Daftar Google News Yuk, Agar Artikel Cepat Terindeks

Jumat, 30 September 2022

daftar google news


Sobat Dy pernah enggak mengalami artikel yang sudah lama terbit ternyata tidak terindeks? Hiks saya pernah, lo. Sedih deh rasanya jika artikel tidak dikenali mesin pencari. 

Sebelumnya sudah pernah diberi tahu oleh salah satu mentor. Jika ingin artikelnya cepat dikenali mesin pencari, maka segera lakukan inspeksi URL di Google Search Console. Caranya dengan menyalin link artikel, kemudian tempel di kolom kaca pembesar. Klik enter.

Jika ada keterangan 'URL is on Google', berarti link sudah terindeks di Google. Namun jika didapatkan keterangan 'URL is not on Google', maka klik minta pengindeksan. 

Akhirnya sayapun mengikuti langkah-langkah tersebut, agar artikel lama tersebut segera terindeks. Bagaimana hasilnya? Berhasil! Senang dong pastinya.

Selain meminta pengindeksan agar artikel cepat terindeks, ternyata ada cara lain, lo. Infonya caranya sederhana yaitu dengan daftar Google News. Dengan cara ini artikel akan lebih cepat terindeks oleh Google.


Pengertian Google News

Google News adalah sebuah layanan Google yang menyediakan konten berita yang berasal dari berbagai website di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia tentunya. Selain itu, tampilan Google News menarik dan intuitif sehingga mudah diakses oleh siapa saja.

Hal menarik lainnya adalah layanan fitur ini tidak dipungut biaya oleh Google dengan kata lain gratis. Penggunanya pun tidak diwajibkan log in untuk dapat menikmati layanan ini.

Keunggulan lainnya adalah kemudahann bagi pengguna untuk mendapatkan berita  berdasarkan topik, lokasi atau sumber berita.

Apakah blog pribadi bisa didaftarkan ke Google News? Sangat bisa Sobat Dy, walaupun blog kita bukan blog berita. 

Namun, tetap ada syarat dan ketentuan yang berlaku lo ya. Minimal blog kita tidak berisi  artikel atau konten yang mengandung unsur ujaran kebencian, SARA, pornografi, judi, dan hal negatif lainnya. 

Sebuah keberuntungan bagi narablog jika artikelnya mendapat tempat di Google News.


Manfaat Daftar Google News

Trafik organik adalah trafik pengunjung yang mengunjungi blog kita melalui mesin pencari Google Search. Trafik organik merupakan salah satu sumber trafik blog yang paling penting

Namun, trafik organik tidak hanya berasal dari trafik mesin pencari, tetapi juga dapat diperoleh dari personalisasi artikel yang berada di Google News.

Berikut manfaat daftar Google News :

1. Lebih mudah masuk ke halaman pertama mesin pencari

Google News akan menempatkan artikel yang unik dan berkualitas dalam daftar Berita Utama. Kondisi ini dapat diartikan bahwa website kita telah layak berada di posisi atas mesin pencari.

Tentu saja hal ini tidak mudah. Kita juga harus membuat artikel SEO. Jika kita memanfaatkan Google news secara optimal, maka posisi teratas Google bukanlah hal yang mustahil.


2. Bertambahnya jejak pengunjung

Jika artikel dalam blog kita mudah ditemukan, maka semakin besar kemungkinan blog kita dikunjungi. Pengunjung yang berasal dari hasil pencarian di mesin pencari merupakan trafik yang berkualitas.

Mengapa begitu? Karena pengunjung akan datang lagi di kemudian hari untuk membaca artikel yang dibutuhkannya.

 

3. Sebagai media branding yang efektif

Jika blog berisikan artikel yang bagus dan dibutuhkan pengunjung, maka hal inilah yang akan membuat pengunjung  sering datang ke blog kita. 

Selain itu kita akan dianggap ahli pada bidang tersebut. Hal tersebut akan membangun brand untuk blog kita.


4. Memperoleh kesempatan untuk mendapatkan banyak backlink

Backlink merupakan tautan yang di sebuah website yang mengarah ke website lain. Peran backlink dalam meningkatkan kredibilitas blog sangat besar, lo.

Ketika artikel kita direkomendasikan oleh Google News, maka artikel kita akan menjadi referensi terupdate tentang suatu topik.

Semakin banyak backlink yang kita dapatkan, maka semakin terpercaya dan layak blog kita  dikunjungi.                                                                                                                                                                                                                                                                                            

5. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan

Sebuah hal yang wajar jika blogger mempromosikan artikelnya bukan. Google News berpotensi mendapatkan trafik organik ke blog kita tanpa biaya sedikitpun.


6. Artikel lebih cepat terindeks oleh Google

Seperti kasus saya tadi artikel yang telah lama terbit belum terindeks Google. Hal ini tidak terjadi jika blog telah didaftarkan ke Google News. 

Menurut testimoni beberapa rekan blogger yang telah mendaftar Google News, beliau tidak lagi melakukan permintaan indeks di Google Search Console. Namun, artikelnya sudah terindeks oleh Google. 


Cara Daftar Google News

Tak perlu menunggu lebih lama lagi. yuk segera daftar Google News dan Sobat Dy akan segera menikmati serangkaian manfaatnya. Berikut adalah cara daftarnya : 

1. Masuk dengan akun Google. Gunakan akun yang sama dengan akun blog, akun Google Analytic dan akun Google Search Console, ya.

2. Masuk ke pendaftaran Google News.

form daftar google news

3. Klik tambah publikasi. Selanjutnya muncul pop up yang perlu diisi, yaitu baris pertama Nama Publikasi, Sobat Dy dapat menggunakan nama blog, misal Ragam Cerita Dyah Kusuma atau nama lain. Isi properti situs utama dengan situs blog Sobat Dy, misal https://www.dyahkusumautari.com/. Baris ketiga isi lokasi

Centang juga keterangan "Dengan mencentang kotak ini ... negara pilihan Anda. Kemudian klik tambah publikasi

4. Setelah itu Sobat Dy akan diarahkan ke draft publikasi atau setelan publikasi. Klik setelan publikasi.

5. Ada dua bagian pada tahap ini, yaitu bagian Umum dan Gaya Visual. 

Pada bagian Umum, Sobat Dy akan diminta untuk mengisi :

  1. Nama publikasi, yang berisi properti situs utama dan lokasi
  2. Informasi dasar, yang berisi nama publikasi dan bahasa utama
  3. Lokasi, pilih Indonesia
  4. URL properti situs utama, isi link blog  yang tadi didaftarkan, klik verfikasi dalam search console
  5. URL properti situs lainnya, jika tidak ada dikosongi saja
  6. Kontak, klik tambahkan kontak baru isi dengan email yang sama. Jika Sobat Dy menambahkan kontak baru dan mencentang pilihan 'technical issues' dan atau 'product updates', maka jika ada perubahan akan dikirimkan melalui email yang didaftarkan. Jika tidak mau menambahkan kontak juga tidak mengapa.

Pada bagian Gaya Visual. Untuk bagian ini, siapkan dulu logo dengan ukuran yang direkomendasikan, yaitu 1000 x 1000 pixel atau 512 x 512 pixel dengan format PNG atau JPG. 

Sedangkan untuk logo persegi sebaiknya menggunakan ukuran 400 x 40 pixel atau 200 x 20 pixel. Sertakan nama publikasi dalam teks yang dapat dibaca. Sobat Dy dapat menggunakan header.

Untuk kolom font, dapat diisi atau dilompati. Kemudian klik simpan.

6. Selanjutnya klik edit pada Google News. Akan muncul tiga bagian yaitu Umum, Setelan Konten, dan Tinjau dan Publikasikan.

Pada bagian Umum, pada informasi dasar, kategori publikasi dapat dipilih sesuai pilihan Sobat Dy. Saya memilih Gaya Hidup Wanita

Pada Distribusi, untuk negara, pilih seluruh dunia. Untuk properti Google, pilih izinkan semua properti. klik berikutnya.

google news

Pada bagian Setelan Konten, klik Rubrik Baru, klik feed. Pada pop up feed isikan nama judul. Pada kolom URL feed RSS ketik https://www.dyahkusumautari.com/feeds/posts/default?alt=rss. Ganti tulisan warna ungu dengan blog Sobat Dy. Pada view access pilih anyone. Klik tambahkan. Pada tahap Grup akses klik tambahkan, kemudian isi nama grup dan email. Klik simpan

7. Pada bagian tinjau dan publikasikan. Jika muncul notifikasi Tayang, Sobat Dy bisa langsung klik Tayang. Jika tidak ada maka tinjau lagi dengan cara klik Tinjau untuk menindaklanjuti bagian yang perlu diperbaiki. 

Jika sudah diperbaiki semua. Pada tinjau persyaratan dan layanan kami klik Tinjau. Klik publikasikan. Tunggu beberapa saat hingga muncul artikel pada bagian Setingan Konten. Jika belum muncul klik Muat Ulang dan tunggu beberapa saat.

Jika artikel sudah muncul klik berikutnya. Selanjutnya pada bagian Tinjau dan Publikasikan klik publikasikan.

Selanjutnya Google akan meninjau proses pendaftaran ini. Sabar ya, prosesnya membutuhkan waktu sekitar satu hingga tiga minggu. Sedangkan saya sendiri membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Jika prosesnya gagal, Sobat Dy bisa melakukan pendaftaran ulang.

tampilan di publisher


Berikut tampilan saat proses menunggu persetujuan dan setelah disetujui Google untuk tampil di Google News.

Bagaimana Sobat Dy proses pendaftaran Google News? Mudah bukan? Yuk, daftar Google News, agar artikel Sobat Dy cepat terindeks.

Jika artikel blog Sobat Dy berhasil ditampilkan di Google News, maka kesempatan berada pada posisi teratas di mesin pencari terbuka lebar. Selamat mencoba. Happy blogging.



18 komentar

  1. Saya baru tahu Google News ini, dan stepnya mudah, Mbaknya sudah menjelaskan dengan komplit, mau coba deh. Makasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Komplet penjabarannya, step by step. Makasih lho, Mbak. Insyaallah dicoba.

    BalasHapus
  3. google news memang berguna banget buat blogger, biasa untuk menyiasati lamanya pengindeksan oleh google search.

    BalasHapus
  4. Ilmu baru ya mba...dulu sama sekali ga ngeh dengan ilmu2 seperti ini

    BalasHapus
  5. Manfaatnya memang banyak bgt mendaftar google news. Semoga dengan daftar Google news, kita jadi semakin semangat ngeblog nya yaa mbak.

    BalasHapus
  6. Ternyata msh banyak ya produk google yang bs membantu perjalanan ngeblog kita. Tetap semangat berbagi dan belajar, yuk!

    BalasHapus
  7. Google news memang membantu banget untuk mengoptimasi artikel yang kita publish, ga ada lagi drama-drama ga ke indeks atau waktu yang lama untuk pengindexan. Semuanya jadi express dengan google news

    BalasHapus
  8. Nah ini google news yang wajib kita praktikan karena bisa menjangkau pengunjung lebih banyak disegala penjuru dunia

    BalasHapus
  9. Awal mula kenal Google news ini sangat senang, karena beberapa waktu kemudian menjadi lebih menyenangkan ketika lihat, ternyata artikel sudah muncul.

    BalasHapus
  10. Manfaatnya banyak dan langkah2nya pun tidak terlalu sulit ya untuk mendaftar google news ini, yuks langsung praktek&jd tambah semangat ngeblog

    BalasHapus
  11. Saya kemaren bermasalah gara2 logo yang dikasih ke gnews beda sama logo blog wkwk. Langsung panik

    BalasHapus
  12. Mantaap.. Semoga setelah pasang gnews bisa kita manfaatkan dengan maksimal ya mbak. Katanya setelah pasang gnews ini memang pengaruh ke PV juga, tapi aku belum pernah ngecek langsung sih hehe

    BalasHapus
  13. Semoga keterima daftar google news. Saya belum ngecek apa sudah dpat surat dari google news apa belum hehe

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah aku sudah daftar. Emg penting bgt sih daftar ini. Pas lagi lupa gak manual indexing di GSC, artikel auto ke index pake google news ;) lumayan apalagi pas udah keindex eh nangkring di pejwan wkwk

    BalasHapus
  15. Bahagia banget bisa pasang Google news...ternyata sangat membantu, tanpa repot inspeksi url artikel sudah auto terindeks oleh google. Manfaat sekali artikelnya, mbak.

    BalasHapus
  16. Detail sekali tulisannya, jelas dan gampang dipahami. Bisa langsung nggeh bacanya.

    BalasHapus
  17. Saya tuh paling sering submit artikel tapi pas beberapa waktu kemudian di cek, belum terindeks. Kesel jadinya. Padahal sudah SEO friendly lo... Setelah baca artikel ini, saya jadi tahu sebabnya. Solusinya ya harus segera daftar google news... Yuk cuss ah...

    BalasHapus
  18. Mantap banget dengan adanya Google News ini ya, Mbak. Lebih sat set terindeks artikel kita daripada repot-repot inspect GSC :D

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih