Maya Sosok Kriteria Guru Favorit, Kesayangan Murid

Rabu, 24 Agustus 2022

 

kriteria guru favorit

Sobat Dy, waktu kecil saya mempunyai cita-cita menjadi guru, lo. Walaupun saat ini tidak menjadi guru, hanya menjadi guru bagi anak-anak saya saja. Mengapa saya menginginkan menjadi guru? Karena menurut saya guru adalah profesi yang hebat. Seperti sosok sahabat saya yang menjadi guru favorit.

Sahabat saya tersebut adalah Maya Fasindah, saya memanggilnya mbak Maya. Seorang guru sekolah menengah di Selat Panjang, Riau. Perkenalan kami dimulai dari sebuah kelas blog dasar yang diampu oleh Bu Bidan cantik Karunia Sambas yang juga berprofesi sebagai mentor kelas blog dasar.

Sejak pertemuan tersebut, kami akhirnya kerap berada dalam satu grup blog atau grup menulis. Wajar saja bukan karena beberapa informasi tentang kelas blog dan menulis memang kami dapatkan dari mbak Nia. Semoga mbak Maya enggak bosan ya seruangan dengan saya karena bertemu di sana dan di sini.

Kami berdua sempat bersama dalam sebuah program perekrutan, yaitu oprec ODOP (One Day One Post). Saat itu programnya berlangsung sejak 31 Mei 2022 hingga 1 Agustus 2022. Cukup lama bukan programnya. Program ini seru-seru sedap, sehingga akhirnya kami merasa menjadi saudara walaupun di dunia maya.

Pada program tersebut ada 26 calon peserta yang terbagi dalam dua kelompok kecil, yaitu Nusantara dan Bhineka. Kebetulan lagi saya dan mbak Maya berada dalam kelompok yang sama yaitu kelompok Nusantara. 

Kami tidak merasakan sebuah persaingan untuk masuk menjadi finalis program perekrutan, justru kami saling mendukung, memberikan semangat dan saling mengingatkan. Dalam program ini kami harus menulis di blog bukan platform lain dan pada periode tertentu ada tantangan yang wajib diselesaikan. 


lulus odop

Alhamdulillah akhirnya kami bersebelas lulus program ini, lo kok tinggal sebelas? Iya ada dua rekan kami yang tidak lolos program karena tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam program. 

Mbak Maya juga berbagi tips untuk membuat resensi buku, lo saat kami mendapatkan tantangan untuk membuat resensi sebuah artikel atau buku. Hal ini bermanfaat bagi saya dan teman-teman karena saat itu kami juga bingung saat hendak mengerjakan tantangan. Mbak Maya membagikan tipsnya karena beliau adalah seorang guru bahasa Indonesia, sesuai dengan bidang yang beliau geluti selama ini. 


Sosok Maya Fasindah

Maya Fasindah adalah ibu dari tiga orang putra dan putri yang berprofesi sebagai guru dan penulis buku, novel dan artikel. Selain itu juga sebagai narablog. Maya Fasindah adalah nama yang diberikan orang tuanya. Nama ini juga digunakan sebagai nama pena dan domain blog pribadinya, lo. Sobat Dy dapat mengunjungi rumah virtual mbak Maya di Sahabat Maya.

Blog pribadinya sengaja dibuat untuk sahabat-sahabatnya baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Dengan harapan blognya dapat menginspirasi sahabat-sahabatnya. Sahabatnya ini juga termasuk murid-muridnya juga. Hal tersebut juga menjadi dasar pemikiran mbak Maya untuk memberi nama Sahabat Maya sebagai nama blognya.  

Blog Sahabat Maya berisi banyak cerita, baik terkait tentang kegiatannya mengajar, kegiatannya mengikuti pelatihan, maupun karya tulisnya. Selain itu blog merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan mbak Maya untuk peserta didiknya.

Mbak Maya termasuk penulis yang produktif, karya tulisnya berupa novel dan buku antologi sudah dapat diperolah di pasaran. Selain itu mbak Maya juga berbagi banyak hal tentang sastra dan bahasa di blognya.

"Menulislah, teruslah menulis, meskipun diri kita sendiri yang membacanya." - Maya Fasindah


Sahabat Maya 

sahabat maya


Sahabat Maya memilih niche Lifestyle atau gaya hidup, mungkin mbak Maya merasa nyaman berbagi dengan niche tersebut, tidak fokus ke satu jenis niche saja. Ruang ini berisi cerita tentang serba serbi, karya ilmiah, cerpen, ragam puisi, dunia novel, belajar bermakna, blogger.


Serba-serbi 

Berisi artikel beraneka macam info  mengenai kesehatan, masakan motivasi dan edukasi


Belajar bermakna

Berisi artikel terkait pelajaran bahasa Indonesia. Beberapa materi pelajaran diberikan mbak Maya di menu ini. Saya melihat murid-murid yang telah membaca materi memberikan komentar dan kadang komentarnya unik juga. Kadang hanya komentar sekedar mengumpulkan tugas saja.


Dunia Novel

Berisi artikel tentang novel yang disusun beliau tulis, sekaligus karya teman-teman beliau yang telah bekerja sama dengan penerbit Yayasan Kampoeng Serdang Beradat (YKSB).


Ragam puisi

Berisi artikel-artikel puisi hasil karya beliau dan peserta didiknya serta cara untuk membuat puisi yang baik.


Karya Ilmiah

Berisi artikel tentang karya ilmiah beliau dan peserta didiknya yang telah melaksanakan prakerin atau praktik kerja nyata selama empat bulan. Prakerin ini merupakan persyaratan wajib untuk peserta didik yang memilih sekolah di sekolah kejuruan.


Kriteria Guru Favorit

Tugas seorang guru tidak hanya mengajar di dalam kelas, tetapi juga mendidik  dan membimbing peserta didiknya baik di dalam kelas maupun di luar lingkungan sekolah. Sehingga proses belajar mengajar menjadi nyaman dan lancar. Hal ini akan mempengaruhi proses pemahaman peserta didik terhadap pelajaran yang diterimanya.

Beberapa hal berikut dapat membuat seorang  guru menjadi favorit bagi muridnya. Kriteria guru favorit adalah menggunakan metode pembelajaran yang tidak monoton, kreatif dan sabar dalam mengajar.


Metode pembelajaran yang tidak monoton

Metode pembelajaran tidak hanya menggunakan buku paket atau buku panduan, tetapi juga memanfaatkan media blog untuk memaparkan materi. Mbak Maya menyediakan menu khusus di blognya yaitu menu belajar bermakna.

Sobat Dy, mbak Maya ini telah berhasil mengajak semua peserta didiknya untuk mempunyai blog sendiri, sehingga sangat membantu tugas-tugas muridnya. Hal ini juga didukung kepala sekolah. Harapan dari program ini adalah untuk meningkatkan program literasi sekolah.


Kreatif

Mbak Maya menggunakan yel-yel untuk ice breaking sehingga peserta didik tidak bosan saat proses belajar mengajar berlangsung. Seru sih yel-yelnya


Sabar

Untuk hal yang satu ini, kesabaran Bu Guru cantik saat mendampingi peserta didiknya tidak perlu diragukan lagi deh.


Itulah sosok sahabat maya saya, Maya Fasindah, sosoknya termasuk dalam kriteria guru favorir, kesayangan muridnya atau peserta didiknya. Rasanya saya ingin menjadi jmuridnya deh. Komentar yang sama juga diutarakan oleh teman satu grup di grup Nusantara. 

Teman-teman mengetahui sosok mbak Maya melalui artikel yang ditulisnya. Kami melakukan blogwalking secara bergantian selama program oprec ODOP. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan kami akhirnya lebih dekat.

6 komentar

  1. Jadi pengin kenalan sama Bu Guru Maya...

    BalasHapus
  2. peserta oprec batch 10 pak, ikut OTM juga kok pak

    BalasHapus
  3. Mba diah udah nulis tentang mba maya.. Sukses selalu untuk mba diah dan mba maya.. Aamiin

    BalasHapus
  4. Terima kasih banyak mbak Dyah, terharu q mbak.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih