Kenal Lebih Dekat ODOP Blogger Squad

Jumat, 21 Oktober 2022

odop blogger squad


Hai Sobat Dy, masih ingat cerita saya sebelumnya tentang program open recruitment ODOP? Suka duka dan keseruan ikut programnya juga saya  Alhamdulillah saat itu berhasil menantang diri ini untuk konsisten menulis setiap hari selama kurang lebih delapan minggu.

Setelah menyelesaikan program tersebut, kami peserta program diterima di keluarga besar ODOP yang tergabung dalam WhatsApp Group KB ODOP. Tidak cukup sampai disitu, ternyata setelah ODOP mempunyai beberapa program lanjutan yang dapat dipilih peserta.

Program lanjutan tersebut diantaranya ODOP Blogger Squad (OBS), ODOP Tembus Media (OTM), ODOP Nulis Buku (ONB). Saya memilih dua program lanjutan yaitu OBS dan OTM. Apakah program ini berbayar? Tentu tidak, semua programnya gratis atau dengan kata lain tidak berbayar.

Mengapa saya ingin ikut program lanjutan OBS? Karena ingin meningkatkan skill ngeblog, bergabung dalam salah satu komunitas blogger Indonesia. Mengapa saya ingin ikut OTM? Selain ingin tahu cara menembus media, saya juga ingin menjemput rezeki dari media.


ODOP Blogger Squad

Saya merasa beruntung bertemu dengan komunitas ODOP. Selain dapat berkenalan dengan blogger-blogger keren yang sudah malang melintang di dunia blog, mereka juga tidak pelit ilmu lo.

Sobat Dy, tak kenal, maka kenalan. Yuk, kenalan dulu dengan komunitas ODOP sebelum kenalan dengan OBS. Komunitas One Day One Post (ODOP) merupakan komunitas gerakan menulis setiap hari yang diposting di blog. Komunitas ini digagas oleh Bang Syaiha dan mulai berjalan sejak 1 Januari 2016.

ODOP Blogger Squad atau biasa disingkat OBS adalah salah satu komunitas blogger Indonesia dan program lanjutan dari peserta yang lulus program open recruitment ODOP seperti yang saya informasikan sebelumnya. 

Pendaftaran program lanjutan ini dibuka setahun sekali saja. Maka wajar jika peserta yang mendaftar program lanjutan berasal dari berbagai batch.

Ternyata, ada tahapan lagi lo sebelum masuk ke dalam keluarga besar OBS. Peserta yang mendaftar OBS diberi materi dan tugas. 

Jika peserta tidak mengerjakan tugas sebanyak dua kali, maka peserta akan dikeluarkan dari program lanjutan ini dan tidak dapat masuk ke dalam keluarga besar OBS. Namun, peserta yang dikeluarkan tersebut dapat mendaftar lagi tahun berikutnya.

Materi dan tugas dalam pendaftaran OBS diampu oleh beberapa orang yang selanjutnya disebut sebagai PJ atau Penanggung Jawab. Nah, kali ini programnya diampu oleh lima wanita cantik, yaitu Karunia S. Sambas sebagai koordinatornya. Penanggung jawab lainnya adalah Jihan Mawadah, Nimas Achsani, Jihan Mayzura dan Setya.


komunitas blogger indonesia

Kenal lebih dekat dengan para penanggung jawab program yuk.

Karunia S. Sambas

Karunia S. Sambas gadis muda, cantik dengan segudang prestasi ini merupakan salah satu mentor kesayangan. Sudah banyak kelas beliau yang saya ikuti, semoga enggak bosan sama saya ya hehehe.

Prestasinya di dunia blog tidak perlu diragukan lagi. Beliau juga menjuarai beberapa lomba blog, salah satunya review fitur IDN Application.

Selain itu, karya beliau juga telah menembus media elektronik dan cetak, diantaranya rubrik Ah Tenane di harian Solopos, rubrik Nusantara bertutur di media elektronik Kompas www.kompas.id. Hasil karya lainnya dapat juga dibaca di www.karuniasambas.com.


Jihan Mawadah

Kak Jihan Mawadah selain penanggung jawab OBS juga merupakan ketua umum ODOP 2022. Sebelumnya saya telah mengenalnya saat mengikuti webinar Cara Mendapatkan 30 juta Pertama dari Blog yang diadakan oleh KLIP, salah satu program di Ibu Profesional.

Alhamdulillah dapat kesempatan lagi untuk belajar bareng PJ yang kece badai ini. Beliau ini sering memenangkan lomba blog, lo. Diantaranya lomba blog IndiHome, Astra dan masih banyak lagi.

Jika Sobat Dy ingin membaca hasil karya cantiknya dapat mengunjungi salah satu blognya di www.jeyjingga.com


Nimas Achsani

Sebelumnya saya telah mengenal kak Nimas Achsani saat mengikuti Blogspedia Coaching. Beliau adalah salah satu coach tamu yang mengajarkan riset keyword.  Kak Nimas telah menjuarai beberapa lomba blog. Salah satunya adalah lomba Panasonic, beliau memenangkan sebuah televisi berwarna. 

Jika ingin kenal lebih dekat dengan ibu muda yang satu ini, Sobat Dy dapat mengunjungi salah satu blognya di www.nimasachsani.my.id.


Jihan Mayzura

Kak Jihan Mayzura tidak hanya seorang blogger. Beliau juga seorang content writer dan ghost writer. Penulis yang telah menulis 18 buku antologi ini dapat mengunjungi blognya di www.jihanmayzura.my.id.


Setya

Kak Setya yang memiliki nama lengkap Setya Romana merupakan anggota ODOP dari batch 4. Beliau tinggal di Bantul, Jawa Tengah. Jika ingin kenal lebih dekat dengan wanita alumni Teknologi Pangan Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini, Sobat Dy dapat mengunjungi blognya di www.setyaromana.my.id


skill blogger

Materi ODOP Blogger Squad 2022

Alhamdulillah dapat materi lagi sebagai bekal untuk menjadi blogger andal. Materi dan tugas diberikan sejak awal September 2022. Ada materi pembuka tentang istilah blogging. Banyak istilah blog yang perlu diketahui seorang blogger. 

Tahap selanjutnya adalah materi dan tugas. Sampai saat ini kurang lebih ada delapan materi. Apa saja materinya? 


Google Analytic

Google analytics dibutuhkan seorang blogger untuk menganalisa kinerja blog berdasarkan data statistik yang ditampilkan. Sobat Dy, sebagai informasi saat ini analisa website terbaik dan banyak digunakan adalah Google Analytic.

Data statistik yang ditampilkan berisi jumlah pengunjung, demografi pengunjung, kata kunci teratas, kepadatan traffic pengunjung dan masih banyak lagi. Selain itu jika Google Analytic dikaitkan dengan  AdWords maka blogger dapat mengetahui iklan dan kata kunci atau keyword yang paling banyak merujuk pada blog.

Saya telah menuliskan tutorial tentang cara memasang Google Analytic di blogspot sebagai tugas pertama OBS. Maaf ya untuk yang memasang di wordpress saya belum bisa. Selain itu saya juga belum mempunyai blog yang wordpress


Google Search Console

Google Search Console (GSC) merupakan salah satu cara untuk mengetahui kinerja website pada pencarian organik di Google. GSC sangat penting karena dapat menjadi tolak ukur untuk mengoptimasi blog.

Saya pun telah menulis tentang cara memasang dan fungsi google search console di blogspot sebagai tugas kedua OBS.


SEO On Page

Ini termasuk materi favoritku lo Sobat Dy, karena SEO itu unik dan menarik. Ilmunya sellau update dan tergantung juga pada coach yang mengajarkan. Artikel yang memenuhi kaidah SEO akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

Tentu saja saya ingin artikel yang saya tulis mudah dikenali mesin pencari agar tulisan tersebut dapat menjangkau lebih banyak pembaca. Saya juga telah menulisk tentang manfaat SEO On Page.


Riset Keyword

Keyword atau kata kunci adalah kelompok kata yang digunakan pembaca untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang ada di benak mereka. Pada materi ini diajarkan bagaimana caranya untuk membuat artikel berdasarkan kata kunci yang digunakan pembaca.

Tidak perlu menggunakan tools yang rumit, cukup menggunakan google trend, perhatikan hasil dari pencarian untuk memperkirakan saingan artikel yang tayang di Google. Salah satu cara agar artikel dapat muncul di halaman muda yaitu halaman 1 atau 2 di mesin pencari adalah dengan menggunakan kata kunci yang biasa digunakan pembaca.


AIDA, Bikin Copywriting Berujung Closing

AIDA merupakan akronim dari Attention, Interest, Desire, Action. Cara kerjanya sebagai berikut :

Attention

Menarik minat pembaca dengan statement yang 'berani'.


Interest

Menarik minta pembaca dengan menyajikan beberapa fakta, cerita atau contoh.


Desire

Menciptakan keinginan pembaca untuk terus membaca konten dan menjelaskan mengapa hal tersebut penting sehingga pembaca membaca artikel hingga selesai.


Action

Mengundang pembaca dnegan CTA (Call To Action), misalnya dnegan ikut membagikan artikel, subscribe, dan mengirimkan komentar.


Tips dari mbak Jihan adalah selingi artikel dengan beberapa image atau gambar agar pembaca tidak capek jika hanya membaca artikel.


Cara Meningkatkan Pageview

Pageview atau biasanya disingkat PV dapat diartikan sebagai halaman yang dikunjungi pembaca, baik melalui mesin pencari atau sengaja berkunjung pada halaman tersebut.

Mengapa harus repot meningkatkan pageview? karena pageview yang tinggi memperbesar peluang untuk mendapatkan kerjasama. Ya ujung-ujungnya duit juga sih.

Bagaimana caranya meningkatkan pageview :

  1. riset keyword
  2. artikel SEO dan human friendly
  3. link building
  4. membuat artikel yang trending/viral atau artikel evergreen
  5. blogwalking
  6. design blog yang menarik
  7. rajin update artikel
  8. rajin membaca GSC dan GA


Tips Menang Lomba

Apakah menjadi blogger harus mengikuti lomba? Tentu saja tidak wajib. Namun, dengan mengikuti sebuah lomba ada banyak pelajaran yang dapat dipetik, salah satunya adalah memahami aturan, jujur, ikhlas, sportif.

Berikut tips mennag lomba yang diberikan :

  1. Pahami dan penuhi tema, syarat dan ketentuan
  2. Tentukan timeline sendiri, tentunya sebelum batas waktu pengumpulan lomba ya
  3. Menentukan sudut pandang dengan memperbanyak referensi
  4. Membuat outline
  5. Berikan pengalaman pribadi atau orang terdekat untuk mempercantik story telling
  6. Berikan infografis yang relevan dan menarik
  7. Belajar dari artikel pemenang lomba sebelumnya, jika lomba yang diadakan temanya sama
  8. Kirim, berdoa, dan lupakan

Siap ikut lomba? Coba terapkan tips di atas. 


Penutup

Seru bukan materi yang diberikan oleh penanggun jawab, Hmm keseruan apalagi yang akan terjadi saat bergabung pada ODOP Blogger Squad? Simak cerita saya berikutnya. Semakin penasaran dengan ODOP Blogger Squad? 

Yuk bergabung saat  pembukaan open recruitment ODOP. Jika Sobat Dy sudah tergabung di OBS, yuk ceritakan keseruannya di kolom komentar.

17 komentar

  1. Halo kak dyah. Semangat ya mengikuti rangkaian blogger squad-nya seru kan ya belajarnya. Seperti yang sudah dipaparkan sama mbaknya di atas. Saya juga blogger squad nih. Dari ODOP angkatan sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Huwaaaa ikutan dong, keren banget nih semangat belajarnya, yang diajarkan juga daging semua :)
    seru-seru pula ikutannya ya, ilmunya bermanfaat banget tuh :)

    BalasHapus
  3. Wah menarik ya mbak. Jadi pingin ikutan tapi apakah aku sanggup nulis setiap hari

    BalasHapus
  4. Mba Dyah aktif banget ngeblog. Seru banget kegiatan dari ODOP blogger squad.. memang senang rasanya bergabung dengan temen blogger yang sefrekuensi.. semangat Mba.. 😍

    BalasHapus
  5. MasyaAllaah, mba Dyah.. terimakasih tulisannya <3 semangaat terus ya mba untuk menebar kebaikan dan manfaat lewat tulisan2 yg indah dalam blog

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran pingin join nihh
    Kira2 saya bakal ditendang setelah berapa pekan yaakkk
    Qkqkqkqkqk

    BalasHapus
  7. saya ingin bergabung dengan ODOP tapi rasanya belum sanggup karena masih ada pekrerjaan lainnya, tapi kayaknya jadi termotivasi untuk rajin menulis

    BalasHapus
  8. Saya ingin gabung dong kak. Banyak dapat insight nih baca ini aja gimana kalau gabung.

    BalasHapus
  9. Pingin banget gabung. Biar punya semangat menuju mimpi menjadi seorang blogger

    BalasHapus
  10. kemarin ditawari mbak nimas ini tepat pas hari penutupan huhuhu, jadinya gak kecangking ikut huhuhu, next batch in syaa Allah

    BalasHapus
  11. Pengen ikut ODOP kapan ada lagi open recruitment mba?

    BalasHapus
  12. Mbak Dyah, nampak sekali senang belajar banyak mengikuti kelas-kelas blog dan kepenulisan. Semoga bisa mengamalkan ilmunya ya Mbaaak

    BalasHapus
  13. Dulu sempat pengen join tapi masih ga pede karena tiap hari belum tentu istiqomah nulis. Selama ini masih 3x seminggu

    BalasHapus
  14. Mbak ini kapan ada pembukaannya lagi pengen ikutan ... Seru banget deh sepertinya bisa termotivasi post blog tiap Hari jadinya

    BalasHapus
  15. Wah, keren mbak Diah
    Makin konsisten belajar dan ngeblognya
    Seru seru materinya ya mbak
    Blogger dibalik layarnya juga keren keren

    BalasHapus
  16. Pengin ikut. Keren banget kayaknya kalau setiap hari bisa bikin blogpost. Otak bakalan dipanksa buat mikir. Obat anti pikun

    BalasHapus
  17. Materinya ndaging semua tuuhh.. senang ya bisa terus upgrade skill dengan ikutan kelas di ODOP Blogger Squad. Biasanya open recruitment tiap bulan apa mbak?

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih