Cara Kirim Naskah Ke Rubrik Ah Tenane

Jumat, 28 Oktober 2022

cara kirim naskah


Sobat Dy, masih ingat cerita saya beberapa waktu lalu tentang program lanjutan setelah masuk dalam komunitas One Day One Post atau biasa disingkat ODOP? Salah satu program lanjutan yang saya ikuti adalah ODOP Tembus Media yang biasa disingkat OTM.

Tim penyusun telah menentukan media apa saja yang dituju peserta untuk mengirim naskah. Kali ini tugasnya adalah mengirim naskah ke Rubrik Ah Tenane, salah satu rubrik di harian Solopos.


Media Solopos

Sebelum membahas lebih jauh, kenalan dulu yuk dengan media Solopos sebuah koran yang terbit di Solo. Solopos tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk fisik, tetapi juga dapat dinikmati dalam bentuk digital di www.solopos.com. 

Website solopos.com diluncurkan pada 19 September 2017 yang bertepatan dengan HUT ke-10 Harian Solopos. Solopos.com merupakan bagian dari Solopos Media Group (SMG). Informasi yang disajikan tidak hanya terkait berita Solo dan sekitarnya, tetapi juga informasi nasional dan dunia. 


Rubrik Ah Tenane

Ada beberapa rubrik yang ditawarkan oleh Solopos, diantaranya News, Sport, Lifetime, Regional, Otomotif Teknologi Entertainment, Bugar Index, Ah Tenane. Rubrik Ah Tenane adalah sajian istimewa dari Solopos. Pemuatan ilustrasinya berada di halaman depan, sedangkan isi ceritanya berada di halaman dalam (biasanya di halaman 4)

Rubrik Ah Tenane berisi cerita lucu, unik, atau memalukan yang dialami penulis atau orang lain. Hal unik lainnya adalah nama yang digunakan dalam cerita menggunakan nama khusus. Hubungan antar tokohnya bisa siapa saja, misalnya pasangan suami istri, hubungan antara atasan dan bawahan, dan lainnya.

Tokoh laki-laki menggunakan nama Jon Kolplo dan Tom Gembus, sedangakan tokoh perempuan menggunakan nama Lady Cempluk dan Genduk Nicole. Keempat tokoh tersebut dapat dipakai semua, boleh juga salah satu atau sebagian tokoh.

Setiap hari, Solopos membutuhkan satu cerita Ah Tenane, kecuali hari Minggu dan hari libur nasional lainnya. Kesmepatannya cukup besar ya kan?


Cara Kirim Naskah ke Rubrik Ah Tenane

Berikut tata cara mengirim naskah ke rubrik Ah Tenane :

  1. Naskah ditulis menggunakan file MS Word
  2. Panjang naskah sekitar 1-2 halaman A4
  3. Menggunakan font Times New Roman font 12
  4. Spasi 1,5 dan menggunakan margin original MS Word
  5. Cantumkan biodata sesuai KTP dan nomer rekening Bank
  6. Lebih disukai menyertakan foto diri dan foto KTP
  7. Naskah dilampirkan dan dikirim melalui email ke redaksi@solopos.co.id dengan subyek Ah Tenane
  8. Beri kata pengantar dnegan bahasa yang sopan kepada redaksi di badan email.
Jika naskah Sobat Dy diterima dan ditayangkan di rubrik Ah Tenane, maka honor yang akan diterima sebesar Rp. 75.000 (tujuh puluh lima ribu rupiah). Honor akan ditransfer ke rekening penulis sekitar sebulan setelah pemuatan. Oleh karena itu sebaiknya menggunakan rekening bank dengan nama yang sama dengan nama penulis untu memudahkan pencairan honor.

Untuk mengetahui apakah naskah Sobat Dy dimuat atau tidak, Sobat Dy dapat memantaunya di grup facebook Jon Koplo Hari ini (https://www.facebook.com/groups/479795936187630).

Selain itu, Sobat Dy juga dapat mencari referensi naskah yang telah dimuat di rubrik Ah Tenane. Ada banyak naskah yang bertebaran di grup facebook tersebut.


Penutup

Apakah naskah harus menggunakan bahasa Jawa, mengingat harian Solopos dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Tengah? Tentu tidak. Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman yang naskahnya telah dimuat, ada yang menggunakan bahasa Indonesia, termasuk naskah saya.

Naskah tersebut nantinya juga akan diedit disesuaikan dengan selera editor, sehingga Sobat Dy tidak perlu ragu untuk mencoba mengirimkan naskah. Cara kirim naskah ke rubrik Ah Tenane telah saya informasikan dengan lengkap. Silakan mencoba mengirimkan naskah. Selamat berkarya.

2 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih