Hari Blogger Nasional dan Sejarahnya

Kamis, 27 Oktober 2022

hari blogger nasional


Hai Sobat Dy, kali ini saya ingin menyapa para narablog seantero Nusantara. Ada yang istimewakah di hari Kamis yang manis di akhir bulan Oktober kali ini? Hayo di bulan Oktober ini ada hari istimewa apa saja?

1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, 2 Oktober sebagai Hari Batik, 5 Oktober sebagai Hari Tentara Nasional Indonesia, 28 Oktober Hari Sumpah Pemuda. Ada satu lagi hari istimewa di bulan Oktober ini, lo. Yuk, tebak-tebak buah manggis.

Mungkin bagi sebagian orang bukanlah hal yang istimewa, tetapi hal yang istimewa bagi narablog atau blogger. Hari ini tepat  tanggal 27 Oktober 2022 adalah Hari Blogger Nasional, harinya blogger Indonesia.


Hari Blogger Nasional

Sobat Dy, tahu enggak sejarahnya hari Blogger Nasional? Awalnya setiap tanggal 27 Oktober diselenggarakan Pesta Blogger. Sebuah acara yang digagas dengan tujuan untuk mewadahi para blogger di seluruh Indonesia.

Pada tanggal 27 Oktober 2007 diadakan Pesta Blogger. Menteri Komunikasi dan Informatika Prof. Dr. Ir. K. H. Muhammad Nuh, DEA membuka acara Pesta Blogger. Sejak saat itu 27 Oktober 2007 ditetapkan oleh Muhammad Nuh sebagai Hari Blogger Nasional.

Seiring bergulirnya waktu, Hari Blogger Nasional mulai dirancang untuk menekankan para blogger agar mengelola blog lebih serius sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

sejarah blogger di indonesia


Manfaat Blog

Setiap blogger mempunyai alasan dan tujuan masing-masing mengapa memilih blog sebagai media untuk menulis. Saat ini, banyak blogger baru yang bermunculan dengan tema tulisann yang beragam, sehingga mewarnai dunia blog.

Manfaat  blog selain untuk menulis dan menyalurkan ide, blog juga dapat digunakan sebagai sumber penghasilan, sebagai sarana peluang dan sebagai sarana memperluas jaringan pertemanan. Blog juga dapat digunakan sebagai sarana untuk membuka peluang bisnis baru.

Enggak percaya? Coba saja masuk dalam circle ini dan buktikan sendiri manfaatnya.


Sejarah Blogger di Indonesia

Sobat Dy tahu enggak siapa bapak blogger Indonesia? Belum tahu ya. Sini saya bisikin, bapka blogger Indonesia adalah Enda Nasution, karena beliau berjasa terhadap operkembangan blogger di Indonesia, sehingga dinobatkan sebagai Bapak Blogger Indonesia.

Menurut beliau yang saya kutip dari kompasiana bahwa blogger di Indonesia terbagi dalam tiga generasi, yaitu :

Generasi pertama (tahun 1998-2001)

Biasanya berkumpul di msn.or.id, tetapi sayang saat ini sudah tidak ada. Konten blog berupa jurnal pribadi. Tools yang digunakan saat itu adalah livejournal dan blogger.com.


Generasi kedua (tahun 2001-2002)

Konten blog masih bersifat jurnal pribadi. Tools yang digunakan sedikit berbeda dibandingkan generasi pertama, yaitu blogger.com, MT, dan pMachine.

Komunitas blogger mulai bermunculan di beberapa kota diantaranya blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), tukanglenong (Jakarta), angkringan (Jogja). Selain itu jumlah blogger juga semakin bertambah.

Hingga saat ini blogbugs.com masih menjadi satu-satunya direktori  blogger Indonesia.


Generasi ketiga (tahun 2004 hingga saat ini)

Pada generasi ketiga, konten blog sudah bervariasi, tidak hanya berisi jurnal pribadi, tetapi juga berisi topik khusus. Tools yang digunakan adalah wordpress dan MT. 

Generasi ketiga ini lebih modern dan menguasai teknologi dibandingkan dua generasi sebelumnya,

Sejarah blogger Indonesia melalui perjalanan panjang dan semoga tidak hanya berhenti sampai di sini. Hasil karyanya pun beragam, mulai dari lifestyle, parenting, pendidikan anak dan masih banyak lagi. 

Tokoh Indonesia yang lahir dari dunia blog diantaranya Raditya Dika, Trinity Traveller hingga Anne Ahira. Tentu saja perjalanan panjang telah mereka lalui siap berproses tumbuh dan berkembang bersama blog.


Aku dan Blog

Akhir tahun 2021 adalah tahun dimana saya membulatkan tekad untuk serius ngeblog. Sebuah keputusan yang mempunyai beban dan tanggungjawab yang tidak ringan. Beberapa kelas ngeblog saya ikuti mulai dari kelas  blog dasar hingga kelas blog lanjutan.

Selain itu saya juga bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Tujuan saya bergabung dengan komunitas blogger adalah untuk memperluas jaringan pertemanan, mendapat aura positif,  menjaga semangat ngeblog, mencari inspirasi melalui obbrolan maupun blogwalking.

Mengizinkan diri untuk tidak sempurna adalah salah satu cara saya untuk berproses menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Tidak ada yang sempurna, kesempurnaan itu hanyalah milikNya. Mulai saja dulu dan berproses untuk menjadi lebih baik lagi.

Saya bangga menjadi blogger. Blog adalah media saya untuk berbagi cerita, asa, karsa dan karya, menuangkan segala isi kepala dan hati. 

Jika semangat mulai turun dan bosan, beberapa hal berikut saya lakukan. Saya buka kembali catatan mengapa saya ngeblog, melakukan blogwalking untuk mencari ide, meningkatkan skill, membuat konten plan.

Saya juga belajar dari teman-teman blogger senior bagaimana caranya agar menjadi blogger profesional dan sukses. Meningkatkan skill dan mau belajar juga merupakan salah satu cara untuk menjaga semangat ngeblog.


Penutup

Selamat Hari Blogger Nasional untuk  saya dan rekan-rekan blogger di seluruh Indonesia. Semangat menebar benih kebaikan dimanapun ranah kita bekerja melalui tulisan yang bermanfaat bagi diri kita dan bagi sesama.

Happy blogging Sobat Dy.

 

Sumber Bacaan

  1. https://www.kompasiana.com/amp/roni_proling/551160218133111646bc5faa/mengetahui-sejarah-blog-di-indonesia


11 komentar

  1. MasyaAllah... Mengizinkan diri utk tdk sempurna agar terus mau berproses dan belajar ya mbak... Keren spiritnya. Apalagi di dunia blogging yg fleksibel dan tergantung gimana kita. Kemauan utk terus berproses itu perlu bgt.

    BalasHapus
  2. Happy blogging juga mba, sekalipun blog isinya cuman curhatan pasti akan ada oembaca setia dan memetik manfaat dari pengalamannya membaca.

    BalasHapus
  3. Wah aku baru tau ternyata sejarah blogging sedetail ini. Dan aku suka sama kalimat "Mengizinkan diri untuk tidak sempurna adalah salah satu cara saya untuk berproses menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu". Kalimat tersebut ngena bgt mbak untuk aku yg kadang pengen perfeksionis huhu.

    BalasHapus
  4. Makasi mbaa Dy, udah mengulas sejarah blogger, jadi nambah nih pengetahuanku tentang info blogger Indonesia 😀

    BalasHapus
  5. Selamat Hari Blogger Nasional, Mbak Dyah. Semoga kita semua semakin semangat untuk konsisten menulis dan juga terus meng-upgrade ilmu blogging.
    Alhamdulillah dipertemukan dengan keluarga besar blogspedia, insyaAllah bisa berkembang bersama-sama

    BalasHapus
  6. Senang ya bisa ambil bagian dari hari blogger...saya malah baru tahu ada sejarah seperti ini

    BalasHapus
  7. Blog sebagai sarana memperluas jaringan pertemanan itu nyata bgt. Ikutan komunitas2 gitu jg bikin semangat dan kepercayaan diri buat ngeblog terus meningkat.

    BalasHapus
  8. Awal tahu ada hari blogger yang dicari sosok siapa di baliknya, jadilah menemukan Bang Enda Nasution. Terus coba cari-cari tentang beliau. Keren deh pokoknya, tulisannya apalagi

    BalasHapus
  9. Selamat hari blogger mbak. Btw aku baru tau sejarah blog, bapak blog secara lengkap disini.

    Jadi kepo untuk caritau lebih detail

    BalasHapus
  10. Waah aku baru tau soal tempat kumpul generasi pertama di msn.or.id, itu semacam media sosial atau tempat chat gitu mba?

    BalasHapus
  11. Panjang ya ternyata perjalanan hari Blogger. Aku aja baru tahu di tahun 2016, hihi. Semoga di tahun 2023, blogger tetap eksis dan makin banyak event2 seru. Aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih