Kolak Srikaya, Makanan Khas Ramadan Untuk Berbuka Di Sidoarjo

Rabu, 29 Maret 2023

Makanan Khas Ramadan Untuk Berbuka

Bedug maghrib berkumandang, tanda waktu untuk berbuka puasa telah tiba. Berbukalah dengan yang manis, begitu pesan yang sering digaungkan. Tak heran sajian minuman ataupun makanan yang manis kerap ada dalam menu buka puasa.

Salah satunya adalah kolak. Santapan berkuah santan dengan rasa legit ini cukup dikenal di Indonesia. Namun, di Sidoarjo ada kolak yang unik, yaitu kolak srikaya, makanan khas ramadan untuk berbuka. Tidak tersedia selain bulan Ramadan.

Kolak srikaya hanya tersedia di bulan ramadan saja dan umumnya dijual di wilayah kota tua Sidoarjo, yaitu Kauman. Penasaran seperti apa sih kolak srikaya ini, yuk disimak lebih lanjut.


Makanan Khas Ramadan Untuk Berbuka Di Sidoarjo

Kolak Srikaya adalah salah satu kuliner kearifan lokal warisan leluhur. Dari beberapa sumber yang ditelusuri, konon kolak srikaya ini telah ada sejak lima puluh tahun yang lalu. Sudah cukup lama ya. Beberapa penjualnya saat ini adalah generasi ketiga

Kolak srikaya ini tidak terbuat dari srikaya, lo. Jika ditilik dari namanya, orang yang tidak mengetahui tentang kolak srikaya kemungkinan besar akan berpikir bahan penyusun utama, karena umumnya nama identik dengan nama bahan penyusunnya bukan?

Namun, tidak untuk kolak srikaya. Sebetulnya bahan penyusunnya tak jauh berbeda dengan kolak pada umumnya, yaitu gula, garam, santan kental, pisang raja, roti tawar, daun pandan. Satu hal yang membedakannya dengan kolak lainnya adalah telur. 

Selain itu, proses pembuatan kolak srikaya dilakukan dengan cara dikukus bersama mangkuknya. Sedangkan proses pembuatan kolak pada umumnya dengan cara direbus. Hal ini juga yang menyebabkan cita rasa kolak srikaya lebih nikmat dan tidak membuat eneg.


Video di atas adalah liputan salah satu televisi nasional tentang kolak srikaya. Proses wawancara tidak hanya dilakukan pada pembuat kolak srikaya, tetapi juga pada pembeli. Rafi Ahmad, pembuat kolak srikaya yang tinggal di Kauman, Sidoarjo merupakan generasi ketiga dan tetap menjaga resep warisan leluhur.

Rafi Ahmad, bukan artis yang terkenal itu, lo. Beliau pernah membuat kolak srikaya pada waktu lain selain bulan Ramadan, ternyata rasanya tidak seenak saat dibuat di bulan Ramadan. 

Sobat Dy penasaran dan ingin membuatnya? Bisa lo, saya bocorkan resepnya ya. Kebetulan ini kan masih bulan Ramadan, langsung praktik ya.

Bahan

2 butir telur 

750 gram gula pasir

1 butir kelapa untuk santan

2 L air

Roti tawar iris

Pisang iris

Daun pandan secukupnya


Cara membuat

1. Campur telur dan gula, aduk rata

2. Masukkan ke dalam santan dan aduk rata

3. Tambahkan air.

4. Siapkan mangkuk tahan panas dan tata irisan daun pandan, selanjutnya roti tawar, irisan pisang.

5. Tuang santan ke atas roti hingga hampir penuh

6. Kukus selama 20 menit 

Kolak srikaya siap dihidangkan. Resep di atas kurang lebih untuk 12 porsi kolak srikaya. Nikmati lezatnya dan selamat berbuka puasa bersama keluarga dan orang terkasih.

Satu hal lagi yang khas adalah kolak srikaya hanya dapat ditemukan di desa Kauman, wilayah religi di Sidoarjo. Penjualnya biasanya berada di sekitar masjid Jami' Al Abror, masjid tertua di kota delta Sidoarjo.


Penutup

Kolak Srikaya merupakan salah satu kearifan lokal dan warisan budaya tak benda yang perlu dijaga kelestariannya. Cita rasa dan proses pembuatannya yang unik akan menjadi cerita tersendiri bagi anak cucu. Selain itu, makanan khas Ramadan untuk berbuka ini tidak akan ditemui di bulan lain selain Ramadan.

Bagaimana dengan kuliner kearifan lokal yang ada di daerah Sobat Dy tinggal? Cerita yuk di kolom komentar.


Referensi

1.https://www.adakitanews.com/srikaya-yang-hanya-ada-di-bulan-puasa/

2. https://faktualnews.co/2021/04/21/kolak-srikaya-kuliner-khas-kampung-pekauman-sidoarjo-hanya-ada-saat-ramadan/

3. https://ramadan.tempo.co/read/679167/srikaya-kolak-khas-ramadan-warga-sidoarjo


#BPNRamadan2023

21 komentar

  1. Tadi pas awal baca judulnya dikira asli terbuat dari Srikaya kolak ini, ternyata bukan, ya.
    proses pembuatannya unik juga, dikukus dengan mangkuknya langsung, kuat banget mangkuknya ga pecah.
    Di Sukabumi ga ada nih kolak srikaya, yang ada biasanya cuma kolak pisang sama kolang kaling

    BalasHapus
  2. Kalau nggak ada srikayanya, kenapa dinamain kolak srikaya ya Mbaa, apa rasanya mirip manisnya srikaya? Ah apapun alasannya, kolak ini nampak sedaaap ;-9

    BalasHapus
  3. Aku pikir terbuat dari buah srikaya ternyata ini kolak srikaya yang bahannya juga beda. Unik pasti rasanya, penasaran.
    Pas ada Rafi ahmad kaget eh kirain si sultan andara ternyata bukan hehe

    BalasHapus
  4. Baru kenalan saya dengan kolak Srikaya ini Mbak. Saya kira ada campuran buah srikayanya, tapi ternyata bukan ya. Kalau dilihat dari bahan-bahannya, kebayang rasa manis bercampur gurihnya santan. Hmm, enak ya..

    BalasHapus
  5. Kolak srikaya, saya kira menggunakan buah srikaya sebagai bahan utamanya. ternyata roti tawar, pisang, telus dan daun pandan. Nama yang benar: Srikaya atai Sarikaya sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari info yang didapat, mereka s ebutnya kolak srikaya sih Dok

      Hapus
  6. Kan.. Aku tertipu sama namanya mbak dy.. Hahaha. Unik banget ya, jadi penasaran. Pengen nyoba deh kapan. Kudu nyoba langsung ini biar tahu.. Kauman Sidoarjo, oke noted dulu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah nyoba pasti auto ketagihan buat bisa menikmati lagi mba, hhi.
      Berbuka emang paling cocok kalo ada hidangan kolak, kalo khas Sidoarjo kolak srikaya yaa

      Hapus
  7. Wow, kolak srikaya saya baru denger nih. Pernah tau ada kolak pisang kolang kaling durian, itu aja udah takjub. Ini bahan-bahannya lebih variatif lagi dan unik dibandingkan jenis kolak biasanya.

    BalasHapus
  8. yummyyyy
    pingin bikin juga euyy
    pastinya mantabbb buat takjil yhaaaa

    BalasHapus
  9. Mungkin maksudnya Sarikaya kali ya, soalnya orang kadang gabisa membedakan mana Srikaya dan Sarikaya, termasuk saya. Kalau Srikaya memabg buah, kalau Sarikaya itu setahu saya seperti selai Sarikaya yang juga terbuat dari telur

    BalasHapus
  10. Hmmm so yummy, kolak srikaya salah satu hidangan khas Ramadan yang pastinya banyak ditunggu-tunggu nih, mba. Wajib ada di menu berbuka keluarga nih biar makin seru momen berbuka selama ramadan.

    BalasHapus
  11. Suka banget yang namanya kolak tapi baru kali ini tahu Kolak ini.. mau coba ah..

    BalasHapus
  12. Waaah, enak banget, kak Dy..
    kolak srikaya bikin kenyang karena bukan hanya ada karbo dari roti, juga ada protein dan buah pisangnya. Beneran lengkap dan lezat gurih karena kuah santan.
    Enak bangeettt..

    BalasHapus
  13. Loh namanya aja Sarikaya ya tapi pakai buah pisang, unik ya mbak. Gimana aku nyobainnya nih jauh 😆 kaget aku kira Rafi Ahmad artis yg bikin, wkwkwk.

    BalasHapus
  14. Saya mengira ada buah srikaya di dalamnya. Ternyata ini nama kolak saja ya. Pernah tanya ga mbak, kenapa namanya kolak srikaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang buat juga ga tahu Pak, karena resepnya warisan kakeknya, nah bingung kan

      Hapus
  15. Artikel yang plot twist WKWKWK. Aku pikir kolak srikaya dari buah srikaya dan lagi si bapak Rafi Ahmad aku pikir suaminya Nagita Slavina mbak wkwkwk pengetahuan banget nih buatku.. baru bgt tahu soalnya :)

    BalasHapus
  16. takjil yg bagiku unik, penasaran rasanya setelah tahu cara membuatnya. Ditambah asal usul kolak srikaya mantap mbak

    BalasHapus
  17. Unik ya, ga kebayang srikaya dijadikan kolak, ada karbo juga dari roti. Boleh dicoba ni sekali-sekali bikin kolak srikaya

    BalasHapus
  18. Enaknya . Aku mau adopsi ah...ternyata kolak makanan kahs ramadhan sidoarjo ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih