Romantisme Dibalik Inilah Jalan Surgamu, Proses Ketaatan Istri Pada Suami

Minggu, 17 April 2022

jalan surga

Keinginan membeli buku ini terlintas saat membaca status WhatsApp teman salah satu komunitas, yang ternyata beliau adalah salah satu kontributornya. Saya mengetahuinya setelah buku sampai dalam genggaman. Selain itu ada Bu Ani Christina yang menjadi kontributor lainnya, secara saya pengagum karya beliau. Ada beberapa koleksi bukunya yang saya miliki.

Tidak ada blurb di bagian belakang buku Inilah Jalan Surgamu, Proses Ketaatan Istri Pada Suami yang menggambarkan isi buku. Namun ada insight penulis yang dituliskannya di bagian belakang buku. Keempat penulis menggambarka bahwa banyak inspirasi yang diperoleh saat menyusun buku ini. Selain itu buku ini juga sebagai instropeksi diri agar dapat menjalani peran yang lebih baik sebagai istri untuk mendapatkan ridho suami.


Spesifikasi Buku

Judul            : Inilah Jalan Surgamu, Proses Ketaatan Istri Pada Suami

Penulis         : Ani Christina, dkk

Penerbit       : Insan Paripurna

Cetakan       : pertama, 2021

ISBN            : 9786235907253

Tebal buku   : 108 halaman


jalan surga untuk wanita


Insight Yang Diperoleh

Ada banyak hal yang saya pelajari dari buku ini, seperti peribahasa kecil-kecil cabe rawit, walaupun bukunya tipis, tetapi banyak hikmah yang dapat saya petik. Hal yang sama juga dialami para penyusun bukunya, lo. Hal unik lainnya adalah di setiap akhir sub bab disematkan mutiara hikmah yang merupakan resume yang dibahas dalam sub bab tersebut.


Disharmoni rumah tangga dan ketidaktaatan istri pada suami

Ketidakharmonisan dalam rumah tangga dapat menyebabkan istri yang tidak taat pada suami, berlaku pula hal sebaliknya ketidaktaatan istri merupakan awal mula disharmoni rumah tangga. Disadari atau tidak oleh para suami bahwa beberapa perilaku suami yang tidak baik akan menimbulkan marah dan dendam dalam istri dan menumbuhkan benih ketidaktaatan istri pada suami. Sejatinya suami yang kurang memperhatikan istrinya dapat menyebabkan istri tidak taat pada suami.

Suami yang tidak memahami ajaran agamanya dan kurang ketakwaannya kepada Allah dapat melakukan kemaksiatan dalam rumah tangga. Hal ini juga dapat menyebabkan istri tidak lagi hormat dan kesulitan untuk berbakti dan taat pada suami.  Perbedaan sudut pandang antara suami istri yang tidak dikomunikasikan dengan baik juga dapat menyebabkan perbedaan pendapat yang dapat berpengaruh dalam banyak hal.


Membangun peran ketaatan istri pada suami

Ketaatan istri pada suami dimulai dengan saling memahami, menjalankan komunikasi yang baik dan dipupuk dengan kesabaran yang penuh rasa syukur pada Allah. Mengenali dan memahami bahasa cinta pasangan juga dapat digunakan untuk menjembatani perbedaan sifat dan perilaku dengan pasangan. 

Pernikahan adalah sebuah perjalanan panjang. Adakalanya muncul perasaan kurang dipahami oleh pasangan. Ada lima bahasa cinta  yang dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman yaitu kata pujian, sentuhan fisik, waktu bersama, pelayanan, hadiah. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu bahasa cinta. Dengan mengetahui bahasa cinta pasangan diharapkan hubungan semakin harmonis, karena bahasa cinta adalah salah satu cara untuk menyampaikan rasa cinta pada pasangan.

"Ada dua hari paling penting dalam pernikahan, yaitu hari ketika kita dipertemukan dengan dia pasangan kita dan hari ketika kita menemukan mengapa kita dipertemukan dengannya" - (Harry Santosa - Fitrah Based Life)

 

Peran suami membantu istri taat

Tidak ada istri taat tanpa suami yang qawwam dan mampu berperan menjadi imam. Mudah menjadi istri taat ketika suami adalah suri teladan. Suami yang baik adalah suami yang membantu istri untuk taat kepadanya. Suami sebagai imam artinya menjalankan kepemimpinan dalam keluarga dengan mengambil peran tanggung jawab atas seluruh anggota keluarga, di dunia sampai ke akhirat. Bahkan seorang suami dapat masuk surga atau neraka tergantung bagaimana ia menjaga amanah keluarganya.

Membangun keluarga bahagia

Sejatinya kehidupan adalah pengulangan sejarah yang sebelumnya pernah terjadi, sehingga mengambil hikmah dari kisah sebelumnya adalah cara belajar yang efektif bagi kita untuk menemukan pedoman hidup. Permasalahan dalam rumah tangga akan selalu ada, jika tidak menemukan titik terang, hanya perlu kembali pada Allah. Kembali mengingat janji Allah bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahan, bahwa Allah tidak pernah membebankan suatu perkara di luar kemampuan umatnya.


Penutup

Buku ini menarik dan dapat digunakan sebagai salah satu panduan dalam berumahtangga. Di dalamnya juga disertai dengan contoh-contoh nyata. Selamat membaca dan mempraktikkannya

48 komentar

  1. Informasinya sangat bermanfaat untuk panduan berumah tangga

    BalasHapus
  2. Perjalanan berumah tangga itu unik dan seru. Ngga berasa tahun ini kami merayakan 16 tahun pernikahan. Aku sendiri semakin hari malah semakin bersyukur. Terkadang adanya masalah malah semakin menguatkan ikatan. Oh yaa dan satu lagi resep awet rukun dan awet cinta sebenernya simple kok. Jangan bandingkan rumah tangga kita dengan rumah tangga orang lain yang dirasa ideal. Masing-masing pastilah ada tantangannya sendiri.

    BalasHapus
  3. Berul mba sherly, bersyukur dengan apa yg kita jalani, itu memang penting demi kebahagiaan dan ketenangan, yaa. Dipikir2 iya ya mba dyah, cerita yg kita lalui, pasti sdh pernah terjadi di kisah sebelumnya. Tinggal kita tentukan langkah, mau memutuskan, yg mana.

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak infonya, Pentingnya membangun keluarga yang harmonis agar menjadi keluarga yang bahagia. 😁👍👍

    BalasHapus
  5. Memang menyenangkan belajar dari kisah-kisah nyata yang relevan dengan masalah kita. Karena dalam kisah itu kita bisa penyelesaian masalah yang disajikan utuh, kita bisa melihat prakteknya dari awal hingga akhir.

    BalasHapus
  6. Bukunya keren banget. Bekal buat istri untuk senantiasa belajar menjadi istri berbakti.

    Makasih resensinya yaa Kak.

    BalasHapus
  7. Menjadi seorang istri memang memiliki konsekuensi. Biar bagaimana pun istri adalah patner. Maka sejatinya kudu diberlakukan seperti patner. Bukan pembantu.

    Mungkin kalau masing-masing sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya dan menjalankan dengan penuh kasih sayang, maka keharmonisan rumah tangga bukan isapan jempol belaka.

    Kudu banyak belajar lagi nih untuk bekal sebagai istri nanti.

    BalasHapus
  8. membangun keluarga kudu banyak belajar,belajar, dan belajar terus ya mom. Bagus nih bukunya mom. Penting banget untuk saling membangun antara suami dan istri dan saling menjalankan peran dengan ketaatan agar harmonis. Nice book to read

    BalasHapus
  9. Memang menjadi istri itu ilmunya ya kalau sudah menikah. Banyak hal yang tidak terduga dan perlu banyak referensi untuk memperdalam ilmu sebagai seorang istri sesuai ajaran agama ya kak. 😉

    BalasHapus
  10. Buku buku Bu Ani memang kecil cabe rawit, meski kecil tapi isinya jelas dan padat masyaAllah. Aku jadi pengen baca yang ini juga, taat pada suami sekilas mudah namun dalam pelaksanaannya, sungguh berat hehe tapi bisa jika bermohon pada Allah untuk dimudahkan taat pada suami

    BalasHapus
  11. cukup lengkap sekali ulasannya kak, bukunya sangat cocok ini bagi yang baru membina rumah tangga. biar lebih samawa..

    BalasHapus
  12. Sebuah ulasan yang meskipun cukup singkat, tapi isinya sangat padat. Kita seperti diajak untuk menyelami mutiara hikmah yang ada di buku ini. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  13. Nah para pasangan kalau baca buku-buku seperti ini pastinya akan lebih tentram hidupnya

    BalasHapus
  14. masyaallah ulasannya kak, penting sekali untuk pasangan bisa belajar membina rumah tangga yang ujungnya adalah menuju ke surga, bukan sekedar pasangan didunia. terima kasih sudah berbagi kak

    BalasHapus
  15. Menarik nih ya kalau bukunya dilengkapi contoh-contoh nyata, jadi bukan cuma teori saja.
    Tentunya sangat bermanfaat sebagai pengingat dan juga inspirasi

    BalasHapus
  16. Sebagai pasangan, memang ada baiknya saling mempelajari, menghormati dan setara.

    BalasHapus
  17. Wah ..terima kasih sudah membuat resensi ini. Sangat menambah info kalau mau beli tapi masih bingung bagus atau tidak berhubung tidak ada blurb. Ternyata isinya cukup menarik juga...

    BalasHapus
  18. Ketaatan istri pada suami seperti sahabat, saling menasehati dalam kebaikan

    BalasHapus
  19. Thanks ka sudah sharing. Bermanfaat sekali tulisan ini jadi bisa belajar membina rumah tangga yang ujungnya adalah menuju ke surga. Semoga selalu dimudahkan dalam segala prosesnya yaa

    BalasHapus
  20. Berumah tangga itu ibadah paling panjang, jadi suami istri harus selalu bisa saling memahami dan menjalin berkomunikasi dengan baik

    BalasHapus
  21. Ini buku antologi atau non fiksi, Mbak? Sedang butuh buku seperti ini, apalagi saat sibuk di rumah.

    BalasHapus
  22. Kewajiban istri itu sebenernya cuma satu ya, taat. Tapi yang satu itu pun ternyata susah banget meski ada iman dan cinta.

    BalasHapus
  23. Untuk menjadi taat pada suami juga harus ada dukungan dari suami itu sendiri ya mbak. Memang pada beberapa kasus, justru perilaku suami yg membuat istri tidak patuh sehingga terjadi pertengkaran

    BalasHapus
  24. Pasutri yang sudah halal memang harus saling support ya menuju jalan ke surga. AMIN..

    BalasHapus
  25. Ayat pelipur lara yang selalu menenangkan hati, "maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan" (Al Insyirah ayat 5&6). Sepakat Mba, ketaatan itu bersama-sama, antara manusia biasanya memang ada imbal balik. Suami harus berusaha memimpin dengan baik, istri pun berjuang untuk taat sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  26. Membangun rumah tangga butuh ilmu dulu ya biar nggak oleng di tengah jalan..

    BalasHapus
  27. nah ini, membangun rumahtangga memang kudu keduabelah pihak ya mbak. nggak bisa kl cm salah satu, bagus nih bukunya. apalagi buat yang baru memulai berumahtangga, hhh

    BalasHapus
  28. Lho ada bu Ani Ch juga nih? Jadi penasaran pengen ngintip baca juga. Bahasa cintaku quality time wkekeek. Masih PR besar juga nih buatku untuk terus berproses dalam ketaatan pada suami.

    BalasHapus
  29. Makasi ulasan bukunya kk. Hitung-hitung bisa jadi bekal untuk persiapan nikah kelak hehe

    BalasHapus
  30. Insightnya bagus nih mbak, sebagai bahan bacaan yang hendak menikah. .

    BalasHapus
  31. Keluarga yang harmonis itu refleksi hubungan timbal balik ya antara suami istri. Nggak bisa suami menuntut istri nurut tapi nggak berusaha menciptakan suasana yang harmonis di rumah. Thanks mbak insightnya

    BalasHapus
  32. Dilemanya suami ketika berusaha meluruskan "tulang bengkok" yang mana jika dipaksakan hanya akan menjadikan patah...

    BalasHapus
  33. Boleh juga untuk dibaca2. Hubungan suami istri sebenarnya menarik dikulik karena banyak tantangannya

    BalasHapus
  34. Sudah lama pngen punya bku ttg ini,

    BalasHapus
  35. Wah, kalau bukunya tipis, pasti nggak berasa banget pas bacanya ya Mbak. Reviewnya menarik nih..

    BalasHapus
  36. Buku ini menunjukkan pernikahan tak sekadar cerita Cinderella yang seolah happily ever after kalau sudah menikah. Tapi ada upaya di baliknya untuk membuat pernikahan harmonis.

    BalasHapus
  37. Jadi keharmonisan rumah tangga,karena kedua belah pihak ya? Tidak bisa hanya istri saja, atau suami saja.

    BalasHapus
  38. Masha Allah, kadang sampai sekarang saya masih bertanya-tanya kenapa saya bisa berjodoh dengan suami saya? Hehe. Tapi, saya senang dan bersyukur banget karena dia jodoh saya. Bagus nih rekomendasi bukunya..

    BalasHapus
  39. Masya Allah buku ini membantu menuntun kita sebagai istri untuk membangun keluarga sakinah. Makasih mbak infonya

    BalasHapus
  40. Ulasan singkat yang cukup menarik.

    BalasHapus
  41. MasyaAllah jadi pengen beli, apakah dijual online atau harus ikut PO lagi?

    BalasHapus
  42. Jangankan rumah tangga batu seumur jagung, yang udah belasan tahun saja juga masih sering banyak kesalahpahaman. Ini komunikasi dan keterbukaan sebenarnya masalah nya. Kalau saling memberikan informasi, pasti bisa didapatkan jalan keluar. Bukunya sangat bagus nih. Banyak tambahan pelajaran hidup ya kita membacanya

    BalasHapus
  43. Referensi buku wajib bagi perempuan

    BalasHapus
  44. Quote itu menyentuh banget, Mba. Buat saya yang belum berada di tahap ini, insight setelah baca ulasan Mba Dyah berarti banget, lo. Saya perlu bintangin, nih kayaknya biar mudah ditemukan saat mau baca-baca lagi.

    BalasHapus
  45. Ketaatan istri salah satunya dengan melihat teladan yang diberikan suami. Sebagai imam keluarga, ketika banyak kebaikan ditunjukkan oleh suami, Insya Allah istri akan taat dan selalu menyayanginya.

    BalasHapus
  46. Membahas sebuah rumah tangga itu tidak bisa hanya satu sisi saja yaa..
    Harus keduanya sama-sama mau belajar, sama-sama membuka diri mau menikmati proses suka duka perih dan senang bersama. Inilah mengapa rumah tangga menjadi penyempurna separuh dari agama.

    BalasHapus
  47. Adem deh baca resensi Mbah Dyah, ttg buku Inilah Jalan Surgamu karya Ani Christina dkk ini,, tentang peran istri apalagi sebagai ibu yang di bawah telapak kakinya ada surga ya, mudah2an kita selalu bersemangat membenahi diri menjadi istri yg salehah ya Mbak,, aamiin yra

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih