Ketahui Manfaat Membaca Nyaring Untuk Anak

Sabtu, 24 September 2022

manfaat membaca nyaring


Kali ini saya  ingin mengajak Sobat Dy untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan membaca nyaring sekaligus manfaatnya. Kegiatan yang sederhana ini selain dapat meningkatkan bonding dengan anak juga dapat mengenalkan anak berbagai kosakata. 

Selain itu orang tua memberikan pengalaman membaca pada anak, sehingga dapat menumbuhkan minat baca. Jika orang tua melakukannya secara rutin maka manfaat membaca nyaring akan lebih banyak dirasakan oleh anak sehingga akan berdampak pada tumbuh kembangnya.

membaca nyaring adalah


Secara umum membaca nyaring merupakan kegiatan membaca dengan menyuarakan tulisan yang dibacanya dengan intonasi yang tepat sehingga pendengar dapat menangkap informasi yang disampaikan dengan benar.

Roosie Setiawan, penerjemah buku The Read-Aloud Handbook karya Jim Trelease sekaligus penulis buku Membacakan Nyaring turut mengenalkan membaca nyaring di indonesia. Saat ini sudah banyak praktisi bersertifikasi yang mengajak orang tua Indonesia untuk melakukannya di rumah.

Umumnya kegiatan membaca nyaring dilakukan oleh ibu kepada anaknya. Namun, kegiatan ini tidak memandang usia. Siapapun dapat dibacakan buku bahkan orang dewasa sekalipun.


Manfaat Membaca Nyaring 

Kegiatan membaca nyaring tidak hanya cerita pengantar tidur atau menghibur saja. Namun, jika secara dilakukan rutin maka akan memberi banyak manfaat bagi anak yang mendengarnya. Diantaranya :

manfaat membaca nyaring


Meningkatkan bonding atau ikatan antara orang tua dan anak

Membaca nyaring adalah kegiatan sederhana yang tidak dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya. Mungkin selama ini ibu dapat menemani anak bermain sembari memasak atau melakukan kegiatan lainnya.

Berbeda dengan membaca nyaring. Orang tua hadir seutuhnya dan melakukan interaksi dengan anak. Baik membicarakan isi buku, tanya jawab, senda gurau bahkan berpelukan. Hal ini salah satu cara untuk mengatasi masalah komunikasi dalam keluarga.


Mengoptimalkan perkembangan otak

Otak bayi memerlukan rangsangan untuk menyambungkan sel-sel otak yang jumlahnya jutaan. Otak bayi tidak sama dengan otak manusia dewasa. DImana otak manusia dewasa telah terhubung satu sama lain.

Salah satu bentuk rangsangan untuk menyambungkan sel-sel otak anak adalah dengan membacakan buku dengan suara nyaring atau keras, sehingga informasi dapat diserap anak dengan baik.


Mengenal dan melatih kemampuan mendengar

Mendengar merupakan tahap awal pengalaman literasi anak sebelum anak dapat membaca. Mendengar tidak hanya mengenali suara, tetapi juga keterampilan yang melibatkan perhatian dan pemahaman yang dimiliki anak sebelum mereka membaca sendiri.

Kegiatan ini dapat mengoptimalkan fungsi pendengaran anak. Anak akan mengenal dan memahami arti kata yang disebutkan dan berusaha mengingatnya. Anak juga akan mengenal intonasi, jeda dan volume suara.


Membantu perkembangan kognitif dan keterampilan bahasa

Manfaat membaca nyaring lainnya adalah membantu perkembangan kognitif dan keterampilan bahasa. Pada bagian tertentu, orang tua dapat mengajarkan tentang tanda baca, intonasi, arti kata sulit atau kosakata, pengetahuan internal atau eksternal dari teks atau gambar yang dibaca atau dilihat.

Kosakata dalam buku yang dibacakan mungkin tidak ditemukan dalam percekapan sehari-hari, sehingga dengan membaca nyaring anak dapat menambah kosakata baru.

Diskusi atau tanya jawab yang dilakukan terhadap cerita yang dibacakan akan membantu perkembangan kognitif anak.


Meningkatkan konsentrasi

Saat orang tua membacakan cerita dengan nyaring anak akan mendengarkan sekaligus mengembangkan konsentrasinya. Selain itu akan melatih anak untuk mendengarkan cerita hingga selesai.


Membantu perkembangan sosial dan emosional

Membacakan cerita dengan suara nyaring memungkinkan orang tua untuk menjelaskan berbagai keadaan sesuai dengan jalan cerita di dalam buku. 

Hal ini juga dapat menjadi kesempatan orang tua untuk menjelaskan dan berdiskusi terkait situasi tertentu dan cara mengatasinya. 

Misalnya cerita saat bertamu ke rumah teman, anak diminta mengetuk pintu, tidak masuk rumah sebelum diijinkan pemilik rumah. Saat berada di tempat umum, anak tidak berteriak-teriak sehingga mengganggu orang lain, dan lainnya.

Orang tua juga dapat mengenalkan ragam emosi pada anak. Sehingga anak dapat mengenali emosi dan memberikan respon yang tepat. 

Misalnya saat permennya jatuh, anak sedih bahkan menangis, anak dikenalkan bahwa itu emosi sedih. Keinginannya tidak terpenuhi, anak marah, anak dikenalkan bahwa itu emosi marah. Boleh marah tetapi tidak berlebihan apalagi sampai merusak barang atau menyakiti dirinya sendiri.


Memberikan informasi tentang lingkungan

Membaca nyaring dengan membacakan berbagai jenis cerita dapat membantu orang tua memberikan informasi dan mengajarkan banyak hal tentang lingkungan sekitar bahkan dunia dan alam semesta.  


Cara Membaca Nyaring

Sebelum membaca nyaring, sebaiknya orang tua membaca dan memahami cerita terlebih dahulu, sehingga dapat membacakan dengan baik dan dapat berkreasi saat membacakannya.

Berikut adalah beberapa cara untuk membaca nyaring :

cara membaca nyaring


Suara nyaring

Suara yang nyaring tentu saja dibutuhkan saat membaca nyaring, sehingga anak dapat mendengar dengan jelas cerita yang dibacakan.


Membaca lancar

Membaca dengan lancar juga diperlukan sehingga anak dapat memahami isi cerita dengan baik.


Pelafalan jelas

Selain lancar, pelafalan setiap kata harus jelas. Pelafalan yang tidak jelas akan membuat anak salah mendengar dan salah mengartikan kata yang diidengarnya.


Intonasi tepat

Membaca nyaring dengan intonasi yang tepat akan nyaman didengarkan. Naik turunnya nada pada setiap kata akan membuat anak tertarik untuk mendengarkan


Interaksi dengan anak

Bangun interkasi dengan anak. Salah satu caranya denagn menanyakan apa warna sampul bukunya, siapa tokoh ceritanya, apa yang dialamitokoh cerita dan lain sebagainya. 


Kurang lebih itulah tips membaca nyaring yang dapat dilakukan. Sobat Dy juga dapat mencontoh apa yang dilakukan Roosie Setiawan berikut 



Kendala Yang Mungkin Ada

Walaupun membaca nyaring adalah sebuah kegiatan yang sederhana, tidak menutup kemungkinan akan ada kendala saat melakukannya. Diantaranya :


Orang tua yang sibuk

Setiap keluarga mempunyai kebijakan masing-masing dalam mengelola rumah tangganya. Kadang tuntutan hidup membuat orang tua sibuk untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Naamun, setidaknya orang tua tetap meluangkan waktu 10-15 menit sehari untuk membacakan buku, karena membaca nyaring itu tak harus membaca satu buku selesai dalam sekali duduk, tetapi bisa bertahap beberapa halaman dahulu.

Kegiatan ini juga dapat dilakukan disela-sela aktivitas lainnya, atau kegiatan rutin sebelum tidur. Duduk sejenak dengan anak untuk membacakan buku.


Anak kurang antusias

Anak kurang antusias saat dibacakan buku, strateginya anak dapat memilih buku sendiri.

Saat membacakan buku banyak melakukan interaksi seperti mengeksplorasi ilustrasi buku (gambarnya apa, warnanya apa, ada berapa gambar), sehingga anak akan tertarik untuk melihat buku. 


Setelah mengetahui manfaat membaca nyaring, apakah Sobat Dy tertarik untuk melakukannya? Atau sebetulnya Sobat Dy telah melakukannya. Yuk, ceritakan di kolom komentar bagaimana pengalaman Sobat Dy, saat membaca nyaring bersama anak-anak.


Referensi

https://siedoo.com/berita-28775-membaca-nyaring-ternyata-memiliki-banyak-manfaat-bagi-anak/

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-read-aloud-atau-membaca-nyaring-bagi-anak

https://bobo.grid.id/read/082875896/mengenal-cara-dan-tujuan-membaca-nyaring-materi-kelas-3-sd-tema-2?page=all

20 komentar

  1. Wah terima kasih mbak untuk ulasannya yang sangat lengkap.

    Membaca nyaring memang sangat banyak manfaatnya, hal yang paling terasa untuk anak saya salah satunya adalah melatih konsentrasi. Maklum anaknya lumayan aktif, tapi kalau sudah dibacakan nyaring biasanya dia anteng mendengarkan.

    BalasHapus
  2. Manfaat membaca nyaring banyak ya ternyata. Jika konsisten dilakukan, anak akan terstimulasi dalam sejumlah hal sekaligus.

    BalasHapus
  3. Anak kurang antusias saat ini jadi masalah saya. Entah mungkin karena anak lebih tertarik sama gadget kali ya. Jadi minat membaca nya saat ini kurang. Saya harys lebih semangat nih meningkatkannya

    BalasHapus
  4. Saya paling suka membaca nyaring bersama anak-anak, apalagi kalau anak-anak menirukannya setelah itu. Yang gak sukanya adalah mereka terus²an meminta saya untuk membaca nyaring, mana mata udah ngantuk, badan dah capek, laaaah disuruh membaca nyaring *tidaaaaaaak

    BalasHapus
  5. Banyak banget ya ternyata manfaat membaca nyaring untuk anak. Aku hobi sekali membaca nyaring ke anak sulungku. Pas ada adik-adiknya malah keteteran, ga sesering itu membaca nyaring ke adik-adiknya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. senasib mbak, ini saya mau mulai lagi seperti saat anak masih 1, semangat mbak

      Hapus
  6. Membaca nyaring memang punya banyak manfaat ya mbak
    Apalagi untuk anak anak
    Makanya layak untuk terus disebarluaskan

    BalasHapus
  7. Kadang tuntutan hidup membuat orang tua sibuk untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Ya benar sekali. Padahal banyak sekali manfaatnya membaca nyaring. Pingin menerapkan tapi belum terealisasi secara rutin

    BalasHapus
  8. ibu sy jg dulu sering membaca dongeng dr buku dgn suara nyaring dan intonasi suara yg bgs. Jd kami sebgai anak yg mendengarkan makin tertarik dgn ceritanya

    BalasHapus
  9. Bnayak manfaat membaca nyaring ya...setuju kalau anak kurang antusias saat dibacakan buku, strateginya anak dapat memilih buku sendiri. Kalau bukunya mereka suka lebih semangat pastinya

    BalasHapus
  10. Aku pernah coba teknik read aloud ini ke anakku, tapi agak susah karena anakku maunya sambil buka-buka bukunya atau harus ada sesuatu untuk memvisualisasikan isi buku. Seru sih, tapi tantangan banget kalo buat anakku

    BalasHapus
  11. aku ngerasain banget manfaatnya membaca nyaring ini. Anak-anak ikut baca buku dengan gaya dan intonasi yang menyenangkan. Udah gitu, mereka lebih lancar baca looh...seneng deh

    BalasHapus
  12. aku tim membaca nyaring mbak hihihiu dan memang manfaatnya kerasa meski memang gak instan langsung terlihat hasilnya, minimal anak jadi ketagihan baca, dan mulai paham saat kutanya, "bukunya tentang apa ya ini?"

    BalasHapus
  13. anak-anak saya sekarang juga sudah mulai suka mbak dibacain buku padahal dulu-dulu kayak nggak mau gitu. tapi ya kadang suka rebutan gitu siapa yang duluan dibacain sampai berantem. heu

    BalasHapus
  14. Banyak banget manfaat membaca bagi anak ya Mba. Harus dirutinkan dan dibiasakan membaca sejak dini bagi anak biar mereka jadi suka buku

    BalasHapus
  15. Aku membaca Buku "Read Aloud" dan terpukau dengan manfaat jangka pendek dan jangka panjangnya dari membaca nyaring ini. Berdasarkan penelitian, anak-anak di usia dewasa (17 tahun) yang memiliki kenangan membaca nyaring saat kecil, akan mudah menyaring berita dan memiliki kemampuan dalam observasi masalah lebih dalam daripada anak-anak tanpa kenangan tersebut.

    MashaAllah~
    Investasi waktu ini penting sekali untuk masa depan tumbuh kembang anak-anak.

    BalasHapus
  16. saya sering membacakan cerita untuk keponakan saya dengan nyaring, dan memang terasa sekali manfaatnya baik untuk saya maupun juga anak-anak kecilnya

    BalasHapus
  17. Waktu keponakan masih tinggal bareng saya, saya sering bacakan cerita juga. Dengan harapan mereka bertumbuh dengan literasi yang bagus. Anak kecil itu suka lho.

    BalasHapus
  18. Anak-anak biasanya tertarik sama gambar-gambar di buku tapi ngga tahu isi ceritanya.
    Memang manfaatnya membaca nyaring ini banyak sekali,yang kerasa melatih konsentrasi anak, menambah kosakatanya anak-anak.
    Lewat membaca nyaring saya juga suka menyelipkan nasihat dari isi cerita. Lebih mudah dipahami anak, dibandingkan kasih nasihat aja.

    BalasHapus
  19. Jadi ingat waktu anak aku kecil sering bacain cerita2 dengan membaca nyaring. Mereka mendengarkan dan fokus lho. Jadi lebih mudah paham dan betul banget meningkatkan bonding antara mama dan anak2.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih