Berbagai Macam Ukuran Kasur Yang Wajib Diketahui Sebelum Membelinya

Rabu, 26 April 2023

Beberapa waktu yang lalu kami berdua, saya dan suami berdiskusi untuk menambah kamar tidur. Anak bungsu sudah semakin besar dan waktunya memiliki kamar sendiri. Kebetulan ada sebuah ruangan di dekat ruang tamu yang dapat disekat untuk dijadikan kamar. Selama ini ruangan tersebut belum difungsikan optimal.

Kami menawarkan pilihan tersebut pada Na, anak bungsu kami. Dia menyetujui untuk menggunakan ruangan tersebut. Kami hanya perlu menambahkan sekat dan pintu sehingga ruangan tersebut dapat difungsikan sebagai kamar. Kakaknya pun turut mendesain kamar untuk adiknya.

Tidak hanya perkara desain, tetapi kami pun perlu menambah perabot termasuk tempat tidur, lemari pakaian dan meja belajar. Tak perlu menunggu lama, pencarian perabotan yang sesuai dengan ukuran kamar anak bungsu yang tidak terlalu besar pun dimulai.


Berbagai Macam Ukuran Kasur


Sebelum membeli kasur, saya dan suami mencari referensi ukuran kasur yang pas untuk kamar anak bungsu. Berikut ukuran kasur yang kami pertimbangkan sebelum membelinya :


Single

Ukuran single merupakan ukuran kasur yang paling kecil atau umumnya disebut juga dengan kasur ukuran 4. Dimensinya 90 x 200 cm, sehingga hanya cukup digunakan untuk satu orang saja. Ukuran kasur yang pas untuk kamar anak, apalagi jika ukuran kamarnya tidak terlalu luas.

Jika menggunakan kasur ukuran single, jarak antar furniture yang satu dengan lainnya agak jauh, sehingga kamar yang sempit dapat terlihat lebih luas dan nyaman.


Single Plus

Seperti namanya, kasur dengan ukuran Single Plus ini lebih luas dan nyaman, karena mempunyai ukuran 100 x 200 cm. Walaupun hanya terpaut 10 cm saja, tetapi lumayan kan, sehingga lebih bebas bergerak dan lebih nyaman.

Sama halnya dengan kasur ukuran Single, kasur ukuran Single Plus ini juga cocok untuk tidur satu orang dewasa maupun anak-anak. Jika menggunakan kasur ukuran Single Plus pada kamar dengan ukuran yang kurang luas maka kamar akan tampak lebih lapang.


Super Single

Super single merupakan ukuran kasur 120 x 200 cm. Jika berdasarkan dimensinya yang lebih besar dibandingkan ukuran kasur sebelumnya yang hanya muat untuk satu orang, maka kasur Super Single ini dapat digunakan untuk dua orang.

Kasur dengan ukuran Super Single ini disebut juga dengan kasur 2 in 1, karena modelnya yang bagian bawah sorong, sedangkan kasur lainnya tetap. Anda akan mendapatkan dua kasur sekaligus. Namun sayangnya tidak banyak produsen kasur yang memproduksinya.


Queen

Queen merupakan ukuran kasur 160 x 200 cm. Jika berdasarkan dimensinya maka kasur ini muat untuk dua orang. Selain itu, kasur ukuran Queen juga disebut kasur nomor 2.

Pasangan yang baru menikah cocok menggunakan kasur ini atau bagi anda yang memiliki anak kecil. Biasanya Anda juga tidur bersama anak-anak bukan? Kasur ini juga muat kok untuk dua hingga tiga orang. Selain lebih lapang, harga kasur ini juga lebih terjangkau.


King

Jika kasur ukuran Queen kurang lapang, maka Anda dapat memilih kasur ukuran King yang mempunyai dimensi 180 x 200 cm. Kasur ukuran ini juga biasa disebut dengan kasur nomor 1. Tidur menggunakan kasur ukuran ini akan lebih nyaman, karena lebih luas.


Super King

Kasur Super King merupakan ukuran kasur yang paling besar, dimensinya 200 x 200 cm. Cukup besar bukan? Kasur ini bisa untuk tiga hingga empat orang, lo, karena ukurannya sangat besar.

Kasur ini cocok untuk kamar dengan ukuran yang luas. Anda akan menikmati pengalaman tidur yang nyaman dan leluasa. Selain itu, jika Anda terbiasa tidur dengan anak-anak, kasur ini juga nyaman dipakai bersama dengan anak.


Rekomendasi Pilihan Kasur Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Setelah menimbang satu dan lain hal, akhirnya kami memutuskan memilih kasur ukuran 120 x 200 cm untuk kamar Na, ukuran kasur seperti yang digunakan kakaknya. Alasan kedua memilih kasur tersebut, jika ada tamu menginap. Maka kamarnya juga masih bisa digunakan untuk tamu, karena kasurnya nyaman digunakan untuk dua orang.

Setelah memilih ukuran kasur, kami akhirnya memutuskan untuk memilih domibed. Mengapa? Karena kasur domibed terbuat dari bahan terbaik sehingga nyaman digunakan dan tidur pun akan lebih nyenyak.

Itulah pengalaman kami saat memilih kasur, semoga informasinya bermanfaat ya dan tidak perlu lagi saat memilih kasur yang nyaman agar tidur lebih nyenyak.

13 komentar

  1. Wah kalau anak udah mulai besar wajib mempertimbangkan kasur ya mbak Dy. Aku jadi tau nih ukurannya. Biasanya bilang kasur gede aja 😂

    BalasHapus
  2. Aku tuh dulu mikirnya queen dan king tuh sama loh ukurannya. Ternyata beda ya! Emang si wajib tau ukuran kasur kalau mau beli atau yaa biar gak salah pilih pas booking penginapan.

    BalasHapus
  3. Baru tahu ternyata ukuran kasur sampai ada yang super king. Tahunya selama ini cuma sampe king aja, itu pun karena orang2 sering nyebutnya dengan king size wkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Ukuran kasur anakku juga single plus..biar nggak rebutan, bisa muat dua dalam satu ruangan haha. by the way, domi bed ini kasurnya kayak apa mbak? isinya busa apa angin ya?

    BalasHapus
  5. Hahaha aku jadi inget pernah order seprei aku pikir ukurannya queen donk ternyata single hahaha. Yup alhasil sepreinya segede gambrang hahhaa ya udinlah... suatu kesalahan yg membuatku belajar. Awam banget kalanitu

    BalasHapus
  6. Harus banget tau ukuran-ukuran kasur ini, apalagi kalau kita rumahnya tipe minimalis. Jangan sampai kita membeli kasurnya yang tidak sesuai dengan ukuran kamarnya, kan jadi berabe nantinya, ya

    BalasHapus
  7. Aku selama ini tahunya cuma single aja mbak, ternyata yang single size pun macam2 ya ukurannya.. Dulu di kosan pake yang single. Pas udah nikah ini pake queen size. Punya rumah sendiri dan ada anak, langsung ganti king size.. Hehe

    Kayaknya kalo super king itu standarnya yang dipake di hotel2 ya? Ya walaupun ada juga sih yang pake queen/king size biasa...

    BalasHapus
  8. Ini nih yang kalau mau stay di hotel atau resort, sering bingung kalau milih tipe kasur. Setelah baca dan lihat skema gambar di artikel ini, jadi paham deh.... Makasih ya kak...

    BalasHapus
  9. Perlu baget tahu hal seperti ini, apalagi kalau mau travelling biar tahu cukup ga buat tidur bareng teman kita. Kadang bingung ukuran-ukuran bed. Kalau untuk di rumah pake Queen

    BalasHapus
  10. bagian hal yang tidak pernah saya tahu, butuh juga tahu referensi ukuran kasur ya mbak. Maklum, saya tahnya cuma pake, dan so far, disesuaikan sama kebutuhan masing-masing ya

    BalasHapus
  11. Pasti si Bungsu excited ya mau dapat kamar sendiri. Kalau udah dapat kasur, lanjut sepreinya deh. Pernah salah beli seprei nih aku. Karena lupa memperhitungkan tebal matras/kasurnya. Jadinya kekecilan deh...

    BalasHapus
  12. Hihihi, baru tahu ada nama-nama ukuran bed nih, Mba. Saya suka yang ada bed bawahnya itu, sih. Sayangnya belum kesampaian. Tapi karena dimodifikasi, jadi punya bed di bawah juga, sih 🤭

    BalasHapus
  13. pengennya sih punya kasur ukuran king, tapi apa daya kamarnya kecil. jadi saya pakai kasur ukuran single plus. tapi buat anak mau banget nih yang super single, anak bisa tidur di satu kamar sebelum ada kamar tambahan ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih