Yuk Intip Tips Menjadi Blogger Sukses

Sabtu, 20 Agustus 2022

tips menjadi blogger sukses

Hai Sobat Dy. Adakah yang ingin menjadi blogger sukses? Sama dong kita. Saya juga ingin nih menjadi blogger yang sukses. Yuk sini yuk kita sama-sama intip tips menjadi blogger sukses. Apa aja sih yang mereka lakukan sehingga mereka bisa sukses seperti itu?

Tentu saja tidak mudah untuk menjadi blogger sukses. Ada banyak hal yang perlu dilakukan jika ingin menjadi blogger yang sukses. Sebelum membahas tentang tips menjadi blogger sukses. Kuatkan hal yang paling dasar dulu yuk, yaitu big why.

Big why atau alasan besar. Jika diterjemahhkan secara bebas maka artinya adalah alasan yang mendasar utnuk melakukan sesuatu hal. Big why ini sangat diperlukan karena semangat ngeblog kadang naik kadang juga turun, apalagi blogger pemula seperti saya.

Yup betul sekali, Sobat Dy yang mengikuti tulisan saya sejak awal pasti tahu alasan saya ngeblog dan mengapa saya memilih blog dibandingkan platform lain untuk saat ini. Jujurly semakin tahu tentang blog, semakin saya jatuh cinta dengan blog.

Namun, tidak hanya cukup dengan jatuh cinta, usaha apa yang perlu dilakukan agar saya tetap konsisten mengisi atau membuat konten blog saya. Sebelumnya saya pernah mengetahui hal ini melalui buku Ngeblog Dari Nol. Dan saat ini saya sedang mengikuti kelas Blogspedia Coaching, hal itu dikuatkan kembali, yaitu content plan.


Content Plan

Content plan adalah perencanaan yang dilakukan terkait blog. Mengapa harus direncanakan? Konon katanya, perencanaan adalah setengah dari kesuksesan. 

Blog tidak hanya menulis, banyak hal lain yang mendukung agar blog tetap eksis dan mempunyai traffic atau dikunjungi banyak pembaca. Jika hal tersebut tidak direncanakan khawatir hal tersebut akan terlewat.

Dengan adanya content plan maka tujuan ngeblog dapat dideskripsikan menjadi rencana jangka pendek, rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang. Mungkin Sobat Dy dapat menggunakan acuan bahwa rencana jangka pendek adalah rencana mingguan, rencana jangka menengah adalah rencana bulanan dan rencana jangka panjang adalah rencana tahunan.


Manfaat Content Plan

Beberapa manfaat dapat dipetik jika Sobat Dy melakukan perencanaan terhadap blognya, yaitu

Konsisten membuat content plan

Pernahkah Sobat Dy mengalami buntu ide atau bahasa kerennya writer block? Dengan membuat blog plan, writer block dapat diminimalkan karena content plan mencantumkan artikel apa yang ingin ditulis sesuai dengan kebutuhan.

Topik yang dibahas pun dapat beragam dan merata disesuakan dengan label yang telah ditentukan sebelumnya. Jadwal konten yang diterbitkan lebih terkendali, sehingga pembaca setia blog akan mengetahui hari apa saja kita akan menerbitkan artikel.

Contoh content plan saya. Paling tidak merencanakan dulu, seandainya ada perubahan, tidak akan terlalu jauh bedanya. Berikut contoh content plan mingguan saya

blog plan


Berikut contoh content plan tahun 2023

contoh content plan


Manajemen waktu

Setiap orang mempunyai kesibukannya masing-masing. Namun, dengan banyaknya aktivitas dapat melenakan karena tidak ada target kapan artikel harus tayang. Dengan adanya blog plan Sobat Dy dapat mengatur waktu kapan artikel tayang, kapan mencari keyword, kapan merapikan backlink yang rusak dan masih banyak lagi.

Mengatur waktu atau manajemen waktu perlu dilakukan agar waktu yang disediakan oleh Allah selama 24 jam ini berjalan dengan baik atau tidak.

Pengembangan diri

Dalam blog plan juga dapat diisi keahlian atau skill. Saat menyusun keyword atau ada pekerjaan dari klien tentang hal tertentu, maka secara tidak langsung kita diminta untuk belajar bagaimana produk klien

Keahlian yang harus dimiliki blogger adalah kreativitas menulis, membuat artikel SEO, membuat infografis dan masih nanyak yang lainya. Intinya menjadi blogger harus mau belajar sehingga keahliannya akan terus bertambah.


Manfaat blog plan atau mungkin lebih akrab disebut content plan sangat bermanfaat, karena membantu Sobat Dy untuk menentukan target waktu penerbitan artikel, hal baru apa yang ingin dipelajari.


Tips Menjadi Blogger  Sukses

Sobat Dy, semua hal perlu proses, tidak ada yang instan. Mie instan pun memerlukan waktu sebelum disantap, bukan. Siap berproses ya, sebetulnya hal ini juga merupakan pengingat diri saya. Berikut tips menjadi blogger sukses yang saya rangkum dari beberapa sumber

Keahlian menulis

Tingkatkan keahlian menulis. Jangan berpuas diri dengan apa yang telah dicapai sekarang. Dengan meningkatkan keahlian menulis, maka secara  tidak langsung akan meningkatkan kualitas artikel. Sobat Dy senang bukan jika artikel yang ditulis dibaca banyak pengunjung karena suka dengan cara kita memaparkan suatu keadaan atau masalah.

Saat menyusun artikel Sobat Dy coba perhatikan :

  1. Gunakan penjelasan yang sederhana
  2. Gunakan kalimat pendek atau paragraf pendek
  3. Batasi pada topik yang spesifik


Manajemen waktu

Atur waktu dengan baik. Setiap orang mempunyai waktu yang berbeda-beda untuk menulis. Setelah menentukannya taati apa yang telah ditentukan. Blog planning bermanfaat untuk mengatur waktu yang ada


Terus belajar hal baru

Adanya blog plan dapat membantu Sobat Dy untuk menentukan hal baru apa yang akan dipelajari selanjutnya. Pengunjung blog tidak hanya tertarik hal yang bermanfaat, tetapi juga tertarik hal baru.


Berkomunikassi dengan baik

Hal ini untuk membangun kelekatan secara emosi dengan pengunjung blog kita. Salah satu caranya dnegan membalass semua komentar. Hal ini juga menjadi pengingat diir yang jarang membalas komentar. Yup saatnya berubah. 


Membangun jaringan

Untuk mengembangkan blog diperlukan pihak lain agar banyak pengunjung yang membaca artikel di blog kita. Cara membangun jaringan yang luas diantarannya

  • bergabung dengan komunitas
  • mulai berbagi informasi sederhana di sosial media


Tetap produktif

Update blog secara rutin. Tetaplah produktif menuliskan artikel. Untuk menghindari buntu ide, segera catat ide jika menemukannya. Jika belum menemukan ide untuk membuat konten baru, update konten lama


Konsisten

Perlu waktu yang cukup lama untuk menjadi blogger yang sukses, oleh karena itu pantang untuk menyerah. Tetap menulis dan membuat konten untuk mengisi blog. Walaupun jumlah pengunjung blog belum banyak.

Seiring waktu semua akan berproses menjadi lebih baik jika tetap berproses dan memperbaiki kualitas menulis dan membuat konten. Dengan membuat blog plan atau content plan akan membantu blogger pemula untuk memetakan apa yang perlu ditulis, bagaimana rencana ke depan, keahlian apa yang ingin ditingkatkan. Evaluasi rencana yang telah dibuat, perbaikan apa yang perlu dilakukan, begitu seterusnya.



Bagaimana Sobat Dy? Siap mempraktikan semua tips di atas? Yuk bersama-sama kita belajar menjadi blogger yang sukses. Nikmati prosesnya, tumbuh dan berkembang bersama blog. Tulis di kolom komentar ya apa saja yang teman-teman lakukan selama ini agar menjadi blogger sukses?


Referensi

Materi content plan Blogspedia Coaching

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menjadi-blogger-sukses/

6 komentar

  1. konsisten dan terus belajar, ini kunci sukses jadi blogger ya
    aku sendiri juga masih terus belajar mbak, apalagi sering meleset dari jadwal content plan, bahkan jarang bikin juga
    mungkin harus dimanage lebih bagus lagi caraku

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, PR juga buat saya ini, membantu ternyata membuat content plan, smenagat ngeblog mbak, yuk barengan

      Hapus
  2. Keren mba Dyah tipsnya, semoga bisa saya praktikan juga, kan cita2 kita sama, Yaa...ingin menjadi blogger sukses, hehe.

    BalasHapus
  3. Wah, pas banget nih lagi terlena dengan kesibukan yg lain.. makasih mbak dy tipsnya. BTW ada di infografis cek backlink yg terhubung dan perbaiki yg rusak.. cara mengetahuinya gimana mbak?

    BalasHapus
  4. Wuah, kudu banyak belajar lagi, nih, Mba. Belum nerapin pakai content plan. Padahal ini ngebantu banget, ya, kan? Ide suka timbul, nggak ditulis, eh langsung ambyar, deh.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih