6 Jenis Bahan Kaos Yang Sering Digunakan Untuk Outfit Nyaman

Kamis, 06 Juni 2024

Bahan Kaos Yang Sering Digunakan

Siapa yang senang menggunakan kaos sebagai outfit harian? Toss dong, samaan kita. Bagi saya, kaos merupakan outfit wajib yang saya gunakan harian. Oleh karena itu, pemilihan bahannya pun penting untuk dilakukan. Infonya ada 6 jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk pakaian sehari-hari ini.

Pemilihan pakaian yang nyaman untuk digunakan sehari-hari jamak dilakukan karena outfit yang nyaman tentunya akan mendukung aktivitas harian kita. Bagi saya yang tidak suka mengenakan busana kebesaran ibu-ibu aka daster, kaos merupakan pilihan saya yang dipadankan dengan celana longgar atau kulot.

Entahlah dari dulu saya tidak menyukai daster. Saya mengenakannya saat akan melahirkan, beberapa hari setelah melahirkan. Selain itu, kaos dan celana longgar akan menjadi pakaian kebesaran saya. Toh suami tidak mengeluhkan pilihan pakaian saya, ya sudahlah jadinya kaos tetap jadi pakaian kebesaran saya saat di rumah.

Bahan kaos yang nyaman tentunya menjadi pertimbangan saat membelinya. Sobat Dy ingin tahu bahan kaos yang nyaman. Simak hingga akhir artikel tentang 6 jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk outfit nyaman! 

 

Alasan Memilih Kaos 

Kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang berfungsi untuk menutup sebagian lengan, bahu, dada hingga perut. Awalnya kaos hanya memiliki model lengan pendek, tetapi saat ini model kaos berkembang seiring waktu. 

Bentuk kaos pun berkembang menjadi lengan panjang, double layer, celana pendek,, celana panjang, dress, kebaya dan aneka model pakaian lainnya. Sehingga saat ini jamak ditemukan kaos tidak hanya digunakan sebagai atasan, tetapi juga sebagai bawahan, bahkan digunakan juga untuk dress maupun gamis.

Alasan memilih kaos


Bahan yang digunakan pun variatif, misalnya cotton combed, viscose dan lainnnya. Selain berdasarkan bahannya, jenis kaos juga dibedakan berdasarkan bentuk kerahnya, seperti kaos oblong, v-neck, kaos polo, dan lainnya.

Pengguna kaos pun semakin banyak. Kaos dapat digunakan oleh siapapun, dari kalangan apapun, bahkan usia berapapun. Mulai dari balita, anak-anak, remaja, hingga manusia dewasa.  Apalagi saat ini kaos tersedia dalam berbagai model, bahan dan gaya yang dapat dimodifikasi dan keunikannya masing-masing.


6 Jenis Bahan Kaos Yang Sering Digunakan Untuk Kaos

Beberapa toko menyediakan kaos oblong dengan berbagai pilihan warna dan bahan. Pembeli tinggal memilih dan menyablonnya sesuai keinginan. Namun, ada juga penjahit bahan laos dengan variasi pilihan model sesuai keinginan pembeli. 

6 Jenis Bahan Kaos Yang Sering Digunakan


Bahan yang disediakan pun bervariasi. Simak 6 jenis bahan kaos yang sering digunakan untuk kaos ya!

Cotton combed

Cotton combed merupakan bahan kaos yang cukup familiar, karena bahannya yang nyaman digunakan. Cotton combed terbuat dari kapas, sehingga terasa lembur di kulit. Selain itu, bahan ini juga mudah menyerap keringat. Bahan yang nyaman untuk digunakan beraktivitas seharian

Ada beberapa jenis cotton combed yang beredar di pasaran, di antaranya adalah 24s atau 30s. Angka tersebut merupakan jumlah benang yang dapat mewakili tingkat kehalusan kain. Semakin banyak jumlah benang yang digunakan, semakin halus kainnya.

Namun, jika berdasarkan ketebalan kain, semakin besar angka tersebut, semakin tipis kainnya. cotton combed 30s lebih tipis dibandingkan cotton combed 24s.


Cotton carded

Cotton combed dan cotton carded sama-sama terbuat dari kapas, tetapi proses pembuatannya berbeda. Cotton carded lebih kasar dibandingkan cotton combed karena proses pembuatannya dilakukan dengan cara digaruk.

Namun, cotton carded juga banyak digunakan untuk bahan kaos, karena nyaman dan mudah menyerap keringat.


Polyester

Bahan kaos polyester terbuat dari serat fiber poly dan sintetis minyak bumi. Bahan ini tidak mudah menyusut dan mudah dibersihkan. Kaos dengan bahan polyester nyaman digunakan pada suhu dingin, karena bahannya cenderung hangat. Selain itu, kurang cocok digunakan saat cuaca panas karena sulit menyerap keringat.


Spandek

Bahan spandek terbuat dari 100% sintetis dan elastis saat digunakan. Tekstur elastisnya mirip karet. Elastisitas bahan spandek dapat meregang hingga 5 kali lipat dari ukuran normal.

Oleh karena itu, saat digunakan biasanya akan membentuk lekuk tubuh, fleksibel saat digunakan beraktivitas, tidak mudah berkerut, mudah kembali ke ukuran normal setelah meregang, lembut.

Bahan spandek biasanya digunakan untuk pakaian olahraga bersepeda atau sepak bola. Walaupun begitu, spandek juga nyaman digunakan untuk pakaian harian. Umumnya harga kaos dengan bahan spandek cukup terjangkau.


Cotton viscose

Cotton viscose merupakan bahan yang kerap digunakan sebagai kaos karena mudah menyerap keringat dan tidak mudah kusut, nyaman, dan tidak membuat gerah. Sehingga kaos dengan bahan cotton viscose nyaman digunakan saat olahraga. Cotton viscose terbuat dari campuran bahab cotton 55% dan bahan viscose 45%.


Rayon

Rayon terbuat dari bahan sintetis serat kayu yang emmiliki serat tinggi. Bahan yang familiar ini kerap digunakan umtuk bahan kaos, karena dapat menyerap keringat dengan baik, walaupun terbuat dari bahan sintetis.


Tips Memilih Bahan Kaos

Berikut beberapa tips untuk memilih kaos yang dapat Sobat Dy gunakan agar penampilan tetap menarik sekaligus nyaman untuk dikenakan:

-Jenis bahan kaos

-Karaketeristik kain

-Warna

-Elastisitas kain

-Harga


Penutup

Kaos memang nyaman ya untuk digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Penggunanya pun dari berbagai macam usia. Dari jenis 6 bahan kaos yang sering digunakan, Sobat Dy pilih yang mana nih? Cerita di kolom komentar ya.


Referensi

1. https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/bahan-kaos-yang-bagus

2. https://berkaos.com/inilah-6-jenis-bahan-kaos-polos-yang-bisa-kamu-gunakan/

3. https://tshirtbar.id/kenali-5-jenis-bahan-kaos-sebelum-membelinya/

14 komentar

  1. Sepertinya saya paling suka bahan rayon. Enak dipakai di cuaca dingin atau pun gerah

    BalasHapus
  2. Kaos, biar saya yang bawa ibarat bendera kemerdekaan gak seru kalau intinya tidak ada kabar

    BalasHapus
  3. Yang Spandek ini enak dipakai, tapi biasanya molor gitu dan membentuk badan sih ya.
    Saya paling senang pakai kaos, soalnya super nyaman dan menyerap keringat :)

    BalasHapus
  4. Ya benar banget banyak sekali bahan kaos yang bisa jadi referensi kita saat membeli..

    BalasHapus
  5. Sementara ini bahan pakaian dari katun yang menurut saya nyaman digunakan itu Cotton Combed. Dengan variasi gramasi yang tersedia, biasanya saya pilih cotton combed 24S yang tidak terlalu tebal ataupun tipis. Rasanya pas untuk digunakan di berbagai cuaca hehehe.

    BalasHapus
  6. tetep tim cotton combed sih secara emang kerasa adem pas panas, dan menyerap keringat... PRnya kalau yang bagus tuh kita mesti merawat warnanya supaya gak gampang bladus

    BalasHapus
  7. Saya juga suka banget pake kaos, mbak. Enak, leluasa untuk bergerak kesana kemari. Hanya saja saya kurang paham jenis2 kaos tersebut. Biasanya yang cotton combed gitu juga ada angka2nya kan, yang menandakan tingkat kerapatan seratnya, nah itu saya juga tidak paham hehehe...

    BalasHapus
  8. Paling males kalau dapat atau beli baju bahan spandex. Adem sih adem, tapi melekat dan membentuk body tubuh sehingga we o we XD

    BalasHapus
  9. Terima kasih nih ilmunya tentang macam-macam kaos. Kalau mau beli online suka bingung, ini tuh bahannya kayak apa ya? Soalnya beberapa kali salah beli, dipakainya panas dan bau karena engga nyerep keringet. Dari fotonya sih bagus.
    Musti baca lagi nih deskripsi bahan kaos, supaya engga salah beli.

    BalasHapus
  10. Aku yang ada di rumah aja, ka Dy.. Hihihi, pasrahan orangnya.
    Adanya daster yaa.. pakai daster. Tapi anakku punya koleksi kaos lebih banyak. Buat OOTD, kaos ini termasuk yang mudah di mix and match sama bahan lain yaa.. Kesannya casual santai dan tentunya nyaman.

    BalasHapus
  11. Sejak suka olahraga terutama lari aku baru tahu jenis bahan kaos yang nyaman untuk olahraga.. trims infonya ya

    BalasHapus
  12. Saya senang menggunakan kaos yang terbuat dari combed cotton karena menyerap keringat jadi nyaman untuk digunakan seharian.

    BalasHapus
  13. kalau kaos bahan yang terkenal cotton combed ya, ini pun ada gradenya. tapi bahannya memang adem kalau yang bagus.

    BalasHapus
  14. pakai spandek cocok buat inner, karena biasanya ngepas badan, baru deh pakai outer kayak blazer, mantul tuh

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih