Blogspedia Coaching Panduan Belajar Ngeblog Dari Nol

Sabtu, 27 Agustus 2022

blogspedia coaching panduan belajar ngeblog dari dari nol


Hai Sobat Dy, bagaimana kabarnya di akhir pekan ini dan kebetulan akhir bulan juga? Bagi saya blogger pemula, akhir bulan adalah waktunya untuk mengevaluasi performa blog. Apa saja pencapaian yang telah dilakukan bulan ini, berapa jumlah artikel yang telah diterbitkan. Berapa jumlah pembaca yang mengunjungi blog.

Eits ini bukan sok gaya ala blogger sukses, lo. Namun, saya juga mempunyai cita-cita ingin menjadi blogger sukses, seperti coach saya. Ceritanya, saya mendapatkan ilmunya minggu lalu dari coach Marita Ningtyas. Supaya ilmunya enggak menguap begitu saja, maka saya langsung praktikan saja ilmu dari coach Ririt, panggilan akrab beliau.

Minggu lalu adalah materi terakhir di kelas Blogspedia Coaching, yaitu materi tentang content plan dan peluang job. Materi ini diletakkan di akhir periode pembelajaran agar peserta yang ikut tidak hanya fokus pada blog akan menghasilkan cuan. Sehingga materi mengetahui big why ngeblog dan hal dasar hingga rumit seperti mengatur template diterangkan sebelumnya.


Blogspedia

Blogspedia adalah blog yang dibuat oleh seorang momblogger Marita Ningtyas yang ingin berbagi panduan dan tips cara menjadi blogger pemula. Hal ini dilakukanya untuk menjawab pertanyaan teman-teman beliau bagaimana caranya ngeblog dan pertanyaan lain terkait blog. Selain itu Blogspedia juga menjadi rekam jejak proses belajar mbak Ririt.

Berbekal hal tersebut, mbak Ririt mengumpulkan informasi terkait blog yang diketahuinya dalam sebuah blog agar mudah diakses teman-temannya. Sehingga teman-temannya dapat belajar ngeblog berdasarkan panduan yang terdapat dalam artikel blog.

Blogspedia, jika dijabarkan mempunyai makna blog ensiklopedia. Harapan mbak Ririt blog ini akan bermanfaat dan menjadi rujukan bagi blogger pemula yang mengalami kesulitan atau kendala dengan blognya atau bingung dengan istilah blogging. Pembaca blog juga dapat mengusulkan materi yang ingin ditayangkan di blogspedia sesuai permintaan.

Itulah mengapa judul blog ini adalah "Tongkrongan Blogger Cupu", tempat blogger pemula untuk belajar ngeblog. Cupu adalah panggilan untuk blogger pemula. Lucu ya istilah cupu ini. 

Satu hal yang mendasar dan penting bagi saya yang baru di dunia blog saat mencari tutoriol blog adalah penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Mengapa? Karena saya sudah matang dalam usia, banyak yang dipikirkan secara emak kan multitasking dan multithinking, maka saya pasti memilih tutorial yang menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Sehingga saya lebih mudah untuk menerapkannya.


menulis artikel seo


Jasa Blogspedia

Selain Blogspedia Coaching dan menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh blogger pemula yang ingin belajar ngeblog. Blogspedia juga menyediakan beberapa jenis jasa, diantaranya :

Install template untuk blog personal

Sobat Dy yang ingin mempunyai blog cantik dan SEO friendly dapat menghubungi mbak Ririt. Platform yang ditawarkan wordpress dan blogspot. Fasilitas lain yang dapat diperoleh adalah header dan lima artikel SEO. 


Pembuatan toko online murah meriah

Jika Sobat ingin mempunyai toko online yang seperti marketplace bisa lo menggunakan jasa Blogspedia. SEO friendly juga sehingga memudahkan mesin pencari untuk melacaknya. Pastinya mudah digunakan.


Penulisan artikel (paket free order)

Sobat Dy, Blogspedia memahami bahwa tidak semua orang memiliki cukup waktu dan kemampuan untuk menulis dengan baik. Jika Sobat Dy membutuhkan artikel yang berkualitas, bisa langsung mengirim email ke ms.ninktyaz@gmail.com.


Penulisan artikel (paket hemat)

Jasa berikut sebetuknya tidak jauh berbeda dengan jasa penulisan artikel paket free order, perbedaannya ada di jumlah artikel. Di paket ini Sobat Dy akan mendapatkan 100 artikel dalam satu bulan. Artikel dapat menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.



blogspedia coaching kelas ngeblog gratis

Blogspedia Coaching

Sobat Dy, Blogspedia Coaching adalah kelas ngeblog gratis yang diadakan oleh mbak Ririt. Kelasnya dilaksanakan secara online atau daring. Materi, tugas dan pengumpulan tugas menggunakan Google Classroom, sedangkan untuk diskusi materi dilakukan melalui WhatsApp Group.

Periode kali ini adalah periode ketiga. Mbak Ririt sebagai founder Blogspedia Grup sengaja mengadakan program ini agar blogger pemula seperti saya mempunyai panduan yang jelas terkait cara menjadi blogger pemula agar tidak sesat di jalan, eh maksudnya agar mempunyai panduan jalur yang tepat untuk menjadi blogger.

Kelas ngeblog gratis kali ini mempunyai kurikulum yang berbeda dibandingkan periode sebelumnya. Menurut mbak Ririt pada periode satu, materi tentang SEO atau Search Engine Optimation diberikan di akhir kelas. Pada periode kedua, materi SEO diberikan di awal kelas. Sedangkan periode kali ini, materi SEO sudah disinggung sejak awal, tetapi baru diberikan di tengah program, sehingga perpaduannya seimbang antara melatih peserta menulis dan belajar teknik ngeblog.

Ada sembilan materi utama yang dibagi lagi menjadi sub materi pada periode ketiga ini. Sobat Dy, materi yang diberikan super duper padat, enggak rugi belajar di sini. Materi diberikan dua kali dalam seminggu. Setiap materi ada tugas yang akan diberikan dan tenggat waktu yang diberikan adalah sebelum materi berikutnya diberikan.

Walaupun kelas ngeblog ini gratis, tetapi tidak dijalankan asal-asalan, lo. Materi dikemas menarik, ada yang dilengkapi dengan video yang disimak melalui YouTube juga. Videonya dibuat oleh mbak Ririt sendiri. 

Selain itu, juga ada kontrak belajar sebelum kelas dimulai. Kontrak belajar berisi peraturan yang harus ditaati peserta, periode pemberian materi, termasuk izin pada pasangan dan anak agar belajarnya berkah dan tenang.

Anak dan suami sudah mengetahui dong jika saya mengikuti sebuah kelas blog. Kadang anak sampai tanya, "Ibu sudah mengumpulkan tugas?" atau "Ibu ada PR?" wkwkwk lucu juga, tetapi juga menjadi penyemangat saya. Anak sulung yang sudah bisa diajak diskusi, yang sering mengomentari tulisan saya. Selain itu dia juga sudah mengetahui mengapa saya memilih blog.

Aturan tegas kepada peserta juga diberlakukan, yaitu bagi peserta yang terlambat mengumpulkan tugas tanpa izin dan konfirmasi sebelumnya maka akan ditendang atau dengan kata lain dikeluarkan dari kelas. Izin ini dilakukan sebelum batas waktu pengumpulan tugas, lo. Bukan setelah batas waktu pengumpulan tugas, jika izin dilakukan setelah melewati batas waktu pengumpulan tugas, itu namanya pemberitahuan.

Super deh coach yang satu ini, beliau membagikan ilmunya gratis tanpa biaya serupiah pun apalagi sedollar pun. Padahal ilmu yang diberikan sangat bermanfaat bagi blogger pemula. Dari awal Mbak Ririt menginformasikan, bahwa kelas akan dimulai dari dasar, sehingga bagi peserta yang sudah mempunyai blog harus sabar, jika tidak sabar, maka peserta dapat meninggalkan kelas. 


Cara Mengikuti Blogspedia Coaching Batch 3

Sebelumnya Blogspedia mengadakan tantangan 14 hari di bulan Maret 2022. Tantangan ini dapat diikuti oleh siapapun asalh memenuhi syarat yaitu menulis tantangan selama 14 hari. Ada 14 tema yang telah ditentukan.

Tantangan ini bertabur banyak hadiah, lo. Mulai dari voucher umroh, mukena, kerudung, segi empat, hingga tiket untuk mengikuti kelas coaching blog yaitu Blogspedia Coaching batch 3.

Sayangnya saya tidak dapat memenuhi tantangan ini, otak saya serasa beku saat itu, saya hanya mampu menyelesaikan menulis enam tema dari 14 tema tantangan yang diberikan. Sedangkan lainnya masih berupa draft dan tidak dapat saya selesaikan. Jujur saya sudah pasrah saja saat itu, mungkin belum rezeki.

Artikel yang saya daftarkan dalam tantangan 14 hari adalah Ciptakan Bahagiamu, Tak Perlu Mencarinya, Kesederhanaan Klepon, Wanita Ingin Dimengerti.

Saat itu saya bertekad, saya akan ikut tantangan berikutnya. Mengapa? Saya telah mengulik lebih jauh Blogspedia dan betul sekali  artikel-artikelnya sangat saya butuhkan. Selain itu saya mudah memahami tahapan-tahapannya.

'Duh mainku kurang jauh nih. Coba kalau dari dulu saya tahu jika mbak Ririt itu blogger keren dan founder Blogspedia, mungkin saya akan lebih paham tentang blog lebih cepat ya.'

golden ticket kelas ngeblog gratis

Golden Ticket

Pucuk dicinta ulam pun tiba, Allah menjawab doa saya. Mentor saya mbak Nia, salah satu pemenang tantangan 14 hari mendapatkan golden tiket. Waktu itu mbak Nia sempat menawarkan golden tiket yang dimilikinya di WhatsApp Group. Secepatnya saya menghubungi mbak Nia.

Alhamdulillah belum ada yang meminang golden ticket tersebut dan golden ticketnya dihibahkan ke saya. Mbak Nia memberikan panduan untuk mengklaim golden tiketnya. Salah satu syarat untuk mengklaim golden ticket adalah blog belum ber TLD dan diutamakan bagi peserta yang belum pernah mengikuti kelas blogging.

Akhirnya saya bisa menikmati kelas yang saya idamkan. Saya juga membaca testimoni beberapa blogger yang telah mengikuti kelas Blogspedia Coaching batch sebelumnya. Hal ini membuat saya semakin penasaran bagaimana isi kelasnya.


Cerita Seru Belajar Ngeblog Dari Nol Bersama Blogspedia Coaching

Kelas Blogspedia COaching ini berlangsung selama tiga bulan. Materi yang diberikan sudah dimampatkan oleh mbak Ririt. Betul ternyata yang disampaikan oleh mbak RIrit sebelumnya siap-siap dengan mata panda karena begadang untuk menyelesaikan tugas.

Selain itu siapkan skincare untuk menghilangkan kerutan  di kening. Wkwkwk kening berkerut karena memikirkan bagaimana cara membuat artikel yang baik dan sesuai dengan kaidah SEO. Seru dan menegangkan, apalagi saat buntu ide untuk menulis artikel.

Menjelang batas waktu pengumpulan tugas, notif ponsel akan sering berbunyi dari chat WhatsApp Group kelas, tanda bahwa peserta mengumpulkan tugas. Sebetulnya tugas dikumpulkan melalui google classroom. Namun, link dibagi di WAG kelas adalah untuk memudahkan peserta melakukan blogswalking.

Wkwkwk, jangan ditanya ya berapa kali saya berkejar-kejaran mengerjakan tugas. Kadang hingga terbawa sampai mimpi. Saya tidak menyangka bisa sampai di tahap ini setelah sebelumnya saya hampir menyerah.

Materi yang paling membuat saya stress adalah saat mengatur template. Mengapa? Karena materi ini mengandung kode dan banyak tahapan lainnya. Setelah itu adalah materi teknik menulis artikel SEO sederhana. Baiklah langkah selanjutnya adalah untuk melakukan riset dan menyusun artikel sesuai kaidah SEO

Sedangkan materi yang saya nantikan selama ini adalah peluang job untuk blogger dan membuat content plan, bukan berarti saya mengabaikan materi yang lain yang diberikan.

Tidak cukup hanya dengan membuat content plan, tetapi perlu juga melakukan evaluasi terhadap performa blog. Content plan ini membantu agar tertib menulis dan mengatur jadwal untuk menulis dan menayangkanya di blog pribadi kita. Dan tentunya masih banyak lagi manfaat content plan.

Itulah sekelumit cerita seru tentang kelas Blogspedia Coaching yang merupakan kelas belajar ngeblog gratis. Selain itu Blogspedia juga menjadi panduan belajar ngeblog dari nol. Sehingga Sobat Dy, tidak perlu bingung mulai dari mana untuk ngeblog, apa saja yang harus dipelajari, atau cara menjadi blogger pemula, karena semua sudah disiapkan lengkap oleh Blogspedia Coaching.

Sobat Dy ingin mengikuti Blosgspedia Coaching batch 4? Materi yang diberikan mantap. coachnya sabar menjelaskan materi. Setiap materi diberi tugas agar materi lebih kuat menempel pada ingatan. Yuk, ikutan kelas blog gratis ini.


Referensi :

https://www.blogspedia.my.id/tentang-blogspedia/

https://www.blogspedia.my.id/jasa/

https://www.maritaningtyas.com/2021/07/jasa-content-writing-semarang.html

https://www.maritaningtyas.com/2022/06/internet-menyatukan-indonesia.html

https://www.instagram.com/blogspedia/



14 komentar

  1. Klasik banget blogspedia, saya juga dulu pernah ikutan acara seperti ini. Paling pusing emang ketika edit-edit template

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, penuh dengan kode, salah kode bisa fatal akibatnya

      Hapus
  2. Wahh, seruu bangedd yaa program2nya, semoga makin banyak Emak2 yang berdaya, karena jadi blogger itu menyenangkan, tetap bisa aktualisasi diri walaupun di rumah aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes betul banget, bisa produktif dari mana saja

      Hapus
  3. rekomended yah buat blogger pemula.. bisa langsung punya 100 artikel. gak sekalian di-infokan biaya per jasanya berapaan mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cuzz ke CP aja pak, barangkali ada diskon paket atau event khusus pak

      Hapus
  4. Ini apa cuma ditujukan ke perempuan, mba? Menarik deh kelas. Saya minat ikut soalnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga peserta yang cowok kok, memang mayoritas cewek sih, entahlah saya ikut beberapa WAG blogger memang mayoritas cewek sih hehehe

      Hapus
  5. Wow! Keknya seru banget ya 🤩 jadi pengen ikutan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, cuzz daftar batch 4, siap-siap mata panda ya wkwkwk

      Hapus
  6. Alhamdulillah tuntas sampai tugas terakhir ya, mba. Berebes Mili...walau akhirnya sempet tepar. Semoga Semangat ngeblog terus kita, Yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, beneran ga nyangka mbak Nita bisa sampai titik ini, sudah mau nyerah rasanya, segitunya ya kita belajar
      Alhamdulillah support systemnya mendukung walaupun akhirnya protes juga di detik terakhir
      semangat menebar manfaat mbak

      Hapus
  7. Kak Dyaaah..
    Haturnuhun pencerahannya. Aku pengen banget bergabung di blogspedia. Karena salut dengan kelas pembelajarannya. Kudu beneran niat bahwa menulis bisa meningkatkan produktifitas blog dan personal si pemilik blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirimu mah sudah jago teh, blogspedia khusus yang cupu seperti diriku la wkwkwk,

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih