Cerita Anak yang Mendidik Dalam Buku Aku Anak Hebat

Kamis, 27 April 2023

cerita anak yang mendidik


Mungkin sebagian Sobat Dy telah mengetahui bahwa saya suka menulis cerita anak dan suatu hari ingin menerbitkan buku solo yang berisi cerita anak lagi. Saya pernah menerbitkan buku solo yang berjudul Maaf, Terima Kasih, Tolong. Namun, saat itu buku bergambar yang ditujukan untuk anak yang sedang belajar membaca. 

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, saya mengikuti kelas menulis cerita anak. Salah satunya adalah yang diadakan Sekolah Menulis Indonesia. Sebuah kelas yang diadakan secara online. Namun, tidak semua karya peserta diterbitkan. Karya yang diterbitkan hanyalah yang lolos seleksi saja. 


Spesifikasi Buku

Judul : Aku Anak Hebat Jilid 1

Penulis : Penulis Terbaik Sekolah Menulis Indonesia

Penerbit : Sekolah Menulis Indonesia

Cetakan : Pertama, Februari 2022

Jumlah Halaman : 197

ISBN : 978-623-5894-10-2


Dibalik Layar

Sekolah Menulis Indonesia merupakan wadah bagi penulis yang ingin mengembangkan keahlian menulisnya. Proses pembelajaran menggunakan platform WhatsApp Grup. Materi yang diberikan dimulai dari nol hingga penulis mengenal beberapa jenis genre tulisan.

Buku Aku Anak Hebat adalah salah satu output berakhirnya pelatihan kepenulisan. Tema yang dipilih adalah membentuk karakter positif anak. Sebuah tema yang dapat memotivasi anak untuk membentuk karakter yang baik sejak dini.

Ada 33 penulis yang terlibat dalam penyusunan buku ini. Cerita anak yang dipilih adalah cerita anak realis untuk anak usia sekitar 8 tahun. Harapannya buku ini dapat mengajarkan akhlak dan perilaku positif agar dapat mendidik anak menjadi sosk yang berbakti pada orang tua dan santun kepada masyarakat.


Sinopsis Buku

Buku ini terdiri dari 33 cerita pendek yang mempunyai gaya pemulisan yang berbeda satu lain karena karakter 33 penulis yang terlibat di dalamnya. Namun, tema yang diusung sama kok yaitu membentuk karakter yang baik sejak dini.

Ada beberapa karakter baik yang diangkat menjadi cerita diantaranya, pantang menyerah, melestarikan alam, tanggung jawab, gemar menabung, menepati janji, dan masih banyak lainnya. Saya sendiri membuat cerita tentang pantang menyerah dengan judul cerita Semangat Rara.

cerita anak

Sebuah cerita pendek yang menceritakan seorang anak yang pantang menyerah untuk sekolah dan tetap berprestasi, walaupun dia berasal dari keluarga yang sederhana. Sepulang sekolah Rara membantu orangtuanya menyiapkan bahan dagangan yang akan dijual ayahnya di sore hingga malam hari.

Sedangkan pagi hingga siang hari, ayahnya bekerja sebagai montir di benkel sepeda motor yang terletak di dekat rumahnya. Rara tidak pernah minder dengan keadaan keluarganya. Dia mengumpulkan uang dari cerita pendek yang dikirimkannya ke majalah anak untuk pergi study tour, tetapi sayang uangnya masih kurang.

Pertolongan Allah datang tepat pada waktunya, orangtuanya memperoleh rezeki sehingga Rara bisa membayar biaya untuk mengikuti study tour. Dia sangat bahagia karena dia bisa belajar hal baru saat study tour.

Cerita lain yang menarik adalah cerita dengan judul Menghargai Kekurangan karya Vanila Arundina. Cerita yang diawali dengan cemoohan karena fisik Sakti yang tidak sempurna, murid baru yang berprestasi.

Alif, hanya dia teman yang menghibur Sakti dan menerima kekurangannya, sedangkan seorang teman yang lain sudah mengoloknya. Padahal mereka baru bertemu. Saat Bu Guru mengenalkan Sakti murid baru, teman yang mencemoohnya tadi akhirnya malu dan sadar bahwa Sakti berprestasi sedangkan dia tidak. 

Kekurangan Sakti tidak menghalanginya untuk berprestasi. Temannya pun meminta maaf dan Sakti pun memaafkannya dan mengajak temannya tersebut untuk menghargai dan menerima kekurangan orang lain. 

Cerita lain yang menarik adalah cerita karya Arum Faiza dengan judul Botol Penyelamat Bumi. Lena dan tokoh Aku yang sedang bermain botol plastik air mineral dan mengenai Bu Guru Mirna. Namun, Bu Mirna tidak marah karena mereka berdua berani mengakui kesalahannya.

Selanjutnya Bu Mirna menjelaskan tentang plastik yang susah terurai dan bahayanya bagi lingkungan. Hal ini membuat tokoh Aku sadar untuk ikut melestarikan lingkungan, sehingga dia mempunyai ide untuk mendaur ulang botol plastik tersebut menjadi vas bunga. 


Penutup

Semoga hadirnya buku Aku Anak Hebat yang berisi cerita anak yang mendidik ini dapat menginspirasi anak-anak Indonesia untuk mempunyai karakter yang baik sesuai harapan penulis.

Selain itu, semoga hadirnya buku ini juga dapat menambah khazanah literasi anak Indonesia. Selamat membaca.

7 komentar

  1. Buku-buku anak yang baik memang memiliki manfaat banyak bagi pembacanya. Membuat mereka belajar dengan cara yang lebih fun. Dan inilah yang justru menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Wah mbak buku anaknya sama kaya bacaan Aqlan tentang maaf, tolong dan terima kasih. Keren ih mbak Dy bikin buku anak. Seru-seru lagi ceritanya. Termasuk mendidik karakter yg baik juga bagi anak.

    BalasHapus
  3. Keren mba bukunya, dengan membacakan buku tsb secara tidak langsung mengajarkan anak untuk mendidik anak menjadi lebih baik, oiya di mana saya bisa dapatkan buku ini ya? (Iidyanie)

    BalasHapus
  4. Memberikan bacaan yang baik dan bisa dipraktekkan seperti mendaur ulang botol plastik untuk menjaga kelestarian lingkungan

    BalasHapus
  5. Ini buku antologi ya kak? Wah, keren buku awal tahun sudah menelurkan buku. Dan buku anak² gini bener-bener bisa jadi pengantar tidur untuk menstimulasi anak² ya kak. ❤️

    BalasHapus
  6. Asyik ya nulis bareng sahabat sekomunitas. Satu frekuensi dengan latar belakang penulis yang beraneka ragam. Pastinya semua tambah pinter nulis dan dapat banyak pengalaman baru.

    BalasHapus
  7. Kisah kisah inspiratif seperti inilah yang anak-anak butuhkan untuk membangun mimpi mereka..
    jadi penasaran pengen coba ikut Sekolah Menulis juga nih..

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih