yang diceritakan Antonius terpuruk setelah mendapat perlakuan tidak baik oleh wanita yang dicintainya.

Dia memendam amarah pada wanita. Apa yang dilakukannya untuk membalas sakit hatinya? Yup dia memberikan harapan palsu. Mudah baginya untuk menaklukan hati wanita karean dia memiliki paras yang tampan, badan atletis. Selain itu dia juga atlet dan model.

Apakah sakit hati Ardyan terbalaskan? Apakah Ardyan kembali menjadi Ardyan yang dulu baik hati, dekat dengan Tuhan? Akankah Ardyan menemukan cinta sejati?


Kak Johan

Perilaku mereka memang beda
Tapi mereka tetap punya rasa yang sama
Mereka memang istimewa
Dan tetap layak untuk dicintai 

Irene Tjiunata membuka cerita pendek yang ditulisnya dengan quote di atas. Sebuah quote yang menggambarkan bahwa setiap insan layak untuk dicintai. Cerita pendek yang mengisahkan seorang kakak beradik, kakaknya Johan adalah seorang anak berkebutuhan khusus.

Sebetulnya hal ini tidak menjadi penghalang bagi adiknya, tetapi adiknya sedih karena  perhatian dan waktu orangtuanya banyak tercurah kepada kakaknya. Jihan, nama sang adiknya, meratapi kesendiriannya. 

Ada seorang laki-laki yang mengisi ruang kosong Jihan dan membuatnya menemukan oasis di gunung pasir. Namun, sayangnya lelaki itu merusak kepercayaan Jihan. Apakah yang selanjutnya yang terjadi dengan mereka berdua? Apakah yang terjadi dengan Johan? Apakah Jihan sangat membenci Johan?


Perfect Valentine

Cerita pendek ini ditulis oleh Erlin Cahyadi. Sobat Dy pernah tahu orang yang awalnya bermusuhan, saling olok eh kalau enggak ketemu kangen digangguin? Ternyata keusilan itu untuk menutupi rasa sukanya, malu kalau ketahuan.

Kurang lebih seperti itu cerita Evan dan Echa. Dikemas dalam cerita yang manis oleh Erin. Saya sampai tersenyum-senyum sendiri membaca ceritanya.

Cara mereka mengakui bahwa mereka ternyata saling menyayangi satu sama lain. Suka dengan teknik show dan tell yang digunakan Erlin.


Take My Heart, Not My Soul

Kali ini sebuah cerita fantasi karya Pricillia A. W. Kisah cinta yang unik, antara manusia dan malaikat kematian. Alur ceritanya maju mundur, tetapi tetap asyik dan tidak membingungkan.

Ceritanya menggunakan beberapa sudut pandang. Ada sudut pandang Nicholov dan Chilla -nama kedua tokoh utama dalam cerita, yang disajikan bergantian. 

Ada apa dengan kisah cinta mereka berdua?  Bagaimana mereka bisa memadu kasih padahal dunia mereka berdua berbeda?

Seru lo ceritanya, Pricillia meramunya dengan apik. Awalnya saya agak bingung dengan  pergantian POVnya, selanjutnya aman la. Ceritanya enggak happy ending lo. 


Melukis Senyum Febe

Sebuah kisah yang manis antara kakak dan adik yang diceritakan oleh Monica Petra. Sosok kakak -Wawan, yang sangat menyayangi adiknya -Febe, yang hampir meninggal beberapa tahun sebelumnya. Sehingga kakaknya sangat melindungi adiknya. 

Tidak ada satu pun yang dapat mengganggu kedekatan kakak beradik ini, walaupun kekasih sang kakak sekalipun. Wawan tetap memprioritaskan adiknya, hingga kekasihnya memutuskan hubungan dengannya, Wawan tetap memprioritaskan adiknya.

Sedekat apa hubungan mereka? Apakah adiknya belum mempunyai kekasih? Bagaimana hubungan mereka dengan orangtuanya?


Kartu As Hati

Sebuah cerita pendek karya Janita Jaya ini menggunakan alur maju dan alur mundur. Cerita tentang dua anak manusia yang dulunya berteman dekat saat sekolah menengah.

Tidak jelas diceritakan bagaimana hubungan mereka berdua, tetapi ada yang unik pada hubungan mereka. Jika seseorang spesial bagi orang lain, tentunya dia akan mengingat hal yang istimewa walaupun hanya sebuah karti As Hati.


My Future Valentine

Cerita pendek dari Wiwien Wintarto ini menceritakan persahabatan remaja SMA yang berbeda jenis. Persahabatan yang kadang disalahartikan oleh orang sekitar bahwa mereka berdua adalah sepasang kekasih.

Didin dan Icha adalah sahabat. Hubungan mereka dekat karena mempunyai kesamaan minat tentang hal futuristik. Apakah keduanya saling mencintai? Ada apakah di hari Valentine? Apa makna Valentine bagi mereka berdua?


Valentine Rp. 14 Ribu

Tema cerita pendek yang diangkat oleh Sophia Maya adalah tentang kasih sayang antara kakak adik. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang anak ketiga -Sita, diantara lima bersaudara.

Mamanya Sita sengaja memberikan 14 Ribu pada setiap anaknya dalam rangka lomba memberikan hadiah terbaik di hari Valentine untuk orang tersayang. Perlombaan yang dilakukan oleh Mamanya SIta tidak hanya kali ini saja, sebelumnya juga pernah diadakan perlombaan untuk kelima anaknya.

Mamanya Sita mengadakan lomba, karena menurutnya sebuah perlombaan akan membuat anak-anaknya saling berkomunikasi membicarakan lomba dan dapat mengetahui siapa yang paling kuat berusaha untuk menyelesaikan lomba. Sebuah proses, bukan hasil dari perlombaan yang dinilai oleh Mamanya Sita.

Emang cukup uang 14 Ribu untuk beli hadiah? Sophia membuat cerita ini menarik bahwa hadiah Valentine tidak hanya coklat. Siapakah pemenang lomba yang diadakan oleh Mamanya Sita? Mengapa dia memenangkan lomba tersebut? Seru lo ceritanya.


Valentina dan Hari Valentine

Chritina Juzwar, begitu nama penulis cerita pendek tentang seorang -Valentina, yang terpuruk sehingga dia sangat membenci Hari Valentine. Hari yang mempunyai kenangan buruk karena kehilangan dua orang yang dicintainya.

Setiap orang mempunyai masa lalu. Begitu juga dengan Valentina. Namun, tidak mudah baginya untuk melupakan masa lalu. Alex berusaha membuat Valentina untuk ceria kembali bangkit dari masa lalunya yang kelam.

Insight yang saya peroleh adalah hidup adalah pilihan, apakah kita memilih untuk melanjutkan hidup atau hidup untuk meratapi keterpurukan? Pilihan ada di tangan kita, tidak mudah, tetapi mungkin untuk dilakukan.

Apakah Alex berhasil mengubah Valentina? Apakah Valentina mau menghadiri pesta Valentine bersama Alex?


Valentine In Hospital

Butuh keberanian untuk meminta izin pada orang tua untuk berpacaran dengan anak gadisnya. Apalagi orang tua si gadis tidak menyukai pemuda tersebut. Teresa Bertha bercerita tentang hubungan antara Edgar dan Jenny yang tidak diketahui orangtua Jenny.

Sebuah kejadian tidak menyenangkan terjadi di hari Valentine yang menyebabkan Jenny dirawat di Rumah Sakit. Sepasang kekasih yang saling mencintai itu sama-sama berusaha memberikan hadiah terbaik untuk kekasihnya dengan caranya masing-masing. Namun, tidak semuanya sesuai dengan rencana.

Bagaimana hubungan keduanya selanjutnya? Yang pasti happy endinglah. Namun, yang terpenting jangan bohong dengan orantua ya. Tidak baik.


Semudah, Aku Mencintai Ashka

Lea Agustina Citra kali ini bercerita dengan genre fantasi. Alurnya maju mundur, tapi masih bisa dipahami kok. Kisah tentang malaikat pelindung yang ternyata mencintai manusia Yangon dilindunginya.

Ashka, seorang gadis yang menyalahkan dirinya karena kematian ibunya. Ayahnya pun juga membencinya karena hal tersebut. Ashka yang berkendara bersama ibunya mengalami kecelakaan sehingga ibunya meregang nyawa.

Setelah peristiwa nahas tersebut, Ashka bisa melihat kematian yang akan terjadi pada orang yang ditemuinya dimanapun dia berada. Namun, sejak kedatangan Baya hal tersebut berubah.

Siapakah Baya sehingga kehidupan Ashka berubah? Apa hubungan Keshar, malaikat pelindung Ashka dengan Baya? 


Pita Pink

Cerita pendek fantasi kali ini karya Nora Umres. Cerita ini diawali dengan kisah seorang gadis yang sebal dengan kehidupannya. Hidup yang penuh tuntutan dari kedua orangtuanya karena dia anak pertama.

Pita berharap orangtuanya tidak lagi mengomel dan sibuk bekerja, tidak lagi mengantar sekolah adiknya. Keinginannya terwujud, dia terbangun dari tidurnya. Ada yang berbeda, rumahnya besar,  orangtuanya sibuk bekerja,  ada supir dan ART yang menemani, rumahnya besar, tetapi hampa.

Apakah Pita bahagia? Apakah keadaan tersebut sesuai harapannya?


Penutup

Kumpulan cerita teenlit dalam buku Bukan Cupid ini menarik. Walaupun buku ini untuk remaja, tetapi juga bisa dinikmati siapa saja. Saya memilihnya karena inigin tahu juga tentang sudut pandang remaja dalam menyikapi suatu masalah.

Bahasa yang digunakan ringan khas remaja. Saya cukup menikmati bukunya. Walaupun ada beberapa cerita yang agak sedikit membingungkan, tapi tak mengapa. Ceritanya cukup menghibur.

Jika meminjam buku di Ipunas, durasi peminjaman kurang lebih satu minggu, sehingga perlu siapkan waktu untuk menikmati bukunya agar dapat selesai dibaca sebelum batas waktu peminjaman habis.

Temukan buku yang Sobat Dy sukai dan selamat membaca. Temukan pengalaman menarik dari buku yang dipilih.

32 komentar

  1. Demen banget sama cerita2 masa remaja ini
    Konflik dan gaya bahasanya asyik utk dibaca.
    Serasa ikut balik ke masa muda hahahahaha

    BalasHapus
  2. Kisah remaja, kisah yang sederhana namun bagi remaja itu hal yang sangat penting di lembaran hidup mereka. Aku juga suka kak Dy, baca buku teenlit begini. Agar memperkaya kamus psikologis remaja buat ku.

    BalasHapus
  3. Wah rekomendasi buku bagus nih buat anakku. Sudah lama gak buka Ipusnas. Tapi masih setia terinstal di hp. Makasih ulasannya Mbak....

    BalasHapus
  4. Ini semacam kumpulan cerpen gitu ya kak? Seru nih, kisah remaja dikemas dalam beberapa cerita berbeda. Cocok untuk target pembaca remaja. Tahun lalu baru install aplikasi ipusnas. Otw cari aah bukunyaaaa...

    BalasHapus
  5. buku yang sangat bagus neng, bisa jadi referensi para pemuda/i mellenial. 1 buku dikemas dengan berbagai cerita sudut pandang yang berbeda.

    BalasHapus
  6. Saya pun suka baca buku anak, Mbak. Bener kata Mbak Dy dengan membaca buku untuk usia dibawah kita itu bisa dapat sudut pandang lain dan bikin seperti kita di masa itu juga kan ya, Mbak. Jatuhnya happy🤗

    Karena anak² belum remaja, mungkin next, buku ini bisa juga ah saya pinjam di Ipunas, horeee!

    BalasHapus
  7. Membaca cerita cinta anak remaja bikin awet muda, ya, haha. Rasanya seperti terbawa ke masa muda kita sendiri. Buku ini jadi lebih menarik karena alur cerita yang ditulis dari berbagai genre, permasalahan, dan sudut padang penulis yang berbeda. Lumayanlah untuk dibaca saat santai.

    BalasHapus
  8. Wahh baruu tahu ini kumpulan cerpen ternyataa, hihi.. kayaknya bakal banyak cerita yang bisa bikin kita senyam senyum sendiri nihh yaa

    BalasHapus
  9. Aduh sepertinya kalau saya baca bakalan bagaimana gitu ya, jadi teringat masa lalu, secara sekarang jam sudah mau jadi nenek nenek...
    Masa cupid emang masa menyenangkan ya ... masanya merah jambu bertebaran dimana-mana hehehe

    BalasHapus
  10. Bacanya jadi ingat masa sekolah nggam sih. Jaman putih abu-abu yang polos dan lugu.

    BalasHapus
  11. uwwu banget pasti ya kak membaca kumpulan cerita teenlit gini, saya suka banget sih berasa kembali mudah hihihi

    BalasHapus
  12. Wah kisah-kisah dI sekolah memang selalu menarik untuk diikuti. Lucu dan senyam senyum sendiri jadinya

    BalasHapus
  13. Aku juga lumayan sering pinjam buku di ipusnas dan pinjam buku teenlit karena ceritanya seru bikin ingat masa muda

    BalasHapus
  14. Seru juga ya Mbak, baca cerita-cerita remaja begini. Kita pun bisa ikut larut di dalamnya. Kreatif para penulisnya, sehingga bisa lahir kumpulan cerita dengan tema ini. Ringan tapi biasanya tetap menyentuh.

    BalasHapus
  15. Menarik banget cerita teenlit dalam antologi Bukan Cupid ini. Pasti baca ceritanya jadi ngebayangin masa muda dulu. Masa Indah zaman sekolah. Kangen rasanya ke masa itu

    BalasHapus
  16. Udah lama banget nggak baca teenlit. Jadi kangen. Teenlit tuh bacaan ringan yang menghibur banget ya mba. Dan berasa muda karena cerita tentang cinta remaja, hehe

    BalasHapus
  17. So sweet gitu ya kalau baca teenlit, jadi berasa balik lagi ke masa remaja dulu. Itu yang ga punya pasangan dan sering diolok-olok temannya kesian banget siiyy... kan gapapa ga punya pacar, malah lebih konsentrasi dalam belajar. *loh kok malah curcol :D

    BalasHapus
  18. Wah mbak Dyah masih suka baca novel Teenlite y
    Pas baca ikut senyum-senyum nggak mbak? Ingat masa masa remaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, iya mbak, senyum-senyum sendiri apalagi yang ceritanya mirip pengalaman pribadi

      Hapus
  19. Penasaran sama valentine in hospital, kayaknya mereka akan ketemu di rumaj sakit deh terus akhirnya ornag tuanya menyetujui karena yang sakit jadi punya semangat sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk baca pak, lucu aja sih baca teenlit, menghiburku di saat ruwet wkwkwk

      Hapus
  20. Dulu sering nulis cerita teenlit, baca.y juga seru banget, ngerasa nostalgia masa remaja, yah meskipun kisahnya nggak seindah yang kupunya wkwkw

    BalasHapus
  21. Buku yg bagus untuk mencari bnyk referensi soal problem remaja masa kini.

    BalasHapus
  22. Wew jelita, wkwkwk. Aku pengen download Ipunas tapi masih wacana wkwk. Wah aku baca teenlit terakhir waktu sekolah. Aaah aku jadi flashback. Aku suka jdulunya yang Perfect Valentine, lucu saling usil gitu ya khas remaja banget yang padahal saling suka, hahaha.

    BalasHapus
  23. Jadi ingat masa-masa remaja dulu suka baca teenlit, ceritanya menarik ya

    BalasHapus
  24. Widih dikupas lengkap semua, tapi tetap bikin pinisirin. Aku kemarin sempat nanya gimana cara pinjam buku di Ipusnas, disini terjawab dah. Kisah remaja emang paling menarik dibaca, selain bahasanya santai, konfliknya juga ringan-ringan. Aku juga suka baca buku seri remaja.

    BalasHapus
  25. Yg judul semudah aku mencintai ashka sepertinya menarik bgt mbak. Itu gmna apakah nikah dengan malaikatnya atau malaikatnya itu ibunya sendiri ? . Hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga nikah, malaikat pelindungnya masuk ke neraka karena jatuh cinta sama ashka

      Hapus
  26. Rasanya sudah berapa abad yang lalu saya baca teenlit...hehehe...banyak penulis muda ya sekarang dengan tema yang pastinya makin beragam

    BalasHapus
  27. Seru ya ceritain masa remaja yang penuh rasa cinta monyet wkwkw. Diabadikan di buku sekarang itu rasanya ulala

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih