Ikigai Dan Manfaat NgeBlog

Senin, 25 Juli 2022

Hari Rabu yang menyenangkan di awal tahun. Jika dibuat tagline, mungkin tepat jika disebut Rabu Seru. Mengapa? Karena saya mendapatkan inspirasi lagi yang semakin menguatkan saya untuk ngeblog. Inspirasi tersebut saya peroleh dari mbak Novi Ardiani atau yang akrab dipanggil mbak Opi. Beliau sudah lama terjun dalam dunia blog. Mbak Opi menghubungkan ikigai dan manfaat ngeblog.

Acara yang berlangsung Rabu, tanggal 12 Januari 2022 tersebut dilaksanakan oleh Sahabat Hosting, dalam acara Rabu Berbagi. Acara keren yang memberikan suntikan semangat untuk saya agar menemukan ikagai saya, sehingga memperkuat 'strong why' untuk ngeblog. 

Ngeblog bukan perjalanan singkat, tetapi perjalanan panjang. Jika tidak dikuatkan, khawatir ngeblog akan berhenti di tengah jalan. Ngeblog tidak hanya sekedar rutin menulis saja, tetapi masih banyak hal lainnya, diantaranya kualitas tulisan, teknik menulis, membuat infografis yang menarik dan masih banyak lagi.

 

Ikigai

Ikigai merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jepang dan populer di negeri sakura. Ikigai jika diartikan secara harfiah adalah sesuatu hal yang dijalani atau sebuah alasan yang membuat manusia bangun di pagi hari dengan semangat penuh untuk menjalani hidup.

Ada empat lingkaran yang terhubung dalam ikigai, yaitu bidang yang diminati, sesuatu yang dibutuhkan masyarakat, bidang keahlian, sesuatu yang dilakukan untuk mendapat bayaran. Beberapa lingkaran tersebut beririsan membentuk passion, misi, pekerjaan, profesi. Semuanya terhubung menjadi Ikigai.

Konsep Ikigai adalah terbentuknya sikap menghargai kehidupan. Kemudian menuntunnya pada terbuentuknya tujuan hidup yang berdampak kehidupan yang bernilai. Ikigai menyebabkan kehidupan seseorang menjadi lebih berharga, bermakna, dan seimbang.

 

Ikigai dan Ngeblog

Menemukan ikigai dalam aktivitas menulis blog:

  1. mindful blogging, yaitu menikmati setiap aktivitas blogging penuh kesadaran saat itu tanpa penghakiman
  2. mempunyai tujuan, yaitu mempunyai tujuan jangka pendek dan jangka panjang, misalnya jangka pendek menjuarai lomba blog dan jangka panjang mendapatkan penghasilan dari ngeblog
  3. memantaskan diri dan berkembang, yaitu mengisi dan menuangkannya dalam bejana.

 

Menulis

Menulis adalah keahlian literasi tertinggi setelah mendengar dan berbicara.

Ada beberapa manfaat menulis sebagai hobi, pekerjaan utama maupun pekerjaan sampingan, pekerjaan baik secara tangible maupun intangible, yaitu :

  1. Sebagai sarana mengembangkan kepuasan pribadi, kebanggan, perasaan harga diri,
  2. Sebagai saran pengungkapan diri
  3. Sebagai sarana meningkatkan kesadaran dan pencerahan bagi sekeliling
  4. Sebagai sarana keterlibatan yang bermanfaat
  5. Sebagai sarana mengembangkan pemahaman diri dan penggunaan bahasa
  6. Nilai kecerdasan bertambah
  7. Nilai kependidikan meningkat
  8. Nilai kejiwaan
  9. Nilai kemasyarakatan
  10. Nilai keuangan
  11. Nilai kefilsafatan 
 

Manfaat Ngeblog

Ngeblog tidak hanya menulis saja, ada beberapa manfaat ngeblog yang tersembunyi, baik manfaat tangible maupun manfaat intangible.

Manfaat tangible

Manfaat tangible merupakan manfaat yang kasat mata, berupa materi atau kebendaan. Manfaat ini dapat diperolah dari side hustle atau pekerjaan tambahan dan pekerjaan di luar pekerjaan utama. Uang yang dapat diperoleh dari blog diantaranya :

  1. Adsense
  2. Content Placement
  3. Kerjasama dengan brand/review/duta brand/influencer
  4. Mendapat pekerjaan content writing
  5. Mendapat pekerjaan ghost writer, dan lainnya

Manfaat intangible

Manfaat intsngible atau manfaat tidak kasat mata, non kebendaan, diantaranya :

self healing

menulis untuk menyembuhkan, bukan sekedar menyembuhkan diri sendiri

pengembangan diri

pergaulan dengan sesama blogger akan menciptakan suasana kompetitif yang positif

relasi

semakin luas dan membuka kesempatan yang tidak terduga

peluang-peluang baru

pada berbagai bidang , bahkan di luar nbidang kita, seperti mendapat pekerjaan, kolaborasi, menulis buku antologi dan solo, bisnis buku, memenangkan lomba menjadi narasumber, menjadi juri, dan masih banyak lagi


Penutup

Ternyata ikigai dan manfaat bloging dapat dihubungkan. JUstru tidak hanya sekedar menghubungkan. Nmaun, lebih dari itu. Happy blogging


Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel hingga akhir. Silakan tinggalkan jejak di komentar dengan bahasa yang sopan. Mohon tidak meninggalkan link hidup.
Kritik dan saran membangun sangat dinanti.

Terima kasih