Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG

Senin, 19 September 2022

kumpulan resep

Siapa yang termasuk tim anti ribet memasak? Lebih sering memasak yang cepat, tetapi tetap enak? Sama dong ya. Saya termasuk ibu-ibu yang lebih sering memasak cepat dan sederhana, tetapi disukai semua anggota keluarga.

Berarti enggak pernah dong masak yang ribet? Tentu saja pernah, tetapi biasanya saya lakukan di hari libur. Alternatif lainnya saya lakukan food prep di akhir minggu, sehingga saat hari efektif atau weekday tinggal sreng-sreng atau dihangatkan saja.


Memasak Singkat

Biasanya akhir minggu saya membuat frozen food baik untuk lauk atau untuk camilan. Rendang atau lapis daging. Jika masih berupa bahan mentah, saya bersihkan dan potong-potong sesuai ukuran jenis masakan yang akan dimasak.

Misalnya ayam yang akan digunakan ayam crispy, saya potong-potong sesuai ukuran yang diinginkan. Daging untuk semur juga dipotong-potong. Begitu juga untuk udang atau cumi, sudah dibersihkan.

Hal yang sama juga saya lakukan untuk sayur mayur. Namun, saya tidak pernah stok sayur dalam jumlah banyak, karena sayuran cepat rusak jika disimpan terlalu lama (lebih dari satu minggu), kecuali wortel, kacang panjang, labu siam.

Selain itu saya juga stok bumbu jadi. Apakah saya membuat bumbu sendiri? Untuk yang satu ini saya masih beli bumbu jadi yang sudah ada di pasaran. Saat memasak saya tinggal menambahkan beberapa bumbu saja sebagai pelengkap. Sobat Dy juga bisa membuat bumbu dasar sendiri, lo.

Aneka tepung juga tersedia di dapur, mulai dari tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, hingga tepung bumbu. Ada bumbu nasi goreng juga, lo. Perlengkapan tempur di dapur nih, sehingga memasak menjadi cepat.

O, iya saya termasuk tim yang hanya memasak di pagi hari saja untuk makan pagi hingga makan malam. Termasuk makanan yang digunakan sebagai bekal anak, suami, dan saya sendiri.

Bagi saya dapat menyajikan makanan yang sehat sehingga dapat memenuhi nutrisi untuk tumbuh kembang anak-anak adalah hal yang penting. Sebagai orang tua saya bahagia, jika anak sehat dan dan tumbuh sesuai panduan kesehatan.


Kumpulan Resep Masakan

Jurus terakhir adalah kumpulan resep. Betul sekali Sobat Dy, saya mengumpulkan resep-resep yang praktis dan lezat, sehingga anggota keluarga lahap makan dan tetap sehat. Untuk mendukung aktivitas anggota keluarga dibutuhkan asupan makanan yang sehat bukan.

Kali ini saya akan berbagi beberapa kumpulan resep masakan sehat tanpa MSG atau monosodium glutamat yang saya gunakan.


Ayam Dadu Crispy Non MSG

ayam dadu crispy


Ini adalah salah satu resep andalan. Saya biasanya stok ayam fillet bagian dada. Proses memasaknya cepat dan mudah karena saya menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang non MSG.

Walaupun tidak menggunakan MSG, rasanya tetap gurih. Cocok untuk anak saya yang menyukai berbagai macam olahan ayam. Selain itu rasa kriuknya sangat disukai anak-anak. 

Bahan :

300 gram dada ayam fillet

1 bungkus (200 gram) Kobe Tepung Serbaguna Premium

350 mL air

minyak goreng secukupnya

Cara memasak :

1. Potong dada ayam bentuk dadu. Cuci bersih dan sisihkan.

2. Ambil mangkuk. Buat adonan basah dengan mencampurkan Kobe Tepung Serbaguna Premium dan air. Aduk rata. Masukkan ayam ke dalam adonan basah.

3. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng hingga kuning kecoklatan.

4. Angkat dan sajikan.


Ayam Goreng Non MSG

ayam goreng tanpa msg

Ayam goreng adalah menu favorit anak-anak saya. Salah satunya adalah ayam goreng non MSG. Resep ini merupakan salah satu kreasi untuk menghadirkan hidangan sehat untuk keluarga. Cara memasaknya juga praktis karena menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium.

Bahan :

1/2 ekor ayam dipotong menjadi 4 bagian

110 mL air

1 bungkus (200 gram) Kobe Tepung Serbaguna Premium

minyak goreng secukupnya

Cara memasak :

1. Cuci bersih ayam yang telah dipotong dan rendam dalam air

2. Lumuri ayam yang telah direndam air tadi dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium. Cubit-cubit ringan.

3. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng hingga kuning kecoklatan.

4. Angkat dan sajikan.


Ayam Goreng Buttermilk

ayam goreng buttermilk


Ayam goreng buttermilk merupakan resep olahan ayam dengan cita rasa ayam goreng klasik khas Amerika. Rasa daging ayam yang juicy di dalam berpadu dengan kulit yang renyah dan gurih berbumbu.

Sensasi rasa yang akan disukai oleh orang yang telah mencobanya. Sebetulnya cara memasaknya mudah, tetapi prosesnya cukup lama. Proses marinasi ayam ke dalam rendaman susu agar bumbunya meresap ke dalam daging ayam membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Namun, proses yang lama akan terbayarkan dengan rasa ayam goreng yang kriuk di luar dan juicy di dalam. Agar tidak penasaran, saya bisikin resepnya deh.

Bahan :

1/2 ekor ayam yang dipotong menjadi 6 bagian

120 mL susu cair

1/2 sendok makan cuka atau 2 potongan tipis jeruk lemon

1 bungkus (200 gram) Kobe Tepung Serbaguna Premium

minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

1. Rendam ayam ke dalam campuran susu dan cuka atau air jeruk lemon selama 2 jam

2. Ambil ayam yang telah direndam susu. Gulirkan ke tepung kering Kobe Tepung Serbaguna dan cubit-cubit.

3. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng hingga kuning kecoklatan.

4. Angkat, tiriskan dan sajikan.


Resep-resep tersebut saya peroleh dari Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG di resep dapur Kobe. Sobat Dy juga bisa mencari resep-resep lain, lho. Banyak pilihan resep yang disediakan untuk mengatur menu harian.

Membuat makan sehat tanpa MSG atau micin adalah hal yang penting untuk keluarga tercinta. Selain itu dengan memasak sendiri, kita dapat memastikan bahan yang digunakan merupakan bahan pilihan.


Kobe Tepung Serbaguna Premium

Kobe tepung serbaguna premium adalah tepung bumbu sehat tanpa MSG yang mengandung berbagai macam vitamin untuk melengkapi nutrisi tubuh, seperti vitamin B2, B9, zat besi, zinc dan kalsium.

Kobe tepung serbaguna premium terbuat dari rempah pilihan dengan aroma gurih khas bawang putih sehingga membuat cita rasa gorengan menjadi lezat dengan tekstur yang renyah di luar, bumbu meresap ke dalam dan harum yang menggoda.

Selain digunakan untuk membuat hidangan gorengan ayam, tepung Kobe serbaguna premium juga dapat digunakan untuk aneka gorengan lainnya, seperti tahu, tempe, seafood dan linnya.

Berikut fakta tentang Kobe Tepung Serbaguna Premium yang pertama kali hadir di Indonesia tanpa MSG dan bervitamin.

  1. Tepung bumbu tanpa MSG atau tanpa micin
  2. Mengandung zat besi, serat pangan, vitamin B2, vitamin B9 dan mineral zinc
  3. Tanpa pengawet
  4. Tanpa pewarna buatan
  5. Mempunyai izin dari BPOM dan LPPOM MUI

Agar Sobat Dy tidak penasaran dengan sensasi rasa gurih tepung Kobe serbaguna premium, cobain sendiri deh, dijamin ketagihan rasa kriuknya..

Saat ini Kobe Tepung Serbaguna premium tersedia juga di minimarket dan supermarket.  Jika Sobat Dy tidak dapat atau berhalangan untuk belanja, ada solusi lain yaitu belanja Kobe tepung serbaguna premium di marketplace, sepertI Shopee dan Tokopedia Kobe official Store.

cinta tanpa micin


Berikan cinta yang sempurna, Cinta Tanpa Micin untuk keluarga dengan kerenyahan sejati dan gurih yang tulus setiap hari. Happy cooking. Cerita di kolam komentar yuk kreasi menu harian untuk keluarga tercinta.


27 komentar

  1. aku dulu suka ngumpulin resep-resep masakan dan pengennya suatu saat bisa masak enak sesuai dengan resep resep yang aku gunting dari majalah atau browsing dari internet.
    Ehh pas makin kesini malah jarang berkreasi dengan masakan
    di rumahku sendiri juga sedikit demi sedikit mengurangi penggunaan msg mbak, kadang masak sayur bayam atau kelor cuman dikasih geprekan bawang, garam, gula

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, kami juga sudah ga pakai MSG, tepung Kobe yang ini juga tanpa MSG kok

      Hapus
  2. Kalau makanan yang menggunakan tepung-tepungan, pakai KOBE memang nggak akan pernah salah deh
    Selain rasanya yang sudah pasti enak, hasil gorengannya pun crunchy

    BalasHapus
  3. Asli Kobe memang pas banget dan saya juga tidak merasakan MSG di lidah. Kami baru coba tepung bakwan tepung ini belum pernah coba. Pingin segera coba ah

    BalasHapus
  4. waaah mbak, terimakasih ide idenya, simpel praktis dan mudah eksekusinya, serta anak-anak doyan adalah koentjinya. Aku juga pemakai kobe, terutama untuk yang tepung tepungan, rasanya lebih resep

    BalasHapus
    Balasan
    1. resepnya dari dapur Kobe kok mbak, banyak resep yang dapat dipilih untuk menu harian

      Hapus
  5. Ayam gortep ini evergreen masakan kesukaan anak-anakku haha. Pake Kobe ini pilihan yang tepat banget. Rasa tepungnya pas terus bikin efek krispi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, menu evergreen anak-anak nih

      Hapus
  6. Kobe tepung serbaguna memang pas banget, nih, mba, bikin aneka olahan ayam jadi simpel tapi tetap enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu solusi di saat butuh masak cepat ya mbak

      Hapus
  7. Saya pun pengguna Kobe nih mbak, apalagi anak-anak suka makan ayam goreng tepung. Rasanya lebih Krenyes, enak.

    Ternyata tanpa msg juga ya yang premium ini.

    BalasHapus
  8. Sama, saya juga kalau masak sekali saja tapi sekalian buat pagi-siang-malam. Repot nyuci-nyucinya hahaha. Makanya kalau masak suka yang simpel-simpel aja. Salah satunya pakai resep Dapur Kobe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. capek kalau harus bolak balik ke dapur, ga bisa ngerjain yang lain hehehe

      Hapus
  9. Wah, mantap ini...Jadi penasaran saya dengan sensasi rasa gurih tepung Kobe serbaguna premium, rasa kriuknya itu dari penampakannya dah kebayang . Cus ah nanti beli Kobe Tepung Serbaguna premium di minimarket atau supermarket, kalau belum ada beli online saja

    BalasHapus
  10. Ayam goreng buttermilk ini aku pernah coba mbak. Enak, empuk, juicy di dalam, crispy di luar

    BalasHapus
  11. Klo ada Kobe, bener² no ribet ribet club.
    Makin enjoy masak dan menghadirkan menu terbaik utk kluarga yaaaaa

    BalasHapus
  12. Tepung Kobe juara banget sih, aku juga suka. Ohiya aku tertarik pengen nyobain bikin ayam goreng buttermilk nih, enak banget kayaknya.

    BalasHapus
  13. Wah, tertarik banget dengan resep ayam goreng buttermilknya Mbak. Berhubung ayam jadi salah satu favoritnya anak-anak, kadang saya kebingungan harus dibuat apalagi supaya gak bosan. Beruntung sekarang jadi dapat resep baru. Tepung memang jadi andalan saat olah mengolah ayam ya.

    BalasHapus
  14. Wah iya, anak anak suka banget sama ayam
    Aku mau coba yg ayam goreng buttermilk mbak
    Mumpung ada Kobe Tepung Bumbu di rumah

    BalasHapus
  15. Ayam goreng krispi memang enak banget, nggak lekang ditelan waktu. Cuma, msg nya itu yang agak mengkuatirkan. Resep ini bisa jadi alternatif untuk hidangan sehat. Terima kasih infonya, Mbak

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, Kobe sudah menyediakan tepung serba guna premium yang tidak mengandung MSG. Jadi kita bisa aman menghadirkan berbagai masakan untuk keluarga yaa...

    BalasHapus
  17. Resep masakannya menarik buat dicoba, kebetulan stok daging ayam di kulkas masih ada dan tentunya tepung bumbu kobe andalanku utk masak enak tanpa MSG juga ada.

    BalasHapus
  18. Keren nih, bisa buat sy yg lagi latihan nggak pake msg di rumah, apalagi dengab rasa yng nggak kalah enak

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih