Fungsi Assessment Kognitif Yang Diberikan Perusahaan

Rabu, 12 Juni 2024

Fungsi Assessment Kognitif

Untuk perusahaan dapat untuk memberikan assessment terlebih dahulu untuk calon karyawan yang mendaftar. Selain saat proses rekrutmen yang lebih mudah, assessment juga dapat digunakan untuk membuat performa pekerja dapat lebih baik karena memberikan pelatihan yang tepat. 

Assessment dapat digunakan untuk mengurangi gap kemampuan yang dipunyai karyawan. Fungsi assessment tersebut bisa didapatkan dengan mengadakan penilaian yang dapat dilakukan dengan tipe dan jenis penilaian yang beragam untuk diikuti oleh peserta.

Salah satu tipe penilaian yang dapat dilakukan adalah tes kognitif yang dapat digunakan untuk memberikan fungsi agar hasil yang didapatkan dapat mengukur kecerdasan dari peserta. Dengan memberikan tes kognitif untuk penilaian akan dapat untuk mengetahui berbagai kemampuan yang dipunyai oleh kandidat. 

Kemampuan yang dipunyai sangat penting karena juga akan berpengaruh pada hasil kerja yang ditunjukkan. Oleh karena itulah penting untuk mengetahui kemampuan yang dipunyai oleh peserta dengan baik. Tes kognitif dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan kandidat yang termasuk dalam berikut ini.


Kemampuan Peserta Untuk Memecahkan Masalah 

Penilaian kognitif dapat digunakan untuk memberikan fungsi assessment agar dapat untuk memecahkan masalah. Di dalam pekerjaan tentunya akan dapat untuk menghadapi berbagai masalah yang terjadi. Sehingga dibutuhkan untuk mempunyai karyawan yang mempunyai kompetensi dapat untuk memecahkan permasalahan yang dipunyai tersebut.

Kemampuan peserta untuk memecahkan masalah menjadi faktor penting untuk proses perekrutan dan juga memberikan posisi yang penting di perusahaan. Oleh karena itulah tes kemampuan kognitif penting untuk dapat mengetahui dan memilih peserta yang mempunyai kemampuan untuk dapat memecahkan masalah.

Problem solving merupakan kemampuan yang juga berhubungan dengan decision making. Karena untuk permasalahan yang dipunyai akan perlu untuk membuat beberapa alternatif dari solusi yang bisa diambil, sehingga untuk selanjutnya dapat untuk digunakan memecahkan masalah. Permasalahan dapat diatasi dengan optimal dan juga efektif apabila memilih solusi yang terbaik.

Oleh karena itulah kemampuan pemecahan masalah juga berkaitan dengan pengambilan keputusan. Dua keputusan tersebut sangat penting untuk dapat diaplikasikan dalam pekerjaan yang akan menemukan dan mengalami masalah, sehingga bisa memberikan solusi yang terbaik untuk memecahkan masalah yang dihadapi.


Kemampuan Peserta Untuk Berpikir Kritis 

Tes selanjutnya yang digunakan dalam assessment kognitif adalah dapat untuk mengetahui mengenai kemampuan peserta untuk berpikir kritis. Karyawan atau pekerja tentunya perlu untuk mempunyai kemampuan dalam berpikir kritis dengan baik. Sehingga hal tersebut akan sangat membantu untuk pekerjaannya mempunyai hasil dan juga kinerja yang lebih baik.

Mempunyai pikiran kritis akan bisa membuat karyawan yang memberikan inovasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Inovasi penting digunakan untuk membuat perkembangan di dalam perusahaan. Oleh karena itulah penting sekali untuk mempunyai karyawan yang bisa untuk menjalankan tugasnya dengan berpikir kritis. 

Hal tersebut juga akan sangat membantu untuk dapat membuat peserta mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan kemampuan untuk berpikir secara kritis yang dipunyai.

 

Kemampuan Peserta Untuk Mempelajari Hal Baru 

Assessment juga dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan untuk mempelajari hal yang baru. Kemampuan untuk dapat menyerap ilmu baru dibutuhkan sehingga bisa untuk terus membuat karyawan dapat berkembang. 

Ada banyak perubahan yang terjadi di dalam pekerjaan yang dialami seperti teknologi yang semakin canggih, metode yang dapat digunakan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah seperti digital marketing, dan juga perubahan lainnya. 

Sehingga penting untuk mempunyai karyawan yang dapat untuk beradaptasi dan siap untuk mempelajari hal yang baru setiap waktu agar bisa memberikan kinerja yang lebih baik di perusahaan.

Fungsi assessment tes kognitif yang dilakukan dapat mengetahui mengenai soft skill yang dipunyai oleh peserta yang mengikuti tes tersebut. Sehingga dapat mengetahui mengenai potensi dan juga bakat yang dipunyai serta level kemampuan dasar yang dipunyai. 

Sobat Dy dapat meningkatkan soft skill yang sangat penting di tempat kerja dengan meningkatkan kemampuan dasar untuk kerja tersebut. Ikuti pelatihan untuk meningkatkan soft skill dari Prasmul-ELI yang mempunyai program singkat untuk meningkatkan kemampuan dasar yang beragam. Mulai dari kepemimpinan, decision making, problem solving, dan juga masih lainnya yang sangat penting di dunia kerja.

10 komentar

  1. Kapan hari itu kan, stelah bekerja hampir lebih dari 10 tahun, disuruh ikut tes gitu lagi. Rasanya ngakak aja sih, tapi setelah itu nggak ada feedback nya juga.

    BalasHapus
  2. Bagus juga kalau ada perusahaan yang melakukan tes ini secara rutin. Seingat saya selama 4 tahun kerja di perusahaan, nggak pernah saya dapat tes begini. Belum semua perusahaan menerapkan mungkin ya.

    BalasHapus
  3. Apalagi di jaman serba digital sekarang, sebenarnya meningkatkan soft skill kita cukup mudah ya meski kondisi status karyawan atau pekerja
    Ikut pelatihan yang menunjang meningkatnya karir itu pasti lebih bermanfaat dan prospeknya bagus

    BalasHapus
  4. Ini tes-nya kayak apa ya? Aku engga pernah kerja di perusahaan, jadi engga kebayang sih. Misal udah lama dan punya posisi di sebuah perusahaan, lalu harus ikut assessment kognitif lagi...

    BalasHapus
  5. Assesment kognitif bagi karyawan itu penting ya
    Biasanya buat meningkatkan produktivitas perusahaan juga
    Aku pun ada assesment tiap tahun

    BalasHapus
  6. Melakukan assessment bagi karyawan nih penting banget sih biar karyawan juga jadi lebih berkembang dan sasaran pelatihan yang cocok jadi tepat sasaran. Dulu pas masih jadi karyawan aku ngerasain banget sih manfaatnya.

    BalasHapus
  7. Penting banget bagi karyawan untuk rutin mengikuti pelatihan dan assesment karena peningkatan kinerja dan karir akan terlihat. Kalau gitu gitu aja asaaa.. gak berkembang yaa.. Tapi memang keluar dari zona nyaman ini berat sih yaa.. Prasmul-ELI bisa dijadikan tempat kerjasama yang sesuai kebutuhan pengembangan perusahaan.

    BalasHapus
  8. Bagus banget ya mbak.. baru tahu dengan hal ini.. pingin jaga lebih dalam ah

    BalasHapus
  9. Iya sih penting banget perusahaan untuk melakukan asessment agar bisa memetakan skill yang dimiliki karyawannya sehingga bisa dimaksimalkan

    BalasHapus
  10. Penting untuk kita di assesment, biar wawasan kita selalu ter upgade secara rutin. Tidak merasa setelah lulus akademik ya sudah

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih