Tips Anak Lahap Makan Yang Perlu Bunda Tahu

Senin, 03 Oktober 2022

tips anak lahap makan yang perlu bunda tahu


"Ga mau," tolak seorang balita saat waktu makan tiba. Mulutnya ditutup rapat saat sendok sudah berada di depan mulut. 

Apakah hal ini juga terjadi pada anak Sobat Dy? Sedih ya rasanya jika anak tidak mau makan. Nafsu makan anak balita kadang-kadang memang sulit ditebak.

Hal tersebut tentu saja membuat kita sebagai orang tua cemas, bukan? Bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi anak ya jika dia tidak mau makan begini? Ada enggak ya tips anak lahap makan?

Kurang lebih begitu pertanyaan yang berkecamuk di kepala kita bukan? Ketiga anak saya juga begitu, ada masa-masa tertentu anak-anak tidak mau makan.


Penyebab Anak Tidak Mau Makan

penyebab anak tidak mau makan


Anak balita yang tidak mau makan tentu saja membuat orang tua bingung. Apalagi jika hal tersebut terjadi terus menerus akan membuat orang tua khawatir.

Beberapa hal berikut mungkin penyebab turunnya nafsu makan bahkan anak sampai tidak mau makan :

Bosan dengan menu yang disajikan

Anak mungkin bosan dengan menu yaang disajikan atau tampilan makanan yang disajikan. Diperlukan kreativitas untuk mengolah makanan dan menyajikannya menjadi menu yang menarik.

Kadang dengan melibatkan anak untuk menyiapkan makanan juga dapat meningkatkan nafsu makan, karena anak mengetahui proses membuat makanan hingga menjadi masakan siap makan.


Gangguan kesehatan 

Salah satu penyebab nafsu makan menurun adalah kondisi kesehatan anak yang terganggu. Umumnya, penyakit yang membuat anak kehilangan nafsu makan adalah sakit tenggorokan, diare, sakit kepala, dan demam.


Pemakaian obat-obatan

Hal ini terkait dengan kondisi kesehatan anak. Beberapa obat dapat mengurangi nafsu makan anak. Umumnya obat-obat jenis antibiotik yang harus dikonsumsi anak yang memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Coba Sobat Dy perhatikan segala jenis obat yang dikonsumsi anak. Coba tanyakan pada dokter apa manfaat obat yang diresepkan oleh dokter. Apakah penggunaannya dapat mempengaruhi nafsu makan.

Jika obat diresepkan atau dikonsumsi, maka konsultasikan ke dokter terkait ibatyang diresepkannya.


Stres

Tidak hanya orang dewasa yang dapat mengalami stres. Anak-anak juga dapat mengalam stres. Salah satu cirinya adalah anak susah tidur di malam hari dan turunnya nafsu makan

Anak yang mengalami tekanan dapat menyebabkan nafsu makan menurun bahkan bisa juga nafsu makannya hilang. 

Jika hal ini terus menerus dapat menghambat proses tumbuh kembangnya. Oleh karena itu orang tua diharapkan memenuhi gizinya agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan anal merasa stres adalah :

  1. masalah akademis di sekolah
  2. diolok-olok teman sekolah atau teman main
  3. ada masalah dengan anggota keluarga lain
  4. tekanan dari orang tua untuk mendapatkan nilai yang bagus


Tips Anak Lahap Makan

Setiap anak membutuhkan kalori yang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatannya. Berikut beberapa tips anak agar anak lahap makan.

9 tips anak lahap makan




Tidak memaksa anak

Saat anak tidak mau makan tidak jarang mengundang emosi orang tua sehingga menjadi tidak sabar dan cenderung memaksa anak untuk makan. Hal ini tidak dapat meningkatkan nafsu makan anak, justru akan membuat anak semakin menghindar dan malas makan.

Coba dengan cara lain yaitu membujuknya dengan cara lembut, hal ini akan lebih efektif meningkatkan nafsu makan.


Terapkan jadwal makan rutin

Kenalkan anak dengan rasa lapar. Caranya adalah dengan menerapkan jadwal makan yag teratur setiap harinya. Sehingga anak terbiasa makan pada waktu yang sama dan rutin.

Jadwal makan yang rutin dan teratur juga akan berdampak baik untuk pola makannya saat dewasa kelak.


Siapkan menu makanan yang bervariasi dan menarik

Anak mungkin saja mengalami rasa bosan terhadap jenis masakan, menu yang sama dan cara penyajiannya.

Coba untuk membuat menu masakan sehat yang bervariasi. Selain itu variasi menu juga dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi anak, karena tidak ada satupun jenis makanan yang lengkap memenuhi kebutuhan gizi anak.

Bahan makanan yang bervariasi dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anak.

Tampilan makanan yang disajikan juga dapat divariasikan sesuai keinginan anak. Saat ini perlengkapan untuk menyajikan makanan dengan tampilan yang unik mudah diperoleh di market place.

Peralatan yang biasa digunakan umumnya perlengkapan untuk membuat bento, ada yang berbentuk beruang, panda, mobil, dan lain sebagainya.


Porsi makan yang kecil dan sering

Untuk menyiasati anak yang susah makan, coba sajikan makanan dalam porsi yang kecil, tetapi berikan dengan jarak waktu yang pendek, misalnya 2 atau 3 jam.

Selain porsi yang sedikit, pemberian makanan dapat juga disajikan dalam bentuk yang kecil sekali suap, contohnya nasi dibentuk bulat-bulat kecil, lauk dan nasi dicampur kemudian dibentuk bulatan kecil.


Sediakan camilan sehat

Camilan sehat atau kudapan sehat dapat menjadi alternatif untuk memberikan asupan yang bergizi. Camilan sehat dapat juga membantu melengkapi kebutuhan nutrisi ananda.

Beberapa contoh camilan sehat diantaranya puding buah, jus berbahan dasar buah. Jika kita membuat sendiri aneka camilan sehat tentunya bahan yang digunakan lebih terjamin.


Ajak anak untuk berpartisipasi menyiapkan makanannya

Salah satu kegiatan bersama anak yang menyenangkan adalah memasak bersama. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dalam kegiatan ini diantaranya anak dapat belajar beraneka macam sayur, jenis lauk, sekaligus belajar tentang ketrampilan hidup.

Anak-anak dapat dilibatkan dalam tugas sederhana seperti memetik sayur, mencuci sayur. Anak dapat juga diajak untuk menyiapkan bekalnya atau diajak berdiskusi untuk menyiapkan menu masakan esok hari.

Umumnya anak yang diajak terlibat dalam menyiapkan makanannya akan tertarik untuk makan, karena dia sendiri yang menyiapkan atau menusulkan menu masakan. Hal ini juga efektif lo untuk anak-anak saya.


Tidak membiasakan minum air di saat makan

Beberapa kali saya perhatikan di lingkungan sekitar saya orang tua menyuapi anaknya dnegan membawa mangkok makanan dan gelas air minum. Setelah menyuapi sesuap atau beberapa suap, gelas minuman akan disodorkan ke anaknya, dengan argumen agar makannya cepat selesai.

Akibat yang ditimbulkan adalah anak akan kembung dan menurunkan nafsu makan anak. Pengalaman makan menjadi tidak menyenangkan karena anak dipaksa untuk makan dan minum bersamaan.

Walaupun anak meminta minum saat makan atas kemauan sendiri tetap lakuakn pembatasan air yang dikonsumsi. Jika anak terlalu banyak minum, anak kenyang air, bukan kenyang makanan yang dimakannya saat itu. Selain itu perut anak akan kembung.


Memberikan contoh

Orang tua adalah orang dewasa terdekat yang berada di sekitar anak, sehingga anak akan mencontoh aktivitas yang dilakukan orang tua. Berikan contoh nyata yang dapat dilihat anak untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat yang baik untuk kesehatan


Konsultasi ke dokter

Jika nafsu makan anak tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter. Mungkin ada masalah kesehatan serius yang tidak kita ketahui sehingga membutuhkan konsultasi dnegan dokter.


Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan

Tips anak lahap makan lainnya adalah dengan memberikan makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan anak, yaitu :

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang digunakan dalam berbagai masakan. Manfaat jahe adalah penambah nafsu makan, melegakan masalah pencernaan. Selain dicampur sebagai bahan masakan, jahe juga dapat dikonsumsi sebagai minuman.


Minyak ikan

Minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu kandungan omega-3 pada minyak ikan bagus untuk pertumbuhan otak anak.


Yoghurt

Kandungan probiotik pada yoghurt dapat menambah nafsu makan. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna untuk mencegah hilangnya nafsu makan.


Kacang-kacangan

Kandungan zink (seng) dalam kacang-kacangan dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu protein dan asam lemak yang terdapat di dalamnya juga baik untuk tubuh anak.


Penutup

Begitulah Sobat Dy yang juga sekaligus menjadi Bunda tips anak lahap makan, agar nutrisi anak tercukupi dan dapat tumbuh dan berkembang sesuai tahapan usianya. Bagaimana pengalaman Sobat Dy saat menghadapi anak yang susah makan? Tulis di kolom komentar ya.


Sumber Bacaan

https://www.alodokter.com/8-cara-menambah-nafsu-makan-anak

https://www.halodoc.com/artikel/5-tips-yang-bisa-dilakukan-agar-anak-makan-lahap

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/gizi-anak/nafsu-makan-anak/

14 komentar

  1. Anak saya termasuk sulit makannya. Banyak cara dicoba sampai diberi obat juga. Makanan yang diminta menumpuk tanpa disentuh, padahal itu menu dadakan yang dimintanya. Cuma minta aja, hiks.
    Akhirnya saya latih nyemil lauk yang di dalamnya sebisa mungkin ada sayurnya juga. Yang penting mau makan. Harapannya setelah itu tips-tips Mbak Dyah bisa digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga dimudahkan ya mbak, sesuatu banget deh anak susah makan itu
      kadang saya minta mereka untuk susun menu, kalau sudah begini, kemungkinan besar habis

      Hapus
  2. Minyak ikan nih bener banget lho, anak bisa jadi lebih nafsu makan, tapi biasanya saya pakai ini kalau pas anak lagi sakit, karena kalo lagi sakit nafsu makannya cenderung menurun

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangankan anak-anak, kita orang dewasa aja males makan kalau lagi ga enak badan kan
      kalau anak lagi sakit,saya biasanya buatkan bubur atau sup krim yang mereka ga perlu kunyah lama

      Hapus
  3. Seringkali ortu ngambilin porsinya kebanyakan, soalnya maunya anak gendut, kayak iklan TV. Ternyata anak makannya dikit-dikit, tapi harus variasi dengan camilan. Memang perlu trik ya...

    BalasHapus
  4. Anak susah makan? Dulu iya. Triknya ganti menu, ganti suasana, kadang disuapin, kadang diminta makan sendiri. Kadang juga diajak belanja sayur dan pilih sayur apa yang mau dimasak lalu ikut nyiapin bahan. Saya lupa kapan tepatnya anak mulai mudah makan. Tapi rasanya seiring waktu akan ada masa di mana makan bukan sesuatu yang menakutkan atau membosankan

    BalasHapus
  5. Paling bingung kalau anak udah nggak nafsu makan, btw jahe bisa buat nambah nafsu makan ya.

    BalasHapus
  6. Konsultasi ke tenaga medis saat anak tidak tampil seperti biasa karena asupannya sedang gangguan. Tips nya membantu keluarga di rumah kak.

    BalasHapus
  7. Kalau aku, nomor 2 itu justru ada di nomor 1. Entah kenapa ya dari kecil, ketiga anakku udah pasti aku kasih sarapan jam 6 pagi. Yesss, buatku ini enggak kepagian sama sekali. Jadi, mereka sampai sekarang udah usia 6 dan 4 tahun udah pasti aja templatenya jam 6 minta makan.

    Anak-anak kecil itu bisa membaca rutinitas. Kalau jam makannya beda-beda, mereka enggak semangat makannya.

    BalasHapus
  8. Terapkan jadwal rutin. Wah ini sering terlupa. Padahal sangat penting. Pastinya bikin pola tersendiri kalau memang waktunya sudah datang. Makasih mbak artikelnya jadi solusi termasuk buatku yang punya anak sering susah makan.

    BalasHapus
  9. Sering banget liat ponakan-ponakan yang masih kecil sulit makan. Umumnya memang karena bosan sama menu makanannya atau karena sakit sih.

    BalasHapus
  10. Paling pusing memang kalau melihat anak ga mau makan, kita harus terus berusaha puter otak ya, mba, biar menunya engga bosan untuk anak.

    BalasHapus
  11. Tips nya boleh nih dicoba buat aku sendiri, hehe soalnya saya sendiri pengen makan banyak tapi kadang gak ada nafsunya 🤭🤭🤭

    BalasHapus
  12. Selain menu yang bervariasi, mungkin makanannya bisa dikreasikan bentuk2 karakter sesuai kesenangan anak ya, jadi gampang untuk makan

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih