Quality Time Melalui #SuamiIstriMasak Bareng

Rabu, 07 Desember 2022

  

quality time suamiistrimasak bareng


"Yuk, sini ta bantuin," ujar suami tanpa diminta, ketika melihat saya yang kewalahan di dapur. Kadang tiba-tiba suami datang untuk membantu mencuci peralatan masak yang belum sempat saya cuci. Kebiasaan saya sambil menunggu masakan matang, saya sekalian mencuci peralatan masak yang saya gunakan, sehingga begitu selesai memasak, tidak ada cucian yang menumpuk.

Mungkin karena suami melihat tumpukan cucian peralatan masak kok sehingga beliau menawarkan diri untuk membantu. Tidak perlu merasa sok kuat, saya pun mengiyakan bantuannya. Alhamdulillah dibantu, batin saya.

Bersyukur banget suami pengertian dan paham bahwa pekerjaan rumah tangga itu banyak sehingga perlu dikerjakan bersama-sama. Tidak hanya menjadi beban istri saja. 

Walaupun suami bukan tipe romantis, tetapi dengan perhatian seperti bantuan mencuci peralatan masak atau bantuan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya sudah membuat saya bahagia. Hal tersebut menurut saya sudah romantis. Hehehe receh ya bahagia saya.


Stigma Masyarakat

Mungkin bagi sebagian orang, seorang suami yang melakukan pekerjaan rumah tangga adalah hal yang aneh. Selama ini, banyak yang berpendapat bahwa suami dan istri mempunyai hak dan tanggung jawab masing-masing dalam rumah tangga.

Umumnya nih, kewajiban suami bekerja mencari nafkah, sedangkan kewajiban istri mengurus rumah tangga dan anak-anak. Padahal banyak pekerjaan atau kegiatan di rumah jika dilakukan bersama-sama akan memberikan hasil yang lebih baik.

Namun, berbeda dengan keluarga kami. Kebetulan saat ini kami sudah tidak menggunakan asisten rumah tangga. Sebelumnya masih ada asisten rumah tangga, walaupun tidak menginap. Sehingga pekerjaan rumah tangga dikerjakan bersama-sama.

Bagi kami berdua yang sama-sama bekerja di luar rumah, kami melakukan beberapa pembagian pekerjaan rumah tangga. Mulai dari menyapu, memasak hingga menyeterika baju. 

Bersyukur banget deh sama Allah, mertua mendidik suami yang notabene anak laki-laki juga melakukan pekerjaan rumah tangga. Suami tidak merasa tabu untuk membantu istrinya melakukan pekerjaan rumah tangga. 

Sobat Dy, selain memberikan hasil yang lebih baik, kegiatan bersama juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan. Bahasa gaulnya adalah 'We Time'. Quality time atau waktu yang berkualitas dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan #SuamiIstriMasak bareng.

Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah video tentang #SuamiIstriMasak Kecap ABC yang muncul di beranda media sosial saya. Saya penasaran dengan videonya, sehingga saya melihat videonya sampai habis.

Singkat cerita video tersebut menceritakan bahwa ada dua orang istri yang enggan dibantu masak oleh suaminya. Intinya mereka berdua enggan masak bersama dengan suami karena dapur akan kotor, Peralatan masak dibiarkan kotor.

Ternyata enggak, lo. Keberadaan suami yang memasak bareng dengan istri malah seru. Eits, kok saya jadi spoiler videonya hehehe. Daripada penasaran, yuk disimak videonya berikut :

 

Hal yang dikhawatirkan oleh keduanya tidak terjadi, ternyata memasak bersama suami itu menyenangkan. Video tersebut menjawab tantangan bahwa #SuamiIstriMasak bareng. Tuh kan mereka berdua sudah membuktikannya dan berhasil menjawab tantangan Kecap ABC bahwa masak bareng suami itu menyenangkan, tidak seburuk apa yang mereka pikirkan sebelumnya.


Kampanye #SuamiIstriMasak

Kecap ABC yang telah lama menjadi teman ibu di Indonesia, terutama saya nih mendukung kegiatan kolaborasi antara suami dan istri di dapur sehingga dapat menguatkan hubungan suami istri. Bahkan dapat menyatukan keluarga sehingga dapat menguatkan sesama anggota keluarga.

Ternyata kampanye ini sudah berlangsung sejak lama, lo Sobat Dy. Tepatnya sejak tahun 2018 kampanye #SuamiIstriMasak Kecap ABC membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. 

Pendapat masyarakat bahwa suami istri masak bareng di dapur tidak mungkin dilakukan, dapat dilakukan bersama Kecap ABC. Berikut rangkaian kegiatan kampanye #SuamiIstriMasak :

Tahun 2018

Kampanye inisiasi. Bermula dari ajakan agar istri mendukung suami memasak


Tahun 2019

Inisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. Kampanye yang mengajak suami agar mau membantu istri melalui hal sederhana yang dapat dilakukan di dapur.


Tahun 2020

Kolaborasi dengan menggunakan platform edukasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan.


Tahun 2021

Kolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur. Pasangan yang selalu kompak dimanapun berada, termasuk kolaborasi dalam pekerjaan domestik rumah tangga.

Tian, sapaan akrab Christian tidak sungkan untuk membantu Titi menyelesaikan pekerjaan di dapur. Tian tidak tega melihat Titi, istrinya sibuk di dapur dan kadang terlihat lelah saat menyiapkan makanan untuk keluarga saat akhir pekan.

Hal tersebut diiyakan oleh Titi, dia merasa tidak terganggu saat Tian bergabung di dapur, Justru Titi merasa terbantu dengan apa yang dilakukan Tian di dapur. 

Apalagi jika Tian terlibat dalam proses memasak, seperti takaran kecap yang harus sesuai dengan selera Tian, sehingga Tian sendiriyang menuang dan mencoba rasanya.


Menurut Susanne Migchels, Marketing and R&D Director Indonesia/PNG The Kraft Heinz yang dilansir dari Merdeka.com, bahwa kampanye #SuamiIstriMasak masak merupakan bagian dari Together at the Table atau Bersama di Meja. Kampanye ini menekankan pentingnya suami istri berkolaborasi menyajikan hidangan lezat dan bergizi bagi keluarga dan menikmatinya bersama-sama.


Quality Time Bersama Pasangan

Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan untuk menjaga kualitas hubungan dengan pasangan. Kencan di dapur juga seru lo. Walaupun memasak adalah kegiatan sederhana. Namun, jika dilakukan bersama dengan pasangan akan menyenangkan.

quality time bersama pasangan

Berikut manfaat memasak bersama pasangan sehingga menjadi saat yang istimewa :

Waktu berdua lebih banyak

Saya dan suami bekerja di luar rumah. Kami berdua berangkat dari pagi, pulang di sore hari. Suami saya pulang lebih larut karena lokasi kerja yang lebih jauh juga dari rumah. Praktis waktu kami bersama tinggal sedikit.

Sehingga dengan memasak bersama dapat menambah waktu kami berdua bersama lebih banyak.


Momen ngobrol intim

Tidak hanya sentuhan fisik yang dapat menjaga keintiman dengan pasangan, tetapi memasak bersama juga dapat menjaga keintiman dengan pasangan. Kadang diskusi yang mendalam dapat terjadi saat mencuci peralatan masak ataupun saat memotong sayuran.

Jangn lupa untuk saling memuji satu sama lain ya dan menunjukkan ketulusan memasak bersama.


Fokus tanpa gangguan 

Saat memasak bersama juga dapat menjadi kegiatan untuk mengalihkan perhatian dari  rutinitas harian. Saat kami memasak bersama pun telepon selular kami tinggalkan di luar dapur, sehingga kadang lupa untuk foto-foto. 

Seperti saat memasak Ayam Bakar Wong Solo, nanti resepnya saya bagikan ya. Lupa foto, minim banget fotonya, tapi tak apa yang penting kenangannya masih melekat di hati. Seru lo berdua di dapur tanpa gangguan.


Explore opsi masakan baru

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kegiatan masak bersama ini menjadi salah satu cara untuk mencoba resep baru. Kadang dari resep yang ada kami tiru persis, ada pula yang kami ubah sesuai dengan selera kami.

Selain itu, masakan yang dihasilkan juga lebih sehat, karena bahan yang digunakan tentu saja bahan pilihan.


Contoh baik bagi anak-anak 

Anak-anak dapat mengambil banyak hikmah dari kegiatan yang dilakukan bersam-sama antara ayah dan ibu. Mereka akan melihat bahwa orang tuanya dapat bekerjasama dengan baik, berbagi tugas dan kewajiban


Kecap ABC

Kenalan dulu dengan Kecap ABC, yuk Sobat Dy. Kecap ABC ini menjadi andalan ibu saya yang diwariskannya ke saya. Menurut Ibu saya perpaduan antara rasa dan warna kecapnya pas saat ditambahkan pada masakan. 

Kecap ABC dapat membuat masakan lebih kaya rasa, sehingga kami sekeluarga menyukainya. Saat tidak nafsu makan melanda, telur mata sapi hangat yang disiram kecap ABC dapat mengubah nafsu makanan yang semula hilang berubah menjadi lahap. Apalagi dipadukan dengan masakan lainnya, hmm tentu saja akan lebih nikmat.

Kecap ABC terbuat dari perasan pertama kedelai pilihan sehingga memberikan ekstrak rasa dan aroma yang maksimal menjadikan masakan lebih kaya rasa. Kecap ABC terbuat dari bahan pilihan, diantaranya gula, sari kacang kedelai, gandum air, garam, pewarna alami karamel iii dan iv, pengawet natrium benzoat, penstabil nabati, dan pengatur keasaman.

Kecap ABC dapat digunakan untuk masakan yang digoreng, ditumis, dan dipanggang, topping makanan seperti bubur dan bakso. Selain itu juga dapat digunakan untuk cocolan makanan seperti tahu goreng.


Ayam Bakar Wong Solo

Salah satu We Time kami berdua adalah masak bersama di dapur, karena suami senang mencoba masakan baru. Kadang saya mencari menu resep baru untuk variasi resep harian. Namun, kadang suami yang melakukannya, kemudian meminta untuk mencobanya.

Jika hasil percobaan menu baru sesuai dengan selera kami, maka menu tersbeut akan menjadi pilihan menu harian. Biasanya kami melakukannya saat kami berdua sedang libur kerja. Selain berdua dengan suami, kadang kolaborasi masak juga kami lakukan bersama anak-anak.

Apakah tidak heboh? Tentu saja heboh dan seru. Namun, banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas bersama ini. Tenang saja, kondisi dapur masih utuh kok, tidak hancur berantakan walaupun kami berlima heboh di dapur.

Salah satu resep yang menjadi kelinci percobaan kolaborasi saya dan suami adalah menu Ayam Bakar Wong Solo. Salah satu menu yang berhasil mencuri hati kami. Cita rasanya pas dan yang pasti menghabiskan nasi. 

Saat memasak bersama, selain sibuk dengan persiapan dan proses memasaknya, biasanya kami mengobrol bercerita tentang banyak hal. Banyak hal yang kami bicarakan mulai cerita tentang pekerjaan, kegiatan belajar anak hingga mengenang masa awal menikah. 

Maklumlah kegiatan saya dan suami cukup padat, sehingga saat bersama seperti ini kami gunakan untuk bercerita dan berdiskusi tentang  banyak hal. Kembali ke laptop, saya bagi resep Ayam Bakar Wong Solo ya. Saya memperoleh resepnya dari rumah belajar Boga Ibu Profesional Surabaya Raya. Resep ini juga sudah diuji oleh banyak ibu di dapurnya masing-masing. 

ayam bakar wong solo



Bahan :

1 Kg ayam kampung (saya menggunakan ayam negri), potong sesuai selera

Daun salam secukupnya

Sereh secukupnya, memarkan

Lengkuas secukupnya, memarkan

Gula merah secukupnya

Kecap manis ABC secukupnya

Kaldu jamur atau kaldu ayam (pilihan)

Garam secukupnya

Air kelapa sampai ayam terendam, jika tidak ada dapat diganti dengan air biasa, tetapi rasa yang dihasilkan akan berbeda


Bumbu halus :

Bawang merah

Bawang putih

Kemiri

Kunyit 

Jahe

Ketumbar

Merica butiran

Jinten (pilihan)

resep ayam bakar rumahan


Cara Membuat :

1. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai. Tumis hingga harum dan matang.

2. Masukkan air kelapa, gula jawa, kecap manis ABC, kaldu.

3. Masak hingga air berkurang. Tes rasa

4. Bakar ayam yang telah selesai dimasak, siram dengan bumbu yang tersisa.

5. Taraa Ayam Bakar Wong Solo siap dinikmati

Sambal bajak dapat juga digunakan sebagai pelengkap. So yummy.

Cobain deh resepnya. Dijamin nagih. Tidak perlu ragu mencoba, kecap ABC yang kaya rasa akan menghasilkan hidangan yang disukai anggota keluarga.

Apakah Sobat Dy, menangkap satu hal unik dari kecap yang saya gunakan? Selain isinya Kecap ABC yang legendaris, botolnya juga legendaris, lo. Botol hadiah dari Kecap ABC tersebut awet digunakan, tidak pecah dan telah menemani keluarga kami sejak saya belum menikah. Kebayang bukan sudah berapa lama kami menggunakan Kecap ABC.

Betul kata ibu saya, tentang perpaduan warna kecap dan rasanya, Kecap ABC tidak ada tandingannya. Sehingga saya pun jatuh hati pada Kecap ABC. Silakan mencoba resepnya bersama pasangan dan buktikan keseruannya.


Penutup

Pandangan masyarakat bahwa #SuamiIstriMasak merupakan hal yang tidak mungkin terjadi dapat dipatahkan oleh kampanye #SuamiIstriMasak Kecap ABC. Terbukti Titi Kamal dan ibu lainnya, termasuk saya merasa terbantu dengan hadirnya suami di dapur untuk memasak bersama atau melakukan hal sederhana di dapur untuk membantu istri.

Banyak manfaat yang dapat dipetik dengan kolaborasi suami istri memasak bersama, selain akan mendapatkan menu yang sesuai dengan selera bersama dan anggota keluarga lainnya.  Manfaat lainnya adalah akan meningkatkan kualitas hubungan bersama pasangan. Yuk, ajak suami untuk masak bareng dan rasakan sensasi serunya.


Referensi

www.merdeka.com

16 komentar

  1. Selain ayam bakar itu biasanya masak apa lagi mbak sama suami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat puding, nasi goreng, mie goreng, atau masakan yang direquest suami mbak

      Hapus
  2. Kecap ABC kecap favorit saya. Masak ayam kecap, ayam bakar semua pakai kecap ABC enak. Apalagi yang bakarnya suami jadi tambah enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk bener banget mbak, suamiku tuh sampai tetes bumbu terakhir, lo, nyenengin lihatnya

      Hapus
  3. Resepnya bikin pengen coba buat bareng paksu. Pas banget kalau ada bagian bakar gitu biasanya paksu suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mbak cobain, ntar nagih deh, gampang kok buatnya, yang sulit ngulek bumbu halusnya, nah kalau ini saya pakai blender aja, nyerah kalau nguleg dalam jumlah banyak

      Hapus
  4. Huhuhuuu aku belum pernah masak berdua suami. Selama ini juga sering beli lauk aja. Emang butuh waktu yang tepat yaaa buat bisa masak bareng gituh. Palagi ditambah sama anak-anak pasti bakalan seru banget

    BalasHapus
  5. Tipe suami romantis mungkin memang diidamkan semua perempuan yaaak, tetapi memang aku pribadi juga lebih suka cowok yang diem-diem tapi perhatian, diem-diem bantuin masak, diem-diem bantuin nyuci, diem-diem kasih sminmey, astaghfirullah wkwkkww.

    Semangat yaaa Kak dyaahh!

    BalasHapus
  6. Aku mau izin niru resepnya ah ... Hihi, buat ide masak bareng suami, biar makin mesra.. 😁😁

    BalasHapus
  7. Untuk urusan kecap, orang-orang di rumah saya termasuk yg suka sama kecap ABC. Rasa manisnya nggak bikin eneg.

    Btw, resepnya oke juga tuh. Kapan-kapan recook ahh, wqwqwq

    BalasHapus
  8. Bener banget kalau collab suami istri masak bisa jadi contoh buat anak-anak. Kalau klaki2 juga harus bisa memasak dan membantu istri/ ibu di dapur. Salah satu life skill penting buat anak.

    BalasHapus
  9. Senang ya kalau pas lagi hectic di dapur eh dapat penawaran bantuan. Bahagia sekali itu. Pelajaran banget kalau punya anak laki, kudu ngajarin masuk dapur biar bisa quality time masak gitu.

    BalasHapus
  10. Resep ayam bakar wong solo nya perlu dicoba nih, masaknya bareng suami hihi
    Masak bareng suami emang tricky sih kak tapi asiik

    BalasHapus
  11. Asli sih masak bareng pasangan itu jadi quality time banget. Kampanye suami istri masak bareng mudah-mudahan menjadi motivasi untuk setiap keluarga untuk mencoba menjadikan dapur menjadi tempat istimewa di hati setiap pasangan

    BalasHapus
  12. masak bareng di dapur jadi aktivitas yang menyenangkan bukan hanya bersama pasangan, bisa juga bersama anak-anak. Appreciate sekali apa yang dilakukan Kecap ABC karena menguatkan peran ayah bukan sekedar mencari nafkah

    BalasHapus
  13. senangnya bisa masak bareng suami ya, jadi lebih seru, makin nambah deh mesranya hehe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih