Semarak Konferensi Ibu Pembaharu

Senin, 20 Desember 2021

Beberapa bulan terakhir banyak beredar di story ataupun feed sosial media tentang Konferensi Ibu Pembaharu yang merupakan rangkaian acara perayaan satu dekade Ibu Profesional. Perhelatan ini diadakan selama enam hari, tanggal 17-22 Desember 2021. Wow cukup lama ya acara ini diselenggarakan dan dilakukan secara online dengan kurang lebih 1.500 peserta yang sudah terdaftar. 

Dalam perhelatan kali ini akan ada 14 narasumber yang ahli di bidangnya. Narasumber akan berbagi pengalaman maupun ilmu yang telah dipelajari selama ini sekaligus berbagi pengetahuan bagaimana mengubah permasalahan yang dihadapinya menjadi solusi bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Selain itu akan ada pameran karya perempuan Indonesia yang ditampilkan. Puncak acaranya pada tanggal 22 Desember  2021 yang diperingati sebagai Hari Ibu dan Milad Ibu Profesional ke sepuluh tahun atau Satu Dekade Ibu Profesional Tahun 2021.

Konferensi Ibu Pembaharu


Komunitas Ibu Profesional

Founder komunitas Ibu Profesional adalah Ibu Septi Wulandani yang menginisiasi komunitas ini pada tahun 2011. Ibu Septi adalah seorang ibu rumah tangga dengan tiga orang anak yang mempunyai passion di dunia pendidikan anak dan keluarga.

Masa emas pendidikan anak terjadi pada usia 0-3 tahun dan 80% perkembangan otak anak terjadi pada rentang usia 0-8 tahun, sehingga dibutuhkan perhatian ibu sebagai pendidik pertama dan utama baik ibu ibu yang bekerja di ranah publik maupun di ranah domestik. Tidak hanya mempersiapkan pendidikan anak, tetapi seorang perempuan harus terus belajar dalam meningkatkan kemampuannya sebagai seorang ibu dan istri dan memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sekitarnya.

Core values Ibu Profesional adalah belajar, berkembang, berbagi dan berdampak, sehingga semua anggota mengenal diri sendiri dan potensi yang dimilikinya. Pada tahun 2017, Ibu Septi meluncurkan program The Changemaker yaitu ibu sebagai agen perubahan. Program ini telah melahirkan beberapa Ibu Changemaker selama satu tahun.


Konferensi Ibu Pembaharu

Seiring berjalannya waktu, komunitas Ibu Profesional telah tersebar di 58 kota di Indonesia, lebih dari 20 negara di benua Asia, Amerika, Oceania dan Eropa dengan anggota yang berjumlah lebih dari 15 ribu pada usianya yang menjelang sepuluh tahun. Sebuah komunitas perempuan yang cukup besar yang pernah ada di Indonesia.

Serangkaian program untuk merayakan Satu Dekade Ibu Profesional yang mengangkat tema Ibu Pembaharu, yang dimulai sejak 19 Juli 2021, yaitu Sayembara Jingle, Ilustrasi dan Sayembara Catatan Perempuan. Acara ini terbuka untuk umum dan anggota Ibu Profesional.

Beberapa isu yang diangkat pada perayaan kali ini adalah :

  1. Perempuan menyadari, menghargai dan bangga atas perannya sebagai ibu rumah tangga yang akan berkontribusi positif untuk masyarakat dan dunia.
  2. Perempuan dan anak perempuan berdayamelalui teknologi informasi
  3. Potensi perempuan dalam pemberdayaan disabilitas
  4. Perempuan dan pendidikan pengasuhan anak
  5. Perempuan berdaya dalam bidang ekonomi, baik perempuan sebagai anggota keluarga, tulang punggung keluarga maupun perempuan sebagai orang tua tunggal
  6. Perempuan berdaya dan berkarya untuk kehidupan yang berkelanjutan (sustainable living) dan dapat dimulai dari rumah.

14 Narasumber yang dihadirkan yang mengusung beberapa tema dalam konferensi sebagai berikut :

  

Tema Saya Ibu Rumah Tangga dan Saya Bangga, akan dibawakan oleh Septi Peni Wulandani dan Nur Yanayirah


   

Tema Perempuan di Era Digital, akan dibawakan oleh Anna Soemarmo dan Siti Julaihah


nicky clara

Tema Disabilitas Unggul, akan dibawakan oleh Nicky Clara


 farha ciciek 

yulia indriati sri haryati

Tema Ibu dan Anak Bahagia, akan dibawakan oleh Heni Sri Sundani, Farha Ciciek, Yulia Indriati, Sri Haryati


   


   

Tema Aku Berdaya, Aku Berkarya, akan dibawakan oleh Heni Sri Sundani, Nani Zulminarni, Mauren Hitipieuw, Ines Setiawan


      

Tema Lingkungan dan Kehidupan yang Berkelanjutan, akan dibawakan oleh Deasi Srihandi, Ines Setiawan, Listriana Suherman

Selain 14 Narasumber yang akan mengisi webinar, talkshow serta forum diskusi, perhelatan yang resmi dibuka tanggal 18 Desember 2021 pukul 09:00 dilengkapi dengan puluhan booth digital yang bisa dikunjungi oleh umum dan ada merchandise yang bisa diunduh oleh setiap pengunjung. Lengkap dan pastinya menyenangkan bukan.


Penutup

Super duper keren bukan acaranya, walaupun perhelatan ini diselnggarakan secara online tetapi serasa mengikuti secara offline. Saya merasa beruntung dapat menjadi peserta perhelatan Satu Dekade Ibu Profesional Tahun 2021. 

Teman-teman yang tidak mempunyai tiket atau belum terdaftar sebagai peserta tetap dapat mengikuti acaranya lo, karena beberapa program dapat dikunjungi oleh umum. Teman-teman dapat mengunjungi http://www.konferensiibupembaharu.id. Sampai jumpa disana ya, saya tunggu ....



13 komentar

  1. Tema pertama aku banget itu, nanti bikin ulasan lagi ya Mbak tentang itu hihihi.

    Berbagi ilmu lagi di sini ya, kutunggu. Semangat menghadiri Konferensi Ibu Pembaharu

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah mbak, ini masih berjuang menuliskan yang lain tentang konferensi ibu pembaharu

      Hapus
  2. Saya sudah lama dengar tentang komunitas ini, cuma di daerah saya belum ada. Adanya di kabupaten tetangga. Kalau beda kabupaten gitu, memungkinkan ga sih buat daftar jadi anggota, secara jaraknya jauh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget mbak, Ibu Profesional sudah tersebar kok, mbak ada di daerah mana?
      informasinya juga bisa diupdate di https://www.ibuprofesional.com/ atau di https://www.instagram.com/ibu.profesional.official/

      Hapus
  3. Baru tau ada komunitas keren gini 😍 Mau langsung kepoin sosial medianya, ah! Makasih informasinya, Mbak~

    BalasHapus
  4. Waah keren Bun, Bunda beruntung sekali bisa ikut acaranya Institut Ibu Profesional. Saya pengen join tp belum tahu harus mulai dari mana

    BalasHapus
  5. Jadi kepo dan pengen ikutan juga deh
    Nanti mau aku intip-intip ah di sosmed biar bisa ikutan komunitasnya juga

    BalasHapus
  6. komunitas ini wadah yang bagus buat memberdayakan perempuan. Bagus sekali mba. Sukses selalu mba Dyah dan semangat menjadi Ibu pembaharu.

    BalasHapus
  7. wah, ternyata banyak ya kegitan-kegiatan bagi ibu yang sangat positif. mau dunk mba ikutan ibu pembaharu,...thanks for sharing.

    BalasHapus
  8. kereeeen maksimallll...... saya juga ikut konferensi ini mba dan banyak sekali manfaat yang saya dapatkan, walaupun saya ngikutinnya malan setelah pulang kantor, nonton siaran relay nya. karena pas online nya saya masih jam kerja. Tapi tetep aja seru kook

    BalasHapus
  9. Keren dan seru sekali acaranya, Mbak. Kegiatan-kegiatannya sangat positif. Semoga para ibu makin bersinar dan bahagia.

    BalasHapus
  10. Banyak ilmu bisa diambil dari sini, ya, Mba. Semoga akan banyak ibu-ibu yang terbarukan dengan perhelatan ini.

    BalasHapus
  11. banyak kegiatannya ya mbak, ibu-ibu milenial nih wajib maju. makasih mbak sharingnya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.

Terima kasih