Kelas Blog Dasar

Rabu, 24 November 2021

Hai Sahabat, saya merasa beruntung lo kali ini. Ibarat pepatah pucuk dicinta ulam tiba yang artinya mendapatkan sesuatu lebih dari yang diharapkan. Saat saya ingin serius nge-blog, bebrapa informasi datang hampir bersamaan, salah satunya adalah tawaran kak Karunia Silvia Sambas. Informasi tersebut saya dapatkan melalui salah satu kelas yang diadakan Perkasa Creative Writing. Kelas yang ditawarkan saat itu adalah Kelas Blog Dasar dengan penanggung jawab kelas adalah kak Karunia Sylviany Sambas. 

Walaupun saat itu saya belum tahu biayanya, saya mendaftar saja, karena bisik-bisiknya biayanya terjangkau. Dan ternyata betul lo, biayanya terjangkau, cukup dengan Rp. 35.000 sudah bisa mendaftara sebagai peserta kelas ini. Kok bukan Rp. 50.000? Karena sebelumnya saya telah terdaftar sebagai peserta pelatihan salah satu kelas Perkasa Creative Writing maka saya mendapatkan harga khusus, yaitu harga alumni. Lumayan kan selisihnya dapat digunakan untuk belanja bumbu dapur. Khas ibu-ibu ya, yang dipikirkan bumbu dapur.


kelas blog dasar


Flyer Kelas Blog Dasar

Belajar ngeblog itu ternyata seru, lo. Mau melatih kemampuan menulisblog? Yuk, ikuti kelas seru ini!

Profil Mentor

Mentor Kelas Blog Dasar adalah kak Karunia Sylviany Sambas. Pertama kali mengenal beliau melalui sebuah kelas tentang membuat cerita anak. Karya beliau sering dimuat di media massa lo. Ternyata tidak hanya jago menulis cerita anak, beliau juga seorang blogger. Menariknya lagi beliau juga masih aktif dinas di bidang kesehatan. 

Profil narsumnya keren dan bukan abal-abal, lo. Blog cantiknya bisa diintip di www.karuniasambas.com. Enggak salah kan kalau saya mendaftar di kelas ini. Murid siap, guru datang. Di saat saya butuh mentor, ada info kelas menarik. 


Alasan Mengikuti Kelas Blog Dasar

Walaupun saya sudah memiliki blog sejak lama, tetapi blog saya masih blog gratisan yang difasilitasi blogger.com. Saya juga ingin mempunyai blog berdomain atau yang akrab disebut dengan blog TLD atau blog Top Level Domain. Kenapa harus TLD? Karena blog TLD mempunyai banyak kesempatan untuk memperoleh pundi-pundi rupiah. Selain itu blog TLD rasanya lebih keren ya, karena mudah diingat dan dikenal orang.

Alasan lain mengapa kelas ini menarik? Selain empat materi yang ditawarkan juga ada pendampingan dan praktik langsung. Sertifikat sebagai salah satu keuntungan mengikuti kelas, sebetulnya bukanlah hal yang menarik bagi saya, karena saya mengutamakan materi dan pendampingan yang ditawarkan. 


Materi Yang Diberikan 

Output kelas ini adalah setiap peserta mempunyai blog TLD. Agar tujuan kelas ini berhasil maka telah disiapkan empat materi oleh kak Karunia, yaitu :

1. Cara udah membuat blog

Blog yang ditawarkan adalah .com dan .my.id. Keduanya menggunakan email yang didukung gmail. Setiap peserta diminta untuk membuat email di gmail atau jika menggunakan email lama juga diperkenankan dengan catatan kapasitas memorinya lebih dari 10GB. Perbedaan dasar .com dan .my.id  adalah biaya tahunan dan jangkauannya. 

Pada tahapan ini setiap peserta diminta untuk membuat blog di blogger.com. Proses membuatnya diberikan bertahap dan diberikan contoh tahapannya, sehingga memudahkan peserta untuk mengikutinya. Saya pun membuat blog baru, tidak melanjutkan blog yang saat ini sudah ada untuk memenuhi rasa ingin tahu saya.


2. Bagaimana cara memiliki blog berdomain?

Materi ini diberikan pada hari kedua. Dimulai dari membeli domain, proses pembayaran, hingga merubahnya menjadi blog berdomain. Tahapannya cukup panjang, tutorial yang diberikan lumayan detail. Dan kak Karunia dengan telaten dan sabar membantu peserta untuk melakukan proses pendaftaran hingga proses penggantian menjadi blog berdomain.

Salut deh, di tengah kesibukan beliau berdinas dan aktivitas lain, beliau masih menyempatkan membimbing kami. Jika ada masalah langsung dibantu.  


3. Apakah keuntungan memiliki blog berdomain?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, blog berdomain mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mengikuti lomba blog. Selain itu lebih disukai perusahaan yang akan bekerja sama dengan blogger.

Umumnya seseorang membuat blog agar karya tulisnya dapat dibaca banyak orang sehingga dapat membantu orang yang membutuhkan. Jika seseorang membutuhkan informasi yang ada di blog kita, orang tersebut akan mudah menemukan blog berdomain, karena mudah dijangkau, termasuk dijangkau oleh mesin pencari.


4. Apa peluang nulis di blog?

Beberapa peluang menulis di blog yang diperoleh sebagai berikut :

  • market place job
  • sponsored post
  • content placement
  • afiliasi iklan 
  • lomba blog

Semakin tahu tentang hal ini membuat saya semakin tergoda untuk segera mempunyai blog berdomain, sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Tentu saja semuanya perlu proses dan waktu, bersabar dengan prosesnya, hasilnya Allah yang tentukan.


Penutup

Kelas Blog Dasar dari Perkasa Creative Writing dengan mentor kak Karunia sesuai dengan kebutuhan saya saat ini. Langsung praktek dan dibimbing dengan sabar oleh Kak Karunia. Sahabat ingin mencobanya? Smeoga ada batch selanjutnya, sehingga Sahabat dapat mengikuti kelas menarik ini.

18 komentar

  1. Sukses terus dengan blognya Mbak Dyah 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, terima kasih mbak, doa yang sama untuk mbak Christina

      Hapus
  2. Sukses mba Dyah Kusuma ...keren mantul

    BalasHapus
  3. Ibu2 kereeen yaa... Udah jd ibu tetep eksis ngeblog kita... MasyaAllahtabarakallahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mbak Nia, belajar plus yang lainnya jadi satu hehehe

      Hapus
  4. Semangat buat emak emak pejuang blog nih meskipun sebagai seorang ibu tetap harus terus belajar ya mb. Sukses selalu mb Dyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, smenagat ngeblog
      aamiin, doa yang sam auntuk mbak juga

      Hapus
  5. Tips diatas sangat mudah dipraktekkan. Semoga yang lain bisa membuat blog dasar ini. Berkah selalu mba Dyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, terima kasih mbak WUlan, doa yang sama untuk mbak Wulan

      Hapus
  6. Emak2 kudu serba bisa ya mba, sukses blog nya🤗🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kadang kayak gurita ya tangannya banyak, seru jadi ibu
      aamiin, doa yang sama untuk mbak Husna
      bertumbuh bersama blog ya mbak

      Hapus
  7. Wah, semangatnya menular. Sukses, Mbak Dyah dan blogger lainnya..

    BalasHapus
  8. ini bermanfaat banget mbak bagi yang belum punya blog, tipsnya mantul. semoga sukses ya mbak, saya tunggu loh informasi yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, hayuk mbak kita bertumbuh bersama

      Hapus
  9. manissss blognya mba 😍 btw, domain sy juga udah mau abis, jadi tertarik nih beli di sahabat hosting 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak sudah berkunjung
      sahabat hoting terjangkau mbak

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih