Kegiatan Menarik di Bulan Ramadan Bersama Anak

Selasa, 18 April 2023

 Kegiatan Menarik di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, banyak keistimewaan yang ada di bulan ini. Oleh karena itu sayang jika bulan Ramadan berlalu begitu saja tanpa kegiatan yang membekas di hati dan ingatan, apalagi untuk anak-anak.

Untuk anak yang masih belajar puasa, mungkin akan merasakan kesulitan menahan haus dan lapar. Oleh karena itu penting untuk memberikan anak-anak kegiatan menarik di bulan Ramadan ini, agar mereka tetap semangat menjalankan ibadah puasa.


Kegiatan Menarik di Bulan Ramadan

Ada banyak kegiatan menarik selama bulan Ramadan yang dapat dilakukan bersama anak. Jika sebelumnya saya telah berbagi cerita tentang persiapan menyambut bulan Ramadan. Maka kali ini saya akan berbagi kegiatan menarik di bulan Ramadan bersama anak-anak.

Kegiatan Naka di Bulan Ramadan


Tadarus

Amal ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, termasuk tadarus Al-Qur'an. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan tadarus baik bagi pembaca Al-Qur'an maupun bagi yang mendengarnya.

Dengan melakukan tadarus, maka akan menambah ilmu, karena Al-Qur'an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Selain itu, Al-QUr'an dapat menenangkan hati pembaca dan pendengarnya.


Membaca Buku

Membaca buku bersama atau dibacakan oleh orang tua dapat menjadi salah satu kegiatan yang menarik bagi anak-anak. Salah satu hal yang tidak akan ditolak anak-anak selain hadiah dan kejutan adalah cerita atau dongeng.

Walaupun anak sudah dapat membaca sendiri, kadang dia masih meminta untuk dibacakan buku. Ini kalau anak saya sih, bagaimana dengan putra putri Sobat Dy?

Beberapa buku yang sesuai dengan tema Ramadan dapat dipilih adalah buku tentang siroh Nabi, cerita inspiratif, komik tentang agama, seri pahlawan Islam. Saat ini sudah tersedia ragam buku tentang agama yang disajikan dengan ilustrasi menarik.


Makan Sahur

Salah satu ibadah di bulan Ramadan adalah makan sahur. Imaji positif yang diberikan orangtua pada anak sehingga anak bersemangat untuk makan sahur akan membekas hingga dewasa.

Hindari suara keras bahkan ancaman saat membangunkan anak untuk makan sahur. Ciptakan suasana ceria agar anak makan sahur dengan senang. 


Menyiapkan Menu Untuk Buka Puasa

Anak-anak akan lebih lahap makan jika dilibatkan dalam proses membuatnya. Hal ini juga berlaku untuk proses menyiapkan menu untuk buka puasa. Namun, tantangannya adalah anak ingin membatalkan puasa karena mencium aroma makanan yang sedap atau melihat minuman yang segar.

Menyiapkan buka puasa


Hal ini dapat disiasati dengan menyiapkannya di malam hari agar anak tidak batal puasa. Tentu saja ini berlaku untuk frozen food ya. Biasanya saya menyiapkan beberapa menu buka puasa untuk beberapa hari, seperti corndog, tahu walik, tahu fantasi, nugget, risoles, sehingga saat akan berbuka saya tinggal goreng saja.


Membuat Kerajinan Tangan

Anak-anak adalah makhluk penuh kreativitas, apalagi anak laki-laki yang otak kanannya berkembang lebih dulu. Sedangkan anak perempuan otak kanan dan otak kirinya berkembang bersamaan. Tak heran jika ada saja kreativitas yang mereka lakukan. Namun , sayangnya kadang kreativitas mereka dicap 'nakal' oleh orang dewasa di sekitarnya.

Salah satu cara untuk memfasilitasi kreativitas anak-anak adalah membuat kerajinan tangan atau melakukan percobaan sederhana. Orangtua dapat mendampingi saja atau membuat bersama dengan anak. Kali ini anak sulung juga mendapat tugas dari sekolah untuk membuat lampion. Dia membuatnya sendiri tanpa bantuan saya. Sedangkan adik-adiknya membuat kreativitas lain bersama saya. 

Selain itu, saat ini juga sudah tersedia berbagai macam buku aktivitas baik yang dibagikan secara gratis maupun dijual bebas. Orangtua dapat memilih buku mana yang sesuai dengan usia putra putrinya.


Kegiatan Berbagi Takjil

Orang yang ikhlas memberi makan dan minum orang yang sedang berpuasa akan mendapatkan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala puasa orang tersebut. Hal ini sesuai dengan hadits dari Zaid bin Khalis Al-Juhani radhiyallahu'anhu. Beliau berkata Rasulullah SAW bersabda

 مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya : "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga," (HR. Tirmidzi no 807, Ibnu Majah no 1746 dan Ahmad 5:192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits tersebut shahih).

Selain itu, berbagi takjil juga dapat menumbuhkan jiwa sosial pada anak, agar mau berbagi. Menumbuhkan rasa simpati dan empati.


Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

Kali ini salah satu kegiatan di Rumah Main Playdate Sidoarjo (salah satu kegiatan di Ibu Profesional Sidoarjo Mojokerto) adalah membuat kartu Idul Fitri. Tujuan kegiatan ini adalah untuk berbagi kebahagiaan dengan teman.

Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri


Seru, lo kegiatan ini, anak-anak antusias membuat kartu Idul Fitri ala mereka. Selain itu, ekspresi mereka yang bahagia saat mendapatkan kartu dari teman. Mereka juga belajar bagaimana surat bisa dikirimkan hingga sampai ke tangan mereka. 


Menggambar dan mewarnai

Sambil menunggu bedug magrib tanda berbuka puasa, anak-anak dapat mewarnai atau menggambar. Menggambar dan mewarnai tidak hanya kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga mempunyai manfaat lainnya.

Manfaat menggambar bagi anak dapat melatih kecerdasan motorik, mendorong analisa visual, sebagai media berekspresi, melatih kesabaran dan masih banyak lagi lainnya.


Penutup

Demikian beberapa kegiatan menarik di bulan Ramadan bersama anak. Semoga informasinya bermanfaat ya. Bagaimana kegiatan Ramadan Sobat Dy bersama anak-anak? Yuk tulis di kolom komentar kegiatan apa saja yang sudah dilakukan bersama anak-anak di bulan Ramadan ini.


Referensi

1. https://www.rumahzakat.org/id/pahala-memberi-makan-orang-yang-berpuasa

2. https://www.halodoc.com/artikel/bukan-sekadar-meyalurkan-hobi-inilah-manfaat-menggambar-bagi-anak

14 komentar

  1. yipiiii ternyata banyaaakkkk hal kreatifitas yg bs dilakukan bareng anak yaaa

    mantuulll bgt bund

    BalasHapus
  2. Wah.. Pasti lah semua kegiatan tsb sangat disukai oleh anak dan juga mengajarkan anak untuk ngabuburit yg bermanfaat nih.. Mantap nih rekomendasi buat kegiatan di bln puasa

    BalasHapus
  3. Iya anak-anak kalau tidak ada kegiatan di bulan Ramadan, hampir setiap menit bertanya sudah jam berapa hehe tidak sabar untuk berbuka puasa. Terima kasih untuk tipsnya.

    BalasHapus
  4. Seru banget kegiatannya. Kalau gini mah bukan anak-anak aja yang mau melakukan, saya yang udah gede aja juga mau :-D

    BalasHapus
  5. Beraktivitas dengan anak di bulan puasa memang sangat banyak manfaatnya. Selain mendidik anak juga bisa sebagai ajang ngabuburit ya. Sehingga anak bisa melupakan rasa lapar dan fokus pada kegiatan

    BalasHapus
  6. Masya Allah, coba saya baca tulisan ini awal Ramadan. Inspiratif nih. Makasih sharingnya. Semoga bisa saya dan anak praktekkan

    BalasHapus
  7. Bulan puasa memberi banyak waktu sengang untuk anak, apalagi banyak sekolah yang libur. Mudah-mudahan di bulan suci ini, pahala dan ibadahnya bertambah, serta bisa memperluas ilmu dengan kreativitas di waktu luang.

    BalasHapus
  8. MashaAllah~
    Ramadan kemarin bener-bener jadi momentum terbaik kami sekeluarga untuk saling berkomunikasi lebih intens lagi. Yang namanya sama anak-anak dan tetap berkegiatan selama di rumah ini tentu gak mudah. Tapi dengan komunikasi produktif, kita semua bisa menyelesaikan tugas secara bergotong-royong itu menyenangkan. Hal sederhananya seperti di list kak Dy.

    Hal kompleksnya biasanya membiarkan anak-anak dengan sendirinya tumbuh keinginan untuk membantu sesama anggota keluarga. Jadi semacam melatih kepekaan mereka untuk tanggap terhadap lingkungannya.

    BalasHapus
  9. Wah iya ada banyak beberapa kegiatan menarik di bulan Ramadan bersama anak. Jadi saat libur Ramadan ada kegiatan bermanfaat ya

    BalasHapus
  10. Salah satu hal yang paling menyenangkan buat saya saat bulan Ramadhan adalah bisa membaca buku dengan nyaman sekaligus buat me time.

    BalasHapus
  11. Iya mbak, kegiatan kegiatan diatas emang seru ya untuk dilakukan bersama anak saat Ramadan
    Apalagi yang berbagi takjil, anak anak suka banget

    BalasHapus
  12. Ramadan lalu saya banyakin kegiatan membaca buku dengan bocil

    BalasHapus
  13. ada banyak ya, mbak kegiatan yang dilakukan di bulan ramadan. apalagi buat anak-anak nih biar nggak bosan mereka

    BalasHapus
  14. Alhamdulillaahh anak-anak banyak kegiatan ya saat Ramadhan. Kalau anak saya sebelum puasa udah selesaikan PAT, habis itu ada pondok ramadhan dan safari ramadhan ke masjid-masjid dan makam wali... jadi nggak bosan dan dapat wawasan selama puasa.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih