FORTUNE Indonesia Summit 2022, Ajang Bergengsi Pebisnis Indonesia

Minggu, 22 Mei 2022

fortune indonesia summit 2022

 Sumber Foto : www.fortuneidn.com

 

FORTUNE Indonesia Summit 2022 diselenggarakan tanggal 18-19 Mei 2022 oleh FORTUNE Indonesia di The Westin Jakarta, resmi dibuka oleh dua menteri Indonesia, yaitu Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. CEO IDN Media Winston Utomo juga turut menghadirinya. 

FORTUNE Indonesia Summit merupakan acara yang pertama kalinya digelar oleh FORTUNE Indonesia. Acara ini akan melibatkan multi-stakeholder serta bussiness person paling berpengaruh di Indonesia. Wajar bukan jika acara ini dibuka oleh dua menteri Indonesia. Sebagian besar pebisnis akan menaruh perhatian pada acara akbar ini.

Walaupun ini acara yang pertama kali diadakan, ada harapan besar yang tersirat, seperti disampaikan oleh Winston Utomo dalam Opening Session, Fortune Indonesia Summit 2022, yang dikutip dari  popbela.com, "Fortune Indonesia Summit kami adakan sebagai bentuk dari bukti nyata dan konkret untuk mengajak decision maker, business executive dan smeua yang hadir di sini untuk bergabung, berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik."

Bagaimana caranya untuk hadir dalam acara bergengsi ini? Tiketnya dapat diperoleh hanya dengan berlangganan majalah FORTUNE Indonesia melalui Official Store FORTUNE Indonesia di Tokopedia. 

fortune indonesia summit 2022

Opening Fortune Indonesia Summit 2022 oleh CEO IDN Media Winston Utomo
(Sumber Foto : www.fortuneidn.com)


Tema yang diangkat

Ada tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia akan diangkat dalam Fortune Indonesia Summit, yaitu impact, sustainability, dan growth. Semoga ketiga tema tersebut tidak hanya menjadi ajang diskusi terbuka, tetapi juga dapat menjadi wujud dan aksi nyata, atau dapat direalisasikan, begitu harap Winston.

Topik yang diangkat pun beragam, diantaranya market, business finance, tech, leadership  hingga sustainability. Seluruhnya dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara inspiratif, diantaranya Sandiaga Uno, Raffi Ahmad, Umes Pafkhe dan masih banyak lagi.

pembicara fortune indonesia summit 2022

Pembicara Fortune Indonesia Summit 2022
(Sumber Foto : Instagram Fortune Indonesia)

 

Dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022, juga akan diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the year dan 40 Under 40. Ada beberapa nama besar yang terdaftar dalam businessperson of the year seperti Garibaldi Tohir, CEO Adaro Energy; Jahja Setiatmadja, Presiden Direktur BCA; Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina; William Tanuwujaya, CEO Tokopedia; M. Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin dan Presiden Direktur Indika Energy.

40 under 40 fortune indonesia

Pembicara Fortune Indonesia Summit 2022
(Sumber Foto : Instagram Fortune Indonesia)


Tokoh Indonesia dari berbagai sektor yang berusia di bawah 40 tahun (per 1 Februari 2022) yang terdaftar dalam 40 Under 40 diantaranya adalah Anderson Tanoto, Managing Director RGE; Edward Tirtanata dan James Pranoto, Co-Founder dan CEO Kopi Kenangan; John Riady, CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group; Roderick Purwana, Managing Partner of East Ventures; Arief Muhammad, konten kreator; dan masih banyak lagi.

Acara yang inspiratif, dua hari penuh dengan beberapa pakar yang bersedia berbagi pengalaman, sekaligus acara penghargaan bagi pebisnis yang berprestasi dari segala sektor, termasuk pebisnis yang telah sukses walaupun masih muda. Acara yang dapat memacu pegiat bisnis agar lebih berdampak  bagi Indonesia. Banyak catatan yang dapat saya ambil hikmahnya.


Bisnis harus memberi dampak

Alasan mengapa FORTUNE Indonesia mengangkat tiga tema besar, karena bisnis bukan hanya soal pendapatan (profit), pertumbuhan (growth), konsumen (user) atau keuntungan (revenue) saja, melainkan juga harus memiliki dampak dan mempunyai prinsip berkelanjutan

Menurut Winston, bisnis yang berhasil adalah bisnis yang memikirkan sustainability (berkelanjutan) dengan membagi tugas, kepentingan dan kebutuhan semua stakeholder (pihak terkait) bukan hanya shareholder (pemegang saham). 


Pariwisata tulang punggung ekonomi dan beragam potensi

Menurut Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menyampaikan bahwapencapaian sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mempunyai potensi yang besar. Ekonomi kreatif perlahan menjadi tulang punggung perekonomian nasional, karena sektor ini memiliki peluang tumbuh lebih baik.

"Karena sektor inilah yang terbukti bertahan dalam menghadapi segala dinamika termasuk pandemi Covid-19," kata Sandiaga dalam sambutannya di hari pertama acara. Beliau optimis dengan peluang dan keunggulan sektor ekonomi kreatif yang akan menjadi penggerak perekonomian nasional kelak.


Neraca perdagangan Indonesia alami surplus selama 24 bulan

Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan) menyampaikan bahwa saat ini perekonomia dan perdagangan global masih mengalami ketidapastian akibat krisis multidimensi, sehingga IMF merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,6 persen (turun 0,8 persen dari prediksi Januari lalu). Walaupun perekonomian global mengalami perlambatan pemulihan, beliau menyebutkan bahwa Indonesia patut bersyukur, karena pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil, inflasi kuartal pertama 2022 terkendali, dan neraca perdagangan yang positif.

"Kinerja neraca perrdagangan Indonesia juga pada tren surplus berkelanjutan 24 bulan berturut-turut. Surplus pada Januari-April 2022 mencapai US$16,89 miliar yang ditopang oleh surplus ekspor non migas sebesar US$24,6 miliar," ujar beliau pada hari pertama acara.

Beliau juga mengapresiasi penyelenggaraan FORTUNE Indonesia Summit yang mengangkat tiga tema besar, yaitu impact, sustainability, dan growth dan meyakini bahwa FORTUNE Indonesia dapat menjadi platform informasi yang akurat dan kredibel bagi dunia bisnis Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai FORTUNE indonesia Summit 2022 dapat dilihat melalui instagram resmi FORTUNE Indonesia atau dengan menghubungi email hello@fortuneidn.com.


Artikel terkait : 

IDN Live, Fitur Baru IDN Aplikasi yang Menghasilkan Cuan


Referensi

https://fortunesummit.fortuneidn.com/

https://www.popbela.com/career/working-life/niken-ari/fortune-indonesia-summit-2022-resmi-dibuka-oleh-dua-menteri-indonesia/2

https://www.instagram.com/fortune.idn/


 





31 komentar

  1. semoga keadaan semakin membaik, pariwisata bergeliat, dan perekonomian kembali bangkit :-)

    BalasHapus
  2. Iya setuju sekali kalau tempat pariwisata bisa menjadi tulang pengguna ekonomi ya, karrna mengingat daya tarik tempat wisata sangat banyak yg minat untuk mengunjungi

    BalasHapus
  3. Penting sekali acara seperti ini dimeriahkan. Apalagi ini untuk masa depan perekonomian di Indonesia, jadi wajar saja jika dihadiri oleh dua orang Menteri sekaligus. Semoga saja, program-program yang telah disusun bisa terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga memberikan dampak yang positif bagi perekonomian di Indonesia, khususnya ekonomi kreatif....

    BalasHapus
  4. Penting sekali acara seperti ini dimeriahkan. Apalagi ini untuk masa depan perekonomian di Indonesia, jadi wajar saja jika dihadiri oleh dua orang Menteri sekaligus. Semoga saja, program-program yang telah disusun bisa terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga memberikan dampak yang positif bagi perekonomian di Indonesia, khususnya ekonomi kreatif....

    BalasHapus
  5. inspiratif sekali kak, bisa berbagi pengalaman dengan orang orang hebat

    BalasHapus
  6. Wah acara yang keren, tempatnya para pebisnis Indonesia berkumpul dan sharing ilmu nih

    BalasHapus
  7. Emang keren banget ini event-nya, Mba Apalagi di acara perdana aja udah sewow ini. Gimana nanti-nanti, ya. Semoga banyak hal luar biasa yang lahir dari ajang ini.

    BalasHapus
  8. Whoaa pembicaranya keren2 yaa! Acaranya pasti seru, banyak ilmunya

    BalasHapus
  9. Makasih informasinya, cuz kepoin instagram resmi FORTUNE Indonesia

    BalasHapus
  10. Fortune Indonesia Summit ini keren banget ya kak, tempat ngumpulnya orang2 keren yang kompeten di bisnisnya masing2. pengen langsung kepoin IG nya aja biar gak ketinggalan info

    BalasHapus
  11. Wah dijamin bakal seru, belum lagi bisa ketemu sama pengusaha hebat. Pastinya bakal nambah networking sesama pebisnis yang bisa saling kolaborasi.

    BalasHapus
  12. Aku setuju sih. Urusan bisnis memang bukan hanya tentang keuntungan saja. Tapi gimana bisnis bisa memberi dampak baik dan berkelanjutan.

    BalasHapus
  13. Semoga kehadiran Fortune Indonesia summit 2022 bisa menjadi salah satu langkah yang bisa mencerahkan perekonomian bangsa. Thanks for sharing, mba.

    BalasHapus
  14. Pasti seru acaranya. yang paling mengundang penasaran adalah peringkat tokoh-tokoh nya juga ..

    BalasHapus
  15. Event yang seperti inilah yang dapat mendorong munculnya pebisnis-pebisnis baru dengan ide-ide luar biasa mereka. Semoga pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia semakin baik.

    BalasHapus
  16. 40 under 40 emang yg paling ditunggu ya..

    BalasHapus
  17. Keren banget perhelatan acara megah dan menginspirasi yakni FORTUNE Indonesia Summit 2022. Membuat kita semua belajar banyak hal dari para nominator 40 Under 40.

    BalasHapus
  18. Wahh, kerenn bangedd acaranya, benerr nich yg paling mendongkrak perekonomian harus terus di support agar makin berkembang

    BalasHapus
  19. Tema yang diangkat menarik ya. impact, sustainability, dan growth. Semoga ketiga tema itu tidak hanya menjadi ajang diskusi terbuka, tetapi juga dapat menjadi wujud dan aksi nyata, atau dapat direalisasikan. Itu yg Indonesia butuhkan, aksinya bukan wacana.

    BalasHapus
  20. mudah-mudahan ada lagi acara yang seperti ini ya mbak dyah, ini peluang sekaligus motivasi bagi para generasi milenial, acara ini juga mantul banget buat pertumbuhan ekonomi dan q yakin mengurangi pengannguran jika mereka melek dengan dunia yang serba canggih ini.

    BalasHapus
  21. Keren banget acara ini dengan banyak para pebisnis handal yang tampil. Apresiasi thd pebisnis dan berikan insight yang terbaik utk berbisnis tangguh.

    BalasHapus
  22. Acara seperti ini sayang dilewatkan ya, Kak. Byk wawasan yg didapat... Klo aku noted bgt dr pembicara perempuan...^^

    BalasHapus
  23. IDN Media dengan founder yang masih tergolong muda ini keren juga ya, Mbak. Berhasil menyelenggarakan acara yang menurut saya sangat bergengsi ini, Fortune Indonesia Summit 2022

    BalasHapus
  24. Dulu, founder sekaligus CEO dari IDN Media belum genap 30 tahun sudah berani mengambil keputusan untuk membangun sebuah perusahaan media sampai seperti sekarang ini. Event Fortune Indonesia Summit 2022 menjadi bagian perjalanannya. Keren ya, Mbak🤗

    BalasHapus
  25. Setuju! Ekonomi kreatif emang kasih peluang lebih untuk mengembangkan perekonomian Indonesia. Apalagi di era digital ini medsos punya peran yang luar biasa untuk ngembangin bisnis

    BalasHapus
  26. Noted. Yes, bisnis memang harus memberi dampak, kalau enggak berarti ada yang salah dengan bisnisnya ya mbak. Uh, semoga bisnis yang akan saya jalankan juga bisa sama besarnya dengan para pebisnis hebat di luar sana

    BalasHapus
  27. Meskipun acaranya dua hari, tapi padet ya kak. Penuh inspirasi pastinya. Kerenlah Fortune Indonesia Summit 2022

    BalasHapus
  28. Semoga tahun depan bisa diselenggarakan lagi Fortune Indonesia SUmmit ini dan yang sudah terlaksana, semoga ada videonya dan bisa ditonton oleh para pelaku UMKM yang lagi menata diri untuk bangkit supaya bisa bermanfaat secara luas FIS.

    BalasHapus
  29. Keren, semoga acara ini secara konsisten selalu diadakan tiap tahunnya. Karena pastinya penting untuk para pelaku usaha bisnis rintisan untuk bisa belajar banyak dari para pembicara hebat ini

    BalasHapus
  30. Acara super keren dan menginspirasi

    BalasHapus
  31. Acara seperti ini sangat bermanfaat banget Kak soalnya pengalaman adalah guru terbaik dan narasumber acara ini 100% sudah teruji pengalamannya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih